Fanwar ; ARMY vs EXO-L (2)




WARNING: NOT AN EXO-L, MULFAND, ANTI NAGAJUSEYOOOOOOOOOOOOOOOO

Gue hanya menyalurkan pikiran gue dalam kata-kata. Tanpa bukti. Tapi fakta. 

Btw judulnya terlalu mancing kan? itu cuman judul ya, isinya out of topic semua :D

Jam 4 sore, 15 April, gue liat di postingan komen sebelumnya ada 68 comments dan sekarang jam 22:28 sudah ada 84 comments. Gue ga bakal baca komen disitu lagi. Sudah cukup dan berlanjut disini.



Tentang postingan gue sebelumnya, sebenarnya gue ga mengharapkan bakal overrated kek gitu. Apa salahnya sih ini blog gue, dan pengen menyampaikan pendapat gue. Okeey alasan yang terlalu basi kan? Gue udah JELAS BANGET mengkhususkan postingan gue cuman buat EXO-L dan yang gue baca di komen kalian malah menyalahkan karena gue cuman mandang dari sudut EXO-L. Da hell, gue disini dengan bangga menyatakan bahwa gue itu HARD EXO-L dan apa yang gue dapatin lagi? Kalian bilang gue IMMATURE EXO-L. 

Ibaratkan, EXO-L itu kakak kelas (di SMA, misalkan), terus kalau ada adek kelas yang nyerang, nah disinilah kepribadian seseorang terlihat, ada kakak kelas yang mudah temperamen, ada yang sabar menerimanya dengan positive thinking, dan ada juga yang cuek aja. Sebenarnya gue tipe orang ketiga, kalau ada yang nyerang duluan ya gue cuek aja dulu, tapi nantinya gue bakal balas dendam. Ah but! gue orangnya bukan orang yang ngebicarain dari belakang, gue lebih suka jujur dan apa adanya. NAH! Ibaratkan lagi kalau misalnya EXO-L itu kakel kelas 11, ARMY kelas 10, dan (contohnya aja) VIP, ELF, CASSIOPEIA itu kelas 12 terus EXO-L kepancing ARMY, dan EXO-L nyerang adek kelasnya, siapa yang terlihat lebih salah? Kalau menurut realita aku di sekolah (irl aku kelas 10), kelas 11 lah yang paling banyak dimaki dihina, like "udah kelas 11 ga dewasa" "adek kelas aja diurusin". Realita lagi, murid2 kelas 11 bakal dukung teman mereka, murid kelas 10 juga bakal dukung teman mereka, dan DENGAN TERPAKSA ada yang mengakui kesalahannya lebih dahulu. Dengan terpaksa tentu saja ga sepenuh hati, pasti ada lagi celotehan di sosmed yekan. Terus gimana dengan kakak kelas 12? mereka sudah dewasa, yang pasti mereka bakal lebih cuek kalau ada adek kelas yang ngejudge, seperti itulah realita yang aku dapat di lingkungan sekolah. FANWAR mungkin bisa diibaratkan dengan begitu juga.

Kenapa EXO-L selalu dicap sebagai fandom paling rusuh? ya mungkin karena itu. Kita ada di tengah2 (jangan salah paham, ini cuman IBARAT) fandom senior dan junior. Kelas 10, 11, 12. Aku di sekolah aja ga suka sama kakak kelas 11. Tapi di atas senior, ada yang lebih senior lagi. Gue lihat kakel kelas 11 pada takut sama kelas 12. YA SERBA SALAH! Dilihat senior salah, dilihat junior salah, kayak lagu Raisa lah apa lagi salah ku? :). EXO-L selalu disalahin tentang fanwar, kalau menurut junior EXO-L lah yang memulai (sadar tak sadar), kalau menurut senior karena EXO-L belum semuanya mature. Terus terang, EXO-L yang sudah mature adalah EXO-L yang sudah tumbuh bersama EXO, nah kalau fans2nya yang itu terus kan nanti dibilang EXO-L jumlahnya segitu terus, datanglah EXO-L lain yang masih muda, serta masih ada yang mudah terpancing, dan bahkan akhir2 ini banyak EXO-L yang IMMATURE :) (kayak gue yekan? :)) disinilah EXO-L yang sudah berpengalaman (?) untuk menyadarkan kaum muda. 

Gue ga bermaksud sok dewasa, toh baru 16 tahun, dan gue bahkan baru 9 bulan loh jadi Kpopers. Maka dari itu, gue minta bantuan masukan Kpopers senior, gue minta pendapat tentang apa yang gue tulis dahulu apakah terlalu menjatuhkan atau terlalu meninggikan, dan jawabannya katanya yang gue tulis itu memang seperti itu adanya, dan semua SESUAI REALITA. Then beberapa lama setelah gue minta2 pendapat sama Kpopers senior, ada satu topik yang membuat gue serba salah juga "Kpopers jaman sekarang tidak menghargai Kpopers senior. Kpopers sekarang sok bener, dan yang senior malah disalahkan". Sampe sekarang merasa serba salah dengan apa yang gue tulis saat ini juga, tapi biarlah junior mu ini (secara halus bisa dibilang) menyalurkan bakatnya. Gue sumpah gapernah menyalahkan apa kata Kpopers senior, yang kata kalian aku immature, okay I'm Immature since you're older than me and having more experience than me, kkkk bahasa inggris ngawur. Contohnya aja di grup chat, gue disana banyak ngeliat yang senior merasa tidak dihargai, dan yang muda malah bicara seenak jidatnya (dengan bahasa kasar). Gue orangnya cuekan, jadi kalau ada Kpopers senior dan junior yang berantem di gc, gue cuman nyimak aja. Jujur, ngeliat fans jaman sekarang (meskipun gue juga baru2 aja juga) miriss, pantas aja sih banyak senior yang ngeluh. Kalau seangkatan gue sih jarang yang nemu bicaranya asal2an dan cenderung menghargai apa yang dikatain senior. Tapi melihat yang di bawah gue, fans yang masih SMP, gue ngerasa gimana gitu. Bahkan anak SD sekarang ngomongnya liar banget, gue juga ngerasa serba salah ada di pihak junior atau senior.

Kalau gue ga sakit hati, gue bohong. Gue merasa sekarang terpojokkan dan gue mungkin juga berusaha tetap cuek. Tetap saja percuma. Kenapa sih pada bandel ngebaca postnya? kalau sudah jelas2 ini mengarah ngehate ARMY yaudah, jangan dibaca. Apa yah, gue aja kalau ada postingan yang ngerendah EXO-L ya gue ga baca, gue ga mau terima akibatnya, sakit hati yang mendalam. 

Uumm, mungkin terlalu meninggikan kata2 gue tapi gue di awal dan di akhir selalu menegaskan maaf apabila ada kata yang terlalu berlebihan. Kosakata gue emang terbatas banget, gue emang ga suka sastra dan mengarang cerita, gue apa adanya aja.  Apadah kok kayak lagu yonglek ft. awkarin, "lo benci gue yang apa adanya, kalian semua suci, gue penuh dosa". EXO-L selalu bilang kalau kita ini penuh dosa dan yang menghina itu suci. Jadi gini ya, di fandom mana pun, mereka pasti berpikiran begitu. Ga cuman fandom yang sering fanwar kek kita2 ini. Okeeylah gue bakal bilang ARMY lo suci, GUE penuh dosa. Gue ngejatuhin ARMY di postingan? apa kalian ngebaca ga berpikir, karena gue OBJEKTIF banget apa kalian nyuruh gue buat jadi fans juga supaya sadar sama apa uneg2 gue? Okelah kalau tulisan gue merendahkan army, bts, dan bighit, emang gitu realitanya. Gue cuman ngumpulin fakta2 yang ada di sekitar EXO-L. Sekarang pertanyaannya, ngapain ya gue daritadi nulis pake emosi cuman gegara komen hate? hehehe :D sudah terlambat kan.

Gue bakal lebih fokus ke EXO-L lagi, dannnn ngebahas topik fanwar yang akhir2 ini ada. Kali ini, gue mau noumunoumunoumunoumunoumu fokus ke EXO-L. Tentu aja, yang gue tulis disini lebih banyak ke kumpulan pendapat EXO-L di lingkungan sosmed gue. Gue bakal rewrite jadi satu pendapat gue. Oh ya kalau ada yang salah paham kalau ini cuman spread ngehate, gue jelasin, gue sering browsing di tumblr blog, dan disitu banyak blog tentang confess gitu, aku gamau kalau kalian bilang ini cuman postingan ngehate, gue lebih ke confess diri gue sebagai EXO-L. Ya walaupun bilang gitu juga, kalian pasti masih nyalahin. Kalau bukan EXO-L jangan baca apa yang gue tulis di bawah ya, GUE SUDAH PERINGATKAN. Yang EXO-L tolong kritik dan sarannya gue cuman butuh pendapat apakah yang gue tulis emang bener/salah.


TOPICS (bertanda merah)

Bulan januari saat gue nulis pertama tentang fanwar emang sih disitu udah banyak fanwar. Tapi anehnya akhir2 ini makin merajalela pake banget. Kpopers baru juga makin bertambah. Tbh sebenarnya bulan april-may-juni itu bulan awal2 gue tertarik sama Kpop. Gue paham juga sama Kpopers baru. Secara otomatis, EXO-L baru juga bertambah. Gue juga belum lama jadi EXO-L kan, tapi terus terang kenapa gue merasa khawatir dan gugup, takut yang baru2 mudah terpancing. Okey gue orangnya sebenarnya ga mudah terpancing, tapi kalau ada fanbase EXO-L yang ngirim post tentang persaingan gitu, gue suka baca komen EXO-L, nah disitulah gue jadi semangat menyampaikan pendapat. Gue sering nemu kalau di komen2 di Instagram (contohnya) kebanyakan EXO-L yang komen itu Kpopers senior dan SMstan tapi sering juga nemu yang salah lapak :v. Dan gue juga sependapat sama mereka, disitulah karena gue udah gatahan sama stress yang ada di pikiran, gue dengan samangat nulis post fanwar pertama. 

GUE SANGAT PAHAM emang kalau di fanwar pasti yang EXO-L bilang ARMYlah yang mancing duluan dan ARMY juga berpikir begitu. Tapi gue ada di pihak EXO-L yang pasti pihak kami juga sering berpikir begitu. Bulan januari-februari kemaran banyak banget kan FAKE ARMY yang katanya ngaku2 ARMY tapi merendahkan group lain. Tapi bulan april ini juga kita banyak nemu FAKE EXO-L. Gue kecewa banget jaman sekarang emang ada ya fans yang FAKE? Sumpah pas pertama denger kata2 itu gue ngakak, perasaan fans ya fans aja, apaan coba fans FAKE, ga ngerti lagi. Tapi setelah gue stalking akun mereka pasti kata2 legendarisnya gini:

BTS KINGS OF KPOP
 EXO-L IS THE WORST FANDOM

EXO KINGS OF KPOP
 ARMY IS THE WORST FANDOM 

Fans kayak gitu tuh yang katanya FAKE dan yang seperti itulah fans yang suka mecah belah fandom kan? Sekarang karena mereka, gue gamau nyalahin satu sama lain, cumann ya ngomong pake fakta aja lebih enak kan :). Tapi sumpah sangat memalukan, ARMY, EXO-L, kita mungkin ga mau disejajarkan, tapi ini sungguh kelewatan. Dulu EXO-L berbondong2 buat ngereport akun bts_kingsofkpop itu sekarang kita nelan ludah sendiri, sumpah gue kecewa sama EXO-L sekarang. Ya walaupun gue yang katanya juga Immature, setidaknya gue ga menghina fandom lain, yang bukan EXO-L baca post gue mungkin kalian kira gue merendahkan, tapi Insyaallah yang EXO-L kalau baca sependapat aja kok. Sesuai fakta yang ada di twitter, instagram, gue gapernah lari dari kedua sosmed itu.


Sekarang kedua fandom yang sering fanwar ini bawa-bawa fandom V.I.P. Akun EXO-L yang FAKE katanya itu manas2in ARMY sama VIP. Jadi gini ya, waktu itu gatau ada apa di akun zonakorea itu VIP sama ARMY itu berantem gitu, nah terus ada akun komen gini "VIP ARMY fanwar, yang berbahagia EXO-L.." (kira2 begitu). Nah mungkin EXO-L juga ikut emosi karena zonakorea me-like komen itu. Terus malam tadi sebelum gue nulis ini, zonakorea ada ngepost artikel tentang netizen yang membedakan setplain konser solo GD (YG) dan EXO (SM). Judulnya gini "Tata panggung konser GD dinilai kalah jauh jika dibandingkan EXO, Setuju?". Jelas2 sebelum dia merilis itu artikel, di akun lain judulnya ga terlalu gitu banget. Alhamdullillah, setelah gue baca komen, ada akun YGstan yang bilang mulai sekarang anggap EXO-L sebagai adik kalian, kami akan melindungi VIP dan EXO-L. Sumpah terharu banget. Banyak akun besar SMstan dan YGstan yang komen tapi mereka damai aja. Salut sama VIP karena mereka dewasa dan ga terpancing sama artikel. Sebenarnya gue gamau bilang gini ya, tapi banyak yang udah tau kalau admin di fanpage itu katanya multifandom tapi berat sebelah. You know, dia juga sering nyalahin EXO-L di artikel yang ngebahas apapun yang ada sangkut paut sama EXO dan BTS dan ya dia dukung yang kedua. Like, EXO-L itu dianggap sebagai penjahat, tentu saja karena itu fanpage lebih dari 500k followers, yang Kpopers baru pasti dengan mudah nganggep gitu juga kan. Terus di hari itu juga sebenarnya banyak artikel tentang prestasi anak YG tapi akun itu tidak satupun memposting artikelnya dan yang diposting malah artikel itu. Padahal artikel itu udah dirilis 1/2 hari sebelum dia post lagi. 


Ada yang bilang gini, Kpopers senior sudah kebal sama artikel yang menjatuhkan idola grup mereka. Mereka bakal lebih fokus dengan kelebihan grup idola mereka dibandingkan mengurusi pendapat orang tentang grup idola mereka. 

Apakah kita yang terlalu mengurusi pendapat orang itu sehingga menimbulkan fanwar? Gue akhir2 akting cuek sama pendapat orang, bahkan yang salpak di komen juga gabakal gue bales komennya. Hm, mungkin sudah saatnya gue ga mengurusi fanwar lagi, kecuali kalau lagi emosi. Kita kan juga manusia kan, jangankan gue, banyak aja kok senior yang ngebelain idola mereka karena fanwar. Gue ngebahas immature ARMY yang menghina EXO terus dibilang EXO-L yang terlalu mengurusi itu. Umh, apa ada penggemar yang ga sakit hati kalau idolanya diejek. Apalagi ini lingkungan twitter loh (gue ngambil semua topik dari twitter) mesti lebih banyak yang baca dan retweet. Ohya se-immature nya gue, setidaknya ga pernah nyumpahin orang buat mati (maaf). Seenggaknya gue gapernah komen sana sini ngurusin fanwar, dan ya disinilah gue ngurusnya. EXO-L mulai sekarang ayo kita lebih ngepost tentang kelebihan EXO. #5yearswithEXO and still counting.


Billboard vs Daesang. Channel vs Walmart. So daesang isn't important tho? Sumpah ngakak, sedangkan idola kita masing2 saat memenangkan daesang aja nangis terharu. Terus meninggikan Billboard yaaa kalian mungkin menang di Billboard, artis kpop lain akan menganggap kalian luar biasa. Tapi janganlah meremehkan daesang. Just sad why kpop fans nowadays really want a western recognition. Daesang is important for all group. Sebenarnya hebat banget BTS bisa masuk Billboard cuman beberapa ARMY yang menyombongkan diri itulah yang merusak momentnya :(.

Entahlah suka banget di twitter bawa2 "...vs Walmart". Ingat ga waktu pemotretan EXO di Vogue itu dipost sama akun gucci di twitter? Gue disitu awalnya pengen lihat komen korean fans di balasannya, yang gue dapet, malah banyak ARMY yang minta gucci buat jadikan BTS sebagai model. Gue sebenarnya ga pengen ngebahas ini cuman, apakah gabisa menghargai postingan tentang EXO? itu beneran gaada sangkut pautnya sama BTS, tapi 60% komennya tentang permintaan itu. Gue ga merendahkan BTS, siapa tau suatu hari nanti mereka bakal kan. Setidaknya hargailah EXO, gaperlu komen meninggikan buat EXO kalau kalian bukan EXO-L, tapi ya hargain aja gitu, masa di post EXO kalian komen BTS? Sorry I can't respect. Dan tweet balasan itu banyak mendapat retweet. 

Terus katanya postingan PANN tentang "popularity ranking of boy groups by V-App, Fancafe, and most viewed MV" itu membawa fanwar? kata gue sih enggak, dan itu juga melibatkan VIP. Karena BTS punya paling banyak follower V-App daripada EXO dan BIGBANG and then korean netizen commented like "[+172, -214] Let them win #1 this time. They're always dying to surpass Bigbang and EXO. Why don't we just let them win this one so that they can celebrate it among themselves.". You really cannot rank a kpop group just by v app and.. billboard? Lol. Kalian bisa bilang "BTS have the largest V-app and fancafe" sudah sampai disitu aja, jangan nambahin "BTS have the largest V-app and fanface than..." karena satu kata itu aja sudah banyak yang tersakiti. 

Terus Brand Reputation Ranking. Buat EXO-L jangan terpancing sama ini. Ini dinilai buat seberapa sering nama sebuah grup/idol di SNS. Terutama fancafe. As you know, fancafe EXO-L sudah tidak digunakan. Kita sekarang sudah disediakan fancafe sendiri, sekaligus promote yang belum gabung jadi member tolong register ya di > exo-l.smtown.com < Reputasi ga penting, fans yang tau seberapa baik grup idola masing-masing, kenapa sih kita terlalu terobsesi sama ranking? gue sih ga terlalu ngurus sih sama ranking, karena grup idola masing2 pasti nomor 1 di hati.


Jaman sekarang dapet 100 million di youtube itu kayak gampang banget. Belum satu tahun tapi udah ada yang 100M. Kata pewdiepie juga youtube sudah berubah. Dulu dapet 100k views udah bahagia terharu banget, sekarang dapet 100m views kayak udah biasa aja gitu, apalagi MV. Realita aja sih, adek gue juga sering banget main youtube, dari challenge, vlog, gaming, gue gasuka perubahan jaman yang gini banget. Dulu waktu seumuran adek gue, sibuk kalo ga sempet nonton film yang ada di tv pasti nyari ke tempat jual cd bajakan :v sekarang mah tinggal akses youtube ketemu deh. Begitu juga dengan dunia kpop dulu, kita gaada berlomba2 projek streaming2an di youtube, kalau ada temen yang punya MV Kpop pasti langsung mengerumbungi itu temen dan minta videonya dan lewat bluetooth lagi. Gue dulu juga sempet loh dulu kena virusnya waktu kelas 6 SD, dan itu virus Cherrybelle kkk. Ya walaupun disitu gue mikir Kpop itu alay. So, jangan terlalu membangga2kan views youtube, mungkin yang dulu gatau perjuangan Kpop senior, youtube itu segalanya, tapi yang sudah mengalami perubahan youtube, views sudah ga penting lagi. Kayak MV Twice - TT yang sudah mengalahkan views SNSD, tapi waktu jaman SNSD - Gee itu beneran kayak virus disana-sini. Kalau di sosmed sih emang mereka merajalela populer tapi di lingkungan sekitar gue ga terlalu berasa impaknya. Waktu jaman Gee, sorry sorry, rin ding dong, fantastic baby, i am the best, growl itu beneran kerasa banget ada disana sini walaupun disitu Kpopers masih ga terlalu banyak kayak sekarang dan banyak yang anti juga, setidaknya impactnya berasa banget.

OUT OF TOPIC ya, gapapa emang rencananya gue gamau terlalu bahas fanwar. Itu kan views BTS - Dope lebih banyak dari EXO - Growl. Jangan meremehkan EXO, waktu era Growl, EXO itu ada dimana-mana, temen gue dulu banyak yang gila EXO. Dance cover ada dimana-mana. Gue aja tinggal di pedalaman tau EXO kok :v. EXO udah flop? Bitch no, nama EXO masih ada dan ada selamanya. Mungkin kalian belum merasakan dampaknya, tapi saat member EXO sudah tidak terlalu aktif lagi di industri hiburan, kalian pasti sadar seberapa dampaknya EXO bagi Kpop. Gue sering banget tuh liat tweet dan komen yang bilang EXO udah ketinggalan jaman.

"EXO udah ketinggalan jaman, EXO-L terima aja sih BTS sekarang yang populer gitu aja ribet". Kesannya itu kayak maksa banget, EXO selalu nomor 1 di hati kami. Ya kami selalu mengakui BTS sekarang top, tapi kenapa kalian mancing gitu sih? Ya kami sudah tau, jangan dikasih tau berulang2. Kalian ga sakit apa kalau idol kalian dibilangnya udah ga populer? BOHONG kalau ga sakit hati. Pahami perasaan masing-masing lah. Gue mengakui semua grup yang populer sekarang, EXO-L semua tau, dan gaada yang lari dari fakta itu. BTS lebih populer dari EXO lah, TWICE lebih populer dari SNSD lah, kami terima aja kok. 


Akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 yang kita bahas ada perang Lightstick dan sekarang? Perang Konser. Udah lama juga sih. Tapi lucu. Waktu EXO konser di Manila, stadium konser EXO itu ga penuh, terus ada ARMY yang bilang di twitter "EXO can't even fulfill an arena". Nah kan ada video EXO-L yang rebutan kursi kosong di stadium itu, dan ARMY itu ngeposting video itu, kalian bilang kami terlalu ngurusin BTS/ARMY tapi secara otomatis orang yang ngetweet itu juga pasti menstalk akun EXO-L, dan kenapa juga dia ngurusin EXO? dan tweet itu mendapat banyak retweet dan reply juga. Terus waktu tiket konser EXO di Amerika yang bahkan ga mencapai setengah dari semua tiket, kenapa kalian bisa tau? sedangkan gue yang EXO-L aja taunya dari kalian, sudah pasti kalian juga terlalu mengurusi EXO dan EXO-L. Ohya klarifikasi, tiket konser EXO di Amrik terjual 99%, dan EXO-L disana mengeluh karena penjualan tiket ada di jam kerja dan waktu beli tiketnya juga terbatas kalau gasalah cuman 2/3 hari. 

EXO gabisa menuhin satu stadium kecil tapi yang di Tokyo Dome itu apaan ya. Artis pop, kpop, jpop berlomba-lomba loh pengen konser di Tokyo Dome. Kalian bilang Tokyo Dome kecil? Lmao, ajigile kali Tokyo Dome yang bisa nampung 50rb orang atau lebih di bilang kecil. Stadium yang bisa nampung 10rb orang aja dibilang udah gede banget, apalagi 50rb kan :). Gue fans AKB48 dan sempat ngikutin kisah perjalanan mereka mau ke Tokyo Dome, mereka butuh 6/7 tahun (kalau gasalah) buat memperoleh mimpi mereka konser di Tokyo Dome. Katanya sih cuman artis yang diundang yang bisa konser di Tokyo Dome. Salah kalian meremehkan Tokyo Dome. Gue juga nonton banyak konser2 artis yang pernah tampil di Tokyo Dome, kayak AKB48, konser Love Live!, konser TVXQ, SNSD, Super Junior, BigBang, dan EXO. EXO termasuk beruntung karena bahkan sebelum mereka debut di Jepang, sudah bisa tampil di Tokyo Dome.

Akhir-akhir ini banyak banget artikel yang ngebahas perjuangan EXO dan BTS dari awal sampe sekarang. Gue sih bersyukur dengan begitu jangan ada yang salah paham lagi kalau EXO populer cuman dari agensi besar. Bayangin aja SM, YG, JYP mereka punya grup band besutan pertama yang populer tapi apakah grup band baru bakal sesukses yang pertama populer? Itulah adanya strategi pemasaran. Makanya dibilang BIG3 agensi karena mereka mendebutkan banyak idol grup, dan idol grup mereka pasti populer kan. Jangan bilang hanya karena dari agensi besar lah, tapi mungkin strategi pemasaran juga diperlukan. Dan demi kesuseksesan pemasaran dibutuhkan idol yang memiliki talent dan karisma (?) yang disukai publik. Agensi besar tidak mungkin mendebutkan sebuah grup tanpa talent. Begitupun pula agensi kecil. Kalian pengen Bighit masuk deretan agensi besar, tapi sekarang Bighit cuman punya satu grup idol yang sukses, jadi belum masuk kriteria. Tapi Bighit juga bukan agensi kecil sekarang, tinggal tunggu kapan mereka mau mendebutkan grup idol baru. Eh iya semoga gaada artikel media play lagi ya setelah itu. 


Masalah plagiat. Padahal topik ini udah lama loh kok baru dibahas sekarang? Jadi gue pernah baca komen seorang multifandom di fanpage EXO yang bilang gini "merchandise un-official aja dipermasalahin". Itu waktu masalah silver ocean yang salah satu ARMY di twitter bilang silver ocean itu cuman punya BTS. Jadi mba itu bilang silver ocean itu un-official? The hell, berarti selama ini ocean2nya legend kpop itu un-official, udahlah gue ga pengen bawa2 kpopers dari 2010 lah apalah. Terus ada juga salah satu kpop fanpage yang awalnya bersikeras setuju banget kalau warna lightstick EXO itu bukan silver melainkan "cosmic latte". Hahah cosmic latte tapi jika kalian ketik keyword di google dengan "silver ocean" otomatis EXO lah yang muncul. Terus setelah salah satu SMstan ngirim beberapa warna ocean official milik SM, dan disitu tercantum EXO = Silver Ocean. Makanya jangan ngirim berita asal2an. Gue sekarang ga terlalu peduli sama artikel2 kpop dan ga terlalu ngambil akibatnya.

Konsep seragam sekolah di MV Growl itu katanya emang ngebooming banget ya, sejak saat itu banyak grup kpop yang mengikuti. Katanya Shindong Suju setelah melihat konsep bts dia bilang "kok mirip konsep EXO". Terus MV dengan one-take itu juga banyak yang terinspirasi. Konsep EXO yang seolah membuat planetnya sendiri "EXOPlanet" juga membuat grup idol terinspirasi membuat begitu juga. Intinya SM Jjang! Apapun yang dirilis oleh SM pasti membuat orang banyak yang terinspirasi. Dan yang membuat banyak konsep seperti itu adalah Lee Sooman sendiri, kebayang gak mikirin banyak konsep dan sukses mendebutkannya, orang yang banyak ide pastinya sukses. Tapi sayangnya ada "can i copy your homework" "sure but don't make it too obvious" :)

Kalau katanya konsep bts mirip exo berarti konsep twice - cheer up juga mirip snsd - oh! SM sumber inpirasi semuanya.

Ini soal Korean EXO-L. Nah EXO-L disana itu yang pertama kali memperkenalkan boneka2 member gitu. Terus sekarang kan juga makin banyak fans lain yang terinspirasi dan menjualnya. Terus ikon spesial #5yearswithEXO yang dibuat EXO-L itu, banyak juga yang bakal bikin nanti ya. Gue sih gabisa berkata-kata lagi agensi sama fans jjang lah :D. Walaupun itu buatan fans dan bukan official tapi intinya lagi apapun yang dilakukan idol dan fans dari SMtown pasti sangat menginspirasi. Kan jadi ngebahas SM.
 

Siapa yang sering liat tweet tentang "EXO will disband this year or next year". Kalaupun EXO disband apakah grup idol kalian bakal lebih populer? Tergantung. EXO kehilangan 3 member dan banyak scandal, tetapi EXO sampe sekarang masih berdiri kok. Ingat pidato Lay waktu di MAMA. 

Gue gasuka kalau kalian bilang dengan mudahnya EXO bakal bubar dll. Walaupun kalian cuman bercanda, tapi itu sudah masuk kategori topik yang sensitif. Tapi gue udah kebal sih, dari dulu aja EXO selalu dibicarain begitu.


Ga bosan2nya gue ngebahas ini, Multifandom yang berat sebelah. Gue sering BANGET nemu yang kek gini. Giliran EXO yang dijatuhin mereka malah makin menjatuhin, giliran BTS yang dijatuhin mereka ngebela sampe mati. Sumpah kalau jadi multifandom tolong yang adil sama grup idolanya. Karena terlalu eneg sama multifandom yang berat sebelah gue jadi ga ngurus lagi soal multifandom. Banyak kok EXO-L yang komplain juga soal ini. Dan ARMY-L tolong sadarr!! jangan pake ARMY-L please. Itu kayak ARMY-Love jadi gaada unsur EXO sama sekali. L di EXO-L itu diciptakan langsung sama leader kita Suho, jangan memakainya dengan salah ya.


Etdah gue kehabisan topik, udah banyak banget yang ditulis sampe lupa apa lagi yang dibahas. Gue juga eneg kok ngebahas fanwar! Iseng2an aja sih nulis karena kurbel dan kuker. Ayo kita bahas lagi di komennn! :D



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Post yang meninggikan EXO sampe langit, ARMY protes. Post yang meninggikan BTS sampe langit, EXO-L protes. Serba salah banget kan? 

Semua grup idol punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik dari idolnya, fansnya, semuanya punya nilai tersendiri. 

EXO-L selalu melihat ARMY yang menghina EXO, sebaliknya juga ARMY. Karena gue EXO-L gue pastinya hanya melihat dengan sudut pandang gue sendiri. 

Beberapa bulan lalu EXO-L damai aja di fandom sendiri. Terus sekarang makin banyak EXO-L yang suka ngajakin berantem juga. Fans EXO memang bertambah, tapi dengan cara yang ga bagus. EXO-L lain ga henti2nya nasehatin akun FAKE EXO-L itu. Bahkan ada EXO-L yang ngajakin berantem sama kawan satu fandomnya sendiri. Tapi gue percaya sejahat2nya EXO-L kalau ada yang nyerang baik dari fandom lain dan anti pasti kita bakal bersatu dan menunjukkan kalau WE ARE ONE! 

Gue ga benci BTS, gue cuman kesel sama fansnya aja. Suatu hari nanti saat banyak grup idol kpop yang baru dan EXO maupun BTS sudah ga terkenal lagi, kita bakal sadar apa yang kita lakukan dulu memang lucu. Fanwar di dunia kpop mungkin ga bakal berhenti, tapi suatu saat kalau ada junior kita yang juga fanwar antar fandomnya, kita bisa beri masukan sama mereka.


Oh ya ada yang baca rumor yang katanya Luhan udah punya pacar + anak? :v gue ga nyangka awalnya tapi EXO-L lain banyak yang bilang dari dulu Luhan mau di usia 27 udah punya istri dan anak buat nyenengin emaknya. Pacaran mah gapapa, tapi anak? ngehehe. Ga kebayang. Tapi ya itu semua cuman RUMOR hahaha. Hunhan always in my heart.

Harapan gue, pertama-tama, semoga EXO selalu bersama, tanpa ada yang tinggal-ditinggalkan lagi, mungkin konflik sering terjadi, tapi semoga EXO selalu strong menghadapi semuanya dan yang terpenting kesehatan member EXO maupun EXO-L. Kedua, buat fanwar, ayo kita buat tahun ini menjadi tahun terakhir fanwar antara EXO-L dan ARMY.  

Out of topic semuanya gasih? kan gue bilang judulnya aja gitu. Gue buat ini dari jam 10 malam sampe jam 1 malam terus ketiduran, bangun jam 12 siang langsung lanjut ngetik :v langsung publish tanpa review, maafkan kalau ada kata-kata yang salah, berlebihan, dan kurang sopan. Kritik dan saran dibutuhkan untuk perkembangan, khususnya kritik dan saran dari EXO-L.

WE ARE ONE EXO SARANGHAJAAA!!

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gif: all from tumblr

Don't be so serious, thank you for reading~
Previous
Next Post »

68 comments

Write comments
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 9:20 AM delete

Iseng buka google+ eh liat ini ,,, yaudah gue klik ....Gue yg pertama nih komen...
Umur kamu baru 16 tahun ??? Tapi segini udah dewasa tahu ,, tulisan rapih .. sebenernya menurut aku tulisan kamu yg kemaren ga ngejatuhin banget sih .. kalo ngejatuhin buat fans nya mungkin iya .. cuma ya kemaren ada beberapa komentar dan balesan yg emang rada ambigu ..(?) .
Nanti kalo ada komentar yg salah lapak lagi .. kita hadapi dg komentar yg lebih dewasa ok .. kalo sempet gue bantuin .. :V . Gue ga bilang gue dewasa ya . Gue juga immature.

Dan dari sudut pandang gue sebagai exo-l .. semuanya sesuai .

Dan btw ,, bukan cuma gucci loh .. inget samsung ?? Yg kerja sama sama SM. Hp nya sih samsung S8 yg biasa tapi casenya exo . Jd kalo dipasangin ke hpnya . Si hp bakal nampilin tema exo . Dan tau apa yg mereka bilang ?? Katanya lebih baik samsung kerja sama bareng bts . Daripada sama exo . Dijamin katanya lebih menguntungkan .. dan jawaban exo-l jauh lebih sadis .. "sorry , samsung tidak ingin mendapat kerugian "
Ups ..nyatanya yg katanya samsung bakal menyesal malah preordernya nyampe 70.000(?) Gue lupa . .. hoho salah besar mereka . Bahkan samsung sampe mention exo . Katanya intinya mereka ga nyangka , ini lebih dari yg mereka bayangkan . So jangan remehkan kekuatan soel . Apapun bisa dibuat sold out sama mereka .. cuma mobil chanyeol yg ngga .. hhaha

Dan td gue baca di akun orang .dia fansnya JB sm shawn mendes . Katanya ada fanwar antara army sm fans nya shawn .sayangnya gue mau liat udah dihapus sm adminnya . Kalaupun mau liat jg harus ngerti b.inggris .. haha
. Intinya . Nah shawn mendes kan nama fandomnya mendes army , trus si army bilang katanya nama fandomnya plagiat .. disini gue tepok jidat. Ingat army , sebelum bts ada britney spears yg juga pake fandomnya dg nama army . Dan yg paling ngena banget komen dari fansnya shawn itu gini " ngapain kita plagiat , shawn tau ngga sama bts " . Intinya gitu .. Sadis gila .haha. tapi yg kena dampak malah kpopers yg dibenci.

Dan cuma mau bilang , kaliaja nanti ada army yg nyangkut kesini .
Tolong berhenti nyebut exo ot8, nyuruh lay out lah ... gue sakit hati tau .
EXO akan terus OT9 . Kami Exol percaya lay ...
Jadi bagi siapa pun yg nyuruh lay out . Tolong berhenti . Gue doain semoga kalian ga ngerasain apa yg exo-l rasakan bro .. kehilangan member itu menyakitkan .
Udah gitu aja .. intinya gue suka tulisan kamu.
Dan harapan gue semogaTHAAD cepet selesai . Biar lay bisa gabung ama saudarnya lagi .
Semoga member EXO selalu sehat . Dan semoga konser di jamsil nanti lancar dan sukses.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 4:16 PM delete

Pokoknya yg anonim itu gue . :V tapi ga tau juga jalo ada yg laen .

Eh tapi kemaren gue liat , mereka war lagi .

kalo ada yg maksa mampir . Entahlah ,, gue ga ngerti lagi sama mereka ..
KHUSUS EXO-L . BUKAN EXO-L NAGAJUSEYOOOOOO....
Kalo sakit hati nanti komen . Hadehh .. bebas juga sih kalo mereka mau komen juga ..
Hak mereka . Tapi kalo yg dewasa , pasti milih ga komen ...

Dan gue ingetin sekali lagi . Yakut ada yg bilang gue sok dewasa . GUE MASIH IMMATURE.

Gue ada . Liat di TL fb , screanshoot . Macem kaya kamu tulisannya. Fanwar army soel . Tapi yg di pojokinnya exo-l . Nah gue ga baca dan ga pernah mau baca . Komen apalagi . Ga akan .
Bodoamatlah , mereka bebas . Bebas mau bicara apa aja tentang exo exol . Disana lapak mereka .

Dan untuk kalian yg mungkin nanti terrsinggung sama tulisan gue dan adminnya. Itu salah kalian . Postingan ini dikhususkan buat exo-l .
Oh ya nama gue fitriyani . Gue ga bisa komen pake akun google . Entahlah bingung gagal mulu .
Tenang kalo ada yg bash .. gue siap belain .. haha

Reply
avatar
annisa
AUTHOR
4/17/2017 4:29 PM delete

Iya bener kepo banget :v gue jarang komen sih about fanwar, tapi kalau udah banyak EXO-L yang emosi disitu gue ikut ngebelain. EXO-L juga jangan salpak lah, tapi heran juga sih padahal biasanya di artikel gitu EXO-L jarang komen tapi ada aja yang bilang "EXO-L banyak yg salah lapak" padahal pas scroll ke atas gaada nemu :)

Mungkin email google kamu belum dimasukin ke browser nya kali..

Gue cuek ae sih, tapi kalau lagi badmood ngurusin ini itu pasti gue bakal gaje banget :D mohon bantuannya ya

Reply
avatar
4/17/2017 11:01 PM delete

Gue dukung lo sumpah deh. Gue dari awal EXO debut history, mama, growl pas mulai naik kepuncaknya gua tau banget perjalanannya sumpah tau banget dari pas 3 member keluar gue sampe nangis kejer mewek kesana sini koar2 ndusel2 ketemen nangis kekeluarga nangis gue sampe sakit ati banget EXO 3 member out sedih bnget pokoknya pas jaman gua dipanggil exotic.. Exostan dan pas jaman mereka ada dating itu gue sih gakterlalu mempermasalahin ya karena itu privasi mereka. Gue tau BTS emng dari agensi kecil dan mereka berjuang sendiri. Tapi tau ga soh dulu EXO dihina banget sama netizen korea? Tapi karena mereka kerja keras dan lahirlah Growl terkenal sampe mana2 bahkan lagu itu masuk 10 besar billboard. Suka sering sedih banget banget banget sekarang banyak EXOL pindah fandom ke BTS heyy kalian gasetia amat si yg bening sama muda dikit langsung. Gua mau sejelek2nya EXO dijelekin gua bangga kok sama EXOL mereka solidaritasnya erat banget mereka sering ngadain donasi.. Dan setiap ajang EXO masuk nominasi ikut semua dukung. Inget banget gue msuk grup perkumpulan EXOL indo mereka ngerangkul banget. Dan kebanyakan gak mau ambil pusing fan war. Menurut gua jangan langsung disimpulin lah EXOL itu fansnya buruk atau gimana. Gada yg tau kan itu fans abal2 atau emang fans immature yg bru jadi fans. Jadi damai ajalah toh genre musik mereka beda semuanya beda kalau kesabet dikit wajar dong namanya persaingan dunia.

Reply
avatar
4/17/2017 11:21 PM delete

Baru dikonfirmasi nihhh Luhan ternyata emng bohong dia belum nikah dan punya anak! Alhasil yg katanya penulis berita tersohor dicina malu minta ampun dah soalnya disindir cuy sama agensi Luhan ckck untung si gue blm percaya.setelah tau begini pen ngakak kwkwk.

Ohiya sering banget tuh masih duel aja tentang lighstick karangan heran bener gua yang fans ARMY itu malah katanya lighstick nya mirip Gfriend dll.plis deh ya ..

Gue juga sering banget kesel sama fans yang ngomong "Lo liat sekarang,Bities Udah tenar woy.walaupun dia dari agensi kecil dia bisa tenar sampe Billboard" kata gue "fakk, jelasnya mereka itu (fans tentara) cuma tau kebanyakan BTS yg pas sukses ini doang.. sedangkan kebanyakan EXO L udh fans dari lama kok dan walaupun mereka dari agensi besar mereka jg berusaha kok walaupun pas awal debut dicaci maki sama netizens pada bilang 'SM gagal ngeluarin artis kaya EXO' hello sekarang liat kan itu gagal gak??

Dan yg gue denger EXO plagiat BTS oh hell! EXO udh dari lama kali debut duluan dari dulu dari BTS kali mau plagiat gimana coba ckck.

Cocok banget dah quotes buat EXO kaya gini "if You want to be original, U Will ready to copy"

Wkwk kocak Weh dulu twibi ye. Gue dulu sukanya Smash wkakak sekarang ya udahan.

Btw gue dah jadi EXOL dari awal mereka debut sama aja udh 5th banyangkan juga si udh sejauh ini jadi EXOL haha *terharu*


Happy5thwithEXO

Yg dikasih hadiah papan iklan jalanan yg mahalnya Ampe belasan milyar wkwk
Kaya2 si fans EXO eh ya gasik kwkw


Tetep jadi EXOL ya semuanya jangan jadi fans yang musiman.lebih baik jadi fans sesepuh yg kek gua*plak* udh dari awal debut atau mungkin ada yg Bru gua mnta ttp setia ya kalian karena kita We Are One!

We Are One We Are EXO Saranghaja!

EXO K+ EXO M + EXO L = ONE


Udah ah.. Sebenarnya mau cerita EXO gue pasti gada abisnya..πŸ˜‚
Intinya gue sayang sama EXO sm fansnya walau dicap buruk melulu..Pokoknya ttp We Are One Lah


Njir gue kek pidato banyak bner

Reply
avatar
4/17/2017 11:34 PM delete

Gue juga berharap jangan ada keempat kalinya member keluar itu sakit bngt.Lay pernah gue baca dia bilang dia gabakal ninggalin EXO karena dia udah nganggep mereka keluarga dan jg EXOL juga. intinya kita sebagai fans cuma bisa ngedukung dari jauh sama lapang dada Nerima keputusannya nanti :').

Btw,masih heran katanya EXO L internasional apa Korea gtu yg buat2 hastag nyuruh Lay keluar apa iya sejahat itu coba?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/18/2017 6:10 AM delete

EXO-L yg waktu itu buat hastag emang lagi dalam krisis kepercayaan . Intinya mereka kecewa sama member china yg udah duluan out . Dan dampaknya ke lay .
Tapi sekarang pendukung OT8 udah dikit . Malah sekarang berbalik ngedukung . Setahu gue sih gitu .

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/18/2017 2:06 PM delete

Lay ga bakal keluar. Lirik sama lagu Promise dia kan yang nulis, lagu yang penting buat EXO-L dan EXO sendiri, jadi dia ga mungkin mengkhianati kita dan yang pasti dia udah bisa tanggungjawab soal apa yang dia janjikan. Karena ini soal negara, jadi mau artis ga bisa ikut campur, biarlah semuanya berlalu~

tapi setelah hashtag itu juga banyak projek #BelieveinLay juga kan.

EXO kan mau konser di jamsil. EXO salah satu model iklan Lotte, perkiraan gue Lotte pasti ikut promosi dan masukan buat bikin konsernya. Kalau Lay ikut konser, nanti netizen bakal salham lagi :(

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/18/2017 2:24 PM delete

gue dari 2013 udah tau EXO, jaman Wolf waktu itu di program musik r*cti sering banget nongol MV kpop dan lagii dulu nganggap kpop itu alay dan banci, apalagi stlh liat rambut Kai yang kriwil2 gitu di Wolf :v sekarang malah makan omongan sendiri :v

EXO jg bilang "only first will be remembered".

dulu waktu belum jadi Kpopers boygroup yang populer menurut gue itu EXO dan Infinite. dulu gue Animelovers dan sering juga temenan sama Exotic dan Inspirit jadi cukup tahu menahu sama mereka. Saat 3 member left itu gue juga cukup tahu tp karena belum masuk fandomlah gue jadi ngejekin temen gue yang Exotic soal member yang keluar. Dulu cuman pernah dengar nama Baekhyun sama Luhan, dan gue sering ngejek juga mereka banci :v skrg sudah masuk fandom jadi tau rasanya pas ngejek member yang keluar :'v

Kalau cerita soal EXO gaada habisnya dan sering lupa apa yang pengen diceritain.

pokoknya WE ARE ONE, EXO SARANGHAJA

Reply
avatar
Fita Radi
AUTHOR
4/23/2017 12:14 PM delete

Lu gak suka Army karna lu gak pernah nemuin Army yg dewasa dalam berpikir
Gw saranin banget buat lu baca postingan lu di blog lu ini plus yg waktu itu tentang fanwar dan lu bakal sadar
Betapa gak dewasanya lu dalam hal berpikir

Semoga dapet pencerahan yah
Oh yah BTW gw Army, elf, Uaena, sone and others πŸ˜†

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/23/2017 8:22 PM delete

emang ga pernah.

gue emang belom dewasa, siapa bilang yang udah dewasa?

lah kan bandel lo dibilang juga apa di awal

Reply
avatar
4/26/2017 8:21 AM delete

Masalah billboard, siapa bilang EXO gak terkenal di billboard? Yang ada juga EXO diundang ke kantor Billboard tp EXO skrg lgi sibuk sibuknya tour Exordium �� gak ngerti deh sama org org yg beranggapan EXO gak terkenal diluar negeri cuma krena EXO blm comeback dan lgunya skrg lagi gak di billboard, pdhl wkt EXO comeback taun lalu lagu mereka di album EX'ACT hampir 5 judul nangkring di billboard , ini faktanya. Jdi stop nyinyir masalah billboard bgi siapapun yg ngehate EXO

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/18/2017 1:16 AM delete

Pertama-tama, gue bukan kpopers gue cuma tau sekilas ttg kpop

Kedua, banyak yg bilangin gue jgn nge stand group kpop dramanya aja

Ketiga, ya gue bingung kan

Keempat, setelah baca nih artikel gue akhirnya tau knp

Kelima, thanks... Udah memperlihatkan serusuh apa sebenarnya kalian

Reply
avatar
Byun Baexisme
AUTHOR
5/22/2017 3:38 PM delete

Guah udh 20 tahun.. sudah gak aneh liat fanwar yg ada di sosmed😁
Dari mulai exo debut yg di benci sama fans suju.. exo vs vip ... dan yg masih awet exo vs armyπŸ˜‚ sumpah ini yg paling awet loh...

Gua sebagai exo-l dulu juga serang balik sama fandom sebelah yg ini itulah.. tapi bukan berarti guah gak respect sama bts dan fans.a .. gua respect.. karna banyak temen juga yg army tapi gak aneh2..

Kadang suka gedeg.. tapi sekarang mulai nyadar umur.. guah sendiri udh fase dewasa.. tapi banyak fandom sebelah yg rata2 masih di bawah umur.. 12 , 13 , 14 dan 15.. umur segituh menurut guah masih labil2nya.. jdi y guah maklumin ajh.. πŸ˜€

Betul omonganmu.. entah mereka ikut2n atau nyari simpatisan. Rata2 multifandom lebih berat ke ArmyπŸ˜‹ y udh cukup elus dada..

Reply
avatar
5/23/2017 8:19 PM delete

Ya ampun ini ada episode ke 2. Sejak tanya kalimat awal aja udah jelas, dedek. Elo ngatain fans lain yang umur SMA sebagai immature terus gimana dengan elo? Disamping baru tau korea, postingan elo juga berat sebelah. Banyak yang ngasih saran tapi elo keukeuh kalau omongan elo yang tanpa bukti ini adalah fakta. Sukai aja idol lo jangan bawa-bawa ARMY. JANGAN BAWA IDOL LAIN KALAU MAU MAKSA KEHENDAK. Mending hapus sebelum viral dan nama lo disebut banyak orang. Elo belum ngerasain bangku kuliah atau prioritas hidup yang lebih penting ya sampe begini banget. Inget annisa, di usia lo nginjek 20an lo pasti bakal nyesel juga malu pernah posting kaya gini. Dan gue kasih saran ya, elo kan belum kerja dan kalau mau kerja di perusahaan atau benefitnya tinggi harus hati-hati sama topik apa yang lo share. Gue yakin banget semakin rame blog lo, bakal jadi bomerang suatu saat karna isinya kebencian begini. Sebelum sayang idol, sayangi diri lo sendiri dek.

Reply
avatar
Luki
AUTHOR
5/24/2017 8:00 PM delete

BODO AMAT AHH WAR MULU.entar juga capek sendiri.kasian sama exo udah kerja keras malah di hina fandom lain.kalian yang hina ngak tau kehidupan exo ngak usah hina dehh coba kalian di posisi mereka ngerasain capek,menangis dan sakit hati.hairstylis nya exo pernah bercerita exo sering di marahin pelatih nya dan suka menangis karena merasa gagal di tambah hina dari kalian ngak punya perasaan ya,kalian manusia atau bukan sih.

Reply
avatar
5/24/2017 8:10 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5/24/2017 8:23 PM delete

kalo gw sih lebih gak peduli sama omongan orang yang ngejelekin exo karna gw tau faktanya seperti apa, kesel sih jangan di tanya lagi fans mana sih yang gak marah kalo idolnya dihina ? pasti dong, tapi sebijaknya kita aja sih dalam ngadepin omongan yang kayak gitu. buat apa juga kita terlalu perduliin omongan yang menyakitkan buat diri sendiri gak ada manfaatnya juga, toh omongan mereka belum tentu benar dan kebanyakan gak berdasar dengan apa yang ada. kalo bagi gw haters itu sama aja kayak fans tersembunyi, diluar mereka ngehina exo ngatain yang nggak2 tentang exo tapi mereka diam diam selalu perhatiin mereka dari jauh. haters juga punya peran penting buat kesuksesan exo :) bagi gw omongan haters bisa buat EXO semakin kuat dan pasti dalam hati (yaa walau gak tau kebenarannya gimana :v)mereka bakal tunjukin yang lebih baik lagi dan mereka bakal buktiin sama para haters kalau exo bukan seperti yang apa mereka pikirkan, omongan haters bisa aja jadi semangat buat mereka biar berkembang lebih baik lagi, disamping support dari fans :)

Reply
avatar
5/25/2017 2:36 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5/25/2017 3:45 PM delete

Gini ya dek, exo merasa gagal dimarahin pelatih ya bukan urusan kita. Itu lebih berat ke elo, yang ngaku exo l kan? Nah, daripada panas terus mending dukung idolnya kalau lo sendiri aja tau mereka sering ngedown gitu. Lagian disini siapa yang ngehina ya? Emang postingan elo pujian buat ARMY? tanpa bukti pula tapi keukeuhnya minta ampun. Keep going then, itu urusan elo. Gue cuma ngasih saran aja karna udah pernah ngelewatin masa-masa kaya lo gini dan saran yang gue kasih biar lo ga nyesel. Mungkin ga semua orang tau, tapi hati dan pikiran lo pasti kebayang kejadian ini terus di masa depan. Lo pernah nulis begini. Ngomong begini. Mungkin sampe nanti lo ketemu orang yang lebih wise buat sharing, lo bakal paham maksud gue. Take care, dek.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/03/2017 12:58 PM delete

Hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah tetap mendukung idol kita masing-masing. Jangan menjadikan penghargaan sebagai panutan kita.
Aku tau sekarang K-popers kalo fanwar lebih parah dari dulu. Tapi, mari kita bergandengan tangan dan berjalan berdampingan.
Aku berharap kita dapat berteman seperti K-popers yang dulu.

Reply
avatar
giana putri
AUTHOR
6/08/2017 2:11 AM delete

Gw be like aja deh...intinya EXO L tu strong...gw udah lumayan berumur...jadi gak terlalu pusing sma tu tentara...serah mereka aja...yg pasti smua jg tahu faktanya gmna...klw media play emang merajalela demi suatu popularitas.n gak nyadar jg klw sebelumnya pernah mnta bantu..eh skrg malah tinggi hati.yah...doain smoga mereka dapat hidayah nanntinya 😁

Reply
avatar
giana putri
AUTHOR
6/08/2017 2:13 AM delete

Gw be like aja deh...intinya EXO L tu strong...gw udah lumayan berumur...jadi gak terlalu pusing sma tu tentara...serah mereka aja...yg pasti smua jg tahu faktanya gmna...klw media play emang merajalela demi suatu popularitas.n gak nyadar jg klw sebelumnya pernah mnta bantu..eh skrg malah tinggi hati.yah...doain smoga mereka dapat hidayah nanntinya 😁

Reply
avatar
6/13/2017 7:57 PM delete

Yakin bukan exo-l? Lol

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/16/2017 2:54 PM delete

Sabar beb #TeamARMY =D ... mending gabung di grup confess ARMY gw... anjeerr gw promosi wkwk

Reply
avatar
Delia Fitria
AUTHOR
6/19/2017 7:46 AM delete

Awalnya gua lagi mau buka apaa gitu di google trus scroll aa fanwar exoL bts hahaha
Gua 100% setuju dengan semua curhatan dari sudut pandang lu karna sudut pandang lu dan gua sama(saik anjir) gua gatau kenapa semua yg lu bilang bener dan itu semua uneg2 gua selama jadi exoL yg tersakiti menahan rasa sakit dihina, disegala macemin dah hahaha good nih artikel. Gua baca sampe pelan2 banget astaghfir haha menghayati, dan 100% true fact uneg2 semua exoL

Reply
avatar
6/23/2017 12:09 AM delete

yang aus yang aus mijon panta akua akua :v ayo sayang anak sayang anaaak :v

Reply
avatar
Savannah
AUTHOR
6/23/2017 10:05 PM delete

ini dibikin april 2017 telat gak gue komen sekarang? soalnya bodor sih wkwk, gw iseng nyari thread exo-l vs army di gugel karena lagi bosen aja

pas diliat masih 16 tahun ya? jaman2 gue masih fans kpop juga sih. saran aja sih, yang ginian mah gausah dibawa serius, nanti kalo udah tua kek gue pasti bakal mikir "gue ngapain sih anjir dulu pas sma bela idol mati2an???" walau gue sendiri kagak pernah sih bela idol gue sampe gini amet, kalo ada fanwar ketawain sambil grabs popcorn aja, rame sih, apalagi jaman dulu exo-l vs vip, widih

yah gue sendiri dulu exo-l btw, dari jaman mereka debut masih berdua belas masih ada 4 koko 8 oppa, udah literally ga ngikutin exo dan kpop sejak 2015 karena gue sibuk sama kehidupan nyata (elah), sekarang2 paling temen kuliah banyaknya army, gue sendiri sama bts cuman sekedar dengerin lagunya aja ga nyampe ngefans(udah males kipop2an lagi kayanya? i'm too old for that shit la), udah males sih gue udah enek 3 taun jadi exo-l fandomnya toxic lama-lama. jujur aja gue ngerasa exo-l itu sama army 11-12 sih lebaynya, ya gue maklumin aja lu baru masuk fandom exo-l ga lama amat, gatau sih lu udah dapet banyak info apa gimana, tapi sepengalaman gue yang udah liat fanwar debat dll secara langsung pas jaman2 kristaoluhan keluar exo lah, skandal pacaran lah, and other shitty things, gue ngerasa exo-l juga sama cancernya, duh same with other kpop fandoms la. mungkin karena ini jua gue udah males dengan hal berbau kpop.

kalo lu kesel sama fanwar, ya wajar aja sih, tapi gausah merasa ini kayak uneg-uneg terbesar kamu. nikmatin aja sebelum member exo ada yang bakal keluar lagi. hahahahhaa.

btw lu ngeship hunhan? 2017 masih ada yang ngeship hunhan??? wow gue kira udah punah.

Reply
avatar
Look at me
AUTHOR
6/26/2017 10:09 PM delete

Kepanjangan boring ngantuk...army numpang lewat

Reply
avatar
agus laksono
AUTHOR
6/29/2017 3:42 PM delete

Ayo War Ayo War wkwkw πŸ˜‚ War nya cuma dunia maya ini wkkw .. kalo beneran lebih seru jambak jambakan wkwkw πŸ˜‚ abaikan wkwk

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/02/2017 10:16 AM delete

Heran deh sm anak muda jmn skrg.. hal kyk gini fanwar ap segala macem di bawa ampe ati. mending tuh otak dipake buat mikir. emg dgn kyk gini lu pada udah bs ngebanggain ortu? yg ada malah tambah bikin susah tau gak. belom lg kalo smpe pencemaran nama baik. nah lo ribetkan? mending tuh ya sekarang teknologi kan serba bisa. seenggaknya pake buat halyg bermanfaat. belajar bae2, nihya.. klo lu mau kerja nanti yg dipake bukan mv idol bb/gb kebanggan lu.wkwk. yg dipake nilai2 ijazah lu.prestasi lu.
gua setuju sm slh satu komenan, URUSIN DULU HIDUP LU BARU HIDUP ORNG LAIN!

lu bela sakit2an demi bb lu pada? duh. mending cari amal kebaikan buat di akhirat nanti deh, wkwk.
gua kayak gini bukannya mau sok dewasa atau sok tau yee. gua cuma ngingetin, krna gua jg kpopers.
klo bs sih gosah terlalu fanatik lah. ntar lu kecanduan lbh ribet lg.
percayalah klo lu udah 20an keatas lu bakal ngetawain diri lu sendiri betapa tululnya waktu2 itu. haha.
trus ya kt sebagai seorang kpopers harusnya kompak, knp? karna KT BERASAL DR SATU NEGARA YG SAMA. KT SEMUA SAMA2 ORNG YG ADA BUAT NGEDUKUNG IDOLA KT YG BENER2 BEDA NEGARA DAN JAUH DR KT. jgn malah kayak gini:(
*gua jg ad baca komenan di fanwar 1 lu. ada exo-l yg tinggi bgt atinya. astaghfirullah.. seolah-olah dia sombong banget, smpe2 ngomong exo-l dn army g boleh bersatu. hell. lu udah salah besar. nyari musuh? tulul bgt tauk gak? kt ini berbondong bondong cari teman. buka cari musuh:/. sumpah gak habis pikir gua. tu otak ga dipake apa gmn. wkwk.
oiiya btw gua baca postingn fannwar 1 lu beserta komenannya.

gua harap perfandoman di indo kedepannya gak kayak gini lagi.g pada malu apa dicap sbg fandom rusuh ngebacott udah gitu war"an segala, lu pada udah kyk maen co*c. wkwk.

gua netral ya btw. g mihak fandom ini. jg fandom itu.
udah deh gua udah kyk sastrawan slh cetak tau gak.wkwk
makasih yg udah mau baca ye.

Reply
avatar
devit vidia
AUTHOR
7/21/2017 12:09 AM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
devit vidia
AUTHOR
7/21/2017 12:16 AM delete

Aduh,, lagi masa" nya yaa,, Udah sering banget nih denger kata warwerwor,, Saya, ga nyalahin yg ngepost, ini sih hak nya ya, Ga nyalahin yg (katanya) salah lapak, yg (katanya juga) uji nyali, Ga nyalahin yg mau ngingetin (malah adem liat nya ada yg mau ngingetin) tp saya mohon, jagan sama" kaya yg nyalahin mereka yg lagi masa" nya, umur sebelum 20 itu memang tingkat ego nya masih tinggi, jd kalo udah ngerasa line 20plus, mohon bantuannya utk memberi pengarahan yg sewajarnya, dg lebut mungkin akan lebih sejuk,. Pandangan kita thdp masalah war ini memang berbeda ya, saya yg bilang wajar, karna mereka lagi masa nya,. Dan yg bilang hal ini percuma itu, bukan hak kita juga buat ngelarang, mengingatkan boleh, tp jgn samapai ngelarang. Ini jalan mereka, biarkan mereka menikmati masanya, line 20plus sdh mengingatkan? Tinggal jalan mereka memilih yg mana, ingat umur belasan itu paling tidak suka dg yg berbau di 'salahkan' dan di 'jatuhkan', ego itu tidak bisa di bentuk atau di larang oleh orang luar, tp olh sendiri,. Biarkan mereka mengalami prosesnya hingga akhirnya mereka sampai ke tahap line 20plus, mereka akan meng evaluasi apa yg telah mereka lakukan di masa sebelumnya. Utk yg skrg exo-l, army atau fandom apapun itu yg belum berusia 20plus, bukan saya men judge kalian belum dewasa, ini masa kalian, tapi berhati" lah ketika memilih jalan, berfikirlah sebelum bertindak, bijak lah dalam mengambil keputusan, jalan kalian masih panjang, pasih banyak persimpangan di depan jalan kalian, masa depan menanti kalian,, Suatu saat nanti ada masa generasi setelah kalian yg mungkin skenario hidup nya akan mirip dg kalian, kalian akan tersenyum mengenang kenangan kalian saat muda, yg seperti mereka, dan kalian pasti tau apa yg harus mereka lakukan, karna kalian pasti telah melewatinya. Dan di waktu itu kalian telah mengalami hidup yang sebenarnya,, Saya harap kalian mengerti tulisan saya diatas,, Oke,, maaf ya cuma curhat aja dari mbah yg udah berumur ini,, mohon maaf ya bila ada kata yg menyakiti hati kalian,, Jika memang benar ada, saya memohon maaf sebesar" nya pada semua yg membaca,,, Terimakasih :*

Reply
avatar
7/25/2017 3:25 PM delete

seru kalo liat fan war tapi lebih seru kalo liat saling akur kek exol sama vip kemaren wkwkwk

Reply
avatar
7/26/2017 4:03 PM delete

duh mbak dia nulis di blognya ini kan nggak menyebar fitnah. kalo beritanya hoax, okelah, itu bisa bahaya buat yang nulis blog ini. mbak bilang "belum ngerasain bangku kuliah atau prioritas hidup yang lebih penting sampe begini banget", lo sendiri udah ngurusin prioritas yang penting belum? ngapain buka-buka beginian kalo hal2 macem gini nonsense? useless? tuhkan boomerang sendiri juga ke mbaknya. mbak, seperti yang mbak udah tulis, sayangi diri lo sendiri sebelum sayang idol. mbak juga sayangi diri sendiri dulu dong. sadar nggak mbak commentnya juga menjunjung army? keliatan banget nih nulis commentnya pake emosi.

Reply
avatar
7/26/2017 4:05 PM delete

duh ketemu mbaknya lagi. mbak, comment elu juga bukan pujian buat exo-l. nggak wise lu ah. udah nggak usah sok2 ceramah.

Reply
avatar
7/26/2017 4:07 PM delete

kependekan boring ngantuk

Reply
avatar
7/26/2017 4:16 PM delete

oke, disini gue mau memperkenalkan diri. nama gue udah keliatan, kan? umur gue masih 14, baru ulangtahun tanggal 23 juli kemaren. umur gue dibawah yang nulis blog ini, dan kita sama2 immature. belom dewasa, masih suka mendahulukan ego sendiri. btw gue baca2in comment di part 2 ini dari atas sampe bawah-- sekedar ngasih tau aja-- dan gue mau mengucapkan terima kasih banget buat orang-orang yang udah memberikan nasihat dengan kata2 yang lembut, tidak memihak, dan bijak banget. wah, pokoknya salut deh sama yang comment kyk gitu. kita, fans2 yang masih immature ini memang gampang banget kesulut emosi. thank you bangettt yang udah memberikan wejangan baik-baik, bilang kalo hal2 kayak gini memang seharusnya nggak usah diributin, dan bukan malah balik menyerang karena dia ternyata makhluk dari fandom yang bertolak-belakang di blog ini. habis baca2in comment2 wise yang ada, gue ngerasa adem banget. sekali lagi, thank you so much! terima kasih! 정말 κ³ λ§™μŠ΅λ‹ˆλ‹€!

Reply
avatar
7/29/2017 11:47 PM delete

Halo, saya adalah Die hard SM stan especially TVXQ. I'm a Cassiopeia. Tapi juga suka EXO kok. Terkadang saya juga kesal sama tingkah laku ARMY, yang nyebelin contoh salah lapak, bikin projek aneh2, buat foto Baek mati, atau yang kejadian si Jimin mau dibunuh itu yang katanya EXO-L rupanya ARMY. Tapi kalau dipikir-pikir ga semua orang di dunia ini jahatkan? Ada yang baik adapula yang jahat. Saya punya teman seorang Cassie dan ARMY curhat sama saya betapa kesalnya dia ketika BTS dituduh plagiat. Jadi intinya saya cuma cerita ulang (semoga mereda kebencian kamu). Dia memgakui kesalahan ARMY yang terkadang bertindak di luar batas padahal aku bukan EXO-L die hard karena kan cuma suka doang gara-gara SM. Soal masalah plagiat juga yang ngeselin, dia cerita bahwa BTS itu gak plagiat dia cerita bahwa BTS projek udah ada dari tahun 2011, awal mulanya dari Twitter, cek aja twitternya mereka memang dari tahun 2011. Dia bilang BTS itu projek hip hop group yang dibuat udah lama dan dari dulu mereka udah rencanain buat album yang bertajuk school trilogy (kayak 3 album konsepnya sekolah). Jadi kayak dia jelasin bahwa BTS udah dari dulu rencanain itu, lagu yang kena kasus plagiat itu Boy in Luv, tapi di lagu debut mereka No More Dream juga pakai konsep sekolah bedanya di debut lebih anak sekolahan bad boy gitu. Terus masalah balon Shinee, dia bilang gak bisa gitu dong banyak artis pake balon udara dan western juga ada, balon udara bukan milik siapapun. Lalu, dia bilang yang masalah sayap, ini lucu Shinee lucifer memang tentang si fallen angel yang gak punya sayap dan di MV Shinee juga punya sayap. Nah, netter (netter loh yang bilang bukan Shawol) itu plagiat bilangan Blood, Sweat, & Tears. Terus dia jelasin album BTS itu berdasarkan Novel Demian mereka mengikuti alur cerita novel dan memang didalamnya juga ada ngebahas Lucifer si Fallen Angel sama Abratasas (kalau gak salah) saya juga bingung, saya pikir-pikir mungkin iya juga. Lucifer kan akan berhubungan sayap karena dia malaikat yang tak punya sayap. Lalu apalagi ya, Soal hip hop yang ngikutin Big Bang, si yang punya Bighit memang rencanain buat group hip hop, terus si teman aku bilang jadi group hip hop lainnya plagiat big bang dong, kan cuma masalah genre. Dia juga bilang ada kesalahan EXO-L yang paling dalam menurut ARMY, dia bilang EXO-L adalah fandom besar, mereka sangat kuat dan berpengaruh termasuk kepada Korea. Dia bilang BTS itu kurang diminati atau disukai orang Korea karena tidak semua member punya visual yang bagus mereka cuma mengandalkan lagu mereka dan kedua ada sebuah julukan yang selalu melekat mereka. Itulah yang membuat korea tertutup sama BTS katanya, dia bilang itu karena dulu EXO-L sempat mengira BTS plagiat dan membuat trending topic sehingga semua orang meng-cap mereka seperti itu. Dia bilang itu sangat menyedihkan bagaimana kamu group korea tetapi kurang diminati korea? (Btw BTS lebih populer ke international daripada korea memang fakta) mereka dicap sebagai plagiat EXO, Big Bang, dan Shinee. Padahal mereka belum tau kebenarannya, satu-satu penyelamat mereka hanyalah musik yang bagus. Jadi intinya aku rasa hubungan EXO-L sama ARMY itu timbal balik ada kesalahan ARMY yang termaafkan bagi EXO, ada juga kesalahan EXO-L yang termaafkan oleh ARMY tersendiri. Saya selalu berharap semua cepat reda karena saya juga capek lihat feed penuh fanwar. Bagaimana lebih berpikir dengan kepala dingin bukankah kpop itu satu? Padahal dulu Cassie juga sengit sama VIP sama ELF juga terkadang tapi gak saling menjatuhkan kayak gini. Terus Cassie juga punya masalah plagiat, Ikon yang meniru warna official Cassie tetapi Cassie adem-adem aja karena warna itu pasti ada yang mirip-mirip, jadi sekian. Semoga EXO sukses sama Kokobop dan dapat daesang kecuali di comot sama TVXQπŸ˜‚πŸ˜‚. Kamu suka AKB? Aku juga suka banget!!!?? Aku suka Takamina sama Sasshiko

Reply
avatar
8/08/2017 7:29 PM delete

Udah lah damai aja napa sih?. Support idola masing masing dan jangan menjugde idola lain. Mereka kan punya selera sendiri...

Reply
avatar
8/08/2017 7:30 PM delete

Udah lah damai aja napa sih?. Support idola masing masing dan jangan menjugde idola lain. Mereka kan punya selera sendiri...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/13/2017 8:17 PM delete

I thought thay you're an army.


Kenapa tau sebegitu dalamnya? Kamu cuma ceritain sisi dendamnya ARMT thdp EXO L, bukan secara menyeluruh.


Timpang sebelah nih hmmm

Reply
avatar
Hanya ARMY
AUTHOR
8/21/2017 3:42 PM delete

Hhhhmmmmmmm fanwar.....

Gue salah lapak kayaknya.... wkwk

Reply
avatar
Hanya ARMY
AUTHOR
8/21/2017 3:47 PM delete

kak, kayaknya lebih serem uji nyali disini wkwkwkwk

Reply
avatar
Hanya ARMY
AUTHOR
8/21/2017 3:51 PM delete

Postingan gini dibuat episode episodean yah ternyata

Reply
avatar
Hanya ARMY
AUTHOR
8/21/2017 3:52 PM delete

lalalalala army bertebaran lalalalala

Reply
avatar
Hanya ARMY
AUTHOR
8/21/2017 3:59 PM delete

greget banget kak =D WKWK

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/05/2017 11:30 PM delete

Hi, daritadi udah scroll komenan yang panjangnya kaya jarak indo-korea dan terbersitlah keinginan buat ngomentarin masalah ini hehe.


Aku udah kenal sama dunia kpop sejak tahun 2012 (btw mulai ngikutin sejak jaman Sexy, Free and Single-nya Super Junior, yeah i'm an elf absolutely!)


Di tahun yang sama juga EXO mulai debut dengan MAMA. Mungkin agak sedikit tidak berkorelasi dengan isi blog, tapi ya ga papa lah,nanti diujung juga akan bahas EXO dan BTS.


Dulu, i really hate exo. Mungkin lebih benci ke SM sendiri sih soalnya perlakuan nya sangat membedakan antara EXO dan SJ. Gimana dulu bagusnya dan mahalnya konsep debut mereka, gimana mewahnya MV Mama untuk ukuran anak bau kencur yang baru debut. Kalo dibandingin sama the biggest hit-nya SJ, Mr. Simple, jauh bener dah kualitas MV nya.


Tapiii makin ke sini, aku bisa liat gimana perjuangan EXO, susahnya mereka ngeraih popularitas (fyi EXO termasuk ke dalam daftar Boyband dengan waktu terlama untuk menang diacara musik setelah debut, kalo ga salah 400an hari setelah debut, sangat lama dibanding boyband atau girlband lain yang bahkan ada bisa menang di acara musik kurang dari 15 hari setelah debut mereka).


Aku masih stan SJ dan EXO. Dua-duanya sama-sama pernah buat aku terpuruk dan take a break. (Masalah Sungmin dan member yang out.)



Dan emang EXO L sering fanwar sama ELF, tapi ga pernah sampe nyumpah-serapahin member buat mati, ga pernah sampe buat project buat dislike video di youtube (gila ya masa MV KOKOBOP yang belum sehari keluar, disklikersnya udah lebih 30Ribu)


Dan, did u know whos the victim? Ya, ARMY. 


Please jangan nyari alasan dengan "situ punya bukti? Jangan fitnah deh!" 


Wah saya ada buktinya. Itu emang bukan project ARMY-INA itu project ARMY-INTER.


Dari situ saya yang awalnya mulai tertarik sama Dope sama Fire-nya BTS, langsung undur diri.


Gila, seumur-umur aku ngikutin musik video barat/korean, baru ini ada dislikers lewat 30-ribuan, yang bahkan sehari rilis aja belom sampe. SEHARI RILIS BELUM ADA SODARA SODARA.


Aku juga mikir ah gimana kalo aku juga dislike video nya BTS?


Tapi aku sama aja dong kayak Some-Shit-ARMY yang immature. Gak, aku ga mau play dirty kaya gitu. 


Itu masih masalah project Dislike video. Ini lagi, di tiap komen section MV EXO bakalan ada link "hey click this and bla bla bla - from SMTOWN" anddd the fact is.... itu adalah ARMY YANG NYAMAR BUAT SENGAJA NGE FREEZE VIEWERS DAN ANYTHING SHIT THAT MAKES ME SOOO ANGRY!!!.


Banyak sih sebenernya tapi aku ga mau ah jelasin satu-satu. Takut butthurt hehe.



hah yasudahla, ambyar sudah kesukaan aku dengan BTS. Enak sih karyanya, tp ulah fansnya buat gedeg juga.



Satu lagi: Kalo ada Multifandom yang ngatasnamakan dirinya suka BTS dan EXO, dia adalah seorang HYPOCRITE!!! Gaakan ada orang yang bisa ngebagi rasa cintanya 50%-50% sama rata buat BTS atau EXO. Bahkan kalo lo dimadu sama suami lo, lo bakalan marah kan walaupun dia janji bakalan adil? Wkwkwk


Dan setelah survei nanya beberapa orang, dari 5 orang mulfan exo dan bts, 4 diantaranya pasti lebih mihak bts, gatau dah kenapa.


Yaudahla ini lapak EXO mas/mba. 


Tuhkan ga dilapak ASIANESIA COPPAMAGS atau another account di LINE yang muat artikel tentang EXO, pasti aja ada ARMY yang nyempip buat nyinyir. Ya termasuk lapak disini hehe.

Reply
avatar
See the light
AUTHOR
9/09/2017 11:42 AM delete

Dengan bikin postingan kaya gini aja kamu sebenarnya sudah menjelekan nama fandom kamu sendiri. Tanpa sadar,kamu sudah jadi bagian paling tidak disukai dari suatu fandom.

Walaupun umur kamu masih muda, itu tidak lantas membuat kamu bebas bikin konten penuh hate kayak gini. Inget, setiap apa yang kamu omongin/ tulis disini bakal ada imbasnya nanti.

Ngefans itu boleh tapi jangan buta. Kalau mau nulis apapun alangkah baiknya cek dulu. Jangan cuma denger dari satu pihak, cari dulu faktanya dari berbagai sumber (bukan cuma dari pihak kamu) dengan fikiran jernih baru kamu simpulkan. Jangan terus merasa benar, karena kamu dan idol kamu juga manusia pasti ada salahnya.

Saya tidak ingin mengatasnamakan fandom apapun, tapi saya cuma ingin semakin banyak fans dari fandom manapun yang sadar kalau yang penting itu bukan gimana kita mencari kekurangan untuk merendahkan idol lain, fandomnya, agensinya, tapi yang paling penting itu gimana kita bisa jadi fandom yang baik, ngefans dengan cara yang baik dengan tidak merendahkan yang lain dari segi apapun.

Saya nggak bilang dengan ngomong kaya gini lantas saya jadi yang paling benar, fandom dan idol saya juga sering salah. Tapi balik lagi kita harus sadar dan terima semua itu.

Kalo ada yang bilang saya kuker dan salah lapak karna diatas bilang ini cuma untuk exol, please open your mind. Internet is for everyone. Seharusnya kamu terima kasih kalau banyak yang kasih nasihat supaya kamu dan semua yang kebetulan baca ini jadi lebih baik.

Semoga kedepannya, kita bisa jadi orang yang lebih baik πŸ’ž

Reply
avatar
See the light
AUTHOR
9/09/2017 12:02 PM delete

Dengan bikin postingan kaya gini aja kamu sebenarnya sudah menjelekan nama fandom kamu sendiri. Tanpa sadar,kamu sudah jadi bagian paling tidak disukai dari suatu fandom.

Walaupun umur kamu masih muda, itu tidak lantas membuat kamu bebas bikin konten penuh hate kayak gini. Inget, setiap apa yang kamu omongin/ tulis disini bakal ada imbasnya nanti.

Ngefans itu boleh tapi jangan buta. Kalau mau nulis apapun alangkah baiknya cek dulu. Jangan cuma denger dari satu pihak, cari dulu faktanya dari berbagai sumber (bukan cuma dari pihak kamu) dengan fikiran jernih baru kamu simpulkan. Jangan terus merasa benar, karena kamu dan idol kamu juga manusia pasti ada salahnya.

Saya tidak ingin mengatasnamakan fandom apapun, tapi saya cuma ingin semakin banyak fans dari fandom manapun yang sadar kalau yang penting itu bukan gimana kita mencari kekurangan untuk merendahkan idol lain, fandomnya, agensinya, tapi yang paling penting itu gimana kita bisa jadi fandom yang baik, ngefans dengan cara yang baik dengan tidak merendahkan yang lain dari segi apapun.

Saya nggak bilang dengan ngomong kaya gini lantas saya jadi yang paling benar, fandom dan idol saya juga sering salah. Tapi balik lagi kita harus sadar dan terima semua itu.

Kalo ada yang bilang saya kuker dan salah lapak karna diatas bilang ini cuma untuk exol, please open your mind. Internet is for everyone. Seharusnya kamu terima kasih kalau banyak yang kasih nasihat supaya kamu dan semua yang kebetulan baca ini jadi lebih baik.

Semoga kedepannya, kita bisa jadi orang yang lebih baik πŸ’ž

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/09/2017 5:47 PM delete

sebenernya gue miris liat sesama kpopers itu fanwar. harusnya kita menjaga nama baik idola kita.

jujur gue suka sama bts dan exo, dan kalian para army dan exo-l kalian ga boleh war ginian.

exo-l harus respect sama bts walaupun mereka dari agensi kecil tapi sekarang berkat merekalah agensi bighit lebih maju.

dan untuk army kalian juga harus respect sama exo. why? walaupun mereka dari agensi besar tapinyata mereka sukses berkat talenta mereka, exo juga sudah bekerja sangat keras hingga sukses seperti sekarang.

dan satu lagi, kita disini mati matian belain idol kita, kita bilang kalau mereka itu udah kerja keras dan kalian marah kalau seseorang ngehina idol kalian. tapi pernah ga kalian berpikir kalau kita disini mati matian bela mereka padahal si artis sendiri biasa biasa aja dgn boyband lain. kerja keras mereka menghasilkan sesuatu yg bermanfaat (sperti rumah, mobil,dll) sedangkan kita yg bela belain mereka dpt apa berkat itu? ga adakan. soo gausah fanwar fanwar lagi, ga berfaedah. mending kerja tuh duit dijadiin nonton konser atau beli album mereka kalau lo emg cinta sama mereka

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/13/2017 8:02 AM delete

Agency kecil ya? Hey sm waktu dibentuk pertama kali juga ga langsung gede kaya sekarang. Inilah akibat seseorang hanya melihat sekarang tanpa berfikir di awal nya gimana

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/15/2017 7:58 PM delete

Baca ini jadi inget waktu ELF masih cepet banget tersulut emosinya�� apalagi klo udh perang komentar, gw sndiri gk prnah ikut, coba tahan walau sakit hati, prasaan marah & sakit hati buat otak gk bisa berpikir jernih dan gk bisa cegah buat berucap hal2 yang spontan membuat orang sakit hati jg. Memang stiap fandom pasti ada aja bhkan banyak banget yg blum 'berpikir' dewasa, Liat deh nanti pasti ada saatnya qta geli & tertawa dgn tingkah qta yg dlu. Gw ELF sampe skrang, temen adik gw(SMP) bnyak yg ARMY dan EXO L, salah satu dari mereka bilang "SuJu kan udh tua." Di situ gw hanya senyum, karna itu memang fakta. Ini memang tergantung zaman dan waktu. Smua punya waktunya masing2. Kelak, bb yg terkenal saat ini jg akan mengalaminya. "Mereka kan udh tua", dll.
Di sana jg teruji siapa yg setia dan tidak. Rasa cinta dan suka tidak bertahan selamanya. Akan ada celah di mana 'bosan' memasukinya. Dan terganti dgn yg baru. Bahkan klo terlalu fanatik bisa brubah jdi benci. Ketika qta sudah berpikir 'dewasa' maka kita tdk akan terlibat fanwar. Cukup nikmati dan dukung karya idola kita, duduk tenang menunggu karya mereka selanjutnya (menceritakan diri sendiri yg sedang nunggu bias kambek��). Dan menghargai idola dan fandom orang lain. Jangan merasa paling benar, karna fandom lain jg berpikir merekalah yg paling benar. Kdang sampe skarang pastinya masih emosi aja klo ada yg ngehina bias gw, tpi fanwar cuma buat sakit aja.
EXO L dan ARMY adlah fandom yg sangat besar, gw berharap mereka bisa bersatu suatu saat nanti, saling dukung. Mungkin seperti pepsi fandom? Hehe.. pasti slalu ada kemungkinan. Skrang ego masih sama2 tinggi, karna mereka memang sedang berada di puncak.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/17/2017 7:52 AM delete

Intinya army sama exol nggak semua isi fandomnya bersih. Kamu lihatnya dari sisi exol ya jelas kamu akan bela exol. Aku saranin sesekali main ke lapaknya BTS, ada aja exol yang nimbrung buat nyinyir BTS.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/21/2017 8:13 AM delete

Mbak soal yg dislike kokobop ya? Kamu ini gapernah update apa gmn? Yg bikin project dislike kokobop ya exoL sendiri. Bahkan sampe bikin fake chat grup WA yg mengatasnamakan army.

Soal BTS dapet daesang MMA 2016, adminnya ngejudgenya berlebihan ya? Tau ga kalo bts menang awards atas pihak melon sendiri? Gatau ya kalo asa pihak dari exoL yg nelfon ke melon hanya karena ga terima kalo bts menang daesang dan minta melon untuk ganti pemenang. Tau ga melon bilang apa "gabisa dirubah". Salahin melonnya. Kalo ada army yg pada saat itu ngatain exo dan exoL, gue minta maaf karena gue bagian dr mereka dan kami sama sama lg merangin imma army kami.

Lanjut, gacape apa nuduh bts dan bighit sajaegi dr jaman 2015? Sampe dimintain struknya. Sampe comeback bts yang sekarang pun, kami masih dituduh sajaegi sama exoL. Ngga cuman sampe situ aja kok, sampe diikutin tiap K army mau beli album dan harus diitung sama kalian berapa album yg dibeli. Gila ga?

Kalo army pernah nyumpahin salah satu member kalian (maaf) mati, apa bedanya kalian juga mengolok ngolok kematian nenek salah satu member kami? Sama saja kan?

Ngga sampai situ waktu bts dapet billboard, kalian bahkan bikin petisi buat dukung JB. Terus ketika bts menang, dari kalian langsung bilang "kami juga ngevote bts".

Plagiat; apa apa dibilang plagiat. Warna LS sama aja dibilang plagiat emang ada ketentuannya kalo bikin warna LS harus beda? Emang warna LS yang kalian pake itu warna yg di hak patenkan oleh pihak kalian sendiri jd seluruh bb dan gg korea ga bisa pake?

Yang paling baru, kalian nyebarin fake translate lirik lagu bts.

Ketika kalian comeback kokobop dan power gaada army yg rusuhin kalian, yg bikin project dislike ternyata kalian sendiri bawa bawa nama army. Ngapain coba? Pake fake translate pula.

Setiap fandom punya immature fans, ga exoL ga army. Gue tau ini lapaknya exoL tp gue harus meluruskan pernyataan lo yg terlalu nyudutin army.

Kalian punya prestasi, kami juga. Kami punya imma fans kalian juga. Jangan lagi nuduh kami sajaegi ya wkwk beli album gapake daun. Pake duit.

Buat admin ini komen gue jgn dihapus biar pada baca. Kalian sakit hati, kami juga sakit hati dan punya bukti. Jgn lupa ya soal exoL yg pernah bakar foto taeyang dan ancaman bom di konsernya ya.

Jangan di delete. Open minded, lo hard stan exoL silahkan tp biar temen temen lo baca deh apa yg udah di lakuin exoL ke army jd ga cuman army disalahin.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/21/2017 8:17 AM delete

Nyebarin lirik lagu bts pake fake translate dan mengklaim bahwa lagu itu mengarah ke EXO. Duh yailaaaah. Ngerasa bener dah. Bts punya diss track cuy, ngerasa bgt apa sampe liriknya dicari cari dan nyebarinnya yang fake pula wkwk

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/21/2017 8:29 AM delete

Nih ku kasih link biar adminnya baca jd kalo ngeois gausah ttg army ya nanti tak kasih bukti kalo exoL bikin fake chat buat jatohin army maluk loh hehehe https://kpopchart.net/2017/03/sering-hina-bts-army-tuntut-permintaan-maaf-dari-exo-l.html

Dibaca ya sampe komentar2nya. Banyak fans dr senior yg komen juga kok wkwk

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/11/2017 9:28 PM delete

Kasian sekali anda :v
Wkwowwkwowwkwmwkwowowkwkwowowwowkwkwkwowowowowkwkwkwwkwowowkwwkwkwkwowowo

Reply
avatar
Dindaa
AUTHOR
10/11/2017 9:49 PM delete

Wkowkwowwkwko. Pikir nya jgn pake dengkul ya sayang, gada fans yang rela jatuhi idol sendiri cuma semata2 untuk jatuhin fandom alam lain. Mungkin fandom itu kaliiii hm

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/11/2017 9:51 PM delete

Ga ada yang salah dari isi blognya.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/12/2017 5:06 PM delete

Okelah aku bingung juga kalau bilang kamu gak masuk masa labil, hehehe
tapi aku setuju di pendapatmu di beberapa hal.

jangankan dengan fandom lain, army aja suka internal konflik sesama fans, dan bts itu bagus karyanya dalam hal hip hop tapi bukan yang terbaik. exo juga bagus karyanya apalagi dance nya yg kompak dan energi banget macem monster tpi bukan yg terbaik juga.

fans nya aja yg rese, masalah labil, labilan army, jujur aja. gk usah muna, nyatanya banyak kok, dimana2 yg gk ada sangkut paut bts pasti aja ada army yg nyampah dan army lainnya ikut2an , ckckck

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/14/2017 10:05 PM delete

maaf ya kak, ya udahlah kakak sendiri juga gak usah urusin hidupnya penulis sendiri, ya aku tau kaka udh pernah ngalamin di umur2 belasan tahun yang masih labil lah, yang belom dewasa lah,etc ya kak. kan udh dibilangin dari awal judul blognya, headingnya, kalo ada yang sakit hati pasti wajar lah karena ini postingan tentang sudut pandang dari seorang exol, kalo misalnya ada army yang nulis dari sudut pandang army..exol juga pasti sakit hati kok... jadi sama2 saling mengerti aja ya satu sama lain

oh iya untuk penulisnya gua suka sama bahasa lu, sama uneg2 lu, apa mungkin karna kita seumuran jadi punya pemikiran yang sama :v :D gua setuju apa semua postingan yang nyangkut2in soal FANWAR kyk gini, gua berharap ada kelanjutnya lagi =D

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/14/2017 10:17 PM delete

maaf ya kyknya komentarnya perlu di pikir ulang lagi deh. yang katanya project dislike kokobop kita dari exol dapet info itu dari ulah army dan army dapet info itu dari exol. so jadi sekarang mana yang harus di percaya ????? MANA ????? EXOL kah ? ARMY kah ? gak dua2nya okey !!! buktiin dulu kebenarnya, kalo emang itu perbuatan exol sendiri dan buktiin juga kalo itu perbuatan army..

KAYAKNYA SIH ADA KAMBING HITAM DI ANTARA ARMY DAN EXOL, kalo yang dari gua baca dari komen2nnya pendapat dari masing2 fandom itu beda, jadi jangan salahin kami exol yang suka nuduh2 army dan juga jangan salahkan army yang suka nuduh2 exol.

Reply
avatar
11/10/2017 12:03 AM delete

Maaf ya kak ikutan nimbrung. Sebelumnya aku gapernah peduli sm blog tntg army atau exo-l hehe:D
Tp pas baca ini, sebenernya aku setuju sm kakak yg nunjukin klo kita sbgai army atau exo-l gaperlu sampe saling sindir atau saling kritik, toh idolnya aja akur2 aja. Tp pas baca tulisan kaka yg nyeritain tentang prilaku kurang dewasanya army kaya ngata2in exo, kayanya kaka cuman mandang dr satu sisi aja deh. Itu karna kaka udh terlanjur kesel sm army yg kekanak2an itu. Emg semua army gt? Emg exo-l gaada yg sifatnya kaya army yg kekanak2an td? Army sm exo-l sama aja kak. Mereka dr kalangan fans, ada yg dewasa, ada yg kekanak2an.
Kaka terlalu asik nyimak komen2 army yg ngatain exo. Dr sudut pandang kaka pasti kesel exo dijelek2in kan? Sm aja kaya army mereka jg jd kesel karna terlalu asik ngeladenin kritikan dr exo-l ngatain bts. Jd semuanya sm aja kak:v intinya terlalu nanggepin kritikan.
Bts grup yg slalu kerja keras, exo jg sama. Semua artis jg sama hehe:v
Jd menurut aku sih kita sebagai fans mending dukung aja idola kita masing2, jangan terlalu diambil kehati tntg kritikan org, jgn banding2in antara exo dan bts, pokoknya jangan kait2in kesamaan atau perbedaan antara bts dan exo(untuk army dan exo-l). yg ada malah jd kesel kan?:D
Mereka sama2 idol yg banyak diseganii. Pasti punya kesamaan atau perbedaan. Jd menurut aku exo gamungkin plagiat bts, bts jg gamungkin plagiat exo.
Kakak ngerti kan maksud aku? Hehe:v maaf klo ada kata yg menyinggung. Aku cuman kita semua (exo-l dan army) jgn terlalu terpancing emosi.
Dr blog yg kaka buat ini, kaka udh nyampein perasaan kaka sebagai exo-l yg sakit hati sm perlakuan army. Jd aku sebagai pembaca bisa lumayan ngerti apa yg dirasain exo-l. Kakak jg harus ngerti sm perasaan army, jangan tersinggung. Karna pendapat army gasemuanya bener, gasemuanya bisa diterima sm exo-l.
Exo-l jg sama. Gasemua pendapat army bener dan bisa diterima sm exo-l.
Jd intinya, tetep dukung terus idola kita kakk�� jgn urusin omongan fans lain kak:D fighting kak!!

Reply
avatar
11/16/2017 9:29 PM delete

Gua ikut nimbrung ah, meski kayaknya ga bakal dibaca soalnya postingan lama. Dan tulisan gua boring. Tapi gapapa lah.

Ini sebbenernya mau ngerespon postingan fanwar yang pertama, tentang mediaplay.

Jadi gini, gua ini orang yang nyukain kpop tapi ngga bener2 bisa gabung sama fandom manapun, karena menurut gua di kpop yang penting itu nikmatin lagu, visual, sama koreo yang penting, fandom culture mah cuma sampingan. Tapi ternyata kan industri kpop itu ngandelin banget fandom culture, tanpa fanbase yang kuat sehebat apapun lagunya, mereka ga bakalan bisa bersaing sama penyanyi-penyanyi berbakat semacam iu dan ailee yang jelas-jelas jauh lebih berbakat dan lagunya public-friendly. Nah, dengan fanbase yang loyal, sejelek apapun lagu yang dirilis dari kpop group tertentu, pasti bakalan ada yang beli dan stream.

Nah, jadi masuk akal lah kalo fandom yang fanatik ini saling nge-neg, nge-shade, nge-bash idol fandom lain. Fanwar itu harus ada, karena itu ciri bahwa fandom culture di kpop itu masih relevan, dan karena industri kpop ngandelin fandom fanatik macam gitu sebagai konsumen mereka, makanya fanwar itu jadi kebutuhan.

Kita liat aja gimana grup2 kpop yang fanbase-nya kecil, dua tahun debut terus bubar, lagunya banyak yang diplagiat, baru-baru ini lagunya bp rania "demonstrate" dicolong sama kontestan acara tv idols di afrika selatan, terus dijual pake nama dia sendiri. Semakin sedikit fanbase group kpop itu jadi ciri semakin jarang mereka tampil di media dan berakhir jadi grup nugu.

Di sini pentingnya fanbase buat media. Media-media pers di korea biasanya ngambil bahan beritanya itu dari pstingan2 di situs portal publik semacam pann dan nate. Media kpop yang internasional kayak allkpop sama koreaboo ngambil bahan juga dari forum kpop-jpop onehallyu. Grup kpop yang minim fanbase, bakalan jarang diekspos media, ya karena jarang ada yang bikin thread, postingan dll.

Nah selain itu juga, udah jadi rahasia umum kalo beberapa media korea itu ada dalam payroll dari industri-industri yang pengen grup besutan mereka diekspos (ini mah udah ga usah dipertanyakan bukan? atau masih naif nganggep media pers bisa dapet duit buat ngegaji karyawannya cuma dari jualan koran?). Group kpop dari industri manapun mereka pasti ngelakuin mediaplay. Suzy jadi nation's first love karena perannya jadi gadis lugu di film architecture 101 banyak yang bahas di pann, terus dicover sama media, sampe-sampe orang korea yang ngga suka sama kpop pun ikut2an ngefans sama Suzy cuman gara2 satu film. Tapi orang-orang banyak yg ga nyadar bahwa itu juga bagian dari mediaplay. Ya mungkin karena mereka pikir Suzy beneran populer. Tapi bener gituh sepopuler itu? Ga ada gitu yang curiga bahwa si medianya dapet persenan dari pemberitaan yang gerilya kyak gitu? Tapi gapapalah ya, meskipun aktingnya sebenernya ga begitu asik, lagu2 solonya juga kebanyakan coffe-shop ballad yang siapapun pasti bisa bikin (kecuali "yes no maybe", yang satu itu emang mantap), yang penting dia lugu dan cakep, gua juga suka.

Reply
avatar
11/16/2017 9:31 PM delete

Kita bandingin sekarang sama Seolhyun, yang tahun lalu kena witch-hunt dari netizen soalnya ga tahu nama pejuang nasional pas dikasih liat fotonya. Tiba-tiba semua orang yang ga tau Seolhyun itu siapa jadi ikut2an sok nasionalis ngespam akun instagramnya terus bikin post2 yang ngejatuhin di pann, sampe2 ada yang ngirim death-threat. Terus banyak yang bilang dia mediaplay queen, popularitasnya di korea itu ga sehebat yang diekspos di berita, dll. Gua mah ngakak berat, soalnya semua industri kpop itu ngandelin mediaplay. Pernah gua baca di onehallyu ada yang bikin thread dia ngumpulin berita-berita di media yang ada tag seolhyun-nya, dan dia kaget soalnya mayoritas dari berita yang ditag seolhyun itu ternyata beritanya tzuyu Twice, hal-hal remeh kayak tzuyu punya tubuh yang ideal, terus tzuyu punya hobi unik, tapi di bawahnya ada tag seolhyun. Orang-orang ga nyadar ini mediaplay dari pihak JYP, soalnya dilakuin se-subtle mungkin, jadi ga keliatan si tzuyu lagi ngedompleng nama seolhyun. Padahal ujung-ujungnya JYP pengen Tzuyu jadi the next Seolhyun, sebagaimana dulu Seolhyun dimediaplay sebagai the next Suzy.

Tapi masalahnya fanbase AOA nggak segede grup-grup asuhan big three. Grup sekelas Miss A, Twice, Red velvet, GG, 2ne1, bahkan yang veteran kayak SES, mereka punya brand big three, dan ini membuat orang-orang bangga kalo mau nge-stan. Mereka ga perlu takut group jagoan mereka jadi flop apalagi jadi nugu soalnya ada jaminan big three. Heck, SES yang udah berumur aja masih aja penjualan albumnya ngebludak. Got7 pernah dirumorkan flop soalnya banyak yang nganggep JYP bikin Got7 buat nyaingin BTS dan gagal, tapi nyatanya album mereka masih masuk top ten di Gaon Chart. SNSD sempat heboh soalnya Jessica hengkang, tapi berita2 di media ga ada yang nge-shade member SNSD, tapi justru malah nuduh Jessica jadi biang kerok. T-ara juga punya kasus hampir serupa, hwayoung hengkang tapi media malah nuding anggota T-ara sebagai iljin, saking hebohnya isu tsb sampe2 CEO CCM (sekarang MBK) sampe harus mohon-mohon minta maaf, kalo grup SM mana mungkin sampe segitunya (terbukti kan kekuatan big three?).

Soalnya the big three itu pastilah punya rekan bisnis di media yang masuk dalam payroll mereka, terus in-house production mereka terdiri dari produser-produser yang berbakat, SM juga buka submisi lagu dari produser-produser manapun buat ngirim lagu ke SM. In house production SM itu ga main-main, produser kelas dunia mereka rektrut dan kasih studio sendiri buat eksperimen. Selain itu, produser-produser mereka juga dikasih kesempetan buat ngerilis lagunya sendiri. Liat aja di channel SM ada klip penyanyi cewek bule pirang, dia itu tim produsernya SM.

Lah, grup-grup dari agensi menengah mah masih untung mereka bisa ngandelin produser-produser indie yang udah jadi langganan ratusan grup lain semacam shinshadong tiger (yang bikin roly-poly buat T-ara), brave brother (heart attack dari AOA), Sweettune (KARA), black eyed pilseung, primary dll. BTS itu mereka beruntung lagu-lagunya laku, padahal mereka juga ngandelin in-house production, mereka cuma punya produser Pdogg sama Supreme Boy. Supreme Boy itu rapper underground yang direkrut Big Hit buat jadi anggota BTS, tapi karena BTS banting setir dari grup hip hop jadi idol group, dia milih jadi produser aja. Aneh juga sih kenapa BTS bisa booming padahal lagu mereka nggak keren-keren amat (kecuali war of hormones), visual mereka kalah blas dibanding got7 atau seventeen misalnya. Tapi ya mungkin big hit punya duit lebih buat mediaplay, terus mungkin trend cowok flower boy mulai surut dan citra cowok bad boy mulai ngetrend yang dulu dipopulerin sama Big Bang, dan dilanjut sama BTS.

Reply
avatar
11/16/2017 9:32 PM delete

EXO itu lagu-lagunya keren, meskipun ada beberapa yang katanya cuma retread dari lagu-lagu lama mereka (eg monster sama overdose itu retread dari wolf). Gua sering baca review2 lagu dari biaslist.com, kpopalypse.com, asianjunkie.com dan mereka bilang lagu2 exo yang sekarang itu cuma semacam remake dari lagu-lagu lama mereka yang udah jelas laku. Sayang padahal SM itu punya produser2 keren tapi ga dimanfaatin. Itulah kenapa mereka biasanya review lagu dari grup2 nugu, soalnya pertama, agensi kecil itu ga punya cukup dana buat mediaplay, kedua karena itu mereka cuma bisa ngandelin lagu dan kalo beruntung ada anggota yang punya visual, dia pasti dibikin center dan face of the group. Dari mereka gua jadi tahu snuper, evol (get up), to-day (secret), rainbow (black swan) dll. Ga nyesel lah kalo baca dari situs2 itu.

All in all, ini intinya, GUA NGEDUKUNG FANWAR, gua setuju kalo tiap fandom saling ngekritisi, nge-bash idol lain, ngebandingin lagunya, ngungkit2 rekam jejak hidup si idolnya, kan ini bagus, siapa tahu dulunya seblum jadi idol si Jungkook itu seorang predator, ato pembunuh, ato tukang copet, dll. Yang gua ngga setuju adalah ketika si fandomnya ngelakuin hal-hal ini:

-Rasis, sexist, homophobic: Ketika bp rania ngerekrut Alex seorang cewek kulit hitam buat jadi anggota, sekaligus jadi maskot grup mereka, fandom lain banyak yang nyindir pake racist slur sama blackface. Orang korea itu konservatif, dan kayak kebanyakan negara asia lain, mereka itu rasis, contohnya Wendy red velvet pernah bilang bahwa orang kulit hitam itu ngomongnya kayak gangster, taeyeon pernah bilang Alicia Key itu seenggaknya sebagai orang kulit hitam mah cantik, bahkan dalam salah satu acara TV korea ada yang ngelakuin brownface sambil niruin kelakuan orang2 asia tenggara (berarti indon masuk dong), belum lagi Han Seo See, didukung terf2 dungu, yang ngatain bahwa wanita transgender itu bukan wanita, terus Kai exo bilang bahwa koreografi girl group mah cetek, dll. Tapi anehnya ada aja yang ngebelain. Ngehina idol lain pake perilaku rasis, sexist, homophobic atau ngedukung perilaku diskriminatif dari idol itu tindakan biadab titik.

-Slut-shaming: Ketika AOA banting setir jadi pake sexy concept, banyak fandom lain yang nuduh AOA jual tubuh bukan jual bakat. Padahal dalam industri kpop, hampir kebanyakan idol itu ga berbakat, contoh paling umum ya Suzy itu, suaranya nyaring ga karuan, dance skillnya pun medioker, tapi tetep aja ada yang muji berbakat. Tapi ya gapapa nge-stan suzy, kalo kita suka sama dia, siapa yang bisa ngelarang, dia bukan kriminal ini. Yang utama adalah objektifikasi seksual dalam kpop itu lumrah banget. Apa yang dijual EXO itu bukan cuma lagunya, tapi yang utama ya visual sama citra mereka di depan kamera itu. Fangirls rub their clits to kai's dick, and fanboys jerk off to choa's ass. Apanya yang beda? idol cowok atau cewek ya sama2 jual tubuh di kpop. Visual mereka yang bikin kita jatuh cinta, terus lagunya bagus ya jadi plusnya lah. Terus ada istilah CLASSY-SEXY dan SLUTTY-SEXY, istilah yang dibikin sama situs sok moralis seoulbeats. Gain dari BEG itu pake seksi konsep tapi berkelas, Stellar itu juga pake tapi murahan. Padahal dua2nya juga sama jual tubuh sama visual. Kita liat mv gain, kita coli, nonton fancam minhee kita coli. Buat apa dikotak2in pake kategori sok moralis kayak gitu? kalo kita bilang SNSD itu classy dan AOA itu slutty, kita ngga fair soalnya AOA NGGA PERNAH PAKE BIKINI DALAM MVnya, bandingin sama mvnya SNSD-Party. Bias banget yah? Udahlah coli mah coli aja ga usah sok moralis kayak gitu.

Ada poin2 lain yang bisa dibahas, tapi ya udah segitu aja, pokoknya kalian mau fanwar ato kagak ga masalah, kalo dunia fandom adem ayem mah kpop ga rame. Yang penting adalah, kita jauhin tuh dua poin di atas, apapun alasannya. Semoga komen sok tahu ini ada yang baca biar kpop makin kece. Happy Fanwar!!!

Reply
avatar