EXO 4TH ALBUM - THE WAR


Mulai ngestan EXO semenjak album ketiga, era Monster, dan disinilah gue sekarang. Ngestan EXO itu memang selalu ada sedih susah senangnya. Apalagi ini tentang musik EXO. Mungkin banyak publik / fandom lain yang berpikir kalau EXO-L cuman ngestan EXO karena tampang visual membernya. Dan akhirnya mereka mencemooh genre musik EXO. Hmm dahell? bagaimana mungkin kami ngestan EXO, mendukung EXO hanya karena tampang. Kalau cuman tampang ga mungkin kali kami beli album, nonton MVnya, streaming musiknya.

Style musik EXO. Katanya yang suka musik EXO cuman karena itu EXO bukan musiknya ?? Keknya ya yang suka musik EXO itu style musiknya aneh. Ga tau mana musik yang bagus mana yang jelek. Menurut gue, musik itu bebas, apapun suara yang dihasilkan manusia bisa menjadi musik. Dari benda, dari manapun. Kalau begitu, setiap orang juga bebas untuk menyukai suara apapun musik apapun. Itu urusan mereka dan kalian tidak berhak menghakimi selera orang lain.

Oh ya, EXO bukan penyanyi karena ga bisa bikin lagu sendiri ya??


EXO-L inget ga momen pertama kali EXO rilis teaser The War dan akun twitter instant-lock dan emoji spesial KoKoBop? Omg pokoknya kekacauan itu ga bisa dilupain gimana rasanya. Di otak kek udah kebakaran. Sibuk, bingung, panas, dan deg-degan, pokoknya pikiran dan perasaan bercampur aduk. 

Pokoknya malam itu, gue online di PC buat streaming SMTown Live hari pertama di Seoul. Ya cuman bermaksud buat ngesave foto fansite terus sekitar jam 7 atau jam 8 malam gue lupa, di twitter ada yang beritau katanya teaser comeback EXO bakal ditayangin di SMTown! Astaga udah khawatir banget, cari link live sana-sini. Ya karena jaringan susah buat nonton live, akhirnya gue stalk akun twitter official EXO yang waktu itu masih dimisterikan. Pokoknya gue refresh terus tu akun twitter dan akhirnya gue syokk karena tbtb akun itu ganti foto profil jadi logo kokobop yang bird of paradise. Dari situ, EXOL panik sana-sini, itu beneran ga ada pemberitahuan sama sekali, dan surprise banget. Gue masih inget, timeline twitter benar-benar heboh sama logo itu. Udah banyak juga yang nyari tau kalau itu bunga cendrawasih dan udah banyak yang mecahkan teori-teori arti bunganya. Beneran bikin merinding. 

Setelah diganti pake logo cendrawasih, gue masih pantau permenit tu akun dan bener aja, lagi-lagi EXO-L dipermainkan, dia ubah foto profil lagi. 


Beneran momen itu, seakan-akan fokus EXO-L terbagi-bagi. Antara perform di SMTown live dengan nih akun twitter. Apalagi foto fansite udah bertebaran di timeline jadi bikin gagal fokus! Pokoknya kacau banget malem itu. 

Tiba-tiba tanpa pemberitahuan, akun twitter-nya buka gembok dannn di saat SMTown live menayangkan teaser EXO, ternyata kejutan di twitter! Mereka upload teaser pertama The War: KoKoBop di twitter. Aagfdksjsg pokoknya kacau banget deh. 

Pertama nonton, keringat dingin banget, semuanya visual on point! Pengambilan gambarnya fresh banget dan suara D.O yang uhmm ehmm, arghh sensasi nungguin EXO lama tuh ya gini. The real fangirl. 

Gue lupa kapan EXO buka akun instagram official, karena udah fokus ke teaser di twitter di instagram ga dipeduliin.

Yang berada di pikiran semua EXO-L itu mungkin: Apa Lay ikut comeback? Pertama nonton teaser di twitter itu, gue ga liat Lay sama sekali. Udah potek, tapi besoknya ada yang bilang ke gue kalau Lay ada di teaser. Teruslah gue scroll ke tumblr, biasanya disana lengkap kalau masalah-masalah teori. Dan ya benar, gue ngerasa itu Lay. 

Malamnya ternyata semuanya salah besar. Awal nonton, gue kira itu D.O. Tapi ternyata siapa? KAMJONG. Ahhh sialan lah pokoknya malam itu, perasaan senang EXO akhirnya rilis kembali teaser per individu lahhh juga kecewa karena Lay dan harapan semua EXO-L ga terbayar. SM KALO PENGEN MEMASARKAN LAY DI CHINA GA GINI JUGA KALI, SAMPE KAPAN MAU NYEMBUNYIIN LAY DI EXO??

Tapi bahagia banget juga karena Kai ganteng bangeet, mungkin liat dia di teaser, udah melengkapi kerinduan EXO-L soal comeback. Awal dengan suara dia "shining shining" gue loncat dari kasur. Malem-malem jam 10 teriak. Pokoknya sensasi teaser pertama itu sangat spesial. Terus di twitter teaser photoshoot Kai dengan beat drop KoKoBop syokk berat, kek INI BENERAN LAGU EXO?

Lanjut

Personally gue seneng banget sama album kali ini. Ga ada lagu yang underrated dan ga ada lagu yang ga gue suka. Semua lagu kek title track. Jadi disini cuman mau mengurutkan lagu favorit dari semuanya. 

Sebelum masuk list gue juga masukin track di album repack. Soalnya tahun ini judul album EXO itu THE WAR. Jadi sekaligus sama repackage aja.

FAVORITE SONG IN EXO THE WAR IN MY OPINION


1. What U Do

Yappppp :)) hehehehe. Mungkin bagi EXO-L lain what u do bakal ada di nomor 4-5-6 tapi musik yang kek gini gue seneng banget. Apa cuman gue ya yang suka BANGET sama what u do? TT


Menurut gue what u do cocok banget buat moodmaker. Vibe dari lagunya bikin bahagia. Setiap dengerin lagu ini bawaan pengen senyum terus. Emang sih gue suka banget sama musik EDM. Tapi what u do paling cocok di telinga aku buat didengerin kapan pun. Terus fun fact, yang bikin lagu ini mbak Kenzie. Seperti yang kalian tau Kenzie itu salah satu monster di SM ent. Lagu dia ga pernah mengecewakan. Dan yapp what u do beneran sangat ke style-nya "SM".

Yang bikin cinta sama lagu ini suara uri leader, Suho. Menurut gue Suho cocok banget di lagu ini. Mungkin karena pengaruh teaser Suho atau gimana tapi cinta banget sama bagian Suho di lagu ini. Suara Baekhyun dan Chanyeol juga bikin gue meleleh. Pertama waktu Baekhyun nyanyi "saranghae saranghae" "love me right, let's stay up all night" bikin gue meleleh. Dan Chanyeol huaaahhh suara dia nyanyi itu selalu bikin telinga fangirl diberkati.

Teaser: https://www.youtube.com/watch?v=Jrq90YnttBE&t=0s

2. Sweet Lies

Siapa sih yang ga suka sweet lies? Kkk. Dari awal SM upload The Power of Music #Total_Eclipse gue beneran udah terkagum-kagum sama lagunya dan vokalis kita yang suaranya bagai malaikat, Byun Baekhyun, bless siapa pun yang bikin Baekhyun nyanyi di awal lagu ini. Pokoknya lagu ini emas banget. Dari awal SM upload teaser aja udah gue puter tiap jam, pokoknya addicted banget sama suara Baekhyun disini.



Vibe dari lagu ini seksual banget. Suara member EXO sangat seksi kalau udah nyanyi lagu kayak gini. Awalnya di MV Power gue juga kaget tiba-tiba Baekhyun jatuh dari langit terus tiba-tiba tenggelam dan terdampar (?) tiba-tiba Sweet Lies diputar. Menurut gue bagian Baekhyun di epilog MVnya bagian terbaik kkk.

Chanyeol berpartisipasi di lirik lagu Sweet Lies. Pokoknya entah siapa yang bikin Baekhyun nyanyi di line pertama, aku cinta kamu ;). Bagian favorit di sweet lies, 1. Baekhyun nyanyi di awal "Oh sometimes truth hurts more than lies". Karena Chanyeol juga ambil bagian pembuatan lirik, gue curiga sih ini orang dapet ide dari ANU. Tapi ya Chanyeol ada bilang dia dapet ide sweet lies karena membayangkan menjadi orang yang suka "sweet lies", tapi Chanyeol anak baik kok bukan pembohong. 2. Harmonisasi Chanyeol dan Xiumin di bagian rapp "let me tell you what's on my mind, sorry I can't be that guy" 3. Kyungsoo di bagian akhir "Sweet.. Lies.. Girl.. No.. No.." uhh suara Kyungsoo di akhir bener-bener bikin lagunya PERFECT.

Teaser: https://www.youtube.com/watch?v=7H4OmX2NxwM

3. Forever

Awal-awal album dirilis mungkin Forever favorite semua EXO-L. 


Mungkin kalau denger lagunya bakal bilang ini adalah lagu yang sedih tentang kehilangan. Tapi cobalah cek liriknya, terutama lirik rappnya. Di lagu ini juga banyak banget line iconic kayak "You could be my only star, you could be the moonlight" dan tentu saja "YO NICE SKIRT".

Lagu ini emang bikin emosional. Terutama bagian serius di "Don't dissapear, this is the end of me. We'll never find a love like this again". Tapi lirik setelahnya ternyata oh ternyata sih :'D.

Pokoknya di lagu ini suka banget sama vokalnya main vokalis. Terutama Baekhyun dan Kyungsoo. Bagian mereka waktu nyanyi di "Sarajiji ma" bikin ikut ngerasain emosi di lagu ini. Dan rapp Chanyeol disini bener-bener LEGEND.

Teaser: https://www.youtube.com/watch?v=Vhg1_wKWnd0&t=0s

4. KoKoBop

Title track yang bikin viral di nomor 4? hehehe. Sampe sekarang KoKoBop pasti selalu didengerin setiap hari. Iya lah, kan tiap hari streaming. Tapi beneran ga pernah bosan sama KoKoBop atau cuman gue aja? Udah ada repackage, tapi KoKoBop masih sering gue puter. The power of title track sih.




Senengnya dari KoKoBop ini walaupun genre reggae sangat baru di kpop tapi EXO bisa membuat KoKoBop menjadi lagu yang hanya bisa dan ada di EXO. Pokoknya pas denger KoKoBop itu lagu reggae gue udah berekspektasi tinggi. Terus setelah MV dirilis dan gue syok berat, ekspektasi gue ke reggae ya cuman lagu yang bikin gue bisa adem dan santai terus setelah beat drop tirarirarira gue kek "what happen" terus lanjut shimmie shimmie kokobop, tapi gue suka kok beat dropnya. Walaupun ini pertama kali EXO menggunakan genre reggae dicampur dengan elektronik music or whatever tapi tetep aja ini lagu sangat "EXO". Cuman EXO yang berani beginian.

Awalnya karena di press conference KoKoBop atau waktu di Vlive, member EXO bilang ini lagu untuk mengajak semua orang dance dan bersuka-ria. Ya emang sih lagunya seru banget. Terus setelah liat liriknya, haha Despacito versi Korea :D. Pokoknya reaksi pertama gue tau kalau sebagian yang nulis lirik itu Chanyeol, Baekhyun, dan Jongdae gue speechless banget. Uri EXO udah dewasa. Tapi ya wajar aja sih kalau si Jongdae dan 19+ thought-nya :D. Tapi bangga kok SM akhirnya mau menggunakan lirik dari member EXO.

Tapi beneran tiap denger lagu KoKoBop dimanapun, di mini market, mall, toko, apapun bawaan pengen joget melulu.

Temen Kpopers gue lainnya juga pada suka sama KoKoBop. Apalagi sama "shimmie shimmie"nya selalu bikin ikutan nyanyi. Dan ya #KoKoBopChallenge beneran kerasa banget efeknya. Di lingkungan aku juga banyak yang tau lagu KoKoBop.


Satu lagi, jangan lupa buat selalu streaming MV KoKoBop di Youtube dan streaming lagunya di situs musik Korea seperti Melon, Genie, dll. Vote EXO. Jangan cuman jadi fans tapi ga mau ambil susahnya.

MV: https://www.youtube.com/watch?v=IdssuxDdqKk

5. Touch It

Huhu yang bikin lagu ini Chen dan kalian jangan syok ya kalau tau arti lagu ini, sensual banget :). Lagunya sensual dan bikin enjoy, dan happy.


Kalau menggambarkan lagu ini, satu kata aja, seksi. Apalagi vokal member EXO disini jadi seksi. Terus bagian "nananana" bikin ngejam terus. Yang aku suka dari lagu ini juga karena lagu ini walaupun seksi dan sensual tapi vibe dari lagu ini menurutku bikin enjoy dan cocok buat moodmaker. Pokoknya lagunya ngasikin.

Dan lagu ini cocok banget di teasernya Xiumin, lagu dan orangnya sama-sama seksi dan gemesin. Suara Kai juga beneran seksi, pengen banget liat choreography lagu ini. Sonjjit sonjjit~

Teaser: https://www.youtube.com/watch?v=A0j4AmxntAM

6. The Eve 

Vokal, insturumen, dan choreography nya bikin fangirl hamil online.


Sebenarnya ini lagu paling favorit sih. Tapi sayangnya karena ini lagunya serius dari vokal dan lainnya jadi biasanya kalau lagi mood baik jarang putar lagu ini. Dari teaser sehun, udah suka banget sama lagu ini. Tapi sayangnya tadi, bagi aku ini lagu ga bisa diputar kapanpun.

Dari lagu ini, vokal SEMUA member EXO jadi lebih keliatan. Dan akhirnya Sehun punya lebih dari dua line nyanyi, dan ini perkembangan yang luar biasa. Pokoknya tiap di stage yang selalu ditunggu-tungguin itu linenya Sehun dan tentu saja dance-nya yang gitu :> Tiap dengerin lagu ini bawaan pengen ikutan ngedance bagian "kkaego budithcheoya hae". 
Menurut aku the eve ini lagu terbaik di album THE WAR.

Teaser: https://www.youtube.com/watch?v=S9e8w2gvvvw

7. Power

Lagu penyemangat akhir-akhir ini, pokoknya lagi sedih, kecewa, apapun dengerin lagu ini jadi dapet kekuatan. Emang sih EDM mungkin genre kesukaan aku, tapi serius lagu lain di The War bagus semua jadi urutannya segini.

Walaupun ini cuman comeback repackage tapi tolong juga STREAMING POWER DI MELON, GENIE. Pertahankan digital, views youtube mungkin nanti tambahan di projek lain.


Berbanding terbalik dengan KoKoBop, Power ini beneran bisa didengerin oleh semua usia. Ditonton semua usia. Dll. Pokoknya ini lagu beneran cocok buat yang lagi terpuruk, khususnya buat pelajar dan pekerja lainnya. Sangat pemberi semangat. Gue sendiri senang banget karena akhirnya EXO pake EDM. Thanks to LDN Noise.

Waktu Power dirilis gue waktu itu lagi sibuk-sibuknya sekolah jadi ga terlalu ikut andil di comebacknya. Pokoknya waktunya ga pas banget. Kalau ga salah hari selasa sore atau rabu dirilis, sedangkan gue pulang sekolah bisa jam setengah 5 jadi pulang sekolah kecapean dan ga punya waktu buat fangirling. Tapi dengan lagu Power ya sedikit-sedikit mood kembali sih.

Senengnya lagi di repackage kali ini, tampilan albumnya berupa ilustrasi. Secara gue suka banget sama komik dan animasi, pokoknya bless banget sama comeback kali ini. Apalagi pasangan di cardnya itu Sehun & Kai (SeKai, Chen & Xiumin (ChenMin), D.O & Suho (KyungMyeon), dan CHANBAEK. MVnya juga keren banget, ngerasa kek nonton movie. Good job SM, niat banget mereka ngedit animasinya. Pokoknya Power the best repackage comeback.

Awal lagunya dimulai dari Chanyeol. Xiumin bilang ga ada yang bisa ngalahin Chanyeol buat nyanyi di awal lagu Power. Secara Chanyeol itu happy virus dan cocok banget buat ngebawain lagu ini. Dann choreography power wow banget, pokoknya hebat banget. Powerful apalagi bagian dance solo Jongin. Btw, disini ada yang nonton leaked dance practicenya power ga? :> gue nonton tapi dari itu bikin excited sama penampilan stage mereka.


MV: https://www.youtube.com/watch?v=sGRv8ZBLuW0

8. Diamond

Shining shining just like a diamond, blinding blinding you like a diamond~


Dari awal teaser Kai, udah suka sama Diamond. Musiknya ngademin dan cocok buat di hari panas. Vibe dari lagu ini juga cocok banget buat yang lagi gerah.

Awal dengerin ya rada ga terbiasa sama Diamond, apalagi bagian "like a WHAT" lucu aja gitu. Tapi entah kenapa lagu ini ngangenin. Rasanya pen denger terus. Akhirnya jadi suka sama lagu ini. Ada banyak juga fans yang ga suka sama Diamond, tapi kayaknya banyak juga yang kasusnya sama kek gue. Sekarang sih paling sering muter what u do dan diamond.

Bagian favorit di lagu ini:

wanseonghae nae (wanseonghae nae)
deo wanbyeokage (deo wanbyeokage)
da bangshimhan sae
nan sangshigeul kkae

Blow up (Blow up) jigeum ni nunape
We glow up (Glow up) jinjjareul garyeonae
We drive ’em crazy crazy
We do it daily daily

9. Boomerang

Lagu favorit saat ini. Lagunya bikin happy dan liriknya sweet banget.


Suka banget sama boomerang karena lagunya fun dan bikin santai. What u do - boomerang - touch it - diamond, biasanya urutan gue muter lagu gini kalau di sekolah. Lagunya juga bikin pengen have fun. Cocok buat didengerin kalau lagi seneng-senengnya.
10. Chill 

Lagu buatan Chanyeol TT Yang bikin gue agak aneh sama lagu ini karena nadanya berubah-ubah gitu. Entahlah rada canggung aja dengerinnya. Banyak juga yang suka chill, cuman rada aneh kalau aku dengerin. Tapi setelah beatnya jadi berubah ke bagian rapp, dari menit 02:00 sampe terakhir gue suka. Cuman awalnya rada canggung aja dengerinnya.

 
Rapp Chanyeol disini bikin gue sesak napas dengernya saking perfectnya. Emang sih dari lightaber terus ini chill, rappnya Chanyeol makin terus meningkat. Dan Sehun juga rappnya udah bagus banget. Katanya Chanyeol ngajarin Sehun ngerapp dengan baik atau gimana gitu. Pokoknya proud deh.

Paling suka bagian rapp ft. Suho, saat sehun bilang "show ya show ya show ya show ya" terus Junmyeon nambahin "SHOW YA" terus bagian awal ke perubahan beatnya juga Suho bilang "JOA".

Dari teaser Chanyeol gue seneng karena teori di teasernya saling berkaitan sama Baekhyun lol. Tapi di concept power chanbaek beneran berkaitan kan?



11. Going Crazy 

Awal lagunya gue suka tapi pas masuk nada "I hate you" tiba-tiba gue rada ga enak dengernya. Tapi ini lagu tetep well-produced kok.


Fun fact, lagu ini adaptasi dari instrumen di VCR EXO'Luxion. Jadi dari awal di teaser instrumen lagu ini beneran kek familiar. Suka banget sama vokal EXO disini. Cocok banget dijadikan di teaser Jongdae. Lagu ini full banget sama vokal. Terus lirik iconic dari lagu ini "up and down like a roller coaster". Dan yapp rapp-nya sensual :D.



12. Walk On Memories

Serius masa di nomor 12 ya? tapi ya gimana lagi beneran susah nentuin mana yang paling gue senengin. Cuman menurut gue walk on memories kurang tepat buat didengerin di musim sekarang TT sorry. Kalau di album winter, mungkin lebih cocok. Musiknya masterpiece kok cuman ya rada ga cocok aja didengerin kalau di musim panas. 


Walk on memories cocok banget sama vokalnya Kyungsoo. Awal-awal teaser D.O dirilis mungkin ini lagu favorit semua Kyungsoo stan :D. Di album The War beneran jamannya Kyungsoo. Semua line distribution, ksoo nomor 1.

Bagian favorit lagu ini di reffnya yang "do it do it do it" adem aja dengernya. Kadang-kadang salah denger ke "tweet tweet tweet tweet". Sering kok denger lagu ini. Cuman ada saatnya lagu ini ga cocok buat didengerin.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Udah lama ga buka laptop dan ngetik. Jari jadi kaku. Dan maaf kalau ini kudet banget, ya gimana lagi terserah aku lah mau ngepost apa :v. 

Aku tahun ini cuman bisa beli 1 album The War, soalnya nabung buat tahun nanti beli banyak album. Dannn album gue belum nyampe ke rumah. Udah kehitung dari PO, mungkin udah 4 bulan, nyesekkkkk! Katanya rada susah di redline. Buat ukuran pelajar kek gue, 200k itu udah mahal banget, ini wujud fisik albumnya aja belum nyampe TT Pengen banget berkata kasar ke OAnya. Takut penipuan tapi katanya banyak juga OA lain yang kena redline.

HAPPY CHEN JONGDAY AND CONGRATULATION 19TH DAESANG!
Semua yang gue tulis cuman PENDAPAT. Silahkan berpendapat sepuasnya. 


Don't be so serious, thank you for reading!

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Previous
Next Post »

LKMM-TD

Opening LKMM-TD - Materi & UKM Day

Minggu, 15 Maret 2020 merupakan opening ceremony dan UKM day. Opening ceremony dan UKM day merupakan rangkaian pertama pada LKMM TD 2020. ...