Wajib Militer EXO

Jadi kemaren ada pengumaman tentang peraturan wajib militer Korea yang baru, inti isinya:
- Yang berumur 25-27 tahun dalam international age yang belum melaksanakan wajib militer telah dibatasi untuk meninggalkan atau ke luar Korea hanya 5 kali dalam setahun dan kurang dari 6 bulan.
- Yang telah berumur 28+ tahun tidak bisa menunda wajib militer lagi bahkan untuk pendidikan.

Itu beneran shocking news banget. Karena setelah berita itu keluar pastinya sangat berdampak bagi oppa oppa korea. Masa iya cuman bisa ke luar negeri 5 kali, gimana nasib yang punya concert tour coba? Dan gue langsung kepikiran sama exo, hampir semua member udah lebih dari 25 tahun dalam umur internasional, kecuali Sehun dan Jongin. Bukan cuman buat yang punya tour, tapi juga buat undangan acara-acara lain di luar negeri pasti berdampak banget. Tapi dengan adanya peraturan ini sih satu yang jelas, malah dengan dibatasinya bepergian ini, semuanya bakal lebih fokus berkarir di Korea aja. 


Kagetnya lagi kan Minseok nunda wamil buat pendidikan (phD) dan sekarang peraturannya itu udah diberhentikan. Ga kebayang kan berarti tahun ini adalah tahun terakhir Minseok sebelum wamil! Sumpah kalau gue bisa mengembalikan waktu, gue ga pengen semuanya berakhir kayak gini. Gue pengen EXO masih aktif-aktif aja. Gue pengen waktu kembali di tahun 2015-2016. Kenapa waktu cepet banget ya berlalunya?

Minseok enlist that means exo ga bakal aktif lagi. Mungkin nanti ada beberapa member yang tersisa buat comeback, tapi disini tetep aja ga enak! Karena tadi dibatasin untuk keluar negeri. EXO tiap comeback pasti selalu ada yang namanya tour dari dulu banget. Nah bayangin kalau Elyxion ini tour terakhir EXO? Nyesek cuy, gue juga pengen kali ngeliat exo ke Indonesia lagi. 

Bukan cuman perkiraan jadi tour konser terakhir exo, bisa jadi comeback tahun ini adalah yang terakhir dengan formasi member lengkap (walaupun tanpa Yixing). Jadi ya sebelum ini gue nulis sesuatu tentang Yixing, sekarang anehnya dapet berita peraturan wamil baru, perasaan gue campur aduk banget. Serba salah mau gini mau gitu. Karena kita ada di tahun penentuan, antara kalian yang masih mendukung exo apa adanya atau malah kalian yang sudah mencoba pindah ke grup lain.

Bukan cuman Minseok, mungkin tahun depan Junmyeon wamil juga. Perkiraan wamilnya EXO gini:

2019: Minseok wajib militer
2020: Junmyeon wajib militer
2021: Minseok kembali. Baekhyun, Jongdae, dan Chanyeol wajib militer.
2022: Junmyeon kembali. Kyungsoo wajib militer.
2023: Baekhyun, Jongdae, Chanyeol kembali. Jongin dan Sehun wajib militer.
2024: Kyungsoo kembali.
2025: Jongin dan Sehun kembali.
2026: Full member after enlistment

Kebayang ga krisisnya exo. Sebenarnya gue masih ga terima kenyataan bahwa tahun depan Minseok wamil. Gue ga bisa bayangin exo kekurangan member lagi. Sakit banget sih karena tahun ini adalah tahun tersibuknya gue karena habis lebaran gue ulangan kenaikan kelas 3 dan tahun depan gue udah sibuk ngurus kuliah. Yang pasti, tahun ini gue ga bisa mastiin bakal ngehype exo sepenuhnya. Tapi ya gue usahain lah ya, tahun ini ngehype semaksimal mungkin dan buat projek grand comeback besar-besaran, gue dukung banget. Mungkin gue takut berekspektasi tinggi soal angka. Yang bisa membuat semuanya terkabulkan itu juga karena inisiatif dalam diri kalian masing-masing. Kalau kalian masih mindset "ah beli album satu ga ngaruh juga" itu salah besar. Lumayan banyak dalam fandom kita yang selalu berpikiran begini. Tahun lalu gue cuman beli kkb satu aja karena cuman bisa menyelamatkan uang tabungan gue segitu, tapi saat albumnya itu sampe, rasa puas dan bangganya itu loh. Walaupun cuman nyumbang angka 1 tapi itu sudah berkonstribusi besar loh. Kalau kalian selalu mikir beli album exo itu selalu "nanti aja deh" noh sampe exo mau wamil tetap ga bakal kebeli. 

Kalau udah punya kesadaran kalau mungkin ini terakhir kalinya exo comeback full, support semaksimal mungkin. Suatu hari kalian bakal ingat saat membuka album itu kenangan sewaktu exo masih aktif, kebersamaan sesama teman fandom, rasa degdegan pas mau buka albumnya. Apalagi kalau memang tahun ini adalah comeback full member terakhir, konstribusi kalian masing-masing pasti akan selalu dikenang. Lupakan ot8 atau ot9, kalau kalian beneran mau mendukung sepenuhnya maka buatlah comeback tahun ini adalah moment terindah dalam fandom kita. Intinya juga jangan jadi fans yang pesimis. Kalau kalian mau berusaha lebih, pasti nanti ada imbalannya kok buat fav kita. 

Mungkin kepopuleran EXO sekarang tidak seperi boyband/girlband jaman sekarang, tapi gue tau kok EXO punya fans yang terbaik, yang loyal dan berdedikasi, yang kuat. Jadi bagaimanapun hasilnya nanti, kita sudah berjuang. 

Tahun depannya lagi, Junmyeon wamil, dan exo tersisa 6 member. Mungkin akan ada comeback kecil. Dan prediksi gue sih, member exo bakal sibuk ke jadwal pribadi. Entah di variety, drama, atau as solo singer? Jadi entah mau berapa tahun pun, kayaknya nama exo tersebut bakal terus mengalir dalam industri hiburan korea. Sebenarnya masalah thaad udah hampir kelar kan, tapi kali ini mari kita nunggu bagaimana keputusan agensi aja. 

Tentang kekosongan dalam exo. Kalau tahun ini adalah comeback terakhir tersebut dibenarkan, konsep dari exo itu sendiri pasti mengalami kekosongan, jalan tanpa tujuan, ruangan gelap tanpa cahaya. Udah dijelasin banget di teaser Elyxion, kalau dalam konsep exo itu sendiri bagaimana penggambaran exo sekarang. Sumpah gue pengen melihat lebih jauh lagi bagaimana history exo untuk kembali bersama itu. Harusnya tahun ini comebacknya harus ngeluarin semuanya sih, dari segi konsep, plotnya, dan lagunya!

Dan demi apa ya kita harus nunggu 8 tahun buat semuanya kembali seperti semula. Udah jadi mamah muda semua tahun 2026 :). Member exo juga bisa udah nikah wkwk. Tapi ya gitu, harus siapin hati aja sih. Gue percaya EXO-L loyal semua sih, paling kalau exo ga aktif promosi lagi bakalan nyibukin di kehidupan nyata aja. Kalian pindah fandom, ya terserah kemauan lu. Gue cuman pengen kalian get a life! 

Yang paling menyakitkan dari semuanya itu, fakta bahwa mungkin tahun ini adalah moment terakhir kerja keras menakjubkan kita selama ini eris. Karena di balik fakta exo itu extremely amazing, ada fans yang sangat hangat dan setia untuk selalu mendukung. Gue ga bisa bayangin gimana nasib fandom ini setelah semuanya bakal sibuk ke irl. Yang pasti, jangan lupakan momen-momen kita. Ngga, gue yakin sih, kenangan selama kita menjadi EXO-L tersebut pasti akan selalu dikenang dalam hati. Segala pengalaman baik atau buruk, perlakuan yang diberikan orang luar. Perasaan sedih, senang, bangga, kecewa, semuanya mungkin hanya akan diingat saja. Beberapa pembelajaran hidup yang kita dapat saat menjadi EXO-L.

EXO adalah masa muda kita. Cinta, mimpi, dan hidup. Tanpa kita sadari dengan waktu yang terus mengalir, kita terus menjadi dewasa. Kelak nama EXO akan selalu diingat dalam masa tua. 

Gue ga mau pisah sama kalian semua! Salah satu alasan gue netap menjadi exo-l adalah karena orang-orang dalam fandom yang hangat seperti kalian. Entahlah, waktu yang gue habisin bersama kalian itu yang penting banget. Pokoknya perjuangan kita sampe selama ini itu, ga ternilai. Terus saat kita sudah mulai nyaman tapi nasib berkata lain. 

Dalam diri gue sendiri, gue selalu ngerasa kalau tahun ini adalah the exact momen. Maaf untuk berpikiran begini. Dan maksudnya itu tahun ini beneran moment penentuan dalam semua hidup eris. Kalian jangan mengabaikan fakta bahwa industri hiburan korea khususnya akan lebih aktif bergerak untuk menurunkan kita. Pasti pernah merasa muak dengan acara penghargaan kan? Rasanya ga pengen exo dateng kesana kalau diperlakukan dengan buruk. Nah begitu tuh maksud gue. Tahun terakhir kita merasa segala tekanan, tapi setelahnya kita akan bebas. Ga punya pikiran, beban, hanya memikirkan kebahagiaan diri sendiri dan exo juga. Setelah ini biarkan junior-junior yang lain untuk berjuang. Dan kita terus menatap ke depan.

Btw malem tadi konser tur terakhir CBX di Jepang. Demi apa, Jongdae hampir nangis! Kita jarang liat dia nangis karena kalau di depan fans, dialah yang selalu menghibur member yang menangis. Dan malam tadi, dia ngungkapin perasaannya di depan fans. Air mata gue ga bisa ditahan lagi. Darisitu gue sekarang berapi-api banget untuk support exo. Jangan biarkan exo merasa tertekan dengan peraturan baru. Mari support dengan usaha yang beneran maksimal tahun ini. Semangat terus eris!

Segini dulu aja deh, kita berjuang untuk yang di depan mata dulu! Semangat terus ya!
Previous
Next Post »

LKMM-TD

Opening LKMM-TD - Materi & UKM Day

Minggu, 15 Maret 2020 merupakan opening ceremony dan UKM day. Opening ceremony dan UKM day merupakan rangkaian pertama pada LKMM TD 2020. ...