LKMM-TD 2020 - SKEMA


Assalamualaikum wr. wb.

Sabtu, 18 Juli 2020 dilaksanakan salah satu rangkaian kegiatan LKMM-TD 2020 lagi, yaitu SKEMA atau Studi Kegamaan Mahasiswa. Kali ini juga dilaksanakan secara daring, di Google Meet. Acara kali ini dinarasumberi oleh Bapak Akhmad Saberin, S.Si yang merupakan Kepala Sekolah SMPIT ANIC. Tema untuk SKEMA kali ini adalah “Istiqomah Beribadah di Tengah Pandemi”. Tema yang cukup inovatif dan sangat diperlukan di waktu sekarang. Rangkaian pada acara juga sama seperti EFTalk dan Teknik Mengabdi, yakni penyampaian materi oleh narasumber melalui video yang telah direkam sebelumnya.





Bagaimana Istiqomah dalam Beribadah?

Beliau menceritakan bahwa tahun 2008 dakwah itu masih dilakukan dengan lisan, namun muncullan facebook, Instagram, dsb sehingga dakwah dapat dilakukan dengan mengupdate status dan update lainnya. Tahun 2018 di Finlandia, sosialisasi harus telah dilakukan dengan merekam video. Sama halnya pada tahun 2020 di saat pandemi sekarang, semuanya harus dilakukan serba online. Artinya, pandemic membawa ke awal kehidupan baru.

Indonesia memiliki tujuan Pendidikan nasional yang dituangkan melalui Pancasila dan UUD, bahwa artinya kita sebagai mahasiswa harus mewujudkannya.

8 Hal Pokok Pendidikan Nasional:

1. Beriman dan Bertaqwa
2. Berakhlak Mulia
3. Sehat
4. Cerdas
5. Cakap
6. Kreatif
7. Bertanggungjawab dan Demokratis
8. Mandiri

Selama pandemi dan new normal, dunia boleh berubah, tetapi kita tetap harus mengatur diri.

Beliau juga menyampaikan, kita hidup di 4 Dimensi. Begitu juga dengan Istiqomah, dapat dilakukan dalam 4D. 4 Dimensi dalam Istiqomah sebagai berikut.


1.  Ibadah Kepada Allah / Berhubungan kepada Allah


Taat beribadah kepada Allah merupakan dimensi yang penting, karena ini jika dilaksanakan dengan baik dan taat, maka dimensi selanjutnya pasti akan baik. Beliau juga menyampaikan adanya 3 golongan:
-    Orang-orang yang menjaga sholatnya. Merupakan golongan yang paling dicintai Allah SWT. Saat adzan berkumandang, cepatlah kerjakan sholat. Jangan menunda-nunda sholat. Sesuai hukum fisika, jika kita tetap diam maka f = 0, hasilnya tidak ada.
-        Melambat-lambatkan waktu sholat
-        Tidak mengerjakan sholat sama sekali

2. Berhubungan kepada Manusia


Terkandung juga dala Q.S. Ali-Imran: 133-136. Berhubungan kepada manusia, dengan membantu manusia lain, termasuk hubungan secara materi seperti infaq dan sedekah. Dapat membantu manusia lain adalah salah satu jalan istiqomah. Selain itu, kunci beristiqomah lainnya dalam hubungan manusia yaitu dapat berlapang dada. Sesuai Q.S. Al-Hujarat:10, seorang mukmin itu bersaudara, jika ada yang berkelahi di antara mereka maka rekatkanlah mereka.
Apalagi saat pandemi yang melanda kita sekarang, hendaknya kita bantu usaha teman-teman kita.

3. Berhubungan kepada Diri Sendiri

Saat pandemi ini, janganlah kita mendzalimi diri sendiri. Contoh, jangan maksiat. Evaluasilah diri. Perbaiki diri. Kuatkan empati dan berlapang dadalah.

4. Berhubungan kepada Lingkungan

Sekarang, bumi dipaksa recovery untuk dirinya sendiri. Contohnya saja, atmosfer dan langit-langit menjadi bersih pada jaman PSBB kemarin. Maka suatu hari nanti, saat semuanya Kembali normal, kira harus menjaga lingkungan. Contohnya, jika kita menemukan sampah, langsung buanglah.




Ceramah kali ini sangat bermanfaat apalagi sebagai upaya memperbaiki diri saat berlangsungnya masa pandemi dan new normal sekarang. Ilmu yang didapat bermanfaat dan dapat langsung diaplikasikan. Narasumber menyampaikan materi cukup menarik, akan tetapi menurut saya penyampaian agak terlalu cepat namun masih dapat diterima. Melalui kegiatan ini, semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan taat kepada Allah SWT.

Kesan dan pesan saya pada kegiatan ini; materi yang didapat sangat menarik dan narasumber juga relate dengan permasalahan saat ini. Namun menurut saya untuk video yang ditampilkan kali ini, lumayan banyak hal yang mengganggu, dari sound, kualitas video, dan editingnya kurang memuaskan seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya. Tetapi materi masih dapat diterima. Semoga ke depannya lebih baik lagi dan dapat mempertahankan kualitasnya.

Sekian dari saya. Mohon maaf jika ada terdapat kesalahan kata dan lainnya. Terima kasih.

 
Previous
Next Post »

LKMM-TD

Opening LKMM-TD - Materi & UKM Day

Minggu, 15 Maret 2020 merupakan opening ceremony dan UKM day. Opening ceremony dan UKM day merupakan rangkaian pertama pada LKMM TD 2020. ...