Fanwar ; ARMY vs EXO-L


 
Warning: kata-kata kasar dan menyindir. You're not an EXO-L? Get out then! 
khusus EXO-L

Gue nulis post ini dengan kategori #daily jadi kurang lebih curhatan gue karena gue udah gatahan pengen ngeluarin uneguneg gue soal fanwar dari tahun 2016 kemaren. Karena ini cuman hasil uneguneg jadi gue males pake bukti dan yang pasti gue jamin semua yang gue tulis disini emang beneran pernah terjadi tapi memakai kata-kata dari gue sendiri. Jadi, kalau kata-kata gue ada yang melebih-lebihkan harap maklum. (karena gue emang gapernah nyimpen bukti.)

Sebelum masuk topik gue mau ngucapin Happy New Year walaupun telat. Dan selamat buat EXO yang sudah menangin daesang.




EXO-L

ARMY

EXO

BTS


Kalau udah masuk di antara dua fandom ini pasti kalian udah biasa dengan kata "fanwar". Kenapa sih kita harus saling membenci? gue awal-awal juga bingung, kok dua fandom ini saling menghina satu sama lain tapi sekarang gue udah enam bulan di fandom EXO-L dan akhirnya gue ngerti kenapa banyak kasus fanwar terjadi dimana-mana, ga di twitter, instagram, facebook, ada aja akun EXO-L dan ARMY yang perang. Untuk informasi, gue ini juga mantan ARMY, mantan fans BTS, sekitar 2 bulan gue ngebiasin BTS dan BTS itu grup pertama yang gue biasin (tbh).

Gue sekarang udah seratus persen yakin di fandom EXO-L. Jaman sekarang itu susah banget ngidolain satu idol aja atau satu grup aja dan alhasil sekarang gue cuman di fandom EXO. Semoga gue langgeng jadi EXO-L karena gue ini orangnya cepet bosan. Gue baru jadi kpopers pokoknya pas ramadhan tahun 2016 dan waktu itu gue ngebiasin Kim Taehyung, coba cek post gue yang "Become a Kpopers..". Gue suka EXO karena gue dikenalin temen sama drama EXO Next Door dan akhirnya gue kepincut sama Chanyeol disitu.

Dulunya gue itu MULTIFANDOM: ARMY dan EXO-L. Tapi satu kejadian yang membuat gue gasuka sama ARMY adalah Immature Fans. Waktu masih ARMY gue itu agak masih benci sama EXO, bahkan udah dari jauh hari gue benci sama semua hal yang berhubungan dengan kpop. Dan gue jadi ARMY itu juga karena pengaruh temen yang suka sama BTS dan gue dengan terpengaruh memandang BTS itu berbeda. Oke gue paham aja sih perasaan para army apalagi fans internasional. Yapp  itu beda dari grup lain. Mereka gesrek, lucu, imut2, ganteng2, multitalent juga, dancenya lincah, rapnya ahli, vocalnya gakalah sama rapnya yang bagus, nohh apalagi buat ngagungin idol kalian. Gue paham itu semua. Kenapa? Karena gue IMMATURE.

Tbh, gue belum pernah ketemu sama ARMY yang DEWASA. Bukan dewasa tubuhnya, tapi pikirannya. Bukan dewasa pikiran karena udah baca FF rated M tapi pemikirannya yang udah rasional dalam istilah udah bukan remaja labil lagi. Ingat! bukan berarti gue juga dewasa. Gue juga masih labil kok, tapi kok gue berani ngomong gini? oke gue terima kalau kalian bilang gue sok dewasa lah, tapi lihat diri kalian juga :).

ALASAN FANWAR EXO-L DAN ARMY TERJADI



Menurut gue, tandai tulisan merah



Kalau ini sih pasti fans punya banyak spekulasi. Enggak bukan itu, lebih tepatnya karena saling menyalahkan juga. EXO-L nyalahin ARMY, ARMY sok polos sama EXO-L, pas ngerasa kalah ARMY malah sok lemah atau ngungkit2 kalau agensi BTS itu dari agensi kecil lah apa lah. Intinya, saling menghina.

Fans mana sih yang tega idolnya dihina? Itu yang gue rasain waktu gue masih mulfand. Gue waktu itu lagi kepincut2nya sama EXO dan yang gue dapat, ada akun seorang ARMY yang menghina EXO. Dia ngatain EXO itu shit, worst, untalented, anjinglah, monyetlah, pokoknya kata2nya beneran bikin gue heran kok bisa2nya ngebenci kek gitu? dan akhirnya gue geram. Gue ke twitter ternyata banyak yang lebih parah. Gue lupa gimana gue bisa jadi ninggalin fandom pokoknya itu semua terjadi begitu aja dan sampe sekarang gue cinta EXO dan BTS? mungkin kalian ARMY cuek2 aja ya satu orang ninggalin fandom karena pasti banyak fans baru yang lain masuk fandom kalian mengingat sekarang BTS lagi hangat2nya dibincangkan. Tapi gue merasa sayang banget, kalau ada satu aja EXO-L yang ninggalin fandom, gue berharap temen gue yang juga mantan EXO-L kembali ke fandom, tapi sayang dia bukan fangirl sefangirl kita (lebih suka ngurusin pacar daripada oppa :v).

Beberapa minggu setelah gue memutuskan ninggalin fandom, ada akun yang bilang "Ga semua ARMY kok gitu, ga semua ARMY itu immature" kalau gasalah gue baca itu di komen Youtube tapi percuma! gue udah sepenuhnya ga peduli lagi, resolusi gue sekarang gue pengen setia dulu sama EXO, gue salut banget sama akun2 EXO-L di twitter yang ngidolain dari awal debut sampe sekarang, gue iri sama mereka, mereka sempet ngerasain gimana sakit hatinya saat 3 member EXO keluar, berita konfirmasi dating, yang parah itu pas dating Baekhyun sama Taeyeon banyak banget EXO-L yang keluar fandom, tapi kalau ada yang masih EXO-L sampe sekarang setelah semua itu, gue beneran iri. Yang dulu sebutan mereka itu cuman EXOTIC (nama fandom buatan fans sebelum exo-l diresmikan) sekarang dengan bangga menyebut diri mereka dengan EXO-L. Gue iri. 

Banyak banget yang out of topic hehe, dan salah satu alasannya lagi ya Immature Fans. Otomatis saling menghina itu juga perbuatan Immature Fans. Rata2 umur ARMY yang sering gue dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2. Jadi ya wajaarr. Inget ga di salah satu acara yang Chanyeol, Suho, dan Chen hadirin, ada artis cilik yang bilang dia suka EXO tapi lebih suka Bangtan. Ya begitulah rata2 umur fans BTS di intl ataupun di Korea. dan bahkan di korea sana BTS itu ga terlalu diminatin sama umur 20an, gue pernah nonton videonya, tapi lupa judulnya, pokoknya di video itu satu orang cowok yang interview random orang2 yang lewat di korsel, terus nanyain pendapat mereka tentang BTS, dan malah banyak yang gatau, atau lebih tepatnya kurang kenal. Menurut salah satu survey juga nyebutin BTS itu diminatin sama anak SD dan SMP.

Media Play agensi BTS. Gue pernah baca artikel tentang agensi BigHit yang bawa2 nama EXO dan SM-YG, pokoknya 3 AGENSI RAKSASA di korsel. Isi artikelnya itu tentang BTS yang bisa mengalahkan EXO dalam penjualan album, pokoknya kata2nya itu berlebihan banget dan ga sopan buat agensi yang pengen artisnya dapet popularitas. Baru-baru ini juga BigHit ngeluarin artikel lagi waktu album WINGS kelewat populer isi pokoknya itu kayak merendahkan EXO sama BIG3 AGENCIES banget. Gue emosi banget. Otomatis banyak ORANG yang bilang "benci BigHit tapi jangan benci BTS karena BTS kan cuman artisnya gatau apa2" "BTS itu korban disini" "kalian bisa benci kami ARMY. tapi tolong jangan benci BTS" Apa gue bilang? mereka sok lemah padahal kalau di komen2 instagram, kata2 mereka kasar semua. Gue tau semua orang pengen mencurahkan apa yang di dalam hati mereka kalau sudah kelewat emosi kan butuh tempat ngeluarin itu, tapi gue bingung, kalau ARMY pengen ngeluarin celotehan mereka ya di FANBASE ARMY aja sana! Banyak banget ARMY yang komen di FANBASE HARD EXO-L. Gue benci. Gue EXO-L nyadar diri kalau ada artikel terkait BTS gue diem aja, gausah komen. Saat ada live streaming, misalnya acara penghargaan ataupun event kpop, gue diam aja. Saat dimentionin jangan salah lapak, yang terjadi.. saling menghina tadi.
 

Hm.. menurut gue saling menghina sama gak tega dihina itu sama aja ya, otomatis yang gak tega ikut terbawa emosi dan yapp butuh dikeluarin juga. Gue kurang tau EXO-L sama ARMY ini saling menghina itu dimulai dari kapan, tapi kok tega banget ya ARMY ngehina EXO-L padahal dulu mereka butuh bantuan EXO-L buat memenangkan lagu I NEED U di salah satu program musik.

Oke gue bawa2 topik ini karena menurut gue ini yang paling menarik, bantuan EXO-L yang dulu. Gue dapet info ini dari twitter, ada screenshotnya dulu EXO-L sama ARMY itu TEMAN DEKAT. Saling membantu, lebih tepatnya EXO-L yang bantu ARMY, saling membantu? NONSENSE. Kemana ARMY yang dulu minta duluan, sekarang malah menghujat EXO-L. Idola mereka udah terkenal sekarang, apa gue boleh bilang itu karena Media Play dan EXO-L? Okey tidak ada EXO-L di antara ARMY tapi EXO-L dan ARMY di antara MULTIFANDOM. Multifandom.. gue gasuka mereka. Apalagi kalau fandom mereka EXO-L dan ARMY dan yang lebih menggelikan itu mereka nyebut diri mereka ARMY-L. TOLONG JANGAN PAKE ARMY-L! Nama yang menjijikan menurut gue, ga pantes! Kalau multifandom misalnya ARMY-CARRAT, EXOL-IKONIC, EXOL-VIP, ARMY-iGOT7 gue terima2 aja. Tapi ARMY-EXO-L atau lebih parah ARMY-L. Tolong jangan.

Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman. Atau pindah fandom dengan santainya. Pernah salah satu tweet ARMY yang menurut gue lucu "emang EXO-L dulu juga bukan mantan fans Super Junior, pasti kalian juga ngidolain SuJu dulu kan." Oke silahkan yang baca gimana artikan sendiri perasaan kalian.

Popularitas BTS emang gabisa dikatain ga sukses di tahun 2016. Mereka banyak mecahin record billboard dengan albumnya. oke gue juga nemu caption ONCE yang kurang lebih tulisannya gini "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gue ngakak setelah itu. Omong2 akun ONCE itu akun HARDCORE ONCE, dia gasuka gb sama bb lain selain grup idola mereka, TWICE.

Lagu EXO dan BTS yang nada intronya sama. Coba kalian bandingin lagu BTS yang judulnya Dead Leaves sama EXO - They Never Know. Nada intronya sama. Terus ARMY menghujat EXO katanya EXO plagiat lah. Tapi kenyataan kedua lagu BTS maupun EXO itu juga sama kayak lagu salah satu penyanyi kenegaraan Rusia. Emang kebetulan aja kali hufft. Terus tentang plagiat, ARMY juga menghujat EXO karena pakaian EXO yang sama kayak idola mereka. Kampungan kali ya. BTS juga pernah kok make pakaian yang sama kayak EXO. Gitu aja dipermasalahin kali aja sama2 mau sponsor bajunya.

Melon Music Awards 2016/MMA 2016. Kategori Album of The Year. Nah jadi disini EXO-L gaterima BTS menang di kategori ini karena album Young Forever milik BTS itu penjualan albumnya angkanya beda jauh banget sama album EX'ACT. Bahkan netizan korea juga bingung kok bisa BTS menang padahal ga banyak banget yang beli ga kayak EX'ACT. Gue denger pihak MMA ini milih sesuai internal data gitu. Sampai sini gue gapaham lagi karena gue beneran sakit hati banget dengan ketidakadilan pihak Melon. Yang bikin gue emosi saat pihak Melon dengan mudahnya ngakatin "4 awards itu sudah sangat banyak" dan EXO-L dituduh haus awards. Bukan haus penghargaan, EXO-L hanya minta keadilan.

MAMA 2016 Artist of the Year. Sebelum acara MAMA ini mulai, pihak Mnet menghapus atau mengubah video2 comeback EXO di Mnet jadi privasi. Sedangkan salah satu syarat buat EXO menang kuncinya adalah banyaknya view youtube video EXO di Mnet. Nah kalau videonya dihapus, gimana EXO-L mau nonton dan memperjuangin idol mereka? satu lagi cobaan buat EXO-L dan alhasil EXO ga menang di kategori ini. EXO ngarep banget kayaknya menang di kategori ini dan yang menang itu BTS. Semenjak kemenangan BTS di MAMA banyak netizen korea yang ngomentarin "aku bahkan baru kenal BTS hari ini". Semenjak kemenangan BTS di MAMA 2016 ini juga ARMY kayak menyombongkan diri gitu. hufft. Bahkan pernah gue baca tweet ARMY yang ngeremehin EXO karena ga menang di kategori ini.

Sekarang bahas album. WINGS and EX'ACT. 4 vers vs Kor-Ch vers. Sekali lagi waktu penilaian Golden Disc Awards sama Seoul Music Awards, ARMY meminta kepada staff supaya cuman menghitung album EXO di versi Korea saja. Padahal dari dulu Golden sama Seoul juga udah menghitung sama versi China nya. Nah kok mereka baru mempermasalahin sekarang sih? kok ga dari dulu? -__- terus pas EXO menang, mereka kayak ga terima gitu. Menurut gue penjualan album WINGS ini kuat di penjualan internasional yang melibatkan fans intl. 
 
Dan yang akhir-akhir ini itu Perang Lightstick. Mau bahas tentang ARMY yang ngatain EXO-L karena BTS dapet Black Ocean atau tentang konsep LS baru BTS yang hampir sama kayak EXO, hayoo mau bahas yang mana duluuu :D lucu yaa.. Black Ocean, ini waktu kejadian di MMA (Melon Music Awards) EXO-L dituding sengaja beri penampilan BTS black ocean, pliss ini ARMY ngarep bantuan EXO-L lagi supaya penampilan mereka terang gitu? Duhh ga nyadar diri ya, udah menghina EXO apalagi waktu kejadian Lay pingsan di bandara, ARMY ngedoain Lay cepet2 mati (maaf) supaya popularitas EXO nurun dan BTS berjaya. Kalau mikir pake otak ya. Alhasil ada korean EXO-L yang berjanji bakal beri black ocean ke BTS kalau ada perform. Tapi kenyataan EXO-L ga nyalain LS mereka karena mereka mau menyimpan baterai buat penampilan EXO. Mungkin BTS kena apesnya karena waktu itu katanya kebetulan saat2 paling tepat buat nyimpen baterai buat penampilan EXO. Gatau kalau ini cuman alesan EXO-L hahaha..

Konsep Lightstick yang sama.  Sebenarnya gue uda curiga dari dulu kok warna fandom BTS dan EXO itu hampir sama? Iya sama2 silver. EXO debut 2011/12. BTS debut 2013. Otomatis lebih tua EXO dong kalau soal Lighstick. Emang sih Bangtan Bomb itu warnanya bukan silver tapi kayak lampu hidup mati gitu /?. Coba kalian perhatikan kalau di acara musik maupun penghargaan gitu LS EXO sama Bangtan Bomb itu keliatan sama. Terus pas EXO ngeluarin Lightstick v2 gue pikir gabakal ada lagi yang plagiat warna2 mereka. LS ver 2 ini bisa berubah warna gitu. Gue maklum lah sama LS Twice dan VIXX juga bisa berubah warna tapi tentu aja warna mereka beda. LS Twice itu warna-warni gitu, VIXX juga bagus LSnya tapi kayaknya warna asli fandom mereka juga beda. Sekarang.. Bangtan Bomb juga ngikutin berubah-ubah warna juga. Gue juga mulai curiga waktu denger berita BigHit bakal ngeluarin Bangtan Bomb ver 2. Dan ternyata bener, beneran ngikutin. 

EXO-L marah bukan karena LS yang bisa berubah warna tapi karena warna Bangtan Bomb yang baru ini hampir sama kayak warna LS v2 EXO. Dari sekian banyak warna kok harus sama kayak EXO? Terus banyak orang2 yang merendahkan EXO-L, katanya masalah gini aja dibesar2kan. Lo pikir jadi EXO-L itu harus sabar terus? kami juga manusia. Banyak juga yang ngatain "kalau mau nyalahin, salahin BigHit jangan salahin BTS" kalau kata2 itu yang keluar gue udah beneran geregetan tapi gue diam aja, males komen.

ARMY wishing EXO death threats. Kayaknya ini beneran awal mulanya. Dimana banyak Immature ARMY yang ngetwit gini. Apalagi tadi tentang kasus Lay yang pingsan di bandara. Itu kejadian waktu BTS mulai mendapatkan banyak fans dan popularitas juga dengan Immature fansnya haha. Banyak ARMY yang mendoakan Lay dan Baekhyun buat mati (maaf). 

Kejadian yang hangat di awal tahun 2017 ini yaitu C-ARMY yang membully C-EXOLs. C-ARMY ini juga mendoakan supaya EXO mati (maaf). Bahkan Suho Baidu Bar China (fanbase terbesar fans Suho di china) dihack oleh ARMY. Mereka juga menyebarkan nomor telepon pribadi Suho, sehingga membuat C-EXOL marah besar.  Dimana waktu kejadian itu C-EXOL meminta permohonan maaf dari ARMY sampe hashtag EXO-L tersebut jadi trending dunia setidaknya 2 hari berturut. Hanya sedikit ARMY yang sudah minta maaf, dan mana yang lain? Kok pada diem aja? Idihh najis. C-ARMY ini juga menyebarkan identitas pribadi C-EXOLs padahal menyebarkan identitas pribadi orang itu suatu tindak kejahatan. Semoga ini ditindaklanjuti oleh agensi SM karena perbuatan C-ARMY ini beneran hangat dibicarakan selain itu ini juga bisa menconteng nama baik ARMY kalau terus2an ARMY ga minta maaf sama EXO-L. 

Katanya kejadian itu dimulai saat salah satu anggota perkumpulan grup dimana anggota itu EXO-L mengirim sebuah pesan singkat yang katanya itu nyakitin hati si ARMY. Nah si ARMY yang tersinggung ini mulai membagikan identitas pribadi si EXO-L dan membully EXO-L tersebut. Bahkan menyebarluaskan nomor telepon pribadi Suho dan menghack akun weibo fanbase terbesar Suho di China.


TEAM NETRAL ; 

MULTIFANDOM 


Gue fine aja sama multifandom ini. Bahkan kalau mereka udah bilang "Idolnya akur masa fansnya ga akur". Sebenarnya gue gasuka sama kalimat tersebut. Karena bodo amat gue kalau mereka akur atau gak! Inikan masalah fansnya. Fans mereka yang nyerang. Ya kami juga gabisa sabar terus. 

Gue juga gasuka kalau ada mulfand gini "apalah daya gue exo-l yang juga army". Gue tanya lo kalau milih lebih milih yang mana? Secara gue juga pernah jadi multifandom terus gue juga pernah ngerasain suka sama dua dan tiga grup tapi tentu gue juga sadar gue lebih suka dan lebih milih grup ini daripada yang satunya. Karena menurut gue mulfand itu sesuai mood. Misalnya saat disuruh ngevote terus di komen bilang "duhh kalau gini gabisa ngevote, apalah daya :')" apalah daya gue juga pernah ngerasain. Kalau jenis mulfand satu gb favorit satu bb favorit itumah fine2 aja kan. Tapi kalau ini soal EXO dan BTS yang akhir2 ini katanya saingan tolong jangan pilih salah satu dari mereka. 

Dan yang ngaku juga mulfand army-exol gue tau kok lo lebih milih bts, karena apa? menurut gue kalau lo emang suka exo lo pasti lebih suka ngepost exo di ig kamu dan yang gue temuin selama ini malah post ig bts semua, di bio tertulis "exo saranghaja" dan tolong yah, "saranghaja" itu cuman milik EXO. "we are one" itu khas EXO. Kalau gue nemu akun mulfand terus di bionya dia ARMY-L beneran geregetan tapi gue milih diam aja. Terus kalau kalian beneran mulfand yang adil kenapa kalau ada artikel yang menyuguhkan EXO kalian bawa2 BTS juga misalnya "udah EXO-L terima aja BTS lagi populer, gue mulfand kok". Jangan komen begitu lagi.

Pokoknya gue jarang banget nemuin multifandom yang sepenuhnya suka sama ini sama itu tapi beneran bisa membagi kesukaan mereka. Gue nemu satu atau dua tapi dia bukan EXO-L dan gue salut kok sama dia. Bisa membagi kesukaannya. Bukan berarti membagi rasa suka mereka misalnya si itu 30% dan ini 70% enggak tapi mereka beneran adil di fandomnya.

Fanbase kpop yang seharusnya membahas semua kpop. Bukannya itu juga team netral? terus saat ada fanwar nyatanya fanbase tersebut lebih ngarahin ke satu grup. Biasanya fanbase gini nih yang ada di Indonesia. Bahkan yang lebih parah salah satu akun MEME EXO INDONESIA di Instagram yang cuman numpang nama, karena yang dipost bukannya meme EXO tapi malah meme BTS. Dia bilang dia masih suka EXO, tapi sekarang lebih suka memein BTS. Gue udah komen tolong ganti aja nama akunnya. Terus adminnya bilang sayang udah dari dulu. Gue beneran emosi deh sama akun itu. Kalau emang suka EXO kok ga setia? padahal kan dia juga termasuk EXO-L lama.

Gue maklumin aja kalau multifandomnya kayak YGstan, SMstan, JYPstan, yang cuman suka gb, atau suka satu gb dan satu bb, saat mereka nyindir EXO-L dan ARMY yang sering fanwar. Mungkin mereka juga lelah sama fanwar. Gue juga lelah. 

Menurut gue kebanyakan MULTIFANDOM ini yang FAKE. Beneran ga memihak salah satu fandom. Tapi nyatanya mereka malah mendukung salah satu fandom. Ga semua multifandom itu exo-l dan army. Gue juga banyak nemui MULTIFANDOM yang baik orangnya. Bukan berarti gue gasuka sama mulfand cuman gue kesel aja kalau udah nemuin mulfand yang fake kebanyakan cuman nutupin rasa dilema mereka. Sekali lagi gue juga pernah ngerasa gimana jadi multifandom.


IGOT7, CARRAT, VIP, SHAWOL

Sebenarnya dari banyak fandom kpop yang juga netral gue tertarik sama 4 fandom ini.

iGOT7 sebenarnya di luar ekspektasi gue ternyata fandom mereka ini cukup besar di fans internasional. Terbukti mereka memenangin best fandom soompi awards. Gue juga kaget. Kok bisa mereka ngetwit sebanyak itu, bahkan EXO-L dan ARMY juga kalah angka. Pokoknya fandom yang beneran di luar ekspektasi gue.

Kalau fans seventeen, Carrat gue suka mereka karena fans mereka ini menurut gue lucu. Entahlah gue nyebut lucu kenapa. Fandom mereka juga kayaknya tentram2 aja. Kecuali ya kalau ada yang menghina idol mereka.

VIP. Fandom paling senior. Sebenarnya gue lebih suka kalau EXO dipasangin sama BIGBANG. Apalagi tahun 2015 itu EXO beneran saingan sama BB. Tentunya ada juga fanwar yang terjadi sama EXO-L dan VIP waktu itu terutama fans korea nya. Mungkin fanwar di Korea itu cara fanwarnya lebih cerdik bukannya kejam kayak fanwar fans intl. Gue bilang gini karena waktu VIP ngerjain EXO itu melalui tindakan bukan dengan perkataan dan fitnah. Gue pikir semua orang setuju kalau perkataan itu lebih kejam, senjata paling menyakitkan daripada tindakan. Gue gahabis pikir gimana ARMY dengan mudahnya nyuruh EXO buat mati. Gue juga punya temen yang YGstan dan VIP, gue juga ngerasa nyaman ngomong sama dia daripada sama ARMY. Temen gue ini juga dia kpopers senior dan udah dari sd ngestan bigbang. Makanya gue paling kagum sama fandom ini. Dewasa dan kalem, mungkin karena fandomnya juga udah lama.

SHAWOL. Nah kalau ini juga salah satu fandom yang ga memihak tapi rata2 shawol ini juga pendukung EXO-L mungkin karena sesama SM. Tapi ada juga yang dengan tegas dukung ARMY apalagi waktu Jimin sama Taemin kolaborasi dance itu banyak banget ARMY yang juga ngaku SHAWOL. Shawol ini juga menurut gue fandom yang strong, walaupun fans mereka berkurang terus tapi gue terharu kalau ngeliat lightstick mereka menyala di tengah2 lightstick silver :').




KAPAN FANWAR INI BERDAMAI?


Yang pasti fanwar ini gabakal selesai kalau ga ada salah satu fandom yang ngakuin kesalahan mereka masing-masing. Toh satu fandom ada jutaan fans, dan ga mungkin jutaan fans itu mau ngakuin dengan enaknya. 

Banyak banget yang udah muak sama fanwar ini. Katanya tahun dulu ga pernah ada fanwar yang seheboh sekarang. Bahkan fanbase HARD EXO-L juga bilang kalau fanwar sama ARMY ini yang paling menjijikan. Kenapa? dulu kalau ada fanwar sama fandom lain, bisa saling memaafkan. Tapi kalau sama ARMY ini katanya susah banget, mereka ini soalnya masih labil2. 

Gue pikir nih fanwar bakal selesai nanti kalau ada salah satu member EXO yang wajib militer. Jadi EXO kemungkinan juga ga ngelakuin comeback lagi kayak Suju dulu. Tapi tentu masih banyak peluang buat EXO di dunia hiburan, contohnya sub-unit dan solo album. Ya kita cuman bisa nunggu itu terjadi. Kalau sampai saat itu, dua fandom ini belum bisa berdamai, gue yakin masih ada aja Immature Fans. 

Jika kalian ga mau ada fanwar lagi makanya tolong jangan manas2in EXO-L. Kita kan sama-sama fandom besar. Jadi kalau ada satu orang aja yang menghina EXO-L terus satu EXO-L nyebarin dan otomatis satu fandom EXO-L bakal emosi juga. Kita kan manusia ga mungkin bisa bersabar terus. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Demi apa gue satu malam sampe begadang dan ketiduran buat nulis ini post. Gue yakin sih banyak yang ga baca saking panjang banget curhat gue saat ini. Kan udah dibilangin ini cuman uneguneg gue :)

Sebagai EXO-L gue cuman ngingetin tolong jangan ada Immature Fans di antara kita. Kalau ada tolong sadarkan dia secepatnya. Satu aja yang menghina fandom lain, tentu ada banyak yang kesindir dan sakit hati daan efeknya juga EXO-L dapet gelaran Most Immature Fandom. Bahkan kita juga dapet julukan fandom yang paling heboh loh.   

Kalau ada ARMY yang baca ini kesindir juga gapapa kok padahal dari awal kan udah gue ingetin juga.

Bonus interaksi EXO dan BTS:

Baekhyun and Jimin

V and Baekhyun

Suho and V
Suho and J-hope

Chanyeol and Suga

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

17.04.2017 Last edit.
Cuman memperbaiki sedikit kata-kata yang kurang rapi, intinya masih tetap sama kok.
Gue ga baca dan respon komen disini lagi (karena kebanyakan) silahkan komen lagi ke > fanwar <

Don't be so serious, thank you for reading~
Previous
Next Post »

488 comments

Write comments «Terlama   ‹Lebih tua   401 – 488 dari 488   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown
AUTHOR
4/28/2018 5:16 PM delete

Lol, siapa yg blg EXO dari awal udah terkenal? Lo jangan halu dong, EXO first fansign aja yg dtg cuma 20 org. Semua berjuang dri 0, hrusnya Army jgn ngerendahin Idolnya sendiri blg dri Agensi kecil jdi wajar. Hrusnya sih Army semangatin, sejauh yg gue lht jg, Army ngmong gitu kalo mreka udh terpojok. Mreka sok lemah, gue jujur ya awalnya nge stand BTS, tpi lhat kelakuan Army yg suka ngebacot dia post khusus Exo, jdi jijik sndiri, EXOL malah yg lbih suka blg congrat di post khusus BTS. Immature banget.

Reply
avatar
Lilis
AUTHOR
4/30/2018 11:33 AM delete

Gak sengaja gue nemu nih laman waktu iseng-iseng browsing, kapan sih mereka bisa damai...? Gue belum lama jadi EXO-L dan gue pengen ngerasain gimana indahnya kebersamaan k-popers yang saling mendukung dan saling membantu gak setiap waktu isinya cuma war terus...

Reply
avatar
Ami .x
AUTHOR
5/03/2018 8:05 PM delete

Lah, persis banget kaya gue. Dulu gw pertama suka kpop akhir 2016 dan pertama kali suka sama BTS. Dulu gw juga sempet jd army (gatau jg sih udh army beneran apa cm ngestan) dan disaat yg bersamaan jg suka EXO. Tapi lama kelamaan, seiring popularitas bts yg makin internasional, gw mulai gk suka, and idk. sejak EXO cb kokobop, gw udh mulai gk ngikutin bts lg, udh gk peduli, gk tau jg kenapa. Terus tmn2 gw yg baru-baru ini suka kpop rata2 sukanya bts, dan mereka itu sombong banget! gilaseh. mereka bangga banget bts udh sampe billboard, laku albumnya sana sini, banyak fans intl. Gedek gw ama fans2 baru yg songongnya minta ampun. Tp sejak itu malah nguatin gw buat jd exol, gw lebih yakin sama exo, sama exol, kalo kita lebih kuat.dan sejak itu gw mutusin cuma buat stay di satu fandom aja

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/07/2018 12:19 AM delete

Hmmm... sederhana aja sih sebenernya. Kalau saya menilai, justru anda setali 3 uang dengan army(yang menurut anda jelek dan sebagainya). Kenapa? Karna anda juga mengejek army dan bts(secara tidak langsung) lewat tulisan ini. Anda juga berpikiran seperti anak kecil (sama seperti army yang jelek menurut anda). Apa perbedaannya coba? Kalau anda memang benar benar fans yang dewasa, anda tidak akan menulis mengenai keburukan orang lain (dalam hal ini army dan bts). Disini tulisan anda jelas sekali terlihat kalau anda tidak dewasa. Karna apabila benar army itu adalah anak kecil seharusnya tidak perlu anda tanggapi. Karna orang dewasa tidak perlu mengganggap serius atau mempedulikan apa yang dikatakan atau yang dilakukan anak kecil sampai dimasukkan kedalam hati. :) Tapi justru anda menanggapi mereka, dan menanggapinya bukan kepala dingin. Apa bedanya sama anak kecil? Katanya orang dewasa? Saya bukan mau ajak ribut. Tapi bila mengucapkan/menulis sesuatu, mohon dipikir dahulu baik baik. Dan terlebih lagi harus saling introspeksi diri dulu. Bukan malah balik menjelekan atau menghina. Kalau begitu anda sama saja seperti mereka (yang anda bilang anak kecil). Sejujurnya saya adalah army dan exo-l sekaligus(DAN SAYA BERUMUR 22 TAHUN). Saya sangat menyukai kedua boyband tsb. Saya fans dengan mereka karna melihat mereka(bts & exo) bukan karna melihat fanbasenya atau sebagainya. Jadi tolong jangan menghina orang lain tanpa berkaca terlebih dahulu ya... apalagi dalam medsos seperti ini, itu sama sekali tidak mencerminkan kedewasaan anda.
Sudah sekian dari saya, sukses selalu ya buat anda. :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/10/2018 3:31 AM delete

Maaf yahh saya di sini Mulfand sekali lagi maaf untuk sebesar besarnya kalau menurut saya yang salah itu bukan Army/Bts/Exo/Exo-l yang salah itu adalah Hatters kalian tau Kan kelakuan Hatters gimana dan cerita yang di buat di atas itu belum tentu benar,sekarang aku tanya ke kalian Emang kalian tau fakta yang sebenarnya gimana?emang kalian tau dari mana bahwa Exo-l dan.Army war dan penyebabnya itu Army? Emng kalian tau dari mana kalau Army salah? Dan kalian tau dari mana kalau BTS plagiat? Emng kalian tau fakta yang sebenarnya gimana? Yang aslinya gimana emng KLian tau? Sekarang kalau misalkan kalian gk tau kalian cuman berfikiran dengan otak kalian yang belum tentu itu benar,jika kalian mau tau sebenarnya mending wawancara aja langsung ke BTS Dan Exo biar jelas yang fakta nya gimana, jika BTS dan Exo tau bahwa Army dan Exo-l sering war dan saling tuduh mereka Akan sedih,yahh emang BTS sma Exo SAHABATAN tapi kenapa Army sma Exo-l War? Lihat kalau Exo dapat penghargaan BTS selalu mengucapkan selamat dan mereka saling pelukan sma dengan exo,Kalau BTS menang Exo juga mengucapkan selamat dan mereka slaing berpelukan jadi apa kalian mau Kepopulitassannya BTS dan Exo menurun karena tingkah laku kalian yang kaya anak kecil? Kalian mau Exo Dan Bts sedih?

Maaf aku cuman ngingetin jika kalian tetap mau War silahkan tapi tunggu aja apa yang akan terjadi

Maaf jika kalian tidak suka dengan komentaran saya ini,Mohon di maafkan :)

Reply
avatar
lintang
AUTHOR
5/11/2018 2:46 PM delete

Maaf ya,exo waktu debut gak langsung terkenal begitu aja loh mereka dulu di juluki produk gagal SM,Waktu jaman-jaman MAMA fans EXO itu hitungan jari huff lah di kiranya mentang-mentang exo dari agensi gede bisa langsung terkenal begitu aja? Enggak lah exo juga berusaha dari Nol sama kaya BTS ya. Jadi kalau apa-apa jangan bawa-bawa agensi iya tau sih exo dari agensi gede:)

Reply
avatar
lintang
AUTHOR
5/11/2018 2:51 PM delete

Maaf ya,exo waktu debut gak langsung terkenal begitu aja loh mereka dulu di juluki produk gagal SM,Waktu jaman-jaman MAMA fans EXO itu hitungan jari huff lah di kiranya mentang-mentang exo dari agensi gede bisa langsung terkenal begitu aja? Enggak lah exo juga berusaha dari Nol sama kaya BTS ya. Jadi kalau apa-apa jangan bawa-bawa agensi iya tau sih exo dari agensi gede:)

Reply
avatar
Hanin Rizka
AUTHOR
5/18/2018 9:55 PM delete

Well, aku gk tau harus manggil kmu apa nih. Entah dek, kak, atau justru kita malah seumuran. Jujur aku pribadi salut sama kmu yg mau buka ini secara terang-terang. Aku akui, dulu aku memang fans super junior. Dan syukurnya mereka masuk dalam deretan legend menggeloranya K-Wave. Awal aku suka tentang hal berbau Korea itu SD kelas 5, lalu ketika EXO debut ada kating yang ngenalin lagu EXO ke aku. Akhirnya aku coba cari. Dan aku jatuh cinta sama konsep MV mereka. Lalu aku mutusin untuk jadi multifandom ELF-EXOTIC. Disitulah aku mulai cari segala informasi tentang EXO dan ketika itu pula rasa cintaku kepada EXO tambah besar. Lalu aku mengamati gmn perkembangan EXO di Awards. Dan aku sumpah salut dengan mereka. Tanpa ragu aku pun mengikrarkan diriku sebagai EXO-L (sebutan sekarang), tpi tetep janji untuk dukung para legend yang udah ngenalin K-Pop ke dunia terutama Asia. Dan darisanalah aku mulai tau gmn kerasnya perjuangan EXO untuk bisa jadi sebesar sekarang. Klo ada yg bilang klo EXO terkenal karena dari agensi besar dan ada Suju disana? Itu salah besar. Karena mereka sama sekali belum tahu bahwa EXO bahkan pernah ngelakuin fansign yg cuma dihadiri gk sampe 50 orang! Aku dapet info ini udh lama bgt lupa kapan. Mereka bahkan cuma di cap sebagai idol SM Entertainment yang gagal karena sedikit peminatnya. Jadi yg perlu ditekanin disini, EXO jadi Idol besar karena mereka pantas mendapatkan itu. Ada banyak banget pengalaman pahit yang juga kami rasain sebagai EXO-L. Tpi kmi tetep berusaha stay disisi idola kami. Lalu tiba2 ramai lah tentang ARMY ini. Tadinya ak gk peduli, tapi suatu ketika ada army yang secara langsung nyerang aku. Lalu mulai ramai pula lah FanWar EXO-L ARMY. Ak masih berusaha diem. Puncaknya ketika pengumuman hasil MMA dan MAMA yg gk adil. Dan muncul komentar gk mengenakkan dari mereka. Ak berusaha diam dan tenang. Tpi ucapan mereka semakin gk bisa dijaga. Akhirnya aku dengan spontan mengatakan bahwa sikap mereka menjijikkan, mereka justru merusak nama fandom mereka sendiri dengan menghina fandom lain. Lalu masalah mediaplay. Aku tertawa ketika membaca ini. Dulu BTS menggunakan EXO dan The Big3 sebagai bahan mediaplay. Lalu belum lama ini, aku juga menemukan adanya berita bahwa Fans BTS tidak terima NCT menggunakan BTS sebagai bahan mediaplay. Oh Come on. Look YOURSELF in the mirror. Dulu idol kalian make nama mereka tanpa dosa terus sekarang kalian gk terima ketika hal yg sama nimpa kalian!!!! Gue cukup sabar ngadepin para ARMY yg childishnya kebangetan. Gue tadinya gk ada rasa benci sama fandom kalian, tpi karena ulah anggota kalian sendiri itulah yg nyulut rasa benci dari kami. Klo ada topik nyerempet dikit mereka gk terima, EXO dan EXO-L yg gk ikutan aja tiba2 dibawa ke bahan pembicaraan. Lucu tau gk! Apa! Lo mau banggain billboard!? Bener kata mereka. Kenapa gk debut aja di luar. Ada suatu cerita yang bikin gue bener2 ngrasa ARMY klo ngomong nggk dipikir dulu. Mereka komentar bahwa ketika lagu EXO diputar di Air Mancur kebanggaan orang Dubai itu hal yang biasa dan nggak ada apa-apanya timbang BTS. Dan itu nyulut emosi gk cuma EXO-L tpi orang-orang Dubai lainnya. Oh Hell!! Jelaslah mereka marah. Itu Air Mancur tuh iconnya negara Dubai. Terbesar! Dan yang karyanya diputer disana itu cuma lagu artis setingkat Michael Jackson! Gk percaya!? Cari infonya! Udh lah. Gue capek ngetik. Intinya jaga sikap dulu aja. Nggak ush sok jadi yng paling polos, paling bener, paling baik, dan paling segala-galanya. Dilihat dari sisi manapun, BTS tetep hoobae bagi EXO dan wajib bagi mereka untuk menghormati EXO sebagai sunbae bagi mereka. Begitupun fansnya. Bukan berarti dengan kalian lebih menghormati kami, kalian malah akan ditindas, justru kami akan lebih menghargai kalian dan tetap mengsupport meski di tengah persaingan. Itu aja. Makasih

Reply
avatar
Hanin Rizka
AUTHOR
5/18/2018 10:15 PM delete

Gini ya, ini pengalaman aku pribadi jadi terserah kami mau nanggapin gmn. Saya sudah sering dapat hinaan dan hujatan dari Army, dan saya masih diam perlahan memaafkan mereka. Kamu tau? Karena segala hujatan dari mereka saya sampai mencari ungkapan pihak kami yg katanya banyak menyakiti mereka dan saya bahkan menangis karenanya. Tpi setelah saya cari dan telusuri lagi ternyata awal mula ungkapan buruk itupun dari ungkapan pihak ARMY. Tpi sekali lagi saya memilih diam. Lalu suatu ketika saya berkomentar untuk menyindir pihak penyelenggara acara. Dan dengan tanpa segan, ARMY langsung menyerang saya yg bahkan tidak bermaksud menyinggung idol mereka. Mereka terus menerus memojokkan saya. Akhirnya kembali lagi saya memilih mengalah, tapi bahkan permintaan maaf saya tak di tanggapi saya masih terus disalahkan meskipun berulangkali saya meminta maaf. Jika seperti ini apa yang harus saya lakukan? Saya memang belum cukup dewasa. Tetapi saya selalu belajar dari member EXO untuk melapangkan hati dan mendewasakan diri. Tpi bukankah juka seperti ini justru jadi kami yang tertindas oleh sikap kalian? Kami juga butuh pertahanan, untuk menjaga keluarga besar fandom kami. Tak perlu merasa emosi dengan komentar saya. Saya hanya menyampaikan pengalaman yg saya alami. Terima kasih

Reply
avatar
Hanin Rizka
AUTHOR
5/18/2018 11:10 PM delete

Btw,mau ngasih tau juga. Foto terakhir itu bukan Chanyeol sama suga. Itu chanyeol yg meluk alm.jonghyun ketika SHINee menang di MMA.

Reply
avatar
zii ran
AUTHOR
5/18/2018 11:38 PM delete

wkwkw , jasa apaan ? gw netral ye tapi situ terlalu melebih'kn
bukannya exol yg ngatain army sajaegi? :)

Reply
avatar
5/19/2018 12:51 AM delete

maaf tapi mohon dibaca yah, yg ngatain lay itu bukan army tapi oknum yang suka comment negative di artikel manapun yg malah bertujuan memecah belah antara fandom yg satu dg yg lain :) iya saya tau ini postingan lama tapi saya hanya ingin memberitahu. saya adalah seorang army dan exo-l, saya juga ga begitu peduli anda jijik atau gasuka atau apalah dg mulfand yg begini selain army dan exo-l saya juga adalah seorang elf, nctzen, dan reveluv. jujur saya gak tersinggung sama sekali, karna apa? emang sebagian army adalah immature fans dan saya mengakui itu. jadi menurut saya, gaada baiknya fanwar gajelas kayak begitu. karna dikala army dan exo-l fanwar saya lebih memilih untuk menghindarinya tapi saya tanpa sengaja membaca ini jadi saya minta maaf mungkin anda gasuka karna saya fandom army dan exo-l, tapi ini diri saya jadi suka suka saya ingin menyukai apa :) mohon sebelum membuat dicari tau lebih lanjut kebenerannya, silahkan dibaca link ini :)) https://coppamagz.com/telah-membuat-kontroversi-fans-exo-ini-meminta-maaf-kepada-army-dan-bts/

Reply
avatar
Meizaalf
AUTHOR
5/19/2018 1:56 AM delete

Wih kak, pengalaman kita agak mirip" dikit. Makasih kak tentang infonya itu tadi.

Reply
avatar
Arini Hakim
AUTHOR
5/21/2018 4:33 PM delete

What's up.. .Gw mulfan ,disini gw cmn mau bilang ,bts dan exo itu terkenal di mancanegara. Bedanya , bts sering dapet awards di luar korea , sedangkan exo banyak di Korea dapet awards nya. Disini gw ga mau nyudutin pihak manapun, cuma ngasih tau, kalau kalian berdua (Army dan Exol) jangan berantem , idolnya aja sans ga berantem . Kl sering terjadi fanwar, army sama exol namanya bisa jelek . Exo dapet award dari PM korea kan ? Daebak bgt, bts dapet award dari billboard ?Daebak bgt ... Untuk kalian yg ngehujat bts atau exo dgn sangt parah ,kalian itu immature dan malu maluin . Disini w mulfan army and exol dan satu lagi, gw ga bermaksud utk menyudutkan exo atau bts

Reply
avatar
Lixy flower
AUTHOR
5/25/2018 6:34 AM delete

Inimh namanya menyudutkn 1 pihak:v btw setau saya army rataa2 umurnya 17 th ke atas☺

Reply
avatar
Lixy flower
AUTHOR
5/25/2018 6:41 AM delete

Bantuin apa? Aku ketinggalannih._. Penasarannnn๐Ÿ˜ฎ

Reply
avatar
5/25/2018 7:59 AM delete

SUKA BANGET YG PIKIRANNYA LUAS

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/25/2018 2:16 PM delete

Sabar ya kak :)
Ntar ada waktunya mreka ngrasain kek exo-l. Ada saatnya popularitas diatas dan dibawah. Kita sekarang tetep setia sama exo ya kak, ntar juga akan ada rookie yang bisa lebih populer dari bts.
Semangat buat exo-l internasional! WE ARE ONE, EXO SARANGHAJA!๐Ÿ˜˜

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/25/2018 6:48 PM delete

Sombong bgt si mentang2 pure exo-L

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/28/2018 2:50 AM delete

Nah setuju sama mba dewi
Maybe gua telat bgt ya ini postan tahun berapa dan gua baru komen��gua army btw bukan mulfand gua salah lapak ya? Cuma mau ngetik dikit sih tapi udah kaya pidato jadinya��
Gua army kawan gua ada yg exo l kita sama sama saling dukung walaupun kadang sering becandaan yg jatohnya kaya war but inget cuma becandaan kita sama sma ga tersinggung gua suka sama baekhyun gua suka sama chanyeol kai suho tapi gua bukan exol gua sama kawan gua sering ngobrol masalah war antara army dan exol dan menurut kita oknum yg sering war itu pasti yg usianya sd dan smp ga itu army atau exolnya mereka cuma ngeliat kulitnya aja ga liat dalemnya belum lama ini army dibilang plagiat jubah sama oknum yg ngakunya exol tapi gua yakin dia bukan exol karna yg beneran exol pasti ga bakal begitu karna mereka tau gimana rasanya di judge jadi gabakal ngejudge begitupun army sebenernya kita itu sama aja orang idol kita aja sahabatan baik baik aja kenapa kita cuma fans yg ngakunya istrinya bias yg gadiketahui pasti keberadaanya palah ribet? Sama aja ngejelekin nama bias kalo kita war jadi diem diem baelah ngobrol sambil ngopi gausah war war����

Reply
avatar
Febby Way
AUTHOR
5/30/2018 10:58 PM delete

Gak pernah mau fanwar sma fandom lainnya. Kalau perang itu kan biasanya kota tau minimal nama lawan yang mau kita ajakin perang kan ....
Nahh, masalahnya aing nggak tau idol korea lain kecuali BTS. Terserah lah mau bilang kudet, manusia goa, dll karena ngga tau idol lain. Bahkan aing ngga ngeh exol, vip, once itu nama fandom awalnya malah ngira itu nama grup nya (hehehe). Udah pernah dicekokin exo sma temen tapi kgak pernah apal muka+nama+jdul lagu, makanya bingung kalau mau fanwar wong aing ngga tau idol lain
Tapi pas denger lagu BTS yang Dope, ada beberapa kta yang langsung nyantol..... Ngapalin muka+nama ngga nyampe sejam, wihhhhh... .
Dan buat tambahan nih, kira2 menurut kalian sekaliber John Cena, The Chainsmoker, Steve Aoki, Putri Indonesia, Kimmel, Ellen, MeghanT, etc masih masuk kategori anak labil ngga ya?

Reply
avatar
Febby Way
AUTHOR
5/30/2018 11:04 PM delete

Mungkin sekaliber John Cena, Chainsmoker, Ellen, MeghanT, Camilla, Steve Aoki, Kimmel, Putri Indonesia, etc itu termasuk anak labil kali ya? Wkwkwkwk

Reply
avatar
5/31/2018 7:45 AM delete

GAUSA MINTA MAAF, BUAT APA? TOH FANDOMNYA DULUAN YANG MULAI FANWAR. MULAI DARI HASTAG SAEGI,PLAGIAT,TERUS PROJEK GAGAL COMEBACK BTS. BILANG BTS GRUP "NUGU" , BTS AGENSI KECIL, BTS MISKIN , BANYAKKK WOYYYYY. PERCUMA LU JELASIN KE MEREKA KARENA GA BAKAL NGERTI. TAHUN 2015-2016 TAHUN TERBERAT BUAT ARMY&BTS. BIGHIT SELALU MINTA MAAF. LAGU MISS RIGHT DIANGGAP LAGU MELECEHKAN PEREMPUAN, SIAPA YANG MULAI? EXOL. DIBILANG NGELAKUIN SAEGI, SAMPE NGEJAGAIN TU STORE ALBUM, KATANYA ARMY GAADA YANG BELI. YA JELASLAHHH ORANG UDAH PADA "PO" DULUAN. HERAN SAYA. BANYAKKK, SEKARANG TAHUN 2018 EXOL BILANG PLAGIAT LAGI, KEMAREN MASALAH KONSEP. PADAHAL BENER BENER BEDA BANGRT KONSEPNYAA LU TAUKAN KONSEP BTS KAYA GIMANA DARI JAMAN INEEDU, SAMPE² BTS NGIKUTIN KATA UNIVERSE, HAHAHAAHA EXO EMANG YANG PUNYA UNIVERSE DOANG? LIATT MARVEL UDAH PUNYA DULUAN. PENTAGON PUNYA DULUAN. EXOL MAKIN PANAS PAS BTS IKUT BILLBOARD BILANG BTS UDAH KE WENSTERN'AN. GAUSAAAA MUNAFIKK WAHAI EXOL, LU JUGA SENENG KAN IDOL LU MAKIN TERKENAL & MASUK BILLBOARD, GUA TAUU LU SIRIK LU JUGA BIKIN HASTAG #EXOBBMAS PDHAL MAHH LU NGATAIN BTSS TADINYAA. BIGHIT DIBERITAIN PENCAPAIANNYA NAIK BERKAT BTS LU IKUTAN PANAS, BILANG BIGHIT GAPANTESSSS PANTESAN AGENSI LU SM. YAAA GUA TAUU BIGHIT CUMA NGURUSIN BOCAH 1 BTS, BUT LU GAUSA SIRIK. SM AJA BANYAK ARTIS BISA DI KALAHIN BIGHIT. BARUSAN ADA HASTAG #KAI_GUCCI, DAN ADA YANG POST "YOUR IDOL VS MY CRUSH" WHT? TUHHHH FANDOM LU YANG MULAI DULUAN NGAJAK FANWAR. UNTUNGNYA YAAHH ABIS DAPET RUMOR2 BEGINI BTS MAKIN SUKSES

Reply
avatar
5/31/2018 7:45 AM delete

GAUSA MINTA MAAF, BUAT APA? TOH FANDOMNYA DULUAN YANG MULAI FANWAR. MULAI DARI HASTAG SAEGI,PLAGIAT,TERUS PROJEK GAGAL COMEBACK BTS. BILANG BTS GRUP "NUGU" , BTS AGENSI KECIL, BTS MISKIN , BANYAKKK WOYYYYY. PERCUMA LU JELASIN KE MEREKA KARENA GA BAKAL NGERTI. TAHUN 2015-2016 TAHUN TERBERAT BUAT ARMY&BTS. BIGHIT SELALU MINTA MAAF. LAGU MISS RIGHT DIANGGAP LAGU MELECEHKAN PEREMPUAN, SIAPA YANG MULAI? EXOL. DIBILANG NGELAKUIN SAEGI, SAMPE NGEJAGAIN TU STORE ALBUM, KATANYA ARMY GAADA YANG BELI. YA JELASLAHHH ORANG UDAH PADA "PO" DULUAN. HERAN SAYA. BANYAKKK, SEKARANG TAHUN 2018 EXOL BILANG PLAGIAT LAGI, KEMAREN MASALAH KONSEP. PADAHAL BENER BENER BEDA BANGRT KONSEPNYAA LU TAUKAN KONSEP BTS KAYA GIMANA DARI JAMAN INEEDU, SAMPE² BTS NGIKUTIN KATA UNIVERSE, HAHAHAAHA EXO EMANG YANG PUNYA UNIVERSE DOANG? LIATT MARVEL UDAH PUNYA DULUAN. PENTAGON PUNYA DULUAN. EXOL MAKIN PANAS PAS BTS IKUT BILLBOARD BILANG BTS UDAH KE WENSTERN'AN. GAUSAAAA MUNAFIKK WAHAI EXOL, LU JUGA SENENG KAN IDOL LU MAKIN TERKENAL & MASUK BILLBOARD, GUA TAUU LU SIRIK LU JUGA BIKIN HASTAG #EXOBBMAS PDHAL MAHH LU NGATAIN BTSS TADINYAA. BIGHIT DIBERITAIN PENCAPAIANNYA NAIK BERKAT BTS LU IKUTAN PANAS, BILANG BIGHIT GAPANTESSSS PANTESAN AGENSI LU SM. YAAA GUA TAUU BIGHIT CUMA NGURUSIN BOCAH 1 BTS, BUT LU GAUSA SIRIK. SM AJA BANYAK ARTIS BISA DI KALAHIN BIGHIT. BARUSAN ADA HASTAG #KAI_GUCCI, DAN ADA YANG POST "YOUR IDOL VS MY CRUSH" WHT? TUHHHH FANDOM LU YANG MULAI DULUAN NGAJAK FANWAR. UNTUNGNYA YAAHH ABIS DAPET RUMOR2 BEGINI BTS MAKIN SUKSES

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
5/31/2018 7:23 PM delete

Netijen dgn segala komentarnya

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/31/2018 8:05 PM delete

Sorry for taking a long time comment on this post, dear author. I'm not an army or an exo-L, jadi untuk postingan ini, bukankah kamu terlalu menyudutkan bts? Tahukah kamu, dear author-nim, setiap ada artikel tentang bts di akun instagram korea, akan selalu ada komentar negatif dan likers komentar negatif tersebut, wah banyak banget. Likers itu menandakan bahwa banyak yg mendukung komentar negatif trsbt loh.. Siapa yang ngelike? Idk, tapi kalau disangkutpautkan dengan postinganmu, mungkin author bisa mengkorelasikan sendiri ya:) dan untuk artikel tentang exo, memang ada komentar negatif juga, tapi likersnya ga sebanyak komentar negatif untuk bts tadi (nah artinya ga banyak kan army yang mendukung komen negatif trsbt hehe). Bisa dicek di postingan akun2 ttg info kpop di instagram ya.
Itu salah satu contoh kecil loh. Oh iya, author bilang dulu mantan Army yang pindah fandom, kan? Semoga setia dengan Exo-L ya:) Oh iya pernah denger kata2 nih, katanya penghianat akan selamanya jadi penghianat, cuma tinggal menunggu waktu aja:) EXO, fighting! BTS, fighting!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/02/2018 11:28 PM delete

Dan sekarang artis cilik yg bilang klo dia suka exo tapi lebih suka bts malah main bareng suho di drakor baru ������ trus dia malah bilang sekarang suka exo

Reply
avatar
Sarah
AUTHOR
6/03/2018 4:34 AM delete

Fans sejati gabakal buat idolnya banyak haters, dan hanya fake fans seperti ngaku army atau exo-l yg adu domba idolnya dan buruknya lagi ada fans sejati yg terayu dan terpengaruh oleh fake fans.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/03/2018 5:21 AM delete

Hmm dicari banget kesalahan sekecil apapun. Ininih immature fan beneran

Reply
avatar
yuna pariaman
AUTHOR
6/05/2018 3:47 PM delete

sumpah,, ini yang nulis perasaan nya sama persis sama gue.. pengalamannya juga sama persis sama gue TAPI.. dengan posisi yang berbalik !!

gue gak mau bilang gue mantan exol, karna sampe sekarang gue masih suka exo dan meskipun gue fix sebagai army gue gak pernah benci exo.
baca cerita si penulis ini, semuanya persis sama dengan pengalaman gue,,
awal suka exo dimana dan awal tau bts dengan cara apa..
jujur aja,, gue ga terlalu suka musik genre nya bts, yg lebih banyak rapp nya dan gue lebih nyaman emang sama musiknya exo BUT, gue gapernah dibikin gagal terpesona tiap melihat penampilan bangtan.. jadi gue suka bts murni karna performance, bakat, lagu dan mereka sendiri.
gue udah lama tau exo bahkan saat mereka debut, karna gue juga kpopers lama.. yaitu semenjak 2006.. tapi gue gak ngikutin fandom2an alias cuma ngikutin musik yg gue suka.
gue direkomendasiin bts sama kakak gue,, dan jujur gue bahkan gak tertarik sama sekali sama bts waktu itu. tapi kakak gue trus2an curhat masalah fanwar. dan sdikit demi sedikit gue juga ikut masuk kedalamnya.
gue respect banget sama eco dan jadi tambah suka sama membernya, yg dulu gue cuma skedar nonton mv dan denger lagu mereka, gue jadi suka sama membernya juga,, bayangin,, gue lebih milih exo dr pada bts sndiri.
TAPI APA..
gue nerima pengalaman buruk dari fandom itu,. padahal gue lagi cinta2 nya sama exo. cuma karna gue negur komen dia yg nyumpahin bts dan army sekalian mati dengan kata2 yang parah juga.. dia sampe bilang ga sudi punya exol kaya gue, nyuruh gue buat gak jadi exol dan ngelarang gue ngsave dan memajang foto exo di akun gue,, #inginkuberkatakasar TAPI, meskipun saat itu gue kebawa amarah gue masih pikir rasional dan sehat, exo nya sendiri gamsalah gue denger lagu merka ngsave poto mereka tapi fans nya?
HAH!!
JADI bukan karna itu gue jadi army,, gue jadi army bener2 perlahan.. dan seiring waktu gue juga sering banget ngliat dengan ga sengaja kata2 kasar exol yg parah abis ngehujat bts.
gue jadi ga suka exol,, READ exoL bukan exo nya. karna gue ga sama ama mereka yang war sama fans nya yang dihujat artisnya. #bikindosa karna benci orang yg bahkan ga pernah bicara dan ngeliat kita.

jadi intinya,, semua fandom itu sama.
kalau lu bilang army semua immature dan jahat, kenapa gue belum pernah nemuin exol yang mature juga kaya pengalaman lu yg katanya belum pernah ketemu army dewasa, pls deh, semua fandom itu sama! satu fandom itu berjuta orang, lu ga pernah tau berapa kepalanya!
dan jangan beranggapan senior atau tidaknya dia diliat dari fandomnya,
mentang2 dia masuk ke fandom yang idolanya udah senior bukan berarti dia senior! dan ingat. yang senior itu idolnya bukan fans nya!! gausah bahas senioritas antara sesama fans!!

gue suka tulisan lu dan pengalaman kita hampir sama tapi dengan pandangan dan posisi yang terbalik.

satu, gue bukan salpak karna gue army baca tulisan seorang exol utk exol lain, tapi gue mampir karna ga sengaja.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/06/2018 12:45 PM delete

Udah sih, puyeng aku mah. Kalian omongannya kasar semua. Kalo ada war ya diemin aja, ga ada yg namanya plagiat ga mungkkn kan mereka bekerja tanpa memiliki konsep yg matang? Team work make the dream work, guys.

Reply
avatar
Tiara Putri
AUTHOR
6/14/2018 10:48 AM delete

Tadi bilang army rata2 smp sma kelas 1&2 ya. Wkwk army juga banyak yang udah dewasa mbak, mbak nya nggak tau sih haha

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/30/2018 11:57 AM delete

Gimana ga nyasar orang yang di bahasnya aja BTS judulnya aja ada "ARMY" nya. Wajarlah merasa terpanggil.
Oh ya, saya "army" dan sangag ingin berkata kasar. Saya pure army, dan cuma suka sama bts. Dan selama saya ada di fandom ini saya bener-bener ngerasa beruntung banget, banyak yang peduli dan kita kaya keluarga.

Lalu tolong, postingan ini ni yg bikin fanwar, dan bilangnya ga ngajak duluan? Ha. Saya emosi disini karena kamu juga bikin ini sambil emosi. Jadi yaudah lah ya.

Terus ini katanya fakta ya? Coba cari fakta yg lain, saya sering liat postingan haters bts, dan sering banget pada nyuruh RM buat mati, dan tau siapa yg sering bikin status gitu? EXO-L . Exo-l tau kan gmna rasanya idola kalian disurub mati? Kita juga sakit hati. Tapi kita ga seheboh mbak sampe kaya gini.

Apalagi kalo kita udah minta maaf dan di bilang pencitraan duh, ga minta maaf dibilang ga tau diri, duh terus kudu pie toh? Di mata kalian kita salah terus kan?

Aku asalnya orang yang benci banget fanwar kaya gini, aku juga biasanya ga pernah ikut2an komen kaya gini, aku tau bakalan ga ada ujungnya.

Tapi kesel haha, dah keelewat batas. Keliatan banget postingan ini cuma dari 1 sudut pandang doang.

Kalo liat postingan kaya gini rasanya pengen nyanyiin lagu MIC DROP, sama cypher Ha...

Reply
avatar
Dea Purintika
AUTHOR
7/02/2018 2:49 AM delete

Gw suka EXO dan NCT. Tapi gw adalah seasony. Meskipun begitu gw sedih banyak banget yang merendahkan EXO. Parah banget fanwar yang sekarang. Dibilang exo sukses karena dari agensi nya lah. Gw emang bukan exo-l yang garis keras, tapi gw tahu kerja keras mereka hingga seperti sekarang dan menyukai lagu2 mereka. Nikmatilah idol kalian sendiri, jangan terlalu merasa paling superior, dan gw paling iuh banget tiap denger "KAN WAJAR IDOL GW DARI AGENSI KECIL LAH, MEREKA MENULIS LAGUNYA SENDIR LAH, BANDING BANDINGIN SIAPA YANG PALING BERBAKAT LAH" oh my, nikmatin ajalah karya idol kalian sendiri, lihat aja dengan karya mereka, ga perlu sok koar2 gegara menang award karena yang dapet award itu bukan idol kalian doang.
GW KESEL LAH, TIAP BUKA VIDEO EXO MALAH FAN GRUP LAIN YANG GANGGU, URUSIN AJA IDOL SENDIRI GANGGU SUASANA. Blagu banget.
TERUS YANG MULTI FAN, KATANYA SUKA 2 GRUP IDOL ITU KOK BISA BISA NYA SALAH SATUNYA DILECEHKAN. KATANYA SUKA TAPI KAYAK GITU. ANEH.
Kalau dukung ya dukung aja, liat konser nya kek, ikut fanmet nya kek, beli album nya kek. DUKUNG BUKAN NGERUSAK IDOL SENDIRI.

Reply
avatar
2k18
AUTHOR
7/05/2018 2:35 AM delete

Kamu disini cerita tentang kesalahan army kepada exo-l, apa kamu gak pikir exo-l juga punya kesalahan terhadap army, kita manusia biasa dek, gak bakal dong kita seleksi satu² orang yang mau jadi army, Apa kita kudu kudu test satu² yang jadi army dan kalo sifat dia jelek kita larang gitu,ya enggaklah dek, dan tentang akun Once itu "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gw ngakak setelah itu", maaf dek kamu gak tau Rich Brian, Agnez Mo,tau gak? Mereka tuh lebih sukses diluar ketimbang dinegeri kita ini karena apa? Karena sekarang yang berkualitas bakal kalah sama yang tenar, ngapain sirik toh exo juga udah terkenal kan didubai. Dan tentang rata2 umur ARMY yang sering kamu dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2, kamu pikir pola pikir seseorang bisa dilihat dari umur, saya punya keponakan umur 12 tahun tapi dia udh mikir tentang masa depan, mikir mau masuk jurusan apa?, mau kerja jadi apa?, Mau nikah umur berapa?, Bayangin seorang anak smp mikir kaya gitu apa kurang dewasanya, dan bisa aja yang umur sudah 20 tahun tapi kelakuan kaya bocah ada aja.....

Reply
avatar
2k18
AUTHOR
7/05/2018 2:39 AM delete

Kamu disini cerita tentang kesalahan army kepada exo-l, apa kamu gak pikir exo-l juga punya kesalahan terhadap army, kita manusia biasa dek, gak bakal dong kita seleksi satu² orang yang mau jadi army, Apa kita kudu kudu test satu² yang jadi army dan kalo sifat dia jelek kita larang gitu,ya enggaklah dek, dan tentang akun Once itu "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gw ngakak setelah itu", maaf dek kamu gak tau Rich Brian, Agnez Mo,tau gak? Mereka tuh lebih sukses diluar ketimbang dinegeri kita ini karena apa? Karena sekarang yang berkualitas bakal kalah sama yang tenar, ngapain sirik toh exo juga udah terkenal kan didubai. Dan tentang rata2 umur ARMY yang sering kamu dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2, kamu pikir pola pikir seseorang bisa dilihat dari umur, saya punya keponakan umur 12 tahun tapi dia udh mikir tentang masa depan, mikir mau masuk jurusan apa?, mau kerja jadi apa?, Mau nikah umur berapa?, Bayangin seorang anak smp mikir kaya gitu apa kurang dewasanya, dan bisa aja yang umur sudah 20 tahun tapi kelakuan kaya bocah ada aja.....

Reply
avatar
2k18
AUTHOR
7/05/2018 2:43 AM delete

Kamu disini cerita tentang kesalahan army kepada exo-l, apa kamu gak pikir exo-l juga punya kesalahan terhadap army, kita manusia biasa dek, gak bakal dong kita seleksi satu² orang yang mau jadi army, Apa kita kudu kudu test satu² yang jadi army dan kalo sifat dia jelek kita larang gitu,ya enggaklah dek, dan tentang akun Once itu "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gw ngakak setelah itu", maaf dek kamu gak tau Rich Brian, Agnez Mo,tau gak? Mereka tuh lebih sukses diluar ketimbang dinegeri kita ini karena apa? Karena sekarang yang berkualitas bakal kalah sama yang tenar, ngapain sirik toh exo juga udah terkenal kan didubai. Dan tentang rata2 umur ARMY yang sering kamu dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2, kamu pikir pola pikir seseorang bisa dilihat dari umur, saya punya keponakan umur 12 tahun tapi dia udh mikir tentang masa depan, mikir mau masuk jurusan apa?, mau kerja jadi apa?, Mau nikah umur berapa?, Bayangin seorang anak smp mikir kaya gitu apa kurang dewasanya, dan bisa aja yang umur sudah 20 tahun tapi kelakuan kaya bocah ada aja.....

Reply
avatar
7/07/2018 12:33 AM delete

gue army sendirian di kampus. temen2 lain exo-l. kita suka ngebercandain bocah2 yg fanwar. saling pura2 hujat abis itu ketawaan lagi sambil ngomong "dasar bocah". selama jadi army tiap gue ngeliat dedek2 gelut sedikit sama exol langsung dilerai :( emang gedek bgt tapi tetep sih mereka keluarga gue, jd mau ga mau harus diajarin bukanya dibiarin sambil ngatain "dasar toxic fans, immature dll". pokonya kalo ada fans yg kaya gini kita gaboleh angkat tangan. tapi kalo gue pribadi ga terlalu mikirin label jelek army soalnya masuk fandom ini karna suka bts dan salut banget sama mereka bukan karna army nya. gaterlalu peduli juga sih sama fanwar, tapi rame aja ngeliat orang2 bodoh ngeributin hal nggak jelas:) yaudah intinya kalo fandom sesama besar bakal susah ngurus orang2 di dalemnya, intinya mau exol mau army kalo ngerasa punya mature fans harus jagain adek2nya. gausah mandang dari sudut kita. pokonya harus saling ngingetin. elah lagian oppa2 nya juga gatau kalo kita hidup kenapa kita yang rusuh sih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/12/2018 5:16 PM delete

apasi bacot ah bts ya bts exo ya exo itu urusan orang disana kita cuma fans yg memberi banyak cinta! udh itu aja ribet bgt elah alay tingkat dewa kntl

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/15/2018 8:55 AM delete

Ini rizka dari taun kapan sih jadi army? Pasti masih bau kencur atau baru lulus SMA? Bikin malu aja ih. TOLONG DIBACA INI KHUSUS EXO-L. Mungkin di blog khusus Army juga bakal ada curhat2 cem gini. Tapi komenlah sana pada tempatnya

Reply
avatar
...
AUTHOR
7/26/2018 12:00 PM delete

Dari artikel ini bisa gue tarik kesimpulan kalo penulisnyalah yang sebenernya immature. Yang katanya ngga tahan sama fanwar malah bikin tulisan begini yang justru bisa mancing fanwar lebih panas ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
...
AUTHOR
7/26/2018 12:10 PM delete

Duuuh setuju parah. Dari tulisan ini kita bisa narik kesimpulan kalo penulisnyalah yang sebenernya immature. Katanya ngga tahan sama war tapi ngga sadar gitu kalo dengan tulisan ini justru bisa mancing fanwar yang lebih parah ckck

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/27/2018 8:31 AM delete

Ya aku sih netral aja kalo soal fanwar. Tapi pas denger lay di SUMPAHIN MATI(maaf) disitu ngerasa sakit hati banget. Army juga pernah ngerasainkan membernya disuruh mati?. Yaa kita sebagai fans seharusnya ngejaga idola kita untuk tetap sehat dan menjadi kebanggaan untuk fansnya. DAN JUGA stop ngurusin fandom lain.

Terimakasih aku EXOL��

Reply
avatar
Tri Rahayu
AUTHOR
7/29/2018 7:22 AM delete

sya gk benci BTS cuman emang gk suka sama fansnya karna beberapa ada yabg sombongnya kebangetan hari ini tgl 29 juli 2018 sya bka youtobe EXO mama 2017 sya cman pengen liat pidatonya exo yang chanyeol sampe nangis sambil liat comen ada comen salah satu army yg bilang "hahaha syukur dan kalah BTS udah internasional udah tampil di billboard lah ini boy grup udah tua2 masih mentok di asia,, kasihan plis EXO-L jangan ngebandingin BTS sama EXO soalnya bagai langit dan kerak bumi BTS pastesnya sama BIG BANG" sumpah wkt baca keselnya minta ampun sya gk benci army karna saya jga pnya temen seorang army cman gk suka aja sama army yang menyombongkan diri kyg gini ingetloh dunia itu berputar udah sya SS juga comennya dia kalo bsa di shar sya share di sini buat para army yg udah dewasa tolong di sadarin army yang pemikirannya picik dan sombongnya minta ampun kyg gini , ini malu"n fandom kalian loh lagian kenapa coba gk ada lerjaan liatin lapak orang.
maaf sebelumnya kalo ke singung sya cman kesel aja lagian sya jga gk pernah mau tau tuh urusannya fandom kalian jujur sya turut senang dengan prestasi BTS cman kalo buat kesombongan beberapa army jujur sya gk suka bangey ini linknya https://youtu.be/1K0HH7jvY2U kalo comennya gk di hapus scroll aja ke bawah namanya Li Mario

Reply
avatar
Fany Dhia
AUTHOR
7/29/2018 8:55 PM delete

Lebih seru baca komennya ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/31/2018 7:19 PM delete

ALLAHU AKBAR. SEMOGA KAMU SEGERA MENDAPAT HIDAYAH DARI ALLAH Subhanahu wata'ala
Aamiin

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/05/2018 3:34 PM delete

uhukkk... lagi browsing exo eh ketemu ini... gua lama jd kpopers.. tmn gua byk bgt dari fandom lain.. sebagai seorang kpopers gua cm mau menyatakan memang ini salah satu fanwar paling parah sepanjang sejarah kpop.. semua hal diblng plagiat.. suara exo lbh bagus dri bts lah.. rap bts lbh bagus dri exo lah.. dance bts lbh enerjik.. dance exo pelan tp butuh byk detail lah.. byk bgt nemuin ginian... suara exo gua akuin memang salah satu yang terbaik tp byk jg kok yg bagus.. rap bts memang termasuk bagus tp byk juga kok yg lbh bagus..untuk urusan dance mah kita ga bs blng yg satu lbh bagus dri yg lain.. kpop tanpa dance itu kyknya gmn gitu jd dance mah tergantung selera.. maaf yg ini agak ga sesuai tp ini fakta yg sering gua temukan...trus nih dibanding nyalahin bts sm exo.. ada baiknya kita sebagai fandom berkaca dan coba buat berubah... bts emng bs dibilang lg diatas awan lah.. jd byk bgt immature fans.. exo-l jg dulu begitu kan... inilah manis paitnya dunia kpop... dri yg gua tangkep sih exo-l lg dlm tahap menuju dewasa dmn fansnya udhmulai ga peduli viewers youtube dan lebih ke penjualan fisik maupun merchandise.. ini wajar klo idol lu udh agak lama ada di dunia kpop... nah klo bts ini memang semacam baru nemuin tahun mereka dalam artian baru terkenal.. jd klo msh dri chart ato viewers mah wajar... yg perlu digaris bawahi cm bagian cara berkomentar aja.. exo-l ini yg gua perhatiin tipikal senggol bacok, klo ga lu ganggu ya ga bakal keluar taringnya jd jgn disenggol.. nah klo army ini gmn ya blngnya... mereka semacam syg keluarga.. walaupun ada yg tengil nih buat mulai fanwar psti bakal dibela... dua2nya sebenernya fandom yg kuat persaudaraannya.. nah karna kesamaan dua fandom inilah makanya ga akur.. emng ya bener kata org, klo sifat dua org sm pasti kedepannya ga bkal jodoh.. emng hrs beda buat saling ngelengkapin.. sialnya exo-l sm army sejenis... sayang bgt sm idolnya dan syg bgt sm famsnya(tmn satu fandom).. gua gamau blng sbar lah ya psti udh kalian lakuin.. yg penting cukup jaga tuh jari jgn smpe lancar bgt buat ngehina org... klo gamau dibenci ya jgn membenci.. apalagi hal yg ga pentinglah yaa.. klo ada plagiat kan bisa tuh lapor ke agency masing2.. agency masing2 udh nyiapin e-mail buat lapor kan.. lapor aja lah biar mereka yg turun tangan

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/16/2018 12:39 PM delete

Kenapa sih harus diribetin? Kenapa sih gak boleh jadi multifandom? Kenapa harus sampai sefanatik itu kenapa satu artis atau sebuah grub idol?

Semua ART itu layak untuk diapresiasi dan dinikmati. Semua ARTIST yang bertalenta layak dikagumi. Jika karya yang dihasilkannya bagus, ia pantas untuk diberi penghargaan bukan? Lihat "bagaimananya" bukan "siapanya".

Dan masalah "tiru-meniru" dan "siapa yang lebih duluan begini", "siapa yang lebih duluan begitu" itu hanyalah masalah umum biasa.

Di dalam ART ada trend yang harus diikuti agar tidak ketinggalan jaman.

Adapun kesamaan irama dan nada pada musik serta kerimipan pada koreografi itu tidak masalah, asal kemiripinnya tidak terlalu banyak (ada batas kemiripannya, contoh : di industri musik Indonesia memiliki peraturan bahwa tidak boleh ada persamaan nada, irama atau lirik lebih dari 8 bar, kemiripan di bawah 8 bar belum bisa dikatakan plagiarisasi).

Kalau dilihat-lihat, di kehidupan sehari-hari, kita menemukan produk-produk yang sangat mirip.

Seperti Indomie dan Mie Sedaap. Produknya sama, mie kuah dan mie goreng. Rasanya sama Kari Ayam, Mie Goreng. Packagingnya mirip. Harganya tidak berbeda jauh.

Tapi mereka tidak saling menuntut rival masing-masing tuh. Karena diantara produk itu memiliki komponen yang berbeda. Tidak mirip 100%. Makanya tidak bisa disebut sebagai plagiarisasi. Hanya bisa disebut sebagai Trendsetter dan Follower.

Dan intinya, kemiripan-kemiripan ini semua hanyalah PERSAINGAN BISNIS.

Tidak ada yang lain.

Kita sebegai konsumen sebaiknya memilih dan menikmati apa yang sesuai dengan selera diri kita masing-masing. Tidak perlu memusingkan ini itu.

Reply
avatar
Putri Ani
AUTHOR
8/23/2018 3:48 PM delete

Lucu ya ini...kamu seolah berkata jika kamu paling bener...mau pindah pandom pindah saja jangan burukin fandom lain, yang masih pemikiran labil ya begini, saya baru dapat ini dan baca langsung menghela nafas, jika kamu bilang bts ikutin exo..mana buktinya dan buka google dunia ini luas bro, selalu menuduh plagi tapi bukti nol hanya berupa foto ngaa jelas, jika kamu pindah cukup pindah aja dan jangan bawa fans seumuran jagung dan cap mereka semua seperti itu, buatlah artikel lebih baik dan prestasi bukan ngaa jelas, maaf jika kamu tersinggung namanya cuma merespon balasan dari tulisanmu.✌️

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/01/2018 9:35 PM delete

Guaaa sukaaa emg gw benci banget sama army sumpahh kemarin exo juga dicurangin di soribada exol mah selalu kuat

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/17/2018 7:13 PM delete

gini ya aku bisa dibilang gk netral alias kalau ada war aku ikut marah ok jujur gw ngerti army tu kebanykan kyk gmn btw aku army . jadi kalau masalah aku ikut war marah mara dll ama temen exo l ku dibiarin bcs why bcs aku org nya gampang marah jadi ini sosmed mungkin org menimbulkan war itu org yg sensitif so di balik semua masalah pasti ada sesuatu dibaliknya. dan sebagai curhatan aja pas pertama kali aku suka ama bts aku langsung gk suka exo tapi karna aku punya temen mulfan aku hargain mereka so ya gt dehh muga muga kita gk war terus ya... peace

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/23/2018 11:56 PM delete

Aku tahu yang nulis ini dulu stan dengan bts tapi pindah ke exol.itu namanya ngak loyal...yang nulis ini juga berat sebelah ,selalu menyalahkan army dalam segala hal..asal lu tau exol pun ngak bagus sangat punya hati hitam kayak yang nulis nih nih..nulis ikut gerak hati,,,kalau ngak ada bukti siapa yang mula dulo fanwar lu jangan ngaco dong...ngaca lu ingat fandom lu bagus sangat...bts sama exo ajak ngak ribut cui...kita sebagai peminat diam diam aja cuma vote artis kesayangan sendiri rajin vote dia menang...kalau kalah jangan menyalahkan fandom lain cui hadapi dengan tenang...bosan deh baca lu punya statement...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2018 12:03 AM delete

Betul cui,,blog ini yang bikin fanwar,nulis ngak sadar diri..bosan membaca blog fanwar kayak gini .. Yang nulis ngak ada otak..otak nya asyik mikirin gimana buat fanwar biar seru...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2018 12:12 AM delete

Goblok yang nulis blog fanwar gini...lu pikir lu betul cui ,,salah lu ,lu pikir army selalu salah ,ngaca dong,,ni nih salah satu pengadu domba yang ngeblog ni,,hati hitam coretan pun hitam������kenapa aku selalu pikir exol iri sama bts kerana selalu mengalahkan exo dalam segala hal sekarang...yang emang benar bts sekarang ini paling popular sedunia kpop group,ngak bemakna exol harus iri...yang pasti exo sama bts sahabatan tak pernah ngejatuhi sama lain,sama bekerja keras ,,yang fanwar itu hanya untuk yang iri saja...ok fine im so done with you statement goblok lu...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2018 12:16 AM delete

Saya setuju,,cerita hoax hanya ngundang fanwar kayak yang membuat blog ni hati hitam,kurang hajar tau nya ngejelekin army dan bts doang..

Reply
avatar
9/27/2018 12:17 AM delete

Lagi buat puisi? Belibet banget. Terus soal yang Chanyeol jiplak lagunya nya gimana? Jelas2 lagunya Chanyeol 2015. Lebih dulu. Army buat gosip itu udah mikir belum?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/27/2018 12:39 PM delete

Gue Exo-L...jujur gue baru suka kpop tahun ini...gue udah tau exo udah lama, cuma belum pernah denger lagu ataupun mvnya,gw tau dari teman gue yang exo-l sering cerita cerita di kelas... Gue suka exo sejak 4 bulan yang lalu... Jujur mv yang pertama kali gue tonton itu mvnya bts dan terakhir exo....ya dari sini gue gak bilang kalo gue awalnya army, gak. Habis gue nonton dua duanya, entah kenapa fell gue tu ngenanya ke exo bukan ke bts, jadi disini itu hanya masalah selera. Entah itu visual ataupun vokal ya sama aja, selera exo-L sama Army itu beda. Jadi kalau ada yang masih fanwar bilang "kenapa sih suka sama mereka apa bagusnya? Gak kompak" inilah itulah, kembali lagi ke awal, ini masalah selera. Jadi jangan ngehina exo hanya gara gara selera kami para exo-l itu beda dari kalian. sebenarnya pemicu fanwar ini hanya gara gara masalah selera sih menurut gue....Ya jadi, selera selera orang kenapa lu yang sewot..... Buktinya teman gue yang exo-L lalu beralih ke army aja kita gak masalah... Atau army beralih ke exo-l juga masalah.... Disini kita bisa liat mana exo-l yang setia dengan enggak, gak hanya ada pas lagi naik daunya aja, tapi selalu ada untuk idolanya.....koreksi jika ada yang salah....maaf kalo ada kata yang nggak berkenan... Mungkin itu tidak disengaja ataupun memang disengaja....heheh... Pstt. ..gue pas fanwar sih liatin aja, gak usah koar koar kalau nantinya malah pindah fandom. ..wkwkwk.. . Stay cool aja lah.... Karna karma is real. . Jangan terlalu menghina karna... Bisa jadi kalian yang ngehina exo malah jadi exo-l.... Percaya ga percaya yah percaya saja:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/03/2018 9:30 PM delete

Pasti yg punya blog anak Tk nih ��

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/03/2018 9:36 PM delete

Pasti yang punya blog anak Tk nih ��

Reply
avatar
Snow Noona
AUTHOR
10/08/2018 4:14 AM delete

Intinya yang ngehina satu sama lain itu salah.
Misal idol kita dihina, klo misal kitanya ga panasan, atau tersulut omongan org2 yg emosi, masalah ga akan jd besar qok.
Intinya abaikan!

Daripada War ya mending kita berjuang buat ngedukung idol masing2.
Toh, yg namanya war antarfans itu ga ada manfaatnya. Cuma menangin ego masing2. Setelah itu ga mikirin dampak negatifnya. Permusuhan jd makin memanas, semakin bertambah org2 yg menaruh kebencian.
Sekarang pertanyaannya, knp mesti seperti itu?
Bukannya manusia itu diciptakan untuk saling berdamai?

Kalo war cuma gara2 saling ngehina idol, itu jelas LABIL.
Mau sampe kapan nebar kebencian?
Toh yg mempunyai sifat benci itu sakit dan menderita.Merasa gelisah dll, intinya yg negatif.


Dan masalah pendapatmu tentang komentar "kenapa mesti war? Idolnya aja akur"
Loh sekarang apa sih fungsinya public figure?
Tentu ngasih contoh yg benar buat yg melihat mereka. Apalagi kalian ngakunya sangat mencintai idol kalian. Jadi saat sang idol mencontohkan sesuatu yg baik, kenapa kalian malah memilih jalan yg salah?
Pasti itu karena alasannya ego masing2 kan? Ego ga terima karena dihina, ego ga terima karena di doakan mati (maaf) idolnya.
Sekarang gini, pikirnya objektif aja, apakah idol kalian berharap kalian war untuk membela mereka? Jawabannya pasti "Ga" mereka berharap kalian mendukung mereka dengan menyukseskan mereka, misal membeli album original mereka, memvote saat ada event, menonton pertunjukan mereka dll.

Dan mengenai mendoakan mati (maaf) toh cuma Tuhan yg bisa memutuskan hal itu.
Kalian tinggal menganggap kalau siapapun yg mendoakan orang lain mati, itu berarti mereka bukanlah orang baik. Hanya cukup sampai disitu konteksnya. Ga harus meladeni cuap2 yg ga bermutu sperti itu.


Kita harus tau, setiap permasalahan terjadi itu bukan hanya kesalahan sepihak, tapi kedua belah pihaknya.
Saling meminta maaf dan saling memaafkan adl solusinya.

Disini bukan sy sok bijak atau gimana. Hanya mau ngasih tau, kalau berperang hanya karena idol itu merugikan.
Yg di cap jelek siapa, dan yg rugi siapa.
Toh kalau mengedepankan ego dan emosi itu emang salah.
Idola mana yg suka fansnya bertengkar dgn fans lain.
Biarlah sang idol berkompetisi dengan kemampuan mereka.
Bukan kita yg saling berkompetisi untuk memenangkan emosi, kepuasan, dan ego.

Cukup tenang, damain, abaikan smua haters( karena yg namanya haters pasti slalu ada) tapi kalau diabaikan nanti juga capek sendiri. Dan dukung idol masing2.
Kalopun ada yg multifandom, biarkanlah hati mereka yg memilih, bukan kita yg harus menghakimi mereka kalau mulfan sebaiknya ga mengaku sebagai anggota fandom A atau fandom B.
Karena tidak ada seorang fans pun yg ingin dikatakan menjijikan, sekalipun itu fandom.
Mereka menyukai 2 grup sekaligus, its ok, itu hak mereka. Sejak kapan kita jd manusia yg membatasi hak org lain? :)


Sy berharap exo-L atau Army bisa berdamai.
Karena mereka sama2 fandom besar yg luar biasa semangat juang fansnya.
Saya salut dengan kedua fandom dan idol mereka yg bisa ikut menyemarakan nama kpop ke seluruh dunia.
Dan akan lebih hebat lagi jika mereka berdamai dan menyingkirkan citra buruk tentang kpop fans yg ekstrim.
Itu lebih baik kan? ^^

Reply
avatar
10/12/2018 12:03 AM delete

Kok gue ngerasa lo lebih menghina army?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/13/2018 2:21 PM delete

Sebenernya ARMY pake kata2 dari agensi kecil itu karna berawal dari kpopers yg dari awal BTS debut, mereka menganggap BTS ini idol miskin, bukan karna kpopers menghina dari agensi kecil karna ARMY yang bilang duluan:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/17/2018 4:19 PM delete

tadinya mau baca ini karena pengen tau kenapa army dan exo-l perang mulu. beneran kepengen tau gitu darimana asal muasal war ini. tapi ternyata beneran curhatan :p. balikin waktu gue yang ilang karena curhatan fan immature ini :( . tapi at least ada satu hal yang benar dari tulisan panjang ini, war antara army dan exo-l dikarenakan fans immature, salah satunya ya ini :D.

Reply
avatar
FUkada_nana
AUTHOR
10/23/2018 4:37 PM delete

malah kebalik aku mba, aku juga fandom dan sampe sekarangpun masih fandom, walo gag bisa di pungkiri ada beberapa grup yang aku suka banget dan ada grup yang sama sekali aku gag suka, tapi menurutku karena itu masalah selera ada baiknya gag perlu juga di ungkapin kebencian dengan sebut merk, itu sangat gag sopan dan gag punya rasa menghargai, awal2 sama aku juga kaget, kenapa sesama kpop aja harus sampe war, dan setelah nyoba mendalami, aku malah gag suka dengan apa yang fandom exo lakuin (aku rasa gag semua, tapi yang segelintir ini cukup bikin hmmm), aku gag tau siapa yang mulai apakah antis atau bukan awalnya, tapi aku rasa fans2 garis keras gini yang mulai dengan mencari kesalahan idol2 lain yang karirnya "sedang" lebih baik dari biasnya, mungkin di dasari karena iri, atau faktor lain. padahal yang harus diingat , setiap fans punya rasa kesadaran diri, setiap bias mereka "pasti akan ada waktunya", karir mereka gag bakal mungkin terus diatas, jadi jaga omongan, jangan jumawa, jangan cuma jadi fans dadakan, yang bakal ninggalin biasnya kalo dia gag lagi di atas prestasinya, jangan salty sama prestasi idol lain, karena itu gag bakal ada habisnya dan gag akan ada faedahnya, jadilah fans yang setia, yang bakal suport biasnya , walopun dia lagi di posisi apapun, yang jangan terlalu menuntut idolanya harus seperti ini seperti itu,idolanya harus sempurna, seluarbiasa apapun, mereka juga manusia, mau pacaran, nikah, mungkin sedang dalam masa badmood, dukung saja, karena setiap manusia pasti pernah merasakannya, jadi stop fanwar, yang perlu kalian war adalah antis dan manusia2 pembenci kpop2 itu, yang ngatain bias kalian plastik

Reply
avatar
FUkada_nana
AUTHOR
10/24/2018 8:25 AM delete

*typo maksudku aku multi fandom

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/29/2018 5:48 PM delete

Suka banget bikin orang benci sama satu kubu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ musiman....dan gue juga nemuin banyak banget exol yg ga bisa dewasa dan berfikiran terbuka buat ga ngejelek2in fandom sama idola orang... Kalo lo emang suka sama exo mendingan lo bikin artikel ttng exo aja jangan bawa2 fandom lain... Malah jadi bahan fanwar ck

Reply
avatar
Hana
AUTHOR
11/04/2018 6:18 PM delete

Aku ga sengaja nemu blog ini. Karna tertera nama 'ARMY' aku penasaran. Kak, umur aku juga masih muda kok (pd batt) tapi aku gapernah ikut war. Menjelekkan EXO dan fandomnya.
Malah aku juga kagum sama EXO secara mereka juga Senior BTS
BTS juga mengagumi EXO.

Ya katain aku sotoy. Silahkan

Aku sering lihat fanwar dua fandom ini dimana mana.tapi aku gapernah ikutan nyebur. Dan soal ARMY salah lapak. Aku juga pernah liat kebalikannya kok^^


Mungkin aku cuma fans labil yang kekanakan dan gatau apa apa. Soal salah ARMY ke EXOL aku mewakili ARMY minta maaf.

Mungkin bagi para EXOL itu masih belum cukup. Atau sangat sangat gak cukup kayak yg kakak tulis di blog ini ada ARMY yg ngedoain yahh itu tadi. Aku tau rasanya kok kak meski bukan 'Idol' tapi malah lebih ke kehidupan sekitar aku, bukannya lebih sakit ya?


Yasudahlah, dan kalau kakak ngerasa ARMY banyak bangeeeeeeeet dosa dan salah aku minta maaf sekali lagi sebagai ARMY.



Dan aku ngomong lagi ya..
Aku ARMY tapi aku juga kagum sama idol kakak. Dan soal plagiat. Kedua idol itu emang sering saling dituduh satu sama lain. Padahal setiap bb punya sesuatunya sendiri. Dan ARMY nggak bisa disalahkan sepenuhnya.





Sekian maaf kalau salah lapak Silahkan kritik

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/04/2018 6:23 PM delete

pingin nge like tapi gaada tombolnya

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
11/05/2018 9:19 AM delete

Mimin hanya memandang dari sepihak doang. Pandangan itu luas, gak bisa hanya dengan 1pandangan dari seseorang bisa membuat kesimpulan yg besar .mimin nya juga pinter sih, dia menjatuhkan suatu fandom dengan kata-kata manis tetapi tujuan nya tetap sama, menghancurkan reputasi dari idol dan fandom orang lain. Jadi apa bedanya mimin sama mereka" yg Saling menjatuhkan satu sama lain???

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/07/2018 11:24 PM delete

Kalo aku mau berbagi aja soal EXO yg dibandingin sama BTS. Ya aku tau gk semua ARMY gitu, tp ini temen ku yg army dn yg br suka kpop dan BTS.Jd temen ku army ada EXOL tp mulfand gitu. Pas plng eskul, aku bilang kl aku EXO. Disitu temen ku yg BARU JADI KPOPERS nyeplos kl dia lbh suka sama BTS dr pd EXO why? Because BTS muda and EXO tua, because EXO jelek and BTS ganteng, because BTS lg sukses and EXO yg tak kunjung comeback. Dan temen ku yg mulfand dn lbh condong ke ARMY ini blng kl dia gk suka EXO pokoknya ngebanding2in gitu EXO sama BTS. Dia blng kl dia gk suka EXO karena gk ada yg bener-bener rapper. Aku bingung, aku tanya Chanyeol? dia blng Chanyeol gk terlalu rapper, aku tny lg Sehun? dn jawabannya ya ky td. Dan ya temen2 ku disitu trs ngebanding-bandingin.Ada temen kelas ku juga. Ini blm terlalu lama sih kejadiaanya. Jadi waktu itu EXOL lg nungguin EXO comeback dn pas aku buka ig dn ada berita EXO bkl comeback otomatis aku seneng dn kebetulan temen sebangku ku EXOL juga ya walaupun lbh condong ke CARAT. Disitu aku lngsng teriak di kls blng kl EXO mau comeback dn yg plng buat aku seneng comebacknya ot9. Dan temen ku yg ARMY ceplos "hah, EXO mau comeback ya? Tapi gua gak peduli sih mereka comeback, mereka mau jungkir balik kek, maungapain juga gua gk peduli" Disitu aku udh kesel bngt tp aku cuma bs bls "ya kan dia bukan idola lu" Aku sedih tp bs apa, lg kl emang gk peduli ya gpp, tp gk usah bilang gitu.

Aku disini EXOL br pas EXO comeback LOTTO. Dulu suka BTS? ya dulu pernah karena temen ku kebanyak ARMY. Nah, temen ku blng EXO akhirnya aku cari lagunya dn ya aku jd suka EXO, aku plng suka MAMA dan CALL ME BABY. Sempet ada pikiran buat MULFAND? Ya ada tp semenjak aku baca artikel soal susahnya EXO buat sukses. Dmn fanmeet pertama mereka yg dtng gk lbh dari 20 orang, dr dl mereka tampil cuma di byr pk sekantung beras, dr mereka buat makan kimbab daging itu hrs hompipa dl, yg buat menangin penghargaan butuh perjuangan extra. Dulu juga EXO di blng kegagalan terbesar SM, tema mereka 'Super Power' di hujat. Dn permasalahannya sm ARMY, aku putusin buat jd EXOL .

Dn sampe skrng aku suka sm EXO. Gak suka sama BB lain? sk juga. TP aku pny prinsip aku boleh suka sm BB lain tp cuma sekedar suka gk blh fanatik. Ad sedikit tips dr aku buat kalian yg mau jd EXOL aja tp bnyk cobain. Cb, kl keinginan buat jd MULFAND muncul, cari artikel soal susah nya EXO dulu, inget perjuangan mereka, inget susah senangnya kalian pas jd EXOL. Ingat semua nya. Kl aku gt dn keinginan buat MULFAND pun hlng dn aku jd fokus lg ke EXO. Begitupun sma WAR inget EXO susahnya mereka meraih kesuksesan smp skrng. Kl aku gitu aku mikir EXO ngeraih semua itu susah, trs kita WAR yg ngebuat nama EXO dn EXOL jelek. Semua yg kita perbuat di dunia ini gk akan sia2, semua ada balesannya, sesuai dng kita yg perbuat.

Dn soal urusan EXO yg dibandingin itu aku gk suka bngt. Karena semua orang pny kelebihan dn kekurangannya masing2. Kalian boleh aj nganggep idol kalian plng WAH plng THE BEST gpp, gk ad yg larang. Tp inget juga idol kalian itu pst pny kekurangannya karena gk ada yg bener2 sempurna di dunia.

Buat urusan FANWAR ini lbh baik udh aja, mndng kita semua fokus sm idol kita masing2. Berjuang buat mereka, kasih yg terbaik selagi msh bs liat mereka di dunia hiburan. Karena nnt saat mereka udh gk ad lg, kalian sendiri yg nyesel. Jd isi waktu kalian buat hal yg berguna, jgn buat sedih idola kalian dngn kelakuan CHILLDISH kalian kelakuan FANWAR kalian, kelakuan JELEK kaian.

Sekian dr aku, maaf kl ada yg slh karena manusia gk luput dr yg kesalahan. Dan aku minta maaf kl ad yg pernah sakit hati karena EXOL. Dan terimakasih bnyk buat semua fandom yg jd shbt EXOL, yg selalu ad buat EXOL.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/11/2018 10:42 PM delete

BTS Dan EXO Aja Akur Akur Aja. Masa Fan Nya Pulak Yang Tengkar. Kalian Gak Pikir Kalo Fanwar Sampe Ke Telinga Idol Kalian Kayak Mana Reaksi Nya? BTW Saya Aroha, Exo - L Dan ARMY.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/13/2018 10:15 PM delete

HI hi hi..bapak ibu yang berbahagia,maaf gue ikut nimbrung juga(ga sngaja buka nih artikel awalnya cmn iseng ehh jadi keterusan deh bacanya),tapi gue ikut bukan buat fanwar antara EXO L atau ARMY.Gw disini cmn buat berbagi pengalaman ajah(caellah udah kyk motivator ajah gw)
sedih?sakit?dihujat?fanwar?hmzz apalagi yah?gatau lagi apa
pokoknya gw disni cmn mau bilang se terpuruk2nya fandom kalian gakusah pake fanwar segala.Soalnya gw juga pernah ngalamin di fandom gw sendiri yang dimana pada saat itu fanwar nya bukan antara beda fandom tapi dalem fandom GW sendiri yang sesama Elf saling menyakiti(gara2 masalah Hankyung).member hengkang(kebayang gimana sakitnya kamipada saat itu),bahkan pada saat member suju mengalami kecelakaan ada netizen(non kpopers)yang nyumpahin mereka meninggal secara blak-blakan di sosial media.masalah bertambah rumit pada saat kangin mengalami kasus kekerasan dan kecelakaan gara2 minuman keras yang menyebkan dia harus vakum dari suju,masalah seperti datang bertubi-tubi saat diberitakannya pernikahan sungmin yang mengharuskan dia juga vakum dari suju,tidak berhenti di situ aja kalian juga mungkin udah ngedenger kasus anjingnya siwon yg ngegigit tetangganya sampe meninggal yang ngebuat siwon juga ga di bolehin ikut comeback stage di korea..masalah datang silih berganti tapi mereka bisa ngebuktiin kalo mereka masih eksis ampe jigeum kan?
So,gw cuman mau ngasi tau ajah ke kalian kalo tiap gb/bb tuh punya sejarah tersendiri buat mencapai kesuksesannya,ga ada ini lebih wow ato gimanalah,,pokoknya semua punya cara tersendiri buat mereka terkenal.Jadi gw saranin EXO L ma ARMY please stop fanwar kalian karena antara EXO ma BTS tuh 22nya bagus kok..hehehe

salam dari kpopers old pencinta para the last man standing

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/19/2018 11:22 PM delete

Haii exo-l dan army!!Marii bertemann!gue mau cerita sedikit si tntg gue sm tmn sebangku gue yg penyuka kpop.jujur gue exo-l dan temen gue army.kita sering baca tentang fandom kita yg war,tp gue sm dia g perduli karna apa gue sama dia percaya kl exo-l sama army temenan,soo gue sama dia malah ketawa ngeliat yg war.kita malah saling support satu sama lain berbagi pendapat atau apapun itu yg berbau idol kita, dia nonton mv bts dan gue jg nonton mv exo bahkan kita tukeran kdg2.gue yg nunjukin ls exo dan dia yg nunjukin ls bts.gue sm dia g pernah ribut soal fandom kita masing2. gue support dia sama bts dn dia support gue sm exo.gue sma dia pernah baca fanwar yg bener2 bikin kita down bgt yg kata2nya kasar bikin gue nangis dan dia nenangin gue, gue bilang sama dia"maafin exo-l y kl exo-l ada salah sama army kl exo-l suka jelek2in atau apapun2 itu, tp yg jls gasemua exo-l ky gt ko percaya sama gue itu exo-l anak kecil yg gatau apa2."dan tau apa jawaban temen gue" it's oke gapapa,gue jg selaku army minta maaf klo kt2 army suka nyakitin exo-l tp kl gue blh Jujur itu bukan army itu fans yg ngaku2 army trs bikin war sama fandom lain maafin army y" setelah bicara itu dia peluk gue. Soo exo-l army marii kita jangan war kita temenan aja sama2 saling bantu kita buktiin kl exol sama army Indonesia bisa SATU!!FIGHTING EXOL DAN ARMY!!!

Reply
avatar
Putri Amanda
AUTHOR
12/12/2018 1:35 PM delete

Artikelnya malah memicu War. Mau ketawa sih hwhwhw, daripada kaluan rubet mending follow IG gue aja @putridamanda
Yok temenan, gue Army

Reply
avatar
Putri Amanda
AUTHOR
12/12/2018 1:36 PM delete

Kenapa kalian nggak buat grup chat WA aja. Ajak gue ya, siapa tau bisa temenan

Salam dari Army

Reply
avatar
Zaza
AUTHOR
12/21/2018 8:13 AM delete

"Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman."
Lol berarti lu juga fans musiman

Reply
avatar
Zaza
AUTHOR
12/21/2018 8:23 AM delete

Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman.

LOL, berarti lu juga FANS MUSIMAN

Reply
avatar
cut rener
AUTHOR
1/04/2019 12:50 AM delete

KUNJUNGI SITUS JUDI ONLINE, AGEN JUDI BOLA, AGEN BOLA TERPERCAYA DAN TERBESAR DI INDONESIA

https://fastbet99.club/
https://solaire99.id/
https://fontana99.id/
https://fortunebet99.id/
https://hokijudi99.id/
https://markasjudi.id/
https://starbet99.id/
https://hokibet99.id/
https://nexiabet.id/
https://rfbet99.id/

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/22/2019 3:22 PM delete

G memihak siapapun, barangkali bner ya army immature. tapi jngn lupa lo mba, exo-l juga immature pada masanya
Tidak ada fandom idol yg bener bener dewasa, mustahil.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/02/2019 11:55 PM delete

Haduu kebawah komenannya memanass... namanya jga manusia ya... curhat yaa btw aku EXO L guyss, dulu suju, dulu sih gasuka exo grgr wktu itu klo gsalah dtengnya exo anggotanya ngikutin jumlah anggota nya suju ya? Maka dri itu aku benci bangett... stelah skian lama Grgr Sehun oppa di growl tamvan aku jdi penasaran sm boy band nya yg trnyata boy band yg aku benci exo... boy in luv tuh lagu pr1 kli aku suka, dulu temen" smp exo aku bts skrng mereka jdi ke bts aku jdi ke exo... sedih ditinggalin kyk gt... alesan mreka grgr exo l skrng pada fanwar lahh ato apalahh... tapi mnurutku sih namanya fans emang begitu... exo l bgitu nyatanya army jga bgitu kyk di curhatan kakak... dan mnurutku gak semua exo l dan army fanwar ato apalah bgt...

skrng aku temenan deket sm anak army dan mreka gapernah tuh kyk nunjukin kebenciannya sm exo ato exo l disosmed ato di depanku sendiri... anggep aja army ato exo l yang ngata ngatain, nyumpahin, mereka gapantes dibilang exo l atau army... buktiin aja sih pake prestasi kalian sbg exo l atau army yang buat bangga kalau kalian salah satu fans dri 2 boy band legend trsb... bukannya dengan bangga menjelek jelekkan lawan

Sakit hati aku emang sama army yang kyk gitu, lebih dari disakitin pacar... tapi mau marah sm siapa? Karena sblum kejadian mengerikan itu siapa duluan yang bersalah

entah nyambung atau engga apa yang aku omongin, pokoknya cmn mau curhat sm kasih pendapat kedepannya buat idola masing"... pahit manis jatuh bangun sudah kita lewati sebagai exo l dan army... sama sama tau rasa sakitnya... jangan membagi rasa sakit lagi kepada orang lain sprti kepada calon calon penerus exo l dan army... mau lama ataupun baru jadi seorang FANS *kasarnya, sama aja masih kayak bocah kalo masih saling menjelek jelekkan... FANS yang masih baru baru sifatnya kayak gitu dari siapa kalo ga dari FANS seniornya itu sendiri... aku ngetik begini buat kalian trmaksud army *tohh army udh pada bnyk yg baca ini kan...

Pliss exo l makanya main main ke lapak real nya army kenalan sm orng" yang baik...

Pliss army, mkanya main main kelapak real exo L, bertemanlah denganku ;)

Reply
avatar
flower
AUTHOR
2/26/2019 6:57 PM delete

ga ada faedahnya nih blog. intinya Lo itu mantan army yang ngejelek2in army. Lo yang labil
lo itu diibaratin udah punya pacar baru mantan lama dijelek2in

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/26/2019 7:49 PM delete

Eh itu yang bagian mulfand pliss lah ya "pasti klian lebih milih bts". Sotoy sekaliiiii. Kalo kyk gitu mah mending jadi army sekalian, tapi gw mulfand, gk bisa tuh dari lubuk hati harus milih yang mana. Ikut alur aja :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/30/2019 1:24 AM delete

Sebagian army pasti baca ini karena mau liat aja pandangan exol sama army tapi ternyata begini bgt yah .. Ngakak .. Army yang komen di bilangin khusus exol pdhl bbrpa army pasti cuma mau cari tahu pdngan exol jujur aku army aku baca ini cuma mau cari tahu aja pndgan exol cuman saran aku jangan bawah hal2 yang belum pasti loh nanti nambah masalah ini itu internet semua orang bisa baca .. Klo mau kluarin unek2 dan khusus fandom yah jangan di media terbuka gini kan katanya KHUSUS. Namnya war pasti 2 pihak SALING serang. katanya army banyak yang labil, kok di ladenin yah berarti sama aja dong (?) dan lihat fakta aja semua penghargaan yang di miliki exo bts juga udh punya tapi penghargaan bts udh semua di miliki exo juga ?? Wajar dong army sedikit pamer kalo exol gak labil biarin aja dong yah. Tadi mau niat minta maaf tapi di katain sok lemah apalah yaudah sekalian katanya kita army labil oke sini army tunjukin kelabilan biar kemarahan kamu gak sia2 . situ juga tahu diri dong ngomong yg gak ada bukti mancig war kalo mau ngomong khusus jangan di media terbuka gini nyari perhatian army trus kalo army nyerang nyalahim army seolah paling benar . cih, jijik, liat fakta emng gender bts paling bnyk yang minat mau sd smp sma dewasa kan tetap sama2 manusia sama2 kpopers apa bedanya sma2 suka musik. Kalo emng exol banyak yang dewasa di banding army ngalah dong !! Kalo emang exol banyak yang dewasa fanwar pasti udah kelar.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/30/2019 1:45 AM delete

Kamu kelihatan banget mancing war klo memang khusus exol tulis aja KHUSUS EXOL jng EXOVSBTS krna blog kamu isinya nyerng army semua cuma satu sudut pandang aja, kalo mau viral saran gue jgn viral krna hal menjijikan ngini. Memang sok bgt baru 2 bln kenal bts berpaling ke exo waktu 2 bln blm bisa buat kamu mengenal bts jadi jgn sok tau trus nyebarin gosip tanpa bukti mau di putusin tuh lidah. Ngaca woi situ exol trus blg army labil??? Wff sndirinya PARAH !

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/05/2019 10:00 AM delete

sebenernya blog ini bermanfaat untuk apa? untuk menjelekan? untungnya apa? dapet uang emang? intinya sih ga perlu fanwar. sama-sama aja berjuang. bts exo ataupun yang lainnya bakal ada waktunya finish kok. jadi berjuang aja dan lihat siapa yang bakal finish dengan senyuman. ga usah banyak omong dan ngebandingin fandom. jari lu capek ngetik panjang ending e tetep aja war. kalau ngetik panjang trus bisa mendamaikan war sih its oke, karena itu bermanfaat. tapi kayanya blog ini ditujukan untuk sedikit merendahkan fandom lain jadi menurut saya stop bikin hal hal konyol kaya gini

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/22/2019 12:32 PM delete

Anda begini juga menunjukkan kalau anda juga seorang fans immature. Nggak semua yang anda omongin ada validasinya. Dua fandom ini juga ada buruknya. Opini anda hanya sekadar opini yang biased.

Maturity itu silence.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/22/2019 12:33 PM delete

Maaf, itu "carat" bukan carrat

Reply
avatar
«Terlama   ‹Lebih tua   401 – 488 dari 488   Lebih baru›   Terbaru»