Fanwar ; ARMY vs EXO-L


 
Warning: kata-kata kasar dan menyindir. You're not an EXO-L? Get out then! 
khusus EXO-L

Gue nulis post ini dengan kategori #daily jadi kurang lebih curhatan gue karena gue udah gatahan pengen ngeluarin uneguneg gue soal fanwar dari tahun 2016 kemaren. Karena ini cuman hasil uneguneg jadi gue males pake bukti dan yang pasti gue jamin semua yang gue tulis disini emang beneran pernah terjadi tapi memakai kata-kata dari gue sendiri. Jadi, kalau kata-kata gue ada yang melebih-lebihkan harap maklum. (karena gue emang gapernah nyimpen bukti.)

Sebelum masuk topik gue mau ngucapin Happy New Year walaupun telat. Dan selamat buat EXO yang sudah menangin daesang.




EXO-L

ARMY

EXO

BTS


Kalau udah masuk di antara dua fandom ini pasti kalian udah biasa dengan kata "fanwar". Kenapa sih kita harus saling membenci? gue awal-awal juga bingung, kok dua fandom ini saling menghina satu sama lain tapi sekarang gue udah enam bulan di fandom EXO-L dan akhirnya gue ngerti kenapa banyak kasus fanwar terjadi dimana-mana, ga di twitter, instagram, facebook, ada aja akun EXO-L dan ARMY yang perang. Untuk informasi, gue ini juga mantan ARMY, mantan fans BTS, sekitar 2 bulan gue ngebiasin BTS dan BTS itu grup pertama yang gue biasin (tbh).

Gue sekarang udah seratus persen yakin di fandom EXO-L. Jaman sekarang itu susah banget ngidolain satu idol aja atau satu grup aja dan alhasil sekarang gue cuman di fandom EXO. Semoga gue langgeng jadi EXO-L karena gue ini orangnya cepet bosan. Gue baru jadi kpopers pokoknya pas ramadhan tahun 2016 dan waktu itu gue ngebiasin Kim Taehyung, coba cek post gue yang "Become a Kpopers..". Gue suka EXO karena gue dikenalin temen sama drama EXO Next Door dan akhirnya gue kepincut sama Chanyeol disitu.

Dulunya gue itu MULTIFANDOM: ARMY dan EXO-L. Tapi satu kejadian yang membuat gue gasuka sama ARMY adalah Immature Fans. Waktu masih ARMY gue itu agak masih benci sama EXO, bahkan udah dari jauh hari gue benci sama semua hal yang berhubungan dengan kpop. Dan gue jadi ARMY itu juga karena pengaruh temen yang suka sama BTS dan gue dengan terpengaruh memandang BTS itu berbeda. Oke gue paham aja sih perasaan para army apalagi fans internasional. Yapp  itu beda dari grup lain. Mereka gesrek, lucu, imut2, ganteng2, multitalent juga, dancenya lincah, rapnya ahli, vocalnya gakalah sama rapnya yang bagus, nohh apalagi buat ngagungin idol kalian. Gue paham itu semua. Kenapa? Karena gue IMMATURE.

Tbh, gue belum pernah ketemu sama ARMY yang DEWASA. Bukan dewasa tubuhnya, tapi pikirannya. Bukan dewasa pikiran karena udah baca FF rated M tapi pemikirannya yang udah rasional dalam istilah udah bukan remaja labil lagi. Ingat! bukan berarti gue juga dewasa. Gue juga masih labil kok, tapi kok gue berani ngomong gini? oke gue terima kalau kalian bilang gue sok dewasa lah, tapi lihat diri kalian juga :).

ALASAN FANWAR EXO-L DAN ARMY TERJADI



Menurut gue, tandai tulisan merah



Kalau ini sih pasti fans punya banyak spekulasi. Enggak bukan itu, lebih tepatnya karena saling menyalahkan juga. EXO-L nyalahin ARMY, ARMY sok polos sama EXO-L, pas ngerasa kalah ARMY malah sok lemah atau ngungkit2 kalau agensi BTS itu dari agensi kecil lah apa lah. Intinya, saling menghina.

Fans mana sih yang tega idolnya dihina? Itu yang gue rasain waktu gue masih mulfand. Gue waktu itu lagi kepincut2nya sama EXO dan yang gue dapat, ada akun seorang ARMY yang menghina EXO. Dia ngatain EXO itu shit, worst, untalented, anjinglah, monyetlah, pokoknya kata2nya beneran bikin gue heran kok bisa2nya ngebenci kek gitu? dan akhirnya gue geram. Gue ke twitter ternyata banyak yang lebih parah. Gue lupa gimana gue bisa jadi ninggalin fandom pokoknya itu semua terjadi begitu aja dan sampe sekarang gue cinta EXO dan BTS? mungkin kalian ARMY cuek2 aja ya satu orang ninggalin fandom karena pasti banyak fans baru yang lain masuk fandom kalian mengingat sekarang BTS lagi hangat2nya dibincangkan. Tapi gue merasa sayang banget, kalau ada satu aja EXO-L yang ninggalin fandom, gue berharap temen gue yang juga mantan EXO-L kembali ke fandom, tapi sayang dia bukan fangirl sefangirl kita (lebih suka ngurusin pacar daripada oppa :v).

Beberapa minggu setelah gue memutuskan ninggalin fandom, ada akun yang bilang "Ga semua ARMY kok gitu, ga semua ARMY itu immature" kalau gasalah gue baca itu di komen Youtube tapi percuma! gue udah sepenuhnya ga peduli lagi, resolusi gue sekarang gue pengen setia dulu sama EXO, gue salut banget sama akun2 EXO-L di twitter yang ngidolain dari awal debut sampe sekarang, gue iri sama mereka, mereka sempet ngerasain gimana sakit hatinya saat 3 member EXO keluar, berita konfirmasi dating, yang parah itu pas dating Baekhyun sama Taeyeon banyak banget EXO-L yang keluar fandom, tapi kalau ada yang masih EXO-L sampe sekarang setelah semua itu, gue beneran iri. Yang dulu sebutan mereka itu cuman EXOTIC (nama fandom buatan fans sebelum exo-l diresmikan) sekarang dengan bangga menyebut diri mereka dengan EXO-L. Gue iri. 

Banyak banget yang out of topic hehe, dan salah satu alasannya lagi ya Immature Fans. Otomatis saling menghina itu juga perbuatan Immature Fans. Rata2 umur ARMY yang sering gue dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2. Jadi ya wajaarr. Inget ga di salah satu acara yang Chanyeol, Suho, dan Chen hadirin, ada artis cilik yang bilang dia suka EXO tapi lebih suka Bangtan. Ya begitulah rata2 umur fans BTS di intl ataupun di Korea. dan bahkan di korea sana BTS itu ga terlalu diminatin sama umur 20an, gue pernah nonton videonya, tapi lupa judulnya, pokoknya di video itu satu orang cowok yang interview random orang2 yang lewat di korsel, terus nanyain pendapat mereka tentang BTS, dan malah banyak yang gatau, atau lebih tepatnya kurang kenal. Menurut salah satu survey juga nyebutin BTS itu diminatin sama anak SD dan SMP.

Media Play agensi BTS. Gue pernah baca artikel tentang agensi BigHit yang bawa2 nama EXO dan SM-YG, pokoknya 3 AGENSI RAKSASA di korsel. Isi artikelnya itu tentang BTS yang bisa mengalahkan EXO dalam penjualan album, pokoknya kata2nya itu berlebihan banget dan ga sopan buat agensi yang pengen artisnya dapet popularitas. Baru-baru ini juga BigHit ngeluarin artikel lagi waktu album WINGS kelewat populer isi pokoknya itu kayak merendahkan EXO sama BIG3 AGENCIES banget. Gue emosi banget. Otomatis banyak ORANG yang bilang "benci BigHit tapi jangan benci BTS karena BTS kan cuman artisnya gatau apa2" "BTS itu korban disini" "kalian bisa benci kami ARMY. tapi tolong jangan benci BTS" Apa gue bilang? mereka sok lemah padahal kalau di komen2 instagram, kata2 mereka kasar semua. Gue tau semua orang pengen mencurahkan apa yang di dalam hati mereka kalau sudah kelewat emosi kan butuh tempat ngeluarin itu, tapi gue bingung, kalau ARMY pengen ngeluarin celotehan mereka ya di FANBASE ARMY aja sana! Banyak banget ARMY yang komen di FANBASE HARD EXO-L. Gue benci. Gue EXO-L nyadar diri kalau ada artikel terkait BTS gue diem aja, gausah komen. Saat ada live streaming, misalnya acara penghargaan ataupun event kpop, gue diam aja. Saat dimentionin jangan salah lapak, yang terjadi.. saling menghina tadi.
 

Hm.. menurut gue saling menghina sama gak tega dihina itu sama aja ya, otomatis yang gak tega ikut terbawa emosi dan yapp butuh dikeluarin juga. Gue kurang tau EXO-L sama ARMY ini saling menghina itu dimulai dari kapan, tapi kok tega banget ya ARMY ngehina EXO-L padahal dulu mereka butuh bantuan EXO-L buat memenangkan lagu I NEED U di salah satu program musik.

Oke gue bawa2 topik ini karena menurut gue ini yang paling menarik, bantuan EXO-L yang dulu. Gue dapet info ini dari twitter, ada screenshotnya dulu EXO-L sama ARMY itu TEMAN DEKAT. Saling membantu, lebih tepatnya EXO-L yang bantu ARMY, saling membantu? NONSENSE. Kemana ARMY yang dulu minta duluan, sekarang malah menghujat EXO-L. Idola mereka udah terkenal sekarang, apa gue boleh bilang itu karena Media Play dan EXO-L? Okey tidak ada EXO-L di antara ARMY tapi EXO-L dan ARMY di antara MULTIFANDOM. Multifandom.. gue gasuka mereka. Apalagi kalau fandom mereka EXO-L dan ARMY dan yang lebih menggelikan itu mereka nyebut diri mereka ARMY-L. TOLONG JANGAN PAKE ARMY-L! Nama yang menjijikan menurut gue, ga pantes! Kalau multifandom misalnya ARMY-CARRAT, EXOL-IKONIC, EXOL-VIP, ARMY-iGOT7 gue terima2 aja. Tapi ARMY-EXO-L atau lebih parah ARMY-L. Tolong jangan.

Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman. Atau pindah fandom dengan santainya. Pernah salah satu tweet ARMY yang menurut gue lucu "emang EXO-L dulu juga bukan mantan fans Super Junior, pasti kalian juga ngidolain SuJu dulu kan." Oke silahkan yang baca gimana artikan sendiri perasaan kalian.

Popularitas BTS emang gabisa dikatain ga sukses di tahun 2016. Mereka banyak mecahin record billboard dengan albumnya. oke gue juga nemu caption ONCE yang kurang lebih tulisannya gini "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gue ngakak setelah itu. Omong2 akun ONCE itu akun HARDCORE ONCE, dia gasuka gb sama bb lain selain grup idola mereka, TWICE.

Lagu EXO dan BTS yang nada intronya sama. Coba kalian bandingin lagu BTS yang judulnya Dead Leaves sama EXO - They Never Know. Nada intronya sama. Terus ARMY menghujat EXO katanya EXO plagiat lah. Tapi kenyataan kedua lagu BTS maupun EXO itu juga sama kayak lagu salah satu penyanyi kenegaraan Rusia. Emang kebetulan aja kali hufft. Terus tentang plagiat, ARMY juga menghujat EXO karena pakaian EXO yang sama kayak idola mereka. Kampungan kali ya. BTS juga pernah kok make pakaian yang sama kayak EXO. Gitu aja dipermasalahin kali aja sama2 mau sponsor bajunya.

Melon Music Awards 2016/MMA 2016. Kategori Album of The Year. Nah jadi disini EXO-L gaterima BTS menang di kategori ini karena album Young Forever milik BTS itu penjualan albumnya angkanya beda jauh banget sama album EX'ACT. Bahkan netizan korea juga bingung kok bisa BTS menang padahal ga banyak banget yang beli ga kayak EX'ACT. Gue denger pihak MMA ini milih sesuai internal data gitu. Sampai sini gue gapaham lagi karena gue beneran sakit hati banget dengan ketidakadilan pihak Melon. Yang bikin gue emosi saat pihak Melon dengan mudahnya ngakatin "4 awards itu sudah sangat banyak" dan EXO-L dituduh haus awards. Bukan haus penghargaan, EXO-L hanya minta keadilan.

MAMA 2016 Artist of the Year. Sebelum acara MAMA ini mulai, pihak Mnet menghapus atau mengubah video2 comeback EXO di Mnet jadi privasi. Sedangkan salah satu syarat buat EXO menang kuncinya adalah banyaknya view youtube video EXO di Mnet. Nah kalau videonya dihapus, gimana EXO-L mau nonton dan memperjuangin idol mereka? satu lagi cobaan buat EXO-L dan alhasil EXO ga menang di kategori ini. EXO ngarep banget kayaknya menang di kategori ini dan yang menang itu BTS. Semenjak kemenangan BTS di MAMA banyak netizen korea yang ngomentarin "aku bahkan baru kenal BTS hari ini". Semenjak kemenangan BTS di MAMA 2016 ini juga ARMY kayak menyombongkan diri gitu. hufft. Bahkan pernah gue baca tweet ARMY yang ngeremehin EXO karena ga menang di kategori ini.

Sekarang bahas album. WINGS and EX'ACT. 4 vers vs Kor-Ch vers. Sekali lagi waktu penilaian Golden Disc Awards sama Seoul Music Awards, ARMY meminta kepada staff supaya cuman menghitung album EXO di versi Korea saja. Padahal dari dulu Golden sama Seoul juga udah menghitung sama versi China nya. Nah kok mereka baru mempermasalahin sekarang sih? kok ga dari dulu? -__- terus pas EXO menang, mereka kayak ga terima gitu. Menurut gue penjualan album WINGS ini kuat di penjualan internasional yang melibatkan fans intl. 
 
Dan yang akhir-akhir ini itu Perang Lightstick. Mau bahas tentang ARMY yang ngatain EXO-L karena BTS dapet Black Ocean atau tentang konsep LS baru BTS yang hampir sama kayak EXO, hayoo mau bahas yang mana duluuu :D lucu yaa.. Black Ocean, ini waktu kejadian di MMA (Melon Music Awards) EXO-L dituding sengaja beri penampilan BTS black ocean, pliss ini ARMY ngarep bantuan EXO-L lagi supaya penampilan mereka terang gitu? Duhh ga nyadar diri ya, udah menghina EXO apalagi waktu kejadian Lay pingsan di bandara, ARMY ngedoain Lay cepet2 mati (maaf) supaya popularitas EXO nurun dan BTS berjaya. Kalau mikir pake otak ya. Alhasil ada korean EXO-L yang berjanji bakal beri black ocean ke BTS kalau ada perform. Tapi kenyataan EXO-L ga nyalain LS mereka karena mereka mau menyimpan baterai buat penampilan EXO. Mungkin BTS kena apesnya karena waktu itu katanya kebetulan saat2 paling tepat buat nyimpen baterai buat penampilan EXO. Gatau kalau ini cuman alesan EXO-L hahaha..

Konsep Lightstick yang sama.  Sebenarnya gue uda curiga dari dulu kok warna fandom BTS dan EXO itu hampir sama? Iya sama2 silver. EXO debut 2011/12. BTS debut 2013. Otomatis lebih tua EXO dong kalau soal Lighstick. Emang sih Bangtan Bomb itu warnanya bukan silver tapi kayak lampu hidup mati gitu /?. Coba kalian perhatikan kalau di acara musik maupun penghargaan gitu LS EXO sama Bangtan Bomb itu keliatan sama. Terus pas EXO ngeluarin Lightstick v2 gue pikir gabakal ada lagi yang plagiat warna2 mereka. LS ver 2 ini bisa berubah warna gitu. Gue maklum lah sama LS Twice dan VIXX juga bisa berubah warna tapi tentu aja warna mereka beda. LS Twice itu warna-warni gitu, VIXX juga bagus LSnya tapi kayaknya warna asli fandom mereka juga beda. Sekarang.. Bangtan Bomb juga ngikutin berubah-ubah warna juga. Gue juga mulai curiga waktu denger berita BigHit bakal ngeluarin Bangtan Bomb ver 2. Dan ternyata bener, beneran ngikutin. 

EXO-L marah bukan karena LS yang bisa berubah warna tapi karena warna Bangtan Bomb yang baru ini hampir sama kayak warna LS v2 EXO. Dari sekian banyak warna kok harus sama kayak EXO? Terus banyak orang2 yang merendahkan EXO-L, katanya masalah gini aja dibesar2kan. Lo pikir jadi EXO-L itu harus sabar terus? kami juga manusia. Banyak juga yang ngatain "kalau mau nyalahin, salahin BigHit jangan salahin BTS" kalau kata2 itu yang keluar gue udah beneran geregetan tapi gue diam aja, males komen.

ARMY wishing EXO death threats. Kayaknya ini beneran awal mulanya. Dimana banyak Immature ARMY yang ngetwit gini. Apalagi tadi tentang kasus Lay yang pingsan di bandara. Itu kejadian waktu BTS mulai mendapatkan banyak fans dan popularitas juga dengan Immature fansnya haha. Banyak ARMY yang mendoakan Lay dan Baekhyun buat mati (maaf). 

Kejadian yang hangat di awal tahun 2017 ini yaitu C-ARMY yang membully C-EXOLs. C-ARMY ini juga mendoakan supaya EXO mati (maaf). Bahkan Suho Baidu Bar China (fanbase terbesar fans Suho di china) dihack oleh ARMY. Mereka juga menyebarkan nomor telepon pribadi Suho, sehingga membuat C-EXOL marah besar.  Dimana waktu kejadian itu C-EXOL meminta permohonan maaf dari ARMY sampe hashtag EXO-L tersebut jadi trending dunia setidaknya 2 hari berturut. Hanya sedikit ARMY yang sudah minta maaf, dan mana yang lain? Kok pada diem aja? Idihh najis. C-ARMY ini juga menyebarkan identitas pribadi C-EXOLs padahal menyebarkan identitas pribadi orang itu suatu tindak kejahatan. Semoga ini ditindaklanjuti oleh agensi SM karena perbuatan C-ARMY ini beneran hangat dibicarakan selain itu ini juga bisa menconteng nama baik ARMY kalau terus2an ARMY ga minta maaf sama EXO-L. 

Katanya kejadian itu dimulai saat salah satu anggota perkumpulan grup dimana anggota itu EXO-L mengirim sebuah pesan singkat yang katanya itu nyakitin hati si ARMY. Nah si ARMY yang tersinggung ini mulai membagikan identitas pribadi si EXO-L dan membully EXO-L tersebut. Bahkan menyebarluaskan nomor telepon pribadi Suho dan menghack akun weibo fanbase terbesar Suho di China.


TEAM NETRAL ; 

MULTIFANDOM 


Gue fine aja sama multifandom ini. Bahkan kalau mereka udah bilang "Idolnya akur masa fansnya ga akur". Sebenarnya gue gasuka sama kalimat tersebut. Karena bodo amat gue kalau mereka akur atau gak! Inikan masalah fansnya. Fans mereka yang nyerang. Ya kami juga gabisa sabar terus. 

Gue juga gasuka kalau ada mulfand gini "apalah daya gue exo-l yang juga army". Gue tanya lo kalau milih lebih milih yang mana? Secara gue juga pernah jadi multifandom terus gue juga pernah ngerasain suka sama dua dan tiga grup tapi tentu gue juga sadar gue lebih suka dan lebih milih grup ini daripada yang satunya. Karena menurut gue mulfand itu sesuai mood. Misalnya saat disuruh ngevote terus di komen bilang "duhh kalau gini gabisa ngevote, apalah daya :')" apalah daya gue juga pernah ngerasain. Kalau jenis mulfand satu gb favorit satu bb favorit itumah fine2 aja kan. Tapi kalau ini soal EXO dan BTS yang akhir2 ini katanya saingan tolong jangan pilih salah satu dari mereka. 

Dan yang ngaku juga mulfand army-exol gue tau kok lo lebih milih bts, karena apa? menurut gue kalau lo emang suka exo lo pasti lebih suka ngepost exo di ig kamu dan yang gue temuin selama ini malah post ig bts semua, di bio tertulis "exo saranghaja" dan tolong yah, "saranghaja" itu cuman milik EXO. "we are one" itu khas EXO. Kalau gue nemu akun mulfand terus di bionya dia ARMY-L beneran geregetan tapi gue milih diam aja. Terus kalau kalian beneran mulfand yang adil kenapa kalau ada artikel yang menyuguhkan EXO kalian bawa2 BTS juga misalnya "udah EXO-L terima aja BTS lagi populer, gue mulfand kok". Jangan komen begitu lagi.

Pokoknya gue jarang banget nemuin multifandom yang sepenuhnya suka sama ini sama itu tapi beneran bisa membagi kesukaan mereka. Gue nemu satu atau dua tapi dia bukan EXO-L dan gue salut kok sama dia. Bisa membagi kesukaannya. Bukan berarti membagi rasa suka mereka misalnya si itu 30% dan ini 70% enggak tapi mereka beneran adil di fandomnya.

Fanbase kpop yang seharusnya membahas semua kpop. Bukannya itu juga team netral? terus saat ada fanwar nyatanya fanbase tersebut lebih ngarahin ke satu grup. Biasanya fanbase gini nih yang ada di Indonesia. Bahkan yang lebih parah salah satu akun MEME EXO INDONESIA di Instagram yang cuman numpang nama, karena yang dipost bukannya meme EXO tapi malah meme BTS. Dia bilang dia masih suka EXO, tapi sekarang lebih suka memein BTS. Gue udah komen tolong ganti aja nama akunnya. Terus adminnya bilang sayang udah dari dulu. Gue beneran emosi deh sama akun itu. Kalau emang suka EXO kok ga setia? padahal kan dia juga termasuk EXO-L lama.

Gue maklumin aja kalau multifandomnya kayak YGstan, SMstan, JYPstan, yang cuman suka gb, atau suka satu gb dan satu bb, saat mereka nyindir EXO-L dan ARMY yang sering fanwar. Mungkin mereka juga lelah sama fanwar. Gue juga lelah. 

Menurut gue kebanyakan MULTIFANDOM ini yang FAKE. Beneran ga memihak salah satu fandom. Tapi nyatanya mereka malah mendukung salah satu fandom. Ga semua multifandom itu exo-l dan army. Gue juga banyak nemui MULTIFANDOM yang baik orangnya. Bukan berarti gue gasuka sama mulfand cuman gue kesel aja kalau udah nemuin mulfand yang fake kebanyakan cuman nutupin rasa dilema mereka. Sekali lagi gue juga pernah ngerasa gimana jadi multifandom.


IGOT7, CARRAT, VIP, SHAWOL

Sebenarnya dari banyak fandom kpop yang juga netral gue tertarik sama 4 fandom ini.

iGOT7 sebenarnya di luar ekspektasi gue ternyata fandom mereka ini cukup besar di fans internasional. Terbukti mereka memenangin best fandom soompi awards. Gue juga kaget. Kok bisa mereka ngetwit sebanyak itu, bahkan EXO-L dan ARMY juga kalah angka. Pokoknya fandom yang beneran di luar ekspektasi gue.

Kalau fans seventeen, Carrat gue suka mereka karena fans mereka ini menurut gue lucu. Entahlah gue nyebut lucu kenapa. Fandom mereka juga kayaknya tentram2 aja. Kecuali ya kalau ada yang menghina idol mereka.

VIP. Fandom paling senior. Sebenarnya gue lebih suka kalau EXO dipasangin sama BIGBANG. Apalagi tahun 2015 itu EXO beneran saingan sama BB. Tentunya ada juga fanwar yang terjadi sama EXO-L dan VIP waktu itu terutama fans korea nya. Mungkin fanwar di Korea itu cara fanwarnya lebih cerdik bukannya kejam kayak fanwar fans intl. Gue bilang gini karena waktu VIP ngerjain EXO itu melalui tindakan bukan dengan perkataan dan fitnah. Gue pikir semua orang setuju kalau perkataan itu lebih kejam, senjata paling menyakitkan daripada tindakan. Gue gahabis pikir gimana ARMY dengan mudahnya nyuruh EXO buat mati. Gue juga punya temen yang YGstan dan VIP, gue juga ngerasa nyaman ngomong sama dia daripada sama ARMY. Temen gue ini juga dia kpopers senior dan udah dari sd ngestan bigbang. Makanya gue paling kagum sama fandom ini. Dewasa dan kalem, mungkin karena fandomnya juga udah lama.

SHAWOL. Nah kalau ini juga salah satu fandom yang ga memihak tapi rata2 shawol ini juga pendukung EXO-L mungkin karena sesama SM. Tapi ada juga yang dengan tegas dukung ARMY apalagi waktu Jimin sama Taemin kolaborasi dance itu banyak banget ARMY yang juga ngaku SHAWOL. Shawol ini juga menurut gue fandom yang strong, walaupun fans mereka berkurang terus tapi gue terharu kalau ngeliat lightstick mereka menyala di tengah2 lightstick silver :').




KAPAN FANWAR INI BERDAMAI?


Yang pasti fanwar ini gabakal selesai kalau ga ada salah satu fandom yang ngakuin kesalahan mereka masing-masing. Toh satu fandom ada jutaan fans, dan ga mungkin jutaan fans itu mau ngakuin dengan enaknya. 

Banyak banget yang udah muak sama fanwar ini. Katanya tahun dulu ga pernah ada fanwar yang seheboh sekarang. Bahkan fanbase HARD EXO-L juga bilang kalau fanwar sama ARMY ini yang paling menjijikan. Kenapa? dulu kalau ada fanwar sama fandom lain, bisa saling memaafkan. Tapi kalau sama ARMY ini katanya susah banget, mereka ini soalnya masih labil2. 

Gue pikir nih fanwar bakal selesai nanti kalau ada salah satu member EXO yang wajib militer. Jadi EXO kemungkinan juga ga ngelakuin comeback lagi kayak Suju dulu. Tapi tentu masih banyak peluang buat EXO di dunia hiburan, contohnya sub-unit dan solo album. Ya kita cuman bisa nunggu itu terjadi. Kalau sampai saat itu, dua fandom ini belum bisa berdamai, gue yakin masih ada aja Immature Fans. 

Jika kalian ga mau ada fanwar lagi makanya tolong jangan manas2in EXO-L. Kita kan sama-sama fandom besar. Jadi kalau ada satu orang aja yang menghina EXO-L terus satu EXO-L nyebarin dan otomatis satu fandom EXO-L bakal emosi juga. Kita kan manusia ga mungkin bisa bersabar terus. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Demi apa gue satu malam sampe begadang dan ketiduran buat nulis ini post. Gue yakin sih banyak yang ga baca saking panjang banget curhat gue saat ini. Kan udah dibilangin ini cuman uneguneg gue :)

Sebagai EXO-L gue cuman ngingetin tolong jangan ada Immature Fans di antara kita. Kalau ada tolong sadarkan dia secepatnya. Satu aja yang menghina fandom lain, tentu ada banyak yang kesindir dan sakit hati daan efeknya juga EXO-L dapet gelaran Most Immature Fandom. Bahkan kita juga dapet julukan fandom yang paling heboh loh.   

Kalau ada ARMY yang baca ini kesindir juga gapapa kok padahal dari awal kan udah gue ingetin juga.

Bonus interaksi EXO dan BTS:

Baekhyun and Jimin

V and Baekhyun

Suho and V
Suho and J-hope

Chanyeol and Suga

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

17.04.2017 Last edit.
Cuman memperbaiki sedikit kata-kata yang kurang rapi, intinya masih tetap sama kok.
Gue ga baca dan respon komen disini lagi (karena kebanyakan) silahkan komen lagi ke > fanwar <

Don't be so serious, thank you for reading~
Previous
Next Post »

489 comments

Write comments «Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 489   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim
AUTHOR
8/15/2017 8:57 AM delete

Makanya jangan fanwar n jaga tuh mulut . Nggak inget kah EXO L bikin bercandaan soal neneknya V meninggal. Banyak fitnah2 lain yg juga keterlaluan. Jangan asal ngata2in. Nggak semua ARMY kasar, n gak semua EXO L kayak gitu. Gue tau kok. Gue ARMY, gue ga benci EXO. Bahkan gue sering streaming n like mv nya. Tapi seenggaknya lu hargain fandom lain. Jangan nilai jeleknya aja. Semuanya punya kekurangan.

Reply
avatar
Miss Diary
AUTHOR
8/15/2017 1:02 PM delete

Aneh yg mba dulu fans bts tapi malah ngjelekin bgt sekarang.

Reply
avatar
8/20/2017 1:41 AM delete

Apa salah nya sih jadi netral dan misal kita buat akun meme atas nama 'exo' trus kita lagi mau post meme bts? Apa seseorang harus setia selama lamanya sampe akhir hayat? Misal kamu suka makan mie sedap dan indomie tapi kamu bilang ke org org kamu suka mie sedap apa setelah itu kamu gak boleh makan indomie untuk selama lama nya, dan if u wanna eat indomie u must told everyone dan bilang aku suka indomie terus terusan?.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/20/2017 8:12 PM delete

BAGUS LAH LU KELUAR DARI FANDOM. KITA GAK BUTUH ORANG KAYA ELU YANG NGEHIANATIN BANGTAN SAMA ARMY. TERUS UDAH GITU MGEJELEKIN ARMY DAN NGEBANGGAIN EXOEL YANG MENURUT LO EXOEL ITU BAIK, MATURE SEMUA, POLOS DAN GAK PERNAH MANCING WAR. PUJA KERANG AJAIB :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/21/2017 9:47 AM delete

Kebalik kali bu. XD
Buktinya tahun 2016 lalu siapa yg mati2an trending hashtag bilang bts grup plagiat cuma gara2 hal yang sebenarnya gak memenuhi syarat utk disebut plagiat? Model rambut? Baju? Exols suka membalikan fakta dan tiba2 berubah jadi victim. Konyol!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/21/2017 10:06 AM delete

Bantuin apa?? Waktu billboard yang ada exols rame2 voting artis lain supaya bts kalah. Berapa kali exols bikin projek utk sabotase bts? Masih gak ngaku salah dengan trending hashtag bts plagiat? Setelah bts konser exols rame2 sabotase dengan trending hashtag.dan waktu album wings keluar kalian bikin projek lagi break wings. Apa army pernah rame2 bikin trending hashtag utk menjatuhkan idol lain?? Kalaupun ada fans yang gak suka dengan idol mereka cuman ngetwit satu2 gak berjamaah kayak exols bisanya keroyokan rame2. PENGECUT!
Situ waras kalau fandomnya dari jaman masih debut udah doyan ngewar? Situ lupa kalau pernah war dengan fans BAP?? Situ lupa kalau fandom senior kalian shawol pernah dibanned gara2 ulah exols di MuCore yang ngaku2 jadi fans shinee? Situ lupa kalau fandomnya ngebash ryeowook di kiss the radio waktu duet dengan D.O? Artis lain ga bisa hidup daman ya selama masih ada exols??
Situ lupa kalau rame2 bikin post mencapai 1 juta post untuk nyumpahin jin tewas di law of jungle? Situ lupa kalau fandomnya bikin lelucon atas meninggalnya nenek V? Exols rata2 anak2 cacat otak apa ya? Sama kejinya dengan presiden korut. Kalian bilang army immature ada di mana2, tapi kalian lebih busuk! KEJI! kayak orang gak punya hati aja.
Lupa juga dengan hashtag rip miley cyrus cuman gara2 kepancing dengan fansnya miley. Cara kalin ngewar tuh bener2 busuk! Ada masalah dengan fansnya tapi kalian nyumpahin mati artisnya!
Dan sekarnag exols nyerang fans wanna one krn lagi populer. Siapa pun yang lagi ngehits bakalan jadi sasaran empuk exols. Kalian exols buta dengan kelakuan K-exols. Exols lah fandom yang seharusnya minta maaf dengan semua fandom! Kalian selalu bermasalah dengan semua fandom!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/21/2017 10:45 AM delete

Exols adalah fandom yang hobi menyerang fandom dan artis lain tapi begitu fandom lain bongkar kelakuan busuk kalian, tiba2 kalian bertindak sebagai korban.

Ts bilang army segitu butuh bantuan exols buat nyalain LS? Lol goblok ya? Dari jaman kpop generasi 1 2 itu ga sopan mematikan LS meskipun utk artis lain. Hemat batere? Duh seberapa kuatnya sih batere LS exo? Cuma dikasih batere cina yang daya tahannya 1 jam doang ya? Ckckckck kasiannn.. Kalau gitu begitu konser exo yang 2-3 jam sering mati dong ls nya di tengah konser berlangsung? Lol
Media play? Eh ahjumma (berhubung fans bts katanya anak bocil jadi saya panggil mbak ahjumma ya, kan saya anak kecil) kalau bts media play yg jelas massa lebih kenal bts dong drpd exo kan bts ada di media mana2. Fansnya bts mah beragam ya ga crazy fangirl kayak kalian yang gampang dibegoin dengan tampang oplas oppanya. Fansnya bts di korea kebanyakan malahan orang2 yang ngerti musik, org tua, anak2, orang2 kantoran, anak2 muda, rapper. Kalau kalian kan suka exo krn dr tampangnya duluan. Kalau musiknya yah itu kan bukan bikinan exo tapi dr SM sudah punya tim utk bikin lagunya exo. Apalagi coba kalau bukan dr tampang.
Ahjumma, LS exo dan bts tuh bedaa banget loh. Gak perlu ngata2in bts selalu plagiat exo. Katanya army anak2 kecil tapi kok army biasa aja ya liat liat LS gfriend yang sama2 bulet dan warnanya sama dg bts. Tandanya anak2 army tu smart kids gak kayak exols tante2 tukang menggerutu. Oia udah tua sih ya? Maklumlah umurnya dah banyak berkurang ya, jumma? Hahhaha
Oia ahjumma, bts dan army hidup damai loh sebelum era album hhyw tapi sejak bts makin pemes, tante2 exols banyak yang ketakutan. Kalian nuduh bts saejagi. Kalau iya kok album wing dan ynwa masih tinggi ya? Duit bts kasian amat cuman dibeliin album.. 7 pria idaman masa kini ga sih mereka. Album beli sendiri, bayarin billboard, bayarin mama, bayarin gda, bayarin hanteo. Apalagi sebut aja, jumma. Semua dibayar bts. Konglomerat banget kan? Situ oppanya udah debut 5 tahun masih gitu2 aja kan kekayaan nya? Malahan banyak member yang keluar gara2 ga kuat mental dan fisik. Ayo gabung dengan bighit pasti bahagia deh. Lol

Reply
avatar
8/23/2017 1:40 AM delete

Sorry army slah lapak muncul lagi...

Bukan mau ngajak rusuh atau nunjukin immature ..

Gw emng army but gw netral toh gw jga ngbiasin baekhyun...
Makanya gw lanjutin baca artikel loe... trsinggung... ??
Sekarang balik lg baca tulisan loe sndiri saat posisi loe sbg army.. loe bsa blg gtu karena loe mantan army yg skrg jd exo-l

Kalo ini sebab kenapa war gada habisnya.. gada angin.. gada ujan buat artikel bginian..

Loe liat smua artikel smua army bahasanya kasar2.. apa loe gak liat saat exo-l trsinggung bales se kasar apa...

Sekarang gada urusan soal loe mantan army.. soal loe skrg suka exo ktimbang bts itu hak loe.. itu urusan loe.. bisa kan gausah buat artikel ginian.. nunjukin k orang2.. kalo skrg loe exo-l..(urusan pribadi)

Klo emng sepenting itu urusan pribadi masa lalu loe akhirnya jd menetap d exo-l ..
Gw jga pny perjalanan gw
Gw yg dr awal berfandom elf .. skrg mulfan k bities
Jga.. knp gak ke junior nya suju gak k exo.. (itu urusan gw.. yg jelas gw mulfan karena bisikan nurani dan pemikiran gw sendiri.. gak seperti artikel loe.. yg dlu suka army dr tmn.. dan suka exo dr temen.. jd.. saat tmn loe benci so pasti loe ikut.. gw walaupun mulfan klo tmn gw pindah fandom emang gw ikut2 kagak.. toh kita ttp damai...

Gakan ada habis nya war klo kita hanya melihat d satu sisi...


Reply
avatar
Wanitha
AUTHOR
8/23/2017 2:45 PM delete

Gw mulfan, tapi diantara boy/girl group yg Gw paling suka itu BTS. Karena gw juga nyari Tau semua info girl/boy group, Dan yg paling gw suka ya BTS, karena dia punya musik yg Berbeda Dan bagus bgd. Umur gw udah dewasa Dan gw ibu Rumah tangga,sebagai fans berat BTS Gw gak pernah peduli dengan komentar para haters, yg penting adalah Bagaimana kita mendukung fans kita. Kalo lo pengen exo menjadi no 1 ya lo harus dukung mereka misalnya dengan tonton mv mereka di YouTube,dll. gak usah bikin artikel Kaya gini, yg Ada fanwar nya Makin panas.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/26/2017 9:12 AM delete

Aku ARMY yg udah DEWASA pikirannya...
Terimakasih udah ngeluarin pendapatmu dari sudur pandang exol. Aku jadi tau gimana pemikiran kalian ke ARMY ato bangtan..
Btw aku mantan exol dulu sebelum kenal bangtan dimana dulu pas luhan keluar aku nangis darah..
Dan aku akhirnya jadi ARMY yang tetap mencintai exo tpi bukan exol..
Aku jadi ARMY baru 3 tahun tpi aku ngerti banyak ttg bangtan dan army..
Jdi intinya uneg uneg mu (exol) di artikel ini sama lah sama uneg2 army..
Karena disini keliatan jelas klokamu menyudutkan army. Aku paham karena pasti ada juga army yg setipe kayak kmu yg bikin artikel untuk menyudutkan exol..
Yg mau kusinggung cuma masalah kmu belum pernah liat army yg dewasa pikiranny dan kebanyakan tuh anak sd dan smp,, wah aku g tahu harus bilang apa soalny temen2ku army dri yg k-army sampe international army itu udah dewasa semua dari umur dan pemikiranny..
Yahh pokokny EXO dan exol, saranghae!!
Aku sbg ARMY yang dewasa minta maaf untuk kelakuan ARMY yg belum dewasa..
Juga makasih buat exol yg ttp berhubungan baik dg army dan bersikap dewasa..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
8/26/2017 4:52 PM delete

aku juga ARMY dan teman sekelasku ada yang EXO-L tapi hubungan kami baik baik aja dan ya jujur aku sakit hati setiap mendengar fandom lain menghina ARMY atau BTS , sebesar itukah kesalahan yang ARMY buat sampe EXO-L mengatakan itu?sebesar itukah kesalahan ARMY dimata EXO-L? tolong dengarkan maksud dan tujuan ARMY yang lain jangan anggap semua ARMY itu suka menjelekkan EXO-L dan bahkan saya juga EXO-L saya tau apa yang dirasakan ARMY dan EXO-L tap tolong hargai satu sama lain

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/27/2017 2:48 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Mboh
AUTHOR
8/27/2017 2:49 PM delete

Kak anonim. Greget komennya wkwk

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/28/2017 6:26 PM delete

aku baru selesai ngebaca
aku disini mencoba netral
dan maaf kalau menurut aku ini semua tergantung pribadi kita masing-masing
ga semua Army itu suka menghina idol lain
dan ga semua EXO-l itu juga suka menghina idol lain

mungkin ada army yang menghina exo ataupun Exo-l yang menghina bts
tapi diluar sana masih banyak kok fans yang saling mendukung satu sama lain

Reply
avatar
mey
AUTHOR
8/28/2017 6:36 PM delete

intinya sih coba saling menghargai satu sama lain
jangan mau diadu domba oleh pihak-pihak yang ga bertanggung jawab

memang ada segelintir fandom yang saling menjelekkan dan menimbulkan war
tapi jangan membuat semua ini semakin runyam
coba selesaikan dengan kepala dingin

dan untuk mba annisa dan semua yang membaca atau mengkomentari artikel ini
jangan lah bertingkah seakan akan kalian yang paling benar
setiap orang pasti punya kesalahan
termasuk ARMY maupun EXO-L
cobalah untuk saling memaafkan
dan saling mendukung seperti dulu

mohon maaf jika perkataan saya kurang berkenan
semua ini hanya pendapat pribadi saya
dan saya bukannya sok suci
tapi saya melihat dari kedua sisi

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/03/2017 4:56 PM delete

Numpang kewat ehehehe :3 katanya kalian ga war katanya cinta damai, ini kalian lagi war loh wkwkwk *ketawain aja deh* btw saya army tapi biasa aja sih baca artikelnya walau agak sakit dikit di ati, tapi pas baca komennya yagitu deh.........

Reply
avatar
Abdan Syakuro
AUTHOR
9/10/2017 9:04 PM delete

Kalian silahkan benci sama army, tapi aku harap jangan membenci bts, kita semua tahu kenyataan bahwa pasti antara exo-l dan army pasti akan selalu membela idol masing masing, exo-l pasti akan merasa bts lebih baik dari bts, begitu juga sebaliknya. Hal seperti ini mirip seperti permasalahan agama, pada intinya, kalo kita ingin damai kita harus belajar menghargai yang lain.

Reply
avatar
anonim
AUTHOR
9/11/2017 4:40 PM delete

Plis jangan bawa2 agensi kecil agensi besar. Btw gue army. Gue tau kok idol dari agensi mana aja pasti pernah menderita pernah mengalami hal sulit termasuk EXO dan BTS. Yg gue liat selama ini adalah emg bnyak fans dari dua idol ini immature, exol-l army itu 11 12 menurut gue, no offense yaa tapi emg real nya gtu kok. Sekalipun gue army gue gak akan belain army yg buat war ke fandom lain, dan ya gue juga sama kek fans lain yg gabakl terima idol gue dikata2in. Bru bangett gue baca artikel dari fandom exo-l dan mereka lagi2 bwa nama bts "paling lagu mereka gabakl laku di sana, trus balik lg ke korea" pdahl gak ada army yg mulai keributan disana, cuma grgr artikel itu exo l fandom terburuk. Jujur gue baca artikel itu bukan krna seneng exo l terburuk tapi gue bc itu krna ada fandom snsd disana yg dibilang buruk juga (gue suka snsd juga) tapi pas baca komenan justru yg gue liat gaenak in bangettt. Apalagi bawa2 bts yg mau collab sm artis luar di hina juga. Gue pun gasuka army suka berkata kasar ke fandom lain tpi setidaknya army punya kesadaran diri untuk minta maaf secara resmi. Dan skrg k-army k-exol lagi berdamai krna comebck mereka barengan dan gamau ribut2 lg, gue mikir kenapa di intel khusus nya indo gabisa kayak mereka?. Fyi sekalipun army dibilang fandom berkata kasar gue tetep bangga jdi army. Idol kita samasama kerja keras untuk dapet diposisi mereka saat ini. Sebagai fans bisa kan kita jaga kerja keras idol kita dgn cukup mendukung dan mencintai mereka karena itu tugas kita sbnrnya, bukan menyebar war ke fandom lain:) dan sorry buat yg buat blog ini, aku tau km lbh memihak ke exo l tpi scara ga langsung disini kamu memakai bahasa yg kurang enak didengar oleh army. Bukan mksud being salty dan menghina hanya takut aja kalo ada army lg yg baca ini mereka slh paham akan ada war lainnya lg, dan aku juga ga mau itu terjadi. Thankyou:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/21/2017 7:58 AM delete

Mbak soal yg dislike kokobop ya? Kamu ini gapernah update apa gmn? Yg bikin project dislike kokobop ya exoL sendiri. Bahkan sampe bikin fake chat grup WA yg mengatasnamakan army.

Soal BTS dapet daesang MMA 2016, adminnya ngejudgenya berlebihan ya? Tau ga kalo bts menang awards atas pihak melon sendiri? Gatau ya kalo asa pihak dari exoL yg nelfon ke melon hanya karena ga terima kalo bts menang daesang dan minta melon untuk ganti pemenang. Tau ga melon bilang apa "gabisa dirubah". Salahin melonnya. Kalo ada army yg pada saat itu ngatain exo dan exoL, gue minta maaf karena gue bagian dr mereka dan kami sama sama lg merangin imma army kami.

Lanjut, gacape apa nuduh bts dan bighit sajaegi dr jaman 2015? Sampe dimintain struknya. Sampe comeback bts yang sekarang pun, kami masih dituduh sajaegi sama exoL. Ngga cuman sampe situ aja kok, sampe diikutin tiap K army mau beli album dan harus diitung sama kalian berapa album yg dibeli. Gila ga?

Kalo army pernah nyumpahin salah satu member kalian (maaf) mati, apa bedanya kalian juga mengolok ngolok kematian nenek salah satu member kami? Sama saja kan?

Ngga sampai situ waktu bts dapet billboard, kalian bahkan bikin petisi buat dukung JB. Terus ketika bts menang, dari kalian langsung bilang "kami juga ngevote bts".

Plagiat; apa apa dibilang plagiat. Warna LS sama aja dibilang plagiat emang ada ketentuannya kalo bikin warna LS harus beda? Emang warna LS yang kalian pake itu warna yg di hak patenkan oleh pihak kalian sendiri jd seluruh bb dan gg korea ga bisa pake?

Yang paling baru, kalian nyebarin fake translate lirik lagu bts.

Ketika kalian comeback kokobop dan power gaada army yg rusuhin kalian, yg bikin project dislike ternyata kalian sendiri bawa bawa nama army. Ngapain coba? Pake fake translate pula.

Setiap fandom punya immature fans, ga exoL ga army. Gue tau ini lapaknya exoL tp gue harus meluruskan pernyataan lo yg terlalu nyudutin army.

Kalian punya prestasi, kami juga. Kami punya imma fans kalian juga. Jangan lagi nuduh kami sajaegi ya wkwk beli album gapake daun. Pake duit.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/22/2017 8:27 PM delete

Aku sebagai perwakilan army klo misalkan army lain buat masalah minta maaf ��dan tolong army jangan merespon agar tidak memperbesar masalah bts percaya kita fandom yang baik so.... kalian para army gk mau buat bts kecewakan?? Kita fokus aja dukung comeback bts so peace aja ya army benar -benar minta maaf sebesarnya ��army just focused on your idol and don't judge another idol army you are good fandom right ��

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/22/2017 11:12 PM delete

Makanya kalo mau bikin blog tuh pake fakta, lo cuman koar koar doang bilang kesel sama army yg nyatanya dilakuin sama imma army, dari dulu masalah yg ditimbilin sama army cuman karena imma army aja. Tapi liat fandom lo sendiri, udah berbuat apa aja? Masih mau fakta yang lain? Banyak woy. Giliran dikasih fakta ngomongnya "salah lapak" lah takut lo? Wkwkwk ternyata yang nulis masih immature yailaaah dek, ngumbar kebencian tp buktinya bisa kebantah emang ga malu? Wkwkwk gampang sih ya translatein ini blog ke bahasa korea wkwkwk gaperlu pake google translate wkwkwk gampang aja tinggal send ke bighit. Karena apa yang kamu tulis itu ga berdasar fakta. Malah disini army yg punya banyak fakta soal exoL. Kalopun emang ada army yg rese sama exoL pasti gajauh jauh dr imma army. Gaada tuh yg sampe resein buat ngikutin k-army yg lg beli album hahahaha banyak banyak main ke situs PANN YA DEK! atau baca yg udah ada translatenya dr pann jd tau exoL mu itu ngatain apa aja ke army dr awal muncul sampe sekarang. Dan kalo masih imma jgn coba coba bikin tulisan begini, kalo yg punya bukti emosi wah gawat kamu dek wkwkwkwk becanda sih gue soal laporin ke bighit tp udah gue translate blog lo ke bahasa korea hehehehe thanks bacaan yang sangat lucu. Sorry salah lapak~~~~~~~~

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2017 9:01 AM delete

nyatanya, gak cuma army yang ngehina exo l, kadang exo l juga nyari war sama army kali. trus lo bilang army itu rata-rata bekas exo l,lo bilang army itu fans musiman. lo gak nyadar? lo juga bekas army kali, lo itu juga gak lebih dari fans musiman, punya kaca gak? sini di rumah gue ada yang besar. trus soal wrna ls, emang kalo warnanya sama itu plagiat? gue juga sering nemu orang yang pake baju sama kayak gue, trus masa gue bilang kalo orang itu plagiat? pabrik gak buat satu anjrit:v , lo disini gk cuma ngejek army, tapi semua mulfand yang lo sebut. apalagi yang salah satu fandomnya itu army. gak cuma army yang immature, exo l juga ada kali yang immature, buktinya seperti yang lo bilang, bekas exo l yg jadi army kan immature juga. btw, thanks foto nya, lain kali gue mampir lagi, sekedar mungkin jawab ajakan debat:v

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2017 9:04 AM delete

hahaha, gue suka gaya lo. semoga yang punya blog ini nyadar dan langgeng jadi exo l. gue taktnya nanti lo suka sama svt, trus ganti ngejelekin exo. gue tunggu ya, IMMATURE FANS.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/24/2017 10:34 AM delete

alhamdulillah kita army sehat banget, apalagi bts abis comeback. kalo masalah billboard itu bukan jasa exo l, itu jasa army sendiri yang ngevote bejibun banyaknya. jadi, kita bukan gak ngehargai jasa, tapi kita emang gak mendapat jasa

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
9/25/2017 7:21 AM delete

Setuju bgt army selalu salah lapak. Bahkan waktu mv power keluar aja, banyak banget army salah lapak di kolom komentar youtube nya mv power. Gue bacanya kaya....aneh aja gitu. Klo lo mau nonton ya silahkan aja, tapi gk perlu komen2 gaje.

Dan menurut gue. Klo lo mau dukung bias lo, beli aja albumnya. Bukan dukung dengan cara was sana sini. Masukan ini bukan buat army aja. Tapi juga exol. Dan fanbase mana pun. Jadinya gk ribet.

Album ada 2 versi kek. 5 versi kek. Gk usah dipermasalahin. Itu konsep dari management mereka. Bukan idol lo lo pada yg buat. Dan tentang voting, jelas exo senior. Dan sebelum bts masuk nominasi pun album exo udah di itung dari 2 versi. Jadi tolong jangan ada permintaan yg aneh2. Seperti yg gue bilang itu udah konsepnya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/26/2017 7:14 PM delete

Sebenernya post-post kayak gini lah yang mancing fanwar. Dan secara gak sadar, kamu ngepost kayak gini justru menunjukkan kalo kamu fans immature. Gak cuma ada di fandom EXO dan BTS, orang-orang kayak kamu ini banyak di grup lain. Semua grup ada, bahkan western artist juga punya banyak fans immature, jangan salah. Gue netral, tapi bisa diliat dari postingan kamu ini, kamu memojokkan BTS seakan-akan mereka bener-bener salah. Kalo kamu berpikiran luas, kamu seharusnya liat juga dari POV seorang army. Kalo kayak gini ya ga akan selesai. Gue suka BTS dan EXO, kalo urusan musik, mereka memang keren. Tapi kalo udah ngurusin fandomnya, udah deh, gaada abisnya. Ada aja yang diributin. Ya bermulanya dari orang2 kayak kamu gini.

Gini deh, instrospeksi diri aja. Daripada ngehina fandom lain, mending vote buat fandom kamu, stream youtube, dan urus urusan kalian masing-masing. Cheers.

Salam kpopers^^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9/26/2017 10:30 PM delete

jujur saya army dari 2015, intinya saya nyesek baca tulisan kamu meskipun udah ada caption "selain exo-l dilarang baca" cuman karena pengen tau, jadi tetep baca, dan maaf ya jujur saya tidak pernah tidak suka sama idol manapun dan siapapun, tapi ketika ada fanwar, trus kamu menyimpulkan di salah satu pihak kesannya kamu juga ikut nge-war, kita sama-sama berfikiran dewasa disini, untuk menengahinya, setidaknya ngga usah buat tulisan seperti ini yang jelas-jelas kamu hanya memihak satu sisi. maaf bukannya saya marah, saya hanya mengkritik dan memberi saran.
dan juga saat kamu berfikir exo merasa sangat dirugikan dan merasa ngga adil, mari lihat sama-sama dari sisi exo dan sisi bts sendiri jangan melihat dari satu sisi, lalu mencoba mencari kesalahan orang lain.
terimakasih, miannn

Reply
avatar
Nyonya Anita
AUTHOR
10/01/2017 6:51 PM delete

Halo nilai pelanggan yang terhormat,

Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau dengan tujuan apa? kami memiliki pinjaman pemegang pinjaman bersertifikat dan sah dan internasional Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan bisnis, perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit buruk, Kami akan memproses pinjaman segera setelah kami menerima lamaran anda

kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan layanan pinjaman yang dijamin dari jumlah apapun kepada warga negara dan bukan warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman usaha komersial, pinjaman mobil, penyewaan / peralatan keuangan, pinjaman konsolidasi hutang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan bukan warga negara dengan baik sejarah kredit bagus atau buruk Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman di atas, Anda adalah saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan ini.

email: (serviceguaranteeloanfunds1997@hotmail.com)
                                  ATAU
email: serviceguaranteeloanfunds1997@gmail.com

 Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima detail permohonan pinjaman Anda.

Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan yang aman PAKET KAMI TERMASUK: * Pinjaman Rumah * Pinjaman Otomatis * Pinjaman Hipotek * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Internasional * Pinjaman Pribadi * Dan Banyak Lagi.

Salam
MRS Anita

Reply
avatar
Nyonya Anita
AUTHOR
10/01/2017 6:51 PM delete

Halo nilai pelanggan yang terhormat,

Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau dengan tujuan apa? kami memiliki pinjaman pemegang pinjaman bersertifikat dan sah dan internasional Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan bisnis, perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit buruk, Kami akan memproses pinjaman segera setelah kami menerima lamaran anda

kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan layanan pinjaman yang dijamin dari jumlah apapun kepada warga negara dan bukan warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman usaha komersial, pinjaman mobil, penyewaan / peralatan keuangan, pinjaman konsolidasi hutang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan bukan warga negara dengan baik sejarah kredit bagus atau buruk Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman di atas, Anda adalah saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan ini.

email: (serviceguaranteeloanfunds1997@hotmail.com)
                                  ATAU
email: serviceguaranteeloanfunds1997@gmail.com

 Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima detail permohonan pinjaman Anda.

Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan yang aman PAKET KAMI TERMASUK: * Pinjaman Rumah * Pinjaman Otomatis * Pinjaman Hipotek * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Internasional * Pinjaman Pribadi * Dan Banyak Lagi.

Salam
MRS Anita

Reply
avatar
krystalvyx
AUTHOR
10/03/2017 9:55 AM delete

Gue exo-l dan netral, gue suka semua bb and gb kok. Gue harap fanwar berakhir deh, tuh rumornya udh ada, gue harap gk cuma rumor

Reply
avatar
Citra Ningrum
AUTHOR
10/05/2017 3:46 PM delete

Maaf ya sebelumnya, saya bukan army atau exo-l, saya dulu mantan army, dan saya sekarang VIP. Saya suka exo tp bukan berarti saya exo-l. Saya punya 5 teman, 4 diantaranya adalah Army. Saat saya bercerita tentang idol saya mereka sangat tidak menghargai mereka selalu membandingkan idol saya dengan mereka. Dan saya mencoba untuk berhenti membicarakan tentang idol saya dan mengikuti obrolan tentang BTS. Jadi intinya saya menghargai mereka (Army) tp kenapa mereka tidak menghargai saya. Apakah mereka adalah fandom yang angkuh??
Maaf sya tidak menyinggung siapapun tp walau mantan army saya memihak diexo-l

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/08/2017 9:24 AM delete

ini mungkin lapaknya exol tp tetep aja ada nama army disini dan dijelek-jelekin lagi.kenapa army pada kesini karena ga terima di hina. semua orang berhak dong buat ngasih pendapat dan pembelaan. kata siapa di exol ga ada fans imature dan ga suka ngomong kasar dan di army ga ada yg mature km mainnya ga jauh sih cmn di situ2 aja. kenapa army songong meraka kan cmn ngebanggain idolanya, emangnya exol pada nggak songgong dpt daesang. km ngaak taukan siapa yg bikin rumor sajegi saat BTS menang I need you? exol. km aja bahkan nulis kan daesaeng pertama yg kmrn di dpt BTS aja di usik sama exol. bukannya udah dijelasin sama pihak melonnya cmn exolnya aja yg ngaak mau ngerti.bahkan pas kemarin exo comback aja cmn karena dislike yg banyak ada tuh temen km yg buat fake chat seakan2 army yg buat dislikenya, di ig bahkan semua akun2 besar exo pada ngeshare tentangfake chat itu, sampai dihujat army di sana.tapi pas ketauan itu fake chat yg di buat akun fanboy exo yg minta maaf cmn sedikit. tau ga nama baik army udah kecoret di situ dan kalian ngaak mau tau, padahal mv bts yg sekarang aja lebih banyak tuh dislikenya tapi army ga pernah bikin fake chat tentang itu. baru kemarin padahal exol nuduh army curang soal view mv bts yg baru pake promolta pake fake chat lagi, padahal promolta cmn buat promosi aja dan ga bsa nambah view. padahal di sana jg ada mv exo jg kok. bahkan ada tuh artikel tentang exol fandom paling buruk dikorea sana ya, yg poling orang korea.

Reply
avatar
10/08/2017 4:57 PM delete

Gile komennya pada panjang2 banget
Berasa baca skripsi gue

Reply
avatar
10/12/2017 2:45 AM delete

Post lama ini ane up, ea. Ane suka BTS baru aja dari tahun ini. Ane memaksakan diri suka BTS karena ingin menyukai Suga. Walau akhirnya lagunya memang sedap.
Kalau EXO, sudah kenal dari 2013, dan langsung gak suka, mungkin bisa dibilang benci. Tapi, ane mendengarkan lagu Mama dan Wolf, dan juga baca buku tentang EXO (untuk cari sisi yg bisa diejek). Sampai sekarang ane kadang2 juga ngintip kabar EXO, buat cari asupan ChanBaek.
Fans BTS memang kadang menunjukkan kedewasaannya (katanya), ada fan BTS yg bilang "kalau artis lain pacaran, fansnya pasti membully pacarnya, tapi jika member BTS punya pacar, fans menerima", halah bacod, dikira fans SJ juga gitu? Tahunya BTS doang.
Lalu, overproud juga. Gara2 BTS masuk billboard aja bangga sekali. Ya, itu ajang musik dunia, tapi hanya karena itu bukan berarti BTS itu dewa boyband.
Kalau masalah idola dihina, ane diam. Yang dihina kan idolnya, kalau ketahuan idolanya paling malah bilang "terima kasih sudah menghujat kami, jadinya kami bisa intropeksi diri", idol kan harus sabar.
Sifat sumbu pendek itu harus dihilangkan. Gak fans BTS gak fans EXO, sama2 ada fans sumbu pendeknya.
Akhir kata, sama2 boyband maho kok diributkan?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/12/2017 4:43 PM delete

aku udah ikutin lama kpop dan jadi kpopers (inget kpopers) dan dulu tuh gak ada fanwar konyol kykgini, ada sih h.o.t sama sechskies tpi mereka war nya gk kotor ky sekarang.

awal exo muncul ttp ada damai meski kuakui mmg dlu exol sering bentrok sama fandom lain tpi stlahnya reda dan stop gk ada ronde berikutnya. ntah kenapa sejak tahun 2015 banyak army yg mulai agak rese dan ributnya selalu sama exol.

army juga kadang rese, selalu bilang grup ini plagiat, grup itu ikut2an, intinya semuanya itu seakan2 milik konsep bts aja. dan kata admin ni mmg ada bnr nya kalau penggemar bts rata2 dibawah umur 20 an.

kalau exol jg sama kok suka nyinyir k beberapa grup kalau grup itu nyuri konsep lagu, nyuri koreo nya, nyuri konsep mv, padahal mah mirip. dan jujur aja exol juga rata2 sma kok umurnya sama army.

jujur aja, memang benar kok army tu suka masuk sembarang ke fandom lain tanpa ijin, udah gk ijin nyampah lagi. lihat aja di youtube, grup spa aja yg ngerilis lagu bakal bilang "army disini mendukungmu" , "apa ada army disini?", heeeiii~ muak aja gitu lihatnya, bisa diam gak sih?

exol aja gk slebay itu, atau fandom yang lebih besar dan lebih senior dari exol atau army aja gk sombong atau koar2 kaya situ, tpi ini jujur aja jdi agak menjijikkan.

Army jangan munafik juga deh, masih ingat sama BMA ? Kalian mohon2 bahkan spam bahkan minta tolong ke semua fandom buat bantuin bts jadi pemenang, oke lah kita bantuin. tapi setelahnya apa? kalian jadi sombong, gk terimakasih ke orang2 yg bantu kalian.

tau Bigbang? mereka juga pernah menangin EMA yang wakilin masing2 benua bahkan ngalahin britney spears saat itu. vip juga minta tolong kok ke beberapa fandom tapi gk spam kayak army kemarin, pas menang mereka gak sombong dan bilang trimakasih yg udah mau bantu. sejak saat itu mereka makin terkenal secara internasional dan syukurlah gk ada fanwar macam army sama exol.

trus masih ingat juga, pas vip bilang bts plagiat konsep bigbang, sama no signal kemarin? trus army marah2 trus ngutuk bigbang biar hancur? bilang kalau bigbang bakal kena karma krna ngehakimi bts, masih ingat kok.

sebenarnya yg mestinya kena karma tu ya kalian. bukan karena mesti melawan agensi besar atau grup besar, tpi nama fandom kalian itu dijaga, gara2 kalian sendirilah nama army jelek. exol jg gtu tp gk parah ky army.

aku setuju kok sama adminnya ini di beberapa hal.

trkadang army suka pura2 jdi korban, army marah kan saat vip bilang jelas kalau bts plagiat? lalu apa pernah army memikirkan fandom lain yg kalian bilang plagiat? gk perlu kusebutin. intinya gak akan pernah!!

koreo bst aja ambil koreo vixx yg jelas2 udah ada sebelumnya bahkan mereka publish di channel YT nya, dan lagi bermain jadi korban atau bermain pura2 mati rasa.

lalu koreo sorry2 saat di mbc juga army bangga padahal nyuri koreo nya monsta x, smpe aku lihat bbrpa monbebe buat petisi tapi apa? army hanya diam aja pura2 lagi, dan dengan bangganya bahwa bts itu keren. iya keren, keren nyuri koreo sama ide orang aja.

trus bts menang di bma dan sombong keterlaluan klo army gk ada yg bisa ngalahin? padahal hasil ngemis2 ke fandom lain trutama ke fandom kecil yg kbanyakan masih multifandom.

intinya jgan sombong lah, kalian ini masih ditengah jalan, masih baru tau rasa manis2nya, exol tu lebih tau rasa sakit karena mereka mesti kehilangan member exo dan byk yg ambruk krna jadwal, sedangkan bts masih gk seberapa, blm kena skandal berat blm tau btpa susahnya sprti grup2 besar lainnya.

contoh aja tvxq, bigbang, 2ne1, snsd, suju mereka fandom terbesar dan mereka kuat yg jelas gk labil nan alay ky army.

klo mmg army gk smua kygtu, ya kalian larang anggota kalian agar gk trlibat hal aneh2, mana? adanya kalian diam aja malah ikut2an labil juga.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/12/2017 4:57 PM delete

tapi jujur aja sih, klo dulu memang exol yg kekanakan, kalo skarng army yg kekanakan lbih parah dari exol.
gk usah bohong, bukti nya banyak, dimana nonton YT yg gk ada kaitannya sama bts eh ada army nyasar, ada postingan konser grup lain muncul lagi army, ada artikel gk nyangkut bts eh army nyempil aja, ada live streaming artis lain di vlive atau di YT eh army nyasar lagi, JARANG tuh ada exol nyasar. gak kayak army yang SERING nyasar ke lapak orang

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/12/2017 8:06 PM delete

1. first of all, untuk yang bilang army salah lapak, tolong dipahami lagi blog itu gimana. blog bisa diakses oleh siapapun itu, setiap user bebas mau mengunjungi blog ini apa engga, ditambah di artikel ini ada kolom komentar so otomatis setiap reader boleh dong give some commented on this article. dan lihat lagi judul artikelnya, ada kata ARMY dan isi dari artikel ini pun membahas soal BTS ARMY kan, jadi wajar kalau army nimbrung di artikel ini. lagian, antara judul dengan lead pertama itu kontradiksi sih

2. jika lo bener2 merasa udah dewasa secara pemikiran, please lah ya, lo udah keren bikin blog lalu sharing opini lo tentang suatu isu, tapi alangkah lebih bagusnya jika opini lo ditambah dengan fakta dan argumen yang logis, kalo engga ya its just pure someone's opinion. opini bisa disanggah dan dibenarkan dengan fakta.

3. untuk yang langsung setuju dengan opini si penulis, tolong kritis dalam membaca dan melihat sesuatu ya, jangan langsung percaya sama apa kata orang lebih2 ini hanya sekedar opini. its a fool thing ever. cari faktanya (tapi bener fakta dari sumber yang kredibel, jangan omongan orang hasil ss chat fansite fanbase dll lo bilang fakta/bukti, sama aja bohong)


4. do not generalize!!!

5. lo harus lebih aware sama lingkungan sekitar kamu (re: fandom kamu sendiri and ofc my fandom too), you have to look at a mirror, look at yourself, introspkesi diri jauh lebih baik rather than blamming someone else

6. inderectly, lo memberitahu pembaca disini kalo lo adalah seorang immature fans, bisa dilihat dari tulisan lo sendiri. tulisan seseorang itu menggambarkan siapa penulisnya

7. sebagai army, gue ga masalah si kalo lo mau mengkritik bts dan army, toh ya boleh2 aja, setiap orang berhak berpendapat kan, diatur malah di uud (tapi inget masih ada aturanny, ga perlu kan gue kirimin UU ITE buat kalian yang suka komen2 dengan kata kasar, dan melakukan fitnah?), army juga boleh dong ya. gue lebih seneng dan respect kalo lo bisa ngasih fakta atau seenggaknya selepin deh sedikit aja fakta yang lo tau dari opini2 lo ini,jadi gue bisa tau apa aja kesalahan fandom gue. tapi yaahh, gue ga bisa percaya omongan lo ini, tapi bukan berarti gue langsung percaya ama omongan army, big no!

8. jangan tutup mata tutup telinga dan tutup hati lo kalo ada yang ngasih alasan, kebenaran, atau mungkin fakta yang nyanggah opini lo. kalo lo nolak kebenarannya, yaa percuma aja sih banyak yg komen ngasi ini itu tapi lo nya tetep keukeuh ama kebullshitan lo (kenapa gue pake kata bullshit, karena lo ga mau ngerubah pemikiran dan mindset lo, jadi omong kosong doang kan?)

9. dewasanya seseorang ga ditentuin dia umur berapa, anak smp atau sma, ibuk2 ataupun kakek, anak sd aja udah ada yang pemikiriannya kritis dan dewasa. lo sendiri gimana? udah merasa dewasa dan kritis?


that's all, everyone is free to express his/her opinion, so far it is my opinion.
however, seberapa besar cinta lo ke EXO, segitu juga cinta ARMY ke BTS
sebanyak apapun hate dari haters ke BTS, gue dan army tetep percaya dan sayang ke BTS, karena army lebih tau gimana BTS, gitu juga EXO & EXO-L
semakin banyak kebencian buat BTS, semakin besar keinginan ARMY to protecting them
live a good life girl
you should love yourself

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/14/2017 9:24 PM delete

okeee, gua baru nemu nihh artikel gua baca dari atas sampe bawah dan menurut gua ini bener2 nyata. gua EXOL dari awal emng EXO lah bb yang gua suka, awalnya gua cuman kdramalovers doang tapi setelah liat bbrapa mv exo gua jadi kpopers dan EXOL. ya entalah admin bakal baca komen gua apa nggak :V di sini gua akuin emng bts dari agensi kecil dan emng exo dari agensi besar gua AKUIN itu, but EXO namanya juga gak langsung bisa besar begitu aja cmn gara2 mereka dari agensi besar, buat perjuangin sebuah nama jadi besar itu juga tergantung personalnya exo juga dulu awal debut gak langsung bisa diterima sama Knetizen mereka bahkan pernah dicaci lah dihina lah.... TAPI mereka bisa nerima semua hinaan dan cacian itu, mereka ngeBUKTIIN kalo mereka bisa berbuat lebih dari apa yang orang bayangin dengan talenta mereka pastinya, so akhirnya sekarang dengan kerja keras mereka, dengan hasil dari talenta mereka, mereka membuat nama mereka besar dan membuat banyak yang mencintai mereka bukan hanya karena fisik mereka yang cakap tapi karena kemampuan mereka. buat bts juga mereka kerja keras agar nama mereka besar, storynya hampir sama lah dengan exo dari yang gua liat kyk gitu. tapi buat fans dari exo dan bts khususnya EXOL DAN ARMY. lebih baik kalian bisa cerna apa masa lalu dari idol masing2 gak cmn asal nyebut hal2 yang ngebuat masing2 fandom SAKIT HATI !!! DEWASA SEDIKIT. HARGAIN MASING2 FANDOM. buat exol jangan ngehina army dengan ngata2in bts dari agensi kecil lah atau apalah. begitu juga sebaliknya army juga gak usah ngehina exo dengan menuliskan/mengucapkan/menggambarkan yang ngebuat exol sakit hati..... masing2 fandom juga gak mau kan idol mereka saling diHINA satu sama lain ????? SO DARI SEKARANG BELAJAR DEWASA DAN LIAT DULU STORY DARI MASING2 IDOLNYA. BUAT YANG CUMAN FANS MUSIMAN, FANS LABIL, FANS YANG BARU JADI KPOP, JADI SALING HARUS MENGHORMATI YA !! DAN KHUSUSNYA BUAT YANG MULTIFANDOM BELAJAR UNTUK MENYUKAI HAL YANG DISUKA DALAM ARTIAN LU SUKA BIOLA DAN LU SUKA PIANO LU HARUS BAGI KESUKAAN LU ITU DENGAN ADIL. PARA PEMUSIK AJA BISA HARMONIS DENGAN ALAT MUSIK YANG DIMAINKAN WALAUPUN IYA HARUS MEMAINKAN DARI SALAH SATU ALAT MUSIK YANG IA SUKA. BEGITUPUN LU SEMUA YANG MULTIFANDOM HARUS SEPERTI ITU.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10/15/2017 12:08 AM delete

Gw eneg banget sumpah sama fanwar! Kamu bilang begitu karna kamu adalah army. Fans akan slalu membela idolnya. Jangn menyudutkan EXO-L

Reply
avatar
10/15/2017 12:17 AM delete

Mbak rizka gak terima army dan bts dihina? Hello kita sama ya mbak disini! Mbak jg gak baca ya tulisan di blog ini? Postingan ini kusus hard EXO-L! Situ mau bela army? Pindah lapak mbak silahkan!

Reply
avatar
10/15/2017 12:17 AM delete

Mbak rizka gak terima army dan bts dihina? Hello kita sama ya mbak disini! Mbak jg gak baca ya tulisan di blog ini? Postingan ini kusus hard EXO-L! Situ mau bela army? Pindah lapak mbak silahkan!

Reply
avatar
10/19/2017 3:18 PM delete

ADUH GUE BINGUNG SUMPAH
Gue masuk dunia kpop 2014, and guess what? Gue bukan suka exo, atau bahkan bts.. gue sukanya suju HAHAHA gue tau gue telat ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข dan sekarang gue mulfand suju seventeen tapi di comeback 6 november mendatang gue akan mati matian dukung suju karena gue kangeeenn mereka sejak sekian lama gue mati-matian usaha buat seventeen.. aduh.. kok jadi ngomongin kisah hidup gue yang nggak berarti ini..
Anyway, masuk dunia kpop dari tahun 2014 tanpa ada di kedua fandom yang jadi bahan gosip disini membuat gue cukup menikmati segala fanwar dari kacamata netral *read: gue ketawa tawa tiap nonton fanwar* dan.. setiap adaaaa aja tu dua suku perang, gue selalu nemuin.. oh, disini salah exo-L, oh, yang ini salah army.. ya banyak lah ya kan mereka sering banget tawuran.. intinya, ga selamanya semua salah exo-L, dan ga selamanya semua salah army.. gue ngerti, bahkan ngerti banget, kalo gue ngomong gini, exo-l bilangnya, "ah nggak juga ah.. armynya juga bla.. bla..bla.." ntar yang army juga bilang, "lah exo-lnya bla.. bla.. bla.." karena manusia itu pada dasarnya selalu mau benar, dan doyan cari kesalahan orang lain untuk menutupi kesalahannya. True?
So, sebenernya emang ada yang namanya immature fans, dan gue juga nemuin kok army yang dewasa, dan gue juga nemuin exo-l yang immature.. jadi, ribut mah ribut aja sok silahkan kan bisa jadi bahan hiburan gue sejak tiga taun terakhir hehee.. tapi yaudahlah ya, gausah diambil pusing.. garisin nih, motto gue dalam fangirling..
You know your fandom better, and you know your idol better than them.. cukup sampe disini buat kalian yang baca ini buat numpahin minyak, and lets enjoy the show ajalah ngeliat orang orang sok tau ngejudge fandom dan idol kalian.. dan untuk kalian juga, stop ngejudge fandom lain, nonton boleh, berpendapat boleh, tapi mbok ya kalo seandainya menyakitkan, disimpen aja.. toh comment kalian kan dibaca sama orang yang mencintai idol itu.. bukan idol itu sendiri.. toh mereka lagi sibuk bikin album sama latihan mana sempet buka buka internet nonton fanwar? Percuma.. kalian cuma bikin panas fansnya doang.. yang ada tambah gede, jaman malin kundang jadi manusia lagi juga belom kelar.. atau emang itu tujuannya? Jahat banget sih, kalo emang itu tujuannya yaampun manusia jaman now mah..
So, lets keep calm and enjoy the show aja yukk.. you know your idol better, you know your fandom better, you know yourself better :)

Reply
avatar
A A
AUTHOR
10/19/2017 10:08 PM delete

warna lightstick, dah kalian semua sama immaturenya -_-" B2ST dari jaman kapan warna nya udah silver, dan exo yg debut 2012 juga silver. liat deh dream concert pas masih 2013san, liat ballon mereka, kk aja sampe bingung dimana seatnya b2uty, tp b2uty slow aee.. jadi dek adekk,, yg cantik-cantik... warna didunia itu cm ada mejikuhibiniu dan yg dikombinasikan, jd gak usah dipermasalahin. okee
buat yg ngewar... ada saat dimana nanti 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun kedepan ketika grup lain bubar kalian bakal nangis walaupun bkn stan mereka, karna apa? mrk pernah ngisi masa remaja kalian.

Reply
avatar
wening putri
AUTHOR
10/20/2017 1:58 PM delete

Ini di rt kg bs ya?

Reply
avatar
wening putri
AUTHOR
10/20/2017 2:03 PM delete

Gua dlu elf, tp netral, dan gua dlu pernah kg ada minat sama sekali sama exo, but gua denger dlu yg namanya kalangan gua sendiri byk yg blg klo exo produk gagal SM, jd mungkin bs lah lu nilai sendiri dr mana dia cm numpang nama agensi nya kalo ama fandom yg jelas2 dr satu agensi ae msh dihujat jg, so plis ini bkn masalah agensi, sukses itu masalah usaha vruh, ehe just my opinion

Reply
avatar
jeon ruth
AUTHOR
10/20/2017 2:21 PM delete

Ngaco ni mbanya. yaiyalah ada army yg nyelip org ini sosmed gitu. Siapa aja bisa menjangkau. Siapa yg trima kalo idolnya dijelek2in. Yapasti kaga lah elah. Sok sokan ngeritik idol lain segala. Mau jadi pengritik mba? Wkwk dunia kiamat langsung :v Jadi mature dikit gitu loh mba. Btw daripada war sana sini. Mending vote idol masing2 deh. War ngetik byk juga kaga bakal dibaca sama idol (sbnrnya gw jg ngapain ngetik byk)๐Ÿคฃ hadu33x

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/21/2017 6:26 AM delete

Helooo terus kemana jasa bangsat exol yang bikin kode ketik otomatis bbmas jadi salah? Banyak army yg pake hashtag salah itu buat ngevote.
Exol jangan sok suci ya. Kalian dari exo debut udah bikin rusuh.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/21/2017 6:35 AM delete

Terus idol lu idol manjaa gitu? Lol.
Idol lu kan idol numpang. Dititipin sama agensi buat numpang di konser sunbaenya, pdhl bukan konser exo sampai sunbaenya harus mengorbankan member subunitnya gara2 harus mendatangkan member exo. Dih malu2in..
Tiru tuh fans senior kamu! Malah kok mereka yang paling woles sama army bts. Ga pernah ikut2an convo kebencian dan mengeluarkan hashtag kebencian buat bts.
Exol sama vip sama3 fandom tua yang kelakuannya kayak nenek2 kalo lagi marah. Doyannya ngebully adek2nya. Bts baru debut 4 th aja dah jd role model buat rookiesnya, mana exo?? Semua hoobae seneng banget ngecover lagu bts. Mana exo? Dikit palingan. Cih

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/21/2017 6:53 AM delete

Lahh mba riza, mba dewi kan belain bts dan bilang kl exols tu juga ga suci2 amat. Intinya semua fandom sama2 ada bad applenya. Mba rizka ga baca ya komen sis dewi apa?? Gilirian ada yg belain exo dan ngejatuhin bts/army, situ ga terima. Tapi giliran ada yg blg exol juga harus introspeksi diri lah mba riza ga terima juga. Maunya apa mbak? Mba rizka nih sama aja ma tante annisa yang bikin blog ini. Sama2 pengen ribut!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/21/2017 4:38 PM delete

yakin kamu bisa menghandle exol yang sering salah lapak trus mancing war?

Reply
avatar
Ushyana Dhyan
AUTHOR
10/24/2017 2:02 AM delete

pernah tau juga ngatain Chanyeol rapper gagal.

sebenarnya aku tu suka keduanya tp bkn mulfan. Fandom aku cm 1 dan itu Exo-L

aku itu gapernah komen masalah fanwar sebelumnya. Bagiku dukung exo, beli album & vote itu wujud kepedulianku.

Dan aku gapernah ninggalin fandom meskipun dulu Exo ditinggalin 3 member, kabar dating dan lain2. jujur aja pas ditinggal member gue kecewa dan sedih tp gue tahu mungkin itu yang terbaik, kris,luhan & tao punya hak masing2. dan sampe skg gue msh mendukung mereka. Karena menurut gue mereka msh bagian dari Exo. Dan soal berita dating. Gue kaget sih tp ya namanya juga manusia pasti mereka akan berpasangan pada waktunya. jadi ya diterima aja.

Balik lagi ke fanwar.
makin lama makin runcing. Disini aku netral, ga mihak siapapun.

Terkadang dongkol juga sama exoL yg childish atau army yg childish. Kasian exo & btsnya jadi kena ampasnya.

Gue juga ngikutin debutnya exo & bts. Dan itu benar2 perjuangan.

Kadang gue mikir sama ulah fans Childish. Apa mereka ga berpikir 2x sebelum berucap? Apa mereka ga sadar setiap omongan yg keluar bkl berakibat ke idolnya? Apa mereka mau menodai kesuksesan idol mereka? Atau mereka ga menghargai kerja keras idolnya?

menurut gue fans yg childish itu sama sekali ga mikirin nama baik idol mereka. Mereka ga sadar sama akibatnya. Mereka juga ga menghargai kerja keras idol mereka.

Kenapa gue bilang gabisa menghargai? Karena mereka gabisa menjaga sikap.

Dan bagi kalian yang ingin terlepas dari fanwar. Caranya gampang. Tutup telinga dan mulut. dukung idol kalian tanpa adu mulut. Beli album, konser,merchandise atau bagi yg fans modal kuota kalian bisa ngevote idol kalian disetiap acara penghargaan atau mencoba jadi youtuber Kpop. menyebut nama idol disetiap doa kalian (jgn pernah melupakan doa utk orgtua,keluarga & kerabat, selalu mengapresiasi karya idol. jangan didengerin kalau ada fandom lain yg nyari rusuh. Biarin aja, bodo amat yang penting kalian fokus sm Idol

Udah gitu aja. Nyambung ga si? Maaf jika ada kata2 yg kurang berkenan.

Reply
avatar
Mawarmy
AUTHOR
10/28/2017 10:47 AM delete

Semua org punya pendapat berbeda, ya tergantung pengalamannya, semua fandom pasti ada fans IMMATURE,tapia ada juga yg membuat fake artikel, fake pendapat, itu semua buat buatan, utk saling menjatuhkan, Jadi Jangan mudah percaya, nanti masuk bakal jurang, Malahan saya punya teman (ARMY) mantan exol, dia bilang exol licik, suka menghina dia, makanya dia berhenti jadi exol, So semua pasti ada buruk ada baiknya, ada juga yg Palsu, tergantung bagaimana kita bergaul, berpikir positif aja, kalo kamu mau ngasih pendapat jangan terlalu detail, kesannya menjatuhkan, ga semua yg kamu alami itu dialami org,

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
10/29/2017 3:15 PM delete

sangat disayangkan artikel seperti ini di post di dunia maya

Reply
avatar
11/01/2017 10:41 PM delete

Ya org yang multifandom itu rata2 munafik dan fans musiman. Exo comeback lari ke exo, wanna one debut lari ke wanna one, bts comeback exo dan wanna one dikata2in

Reply
avatar
Ade Maheswari
AUTHOR
11/01/2017 11:16 PM delete

Kepada YTH mba annisa yang telah membuat artikel ini. Setelah saya baca isi artikel anda, saya bisa simpulkan bahwa andalah yang seorang immature fans dari EXO. Tolong sekali jangan mengundang perdebatan antar fandom. Iya saya tau EXO had more power than BTS. Di semua fandom pasti ada aja cane2an macam kamu yang mulutnya gak bisa dijaga :) saya Exo stan bukan army padahal.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/06/2017 4:29 AM delete

Im sorry to say that. Tapi kakak sebelumnya bilang gapernah ketemu ARMY dengan pandangan yang berbeda. Mungkin kakak sendiri selalu salah kenal ARMY. Aku ARMY dan yaaa bisa dibilang aku masih army baru karna suka sa!a mereka baru dari jaman Danger. Im so appreciated dengan tulisan kakak ini. But aku gabakal bosen bosemnya bilang. EXO BTS itu berteman baik. Kalo kakak mau ngebantu buat ngehilanhin bad mark dari ARMY dan EXO-L seharusnya kakak tulis hal positif dari pertemanan mereka. Jangan malah menyudutkan satu sisi. Terima kasih pernah menyukai our boys kami. Dan actually aku suka EXO mereka lucu apalagi pas mereka di drama Next Door. Tbh, aku sahabatan sama EXO-L dan ya kita adem aja karna setiap masalah fanwar pikiran kita terbuka. Kota gapernah menyudutkan satu masalah yang dibawa sampe dengki hayi. Karna kalo kita memandang satu hal dengan pikiran negatif maka selamanya akan seperti itu..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/06/2017 4:09 PM delete

Hay.. Aku suka tulisanmu. Setidaknya aku tahu apa uneg2 exol. Dan ya emang dua fandom ini lumayan sensitif dan sering adu argumen. Tentunya karena kalian sama2 sayang Idol kalian masing2

Soal immature fans, aku yakin hampir semua fandom pernah punya immature fans. Dan bagiku fans immature perlu diarahkan dan diingatkan. Kalo Exol nemu Army yg immature, ngundang war dsb. Ingetin. Kasih tau army lain kalo ada yang kaya gitu. Gitu juga kalo army nemu exol yang immature, berhak buat ngingetin biar enggak terus ada fan war. Kita sama2 suka k-pop, jadi wajarkan buat saling ngingetin. Inget aja kita di Indonesia sama2 kaum minoritas, enggak peduli seberapa besar fandom kita. K-popers tetep dianggap sebelah mata. Jadi apa salahnya saling dukung dan saling mengingatkan?

Aku Army dan sering liat akun twit yg jelekin bts pake akun 'exol'. Bagiku mereka cuman ngaku-ngaku exol dan niat bikin dua fandom war. Mungkin aja mereka haters kedua BB dan suka liat dua fandom ini war dan akhirnya jatuh. Who knows?

Aku punya temen exol, dan tiap ada akun yang kaya gitu kita cuman ketawain aja. Dia suka lagu bts dan aku juga suka suka lagu exo. Dan syukurlah kami baik2 aja.

Army yg dislike mv exo? Army juga denger exol dislike mv bts
Army nyebar link frezee? Army juga denger exol nyebar link freeze
Beberapa Army ngomong kasar? Army juga liat beberapa exol ngomong kasar
It's same. Pelaku sebenarnya apa bener army atau exol? Entah hanya Tuhan yang tahu.

Berhenti war? Bisa kok. Enggak perlu nunggu. Kalau menurut kalian karena ulah immature fans, maka ingetin dan arahkan. Enggak bisa diarahkan, anggep mereka angin malam.

Dan.. Aku suka bonus pic-nya. Idol kita aja bisa kaya gitu kok. Fansnya juga pasti bisa! Fighting guys! Peace~

Reply
avatar
Olivia Gerine
AUTHOR
11/07/2017 12:27 AM delete

hah? dibantu? dibantu apanya nih? :D

Reply
avatar
Olivia Gerine
AUTHOR
11/07/2017 12:29 AM delete

hah? dibantu? dibantu gimana nih? :D

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
11/11/2017 11:18 AM delete

Waduh aku sih merasa gapapa kalo harus salah lapak demi meluruskan semua pandangan-pandangan kalian yang salah tentang ARMY. Masa iya idol aku dijelek-jelekin disini aku diem aja. Toh aku juga disini ga ngajak ribut tapi lebih ke meluruskan pandangan kalian yang salah. Ya kali kalo di lapak sendiri mana ada yang ngejelekin bangtan, this is about the logic.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
11/11/2017 11:20 AM delete

Jasa wkwkkwkwk. Iya jasa kalian kan bikin hashtag yang salah pas bbma, biar votenya ga keitung

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
11/11/2017 11:24 AM delete

Yaudah kan sama-sama suka salah lapak. Gausah mojokin salah satu. Ngerti ga sih apa yang jadi concern aing disini hufftt

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
11/11/2017 11:28 AM delete

Kamu tau gak sih plagiat itu arti harfiahnya apaan? Cari di KBBI, plagiat itu tindakan mengklaim karya milik orang lain seolah-olah milik sendiri. Karya ya, bukan konsep. Konsep itu general bisa dipakai siapa aja. EXO pas comeback love me right juga mengingatkan aku ke INU nya Bangtan kok. Tapi ARMY b aja. Sebenernya im sick of tanggepan orang soal "mirip" lah, "mengingatkan" lah. Karena ya itu tadi,yang kamu sebutkan hanya sebatas konsep yang general. Kalo Bangtan plagiat pasti udah dilaporin kok, tenang aja.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
11/11/2017 11:36 AM delete

Kan aku udah bilang kalo soal dulu-duluan, tiap fandom pasti ada oknum yang memulai. Ga selalu dari ARMY. Tapi kok tetep aja dibalikin ke ARMY terus wkwk. Dari komen kamu udah keliatan kalo kamu gabisa open minded dan ngga tertarik untuk mencari "the truth" di balik war dua fandom ini. Semata-mata hanya untuk mempertahankan argumen saja. Yaudah gapapa, aku nyari EXO-L yang mature utk diajak diskusi

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/15/2017 12:38 PM delete

Setelah aku baca dr awal sampai selesai, inti dr artikel ini adalah immature fans. Nah gini ya, aku udah suka exo dr zaman mama. Aku juga suka bts dr zaman no more dream, we are bulletproof. Aku EXO-L juga ARMY. Banyak hal yg sudah diributkan sejak bts debut. Contoh concept. Inget concept exo di album xoxo? Sama bts juga punya concept seperti itu. Dan banyak lagi hal yang membuat netizen suka comparing antara exo dan bts. Entah bts plagiatlah, inilah itulah. Aku sebagai mulfan menanggapi dengan kepala dingin. Mikir pakai logika. Concept itu bukan hak milik SM atau BigHit kan? Jadi mau seventeen pakai concept persis seperti exo dan bts di album lama mereka itu hak PLEDIS. Kita sebagai fans sebenernya untuk apa sih protes sana sini? Sedangkan agensi mereka masing2 gak menanggapi apapun. Wasting time bgt. Lagu yang nada nya mirip2 emang sudah pasti plagiat? Bisa dikatakan plagiat kalau si B meniru keseluruhan musik karya si A namun lirik serta judulnya di ganti. Itu PLAGIAT. Nah kalau dr sebuah lagu milik si B yg berdurasi 4 menit, tapi 5 detik dr lagu si B tersebut punya kesamaan nada dengan lagu si A, Hey! Itu bukan plagiat namanya. Bedakan dong. Se-immature-nya kamu, pasti punya logika. Kalau agensi si A aja gak bertindak apapun untuk 5 detik kesamaan nada antara lagu B dengan artis asuhan mereka (si A), kita yg fans untuk apa koar2 di sosmed bilang si B plagiat? Apasih faedahnya saling menjatuhkan? Aku EXOL dan ARMY. Aku streaming POWER, aku jg streaming DNA. Aku vote MAMA 2017 untuk BTS dan EXO. Aku tutup telinga sama masalah illegal vote. Karna belum tentu benar ARMY yg melakukan. Bisa aja ANTIS pura2 jd ARMY yg ngelakuin itu. Intinya POSITIVE THINKING. kalau kamu exol terus nemu army yg gak bener ya di tegur, begitu sebaliknya. Tegur personal, kasi tau apa yg salah apa yg bener. Daripada sindir sana sini. Bermusuhan itu mudah tapi Mempertahankan tali pertemanan gak semudah yang kita bayangkan. Itu namanya multifandom. Berlaku adil. Bukan berarti kamu gak membela fandom mu tp kamu mencoba untuk tetap berjalan seiringan dengan keduanya. Sekian.

Reply
avatar
11/17/2017 11:44 PM delete

Ini beda to long baca baik baik ya

Reply
avatar
11/17/2017 11:49 PM delete

Tolong setia bersama EXO-L Jangan lepaskan genggaman kamu bersama EXO-L terima kasih mau jadi bagian dari EXO Dan EXO-L Saya harap kamu selalu Dan selalu setia untuk EXO Kami EXO-L saling menyayangi EXO-L Bgitupun dengan uri EXO TOLONG SETIA SARANGHAJJA WEAREONE

Reply
avatar
fara.kookies
AUTHOR
11/18/2017 9:38 AM delete

aku juga baru kpopers dari ramadhan 2017 aku suka exo suka bts ya mulfan sihh tapi aku gak terima karena aku army 70% nya tapi menurut aku itu emang betul agensi itu juga berpengaruh juga tapi aku mau bilang sesuatu army maupun exo l gak ada yang mau fanwar ada orang yang mau army sama exo l itu fanwar jadi kalo ada cerita cerita menyinggung exo l ataupun army itu sungguhnya bukan dari exo l ataupun army mereka hanya ingin kita war terus mereka manas manasin jadi kalo ada yang menyinggung exo l apa army tolong ambil tindakan dewasa jangan langsung war aja . aku sebagai mulfan gak bisa terus war...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/18/2017 3:31 PM delete

'Gue curiga kalo fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yg gak setia sama EXO lebih tepatnya fans musiman. Atau pindah fandom dengan santainya'

Lah lucu, kalo elo gimana dong? Yg tadinya fans bts trs pindah ke exo? Bisa gue balik kata2 situ loh (pengecualian alasan yg sebenarnya)

Jd jangan menduga2 gitu deh ya

Reply
avatar
eggshol
AUTHOR
11/20/2017 9:45 AM delete

serah lu. and gw army, suka2 gw mau masuk di forum ini apa kgak. ini forum umum gak ada yg larang. mbaknya yg buat blog plis ngaca dlu pake daun biar sadar kalo lu gak ada bedanya sama fan pembuat onar di luar sana. semakin kesini juga dunia internasional pada tau kok sapa artis yang BERKELAS

Reply
avatar
Rena Lestari
AUTHOR
11/22/2017 6:53 PM delete

aku exo-l belum lama aku suka sama exo tapi aku juga ga benci tuh sama bts ,kalo aku kasih saran sih bias kita juga ga musuhan kenapa fangirlnya palah perang terus! kapan akurnya?DAEBAK:V

Reply
avatar
Jihan
AUTHOR
11/25/2017 10:33 PM delete

Anonim sunbae! Aku baca komentar kakak dari atas,wkwk,paling kesel kalau lagi bales2an sama si r*z*a-r*z*a itu, ketawa aku bacanya, wkwk, salut sama mulfand yang kea gini

Reply
avatar
11/27/2017 1:23 PM delete

Hmm gue setuju sama lu Anisa, gue juga udh eneg banget sumpah demi apa yaAllah, gue MURNI EXOL dari jaman awal EXO debut, sebelum ini juga Exo nyaman nyaman aja gaada fanwar dll, tapi setelah yaaa itu, jadi gini dah astaga, yg sama VIP juga bisa diselesaikan �� gue juga sering dibully disekolah bcs gue EXOL, banyak banget temen sekelas gue yg ARMY,tapi Alhamdulillah gue juga ada temen EXOL juga si, yaa gitu mereka songong, astaga dragon sombongnya minta ampun, apalagi kemaren yg BTS baru rilis Mic Drop apalah itu,mereka tambah sombong dah ke gue, bahkan pas vote MWave itu, gue dibully sampe nangis! Astagfirullah,dan alhasil apa,ARMY curang kan?! Ganyangka gue bisa Segede gini masalahnya

Reply
avatar
jin planet
AUTHOR
11/27/2017 8:01 PM delete

What makes this whole fanwar ridiculous is that people bother to even care about those. I mean, if people just can shut up and keep supporting they fav and not busy sputter comment towards other that not even relevant, we'd never know fanwar to begin with. Just same as you dear writer, u just seem bother too much to this matter. I don't know why I even here but we'll I read what u wrote, while I don't agree much I won't call u out on that either. Because it doesn't matter to me. Of course there would be hatter, who wouldn't hate people when they accomplished much? And I speak this for both group. They are all great,they are all gods for their fans. Because know what? U will always said ur family is much much better than others, so that's that. No matter whose at fault, people choose side everyday. And they would stand by it no matter what happens.so yeah, my suggestion? Don't bother.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11/27/2017 9:08 PM delete

Nampaknya aku telat banget ya komen ini. Btw, gemes aja pengen ngomen setelah baca semua komentar2 diatas.

Halo kenalin aku yufi, aku coass, umurku 22 th.
Aku exo L garis keras, sayang banget, suka banget, bahkan hari2 aku tuh ga lengkap kalo ga kepo exo, ga dengerin exo, ga mainin game exo, ga liat video atau ig ttg exo.
Semoga smua exo L selalu tulus dan dkung exo tanpa mempedulikan hal hal yg bkin kita goyah, terserah siapapun blg gmn, so kalo itu berlebihan kita peringatin aja, tanpa harus balik ngelakuin hal yg sama.
Semakin tinggi pohon makin kenceng anginnya. Mgkn smua ini tjd krn exo udah makin baik, dan makin meningkat, jd cobaannya makin berat...
Aku harap smua exo L bisa selalu bersama selama mgkn, kaya yg diucapin chanyeol "semoga bsa rayain ultah exo L 30,300,3000 tahun yg akan dtg"
Cintai exo, sebagaimana mereka berusaha mmbuat kita bahagia dg karya karyanya.
Cukup dukung dan ikutin exo. Setia jd exo L.

Reply
avatar
11/30/2017 3:57 PM delete

Iya gapapa kok,kami sebagai army juga minta maaf mewakili army yg lain juga,jika ada salah terhadap exo-l
Andaikan fanwar kek begini tdk terjadi๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
11/30/2017 3:57 PM delete

Iya gapapa kok,kami sebagai army juga minta maaf mewakili army yg lain juga,jika ada salah terhadap exo-l
Andaikan fanwar kek begini tdk terjadi๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
11/30/2017 3:58 PM delete

Iya gapapa kok,kami sebagai army juga minta maaf mewakili army yg lain juga,jika ada salah terhadap exo-l
Andaikan fanwar kek begini tdk terjadi๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
12/01/2017 2:28 AM delete

Gw suka artikel lo
Setuju bgt
Sebagai exo l yg setia dari awal debut sampai sekarang

Reply
avatar
12/02/2017 4:27 PM delete

Maaf ya mbaa, bukan maksud saya apa2 saya 100% army. Liat mba ngomong begini bikin emosi saya tersulut ga tau kenapa ya. Situ punya muka taro dimana mba? Ga ada org yang jasa nya itu di baca2. Ga ada mba. Dan situ mulutnya tolong dijaga mba. BTS MENANG BILLBOARD BUKA GARA2 EXO-L. Nih saya bilangin aja ya mba. Vote sampe 300jt itu pure army semu, saya kasih tau lagi. Fandom situ ada yg ketauan milih dukung nomine lain biar BTS ga menang. Jadi mulut mba tolong dijaga. Saya ga tau itu pas exo l bantuin army buat menangin i need you, emang saya jadi army 3 bulan setelahnya. Dan dari sana saja saya sering dapet kabar exo-l ngerendahin bts jauh jauh bgt didasar. Heran saya. Saya yg 2 tahun jadi army juga sudah tahu apa yg fandom kalian perbuat selama ini. Iya army sering salah lapak, tapi diartikel yang jelas jelas "MENYINDIR, MENGHINA, MENGEJEK" BTS. Udah saya liatin mba, fandom situ juga sering salah lapak:") maaf ini sebelumnya. Awalnya ga tersulut emosi, tapi liat komenan mba ini cukuplah buat tangan saya nekan "reply". Makasi

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/02/2017 10:10 PM delete

kan kebenarannya juga ga diketahui,itu yg jelek2in Exo emang army atau bukan,kita yang berusaha gak jadi immature,ya harusnya jgn berpikir yg enggak2 dlu,maksudnya berpikirnya itu jangan yg sampe mikir klo mereka minta maaf nya ga serius lah,atau apalah , soalnya klo kita mikir kaya gtu,apa bedanya? Kita immature juga dong.klo misal ternyata memamg cuman oknum lain yg pura2 jadi army,terus exo-l mikirnya terlanjur kaya gtu,ya fanwar ga bakal ada endingnya dah.maaf ga bermaksud memihak,cuma mau nyampein pendapat aja,soalnya fanwar ga kelar2 :') moga army sma exo-l bisa cepet damai aja deh

Reply
avatar
Ervin Siregar
AUTHOR
12/03/2017 1:22 AM delete

heehh gak ada guna nya kali kalian ada acara acara fanwar gua juga heran knpa kalian begitu fanatik sama mereka gua suka cuma gara gara lagu nya yg enak di dengerin klo maslaah kya gini bukan rusan gua yang penting kita nikmatin karya yg mereka buat, ini ada pake masalah fanwar yaelah macem udah siap aja kelen perang klo cuma bisa war di medsos mah mending diem aja lah gua ngikutin bts gua ngikutin exo, seventeen, infinite, bap banyak gak pernah pusing ama fan mereka kaya lu dapet sesuatu aja klo lu menang dari war yang gak jelas ini mending hidup damai btw lu idolain mereka belum tentu mereka kenal ama elu pake bela belain mereka, mereka aja temenan emang lu pernah liat jimin ama kai tonjok tonjokan engga kan jimin ama taemin aja temenan banget yahhhh gua heran knpa penggemar kpop itu dangkal banget gitu lohh whyyy gitu lohhh edaanannnnnnn cah nya teh cah mamprang hahaha btw i love them song not them but them songs !

Reply
avatar
Ervin Siregar
AUTHOR
12/03/2017 1:46 AM delete

btw bts sampe bilboard loh ehm ehm lah buat kalian
mic drop!
be normal person dude if you can make your idol gorw up do that, dont make your idol looks more dirty with your oppinon to another idol, if you all continue this joke seriously your idol can't grow like they want. just do a good thing to your idol if you find some heat sey like this"love your self" dont make them more hooked with you all i believe a good fan its make his idol grow and rise the star
i believe exo-l can do more like they want and i believe bts will more gorw like he want to
and one thing you must know they are friends dude

Reply
avatar
Sri
AUTHOR
12/05/2017 12:53 AM delete

Assalamualaikum warahmatullohhiwabarokatuhh,,maaf sebelumnya mba,,ya setiap orang pasti boleh mecurhakan isi hatinya,uneg2 kalian masing2,,tapi jika anda bikin sepanjang dan sebanyak ini dan menceritakan tentang exo dan exol di lapak mba sendiri so pasti banyak yang terhasut ada juga pasti yang enggak,,saya sebagai army yahhh mantan ELF,mau angkat bicara sedikit saja,,jujur saya membaca ini sakit hati sekali karena bangtan dan fandom saya diginiin tapi saya tau kok fandom anda juga merasakan tersakiti juga,,kalo terus2an seperti ini gak ada yang bakalan bisa ngalah,,saya sebagai army so pasti dukung bangtan kan dan anda sebagai exol pasti dukungnya exo kan??,,,saya sebenernya males ngadepin yang kaya ginian,,tp diliat2 semakin gede yahh warnya,,dan saya kasih tau yah k-army dan k-exol udah baikan,,jadi mau sampe kapan i fans mau ssaling minta maaf saling pengertian satu sama lain,,klo anda pun menceritakan semua msalah exol dan exo saya juga bisa menceritkanan masalah army dan bts,,dibilang gak semua army dan banyak army yang salah lapak,,tp nyatanya banyak juga exol yang salah lapak,,oke ini uneg2 saya juga,,setidaknya kalian tuh bacalah bukti dr kita,,kalo itu salah bicarakan baik2 jangan sindir2 dan menjelek2an,,gak bakalan ada asep klo gak ada api,,dan masalah yang sekarang wannable sama exol,,kenapa kalian nuduh army yang bilang jangan duduk disitu dan bilang fuck??apa faedahnya??biar fandom kita dicap buruk gt,,saya ngomong kaya gini ada buktinya loh,,,oke oke saya terbawa emosi sekarang,,saya tau dituduh itu rasanya gak enakkk,,jadi tolong kalian exol kalo kita (army) punya salah bicarakan baik2 dan dirundingkan secara baik2 kalo memang kalian dewasa ,,disini saya cuma mau menyelsaikan masalah secara baik2 bukan pake emosi,,kita emang GENGSI mau saling minta maaf,,dan jadilah fanwar,,
Cukup segitu doang maaf kalo saya nyampah dilapak anda,,setidaknya saya ingin meluruskan bukan mau mendukung fandom sendiri,,
Wassalamualaikumwarohmatullohiwabarokatuh

Reply
avatar
12/05/2017 12:07 PM delete

Ini nih yang bikin war ga beres beres
Yang ini gini yang itu gitu
Saya exol dan juga army. Masa harus war sama diri saya sendiri๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Intinya kalo kaya gitu kalian tu sama aja egois tau
Udahlah ga guna. Kita itu harus saling dukung bukan saling jatuhin.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/05/2017 12:17 PM delete

Bukan ARMY salah lapak disini
Soalnya ARMY dan BTS kesebut
Takutnya di GHIBAHin jadinya ikut baca:v

Reply
avatar
Haiii
AUTHOR
12/05/2017 5:18 PM delete

Hii fams,, asli sedih n nyesek kmu pindah dr army, but i hope u will always be there for exo n exol forever.... n gomawo udh prnh mnjd bagian dr army, maaf udh bikin kmu kecewa sehingga kmu akhir'a bkn jd army lagi... maaf udh mmberikan kesan akhir yg jelek,, be happy fams ....

Reply
avatar
12/06/2017 3:57 PM delete

bahas ttg ga setuju sama fanwar , tapi penjelasannya muter2 yg malah memancing war di blog sendiri . meskipun gw suka suka bts , bdw gw kpopers baru , dulu lebih ke kdramas aja walaupun dari dulu udah suka suju , big bang atau boyband lain yg lagu mereka bagus . baru kali ini yg bener2 fanatik, ya fanatik sampe beli2 merch resmi mereka . gw juga suka exo lagu2 mereka bagus i appreciate it , kalo gw sih fans netral aja deh , intinya jgn mancing2 ..

Reply
avatar
Claryta Putri
AUTHOR
12/07/2017 5:01 PM delete

AKU LEBIH CINTA BANGTAN❤
MEREKA BEDA DARI IDOL LAIN

Reply
avatar
fairy puff
AUTHOR
12/07/2017 6:08 PM delete

tbh I'm multifandom. but, exo-ls make me hating exo :) idk their mouths are cruel

Reply
avatar
fairy puff
AUTHOR
12/07/2017 6:25 PM delete

aku mulfandom, aku follow semua fanbase. dari bb, exo, bts, svt, w1. dari yg aku lihat di fanbase bts (army) mereka kalem2 aja dikata2in. sebaliknya di fanbase exo (exol) mereka pada ngatain army dari a-z. dari yg aku suka exo jadi gasuka lagi karena a-z kejelekan exol dan exo yg bermula dari fanbase exo (exol)

Reply
avatar
fairy puff
AUTHOR
12/07/2017 6:48 PM delete

ada asap ada api haha knp aku selalu ketawa kenceng tiap baca komentar dari exol ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
12/10/2017 7:57 AM delete

Dari awal baca trus nyampek kalo ARMY semua nya gak dewasa.. Gue langsung ke kolom komentar aja, soalnya diliat dari yg kamu tulis sebenernya kamu yg gak dewasa. -_- pliss haters, just love yourself.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/10/2017 8:46 PM delete

Bfft.. Sori salah lapak. Heran deh, dulu suka sama bts sekarang ngejelekinnya segini hebohnya. Jangan jangan ntar nemu hal serupa di fandom exol, berubah jadi haternya exo juga nih.

Gini nih tipikal manusia hobi mengeneralisasikan semuanya. "kebanyakan army itu immature" first of all aku anggep ini opinimu ya. Mungkin pas kamu masi jadi army, mainmu kurang jauh. Makanya ketemu yg immature sekali langsung pindah fandom. Harusnya kalo emamg kamu dulu army yang baik, ketemu immature, justru dikasi tau yang bener harus gimana dong. Fandom itu family. Kalo ada yang salah dikasih tau, bukan dijauhin terus keluar fandom terus ngebenci fandom itu. Justru disini kamu yang keliatan immature.


Terus kalau kamu bilang army kebanyakan anak smp sma, maaf ni sebelumnya, coba main main lebih jauh lagi.. Lebih diperluas lagi gaulnya. Jangan disitu situ mulu. Nanti nemunya ya yang itu itu aja. Aku bukan anak smp ato anak sma, aku dah ngelewatin fase itu, dan semua army yg kutemuin selama ini juga beragam dan mayoritas udah dewasa, baik dr segi umur maupun pemikiran.

Kamu sendiri kalo dilihat dari cara nulisnya juga masi abg labil. Pasti juga belum lulus sma. Jadi sebelum nulis, alangkah lebih baik berkaca dulu.


Aku jadi kpoper udah lama banget. Kalo kamu bilang army itu hobi fanwar, coba dong liat rekam jejak exol sebelum bts debut, dan sebelum bts jd sepopuler ini. Berapa kali exol fanwar sama fandom lain. Coba kamu cari soal fanwar exol, (kalo males nyari aku bisa ngasih ss annya ke kamu) kamu bakal nemuin banyak, exol fanwar sama vip, exol fanwar sama shawol, exol fanwar sama wannable, fanwar sama baby masih banyak fandom lain. Terus coba cek fanwarnya army, dan kamu akan nemuin satu satunya fanwar yg ada itu cuma army sama exol. Jadi bisa diliat kan siapa yang hobi fanwar.

Exol itu emang fandom yg hebat, support exo segitu gedenya sampe setiap yg mereka anggep pesaing bakal diserang abis abisan. Dulu pas exo masi saingan sama bap, yg diserang fansnya bap kan. Army sm bts dulu tenang tenang aja tuh. Justru ketika bts mulai terkenal, exol nganggep itu anceman buat popularitan exo, jadilah ngajak fanwar army. Army yang immature pun akhirnya kesulut dengan niatan bela bts, sedang yg mature chill aja. Disini posisinya army hanya deffense mode. Melindungi idolnya.


Soal manipulasi bighit atau apalah itu, aku ga akan menjelaskan fakta sebenernya ke kamu. Karena kamu gasuka sama bts dan army. Mau aku kasi tau fakta sebener apapun ku juga ga akan mau dengerin. Kalo mau tau faktanya boleh dicari di gugel.

Dan plagiat bfftt, musik itu luas sayang. Kemiripan sedikit itu bukan namanya plagiasi. Ide musik juga bisa didapetin dr mana aja termasuk dr musik lainnya. Ini bisa jadi faktor kenapa satu musik dengan yang lainnya bisa kedengeran mirip. Kamu gabisa seenak jidat nuduh itu plagiasi dengan persentase kemiripan hanya 5 persen.

Soal penjualan album dan daesang tercinta kalyan, aku gatau kenapa kalian terobsesi banget sama daesang, sampe ketika satu daesang didapetin bts kalian ngomong yg macem macem. Manipulasi lah, charity daesang lah. Penyelenggara award pasti lebih tau siapa yg berhak sesuai dengan kriteria masing masing. Soal penjualan album exact yang katamu lebih banyak, sepertinya dikomentar aku liat juga banyak army yg udah ngejelasin kenapa bts bisa menang di album. Perhitungannya coba dibaca. Aku gaperlu capek capek ngetik ulang disini, karena aku tau kamu juga pasti gamau tau. Jd percuma dijelasin lagi. Soal warna lighstick, hadeeehh yakin juga mau didebatin? Ga capek nuduh semua mua plagiat? Ga capek, cuma gegara warna aja musti berantem?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/10/2017 8:49 PM delete

kalo bts terkenal segitunya di billboard dan us, kenapa ga sekalian jd artis us aja sana" bfft kamu harusnya ikut bangga dong, ada grup yg akhirnya bisa mengharumkan nama korea. Mecahin rekor dimana mana. Diundang ke billboard, ke ama, dibicarain di grammy, di notice sama artis hollywood, diajak kolab dsb. Harusnya bangga dong. Media korea aja dengan bangga memberitakan soal ini karena dianggap mengharumkan nama korea. Kenapa kamu malah setujuin orang orang yang sirik gitu. Nih anggep aja lah contohnya agnez mo. Kamu sbg orang indonesia aja pasti bangga kan liyat dia sampe hollywood, yang ngata ngatain dia suruh jd artis hollywood aja tuh yang sirik sama karir cemerlang dia. Semakin tinggi seseorang, gangguannya juga makin besar, kerikilnya makin banyak. Kamu jangan ikut ikutan jadi kerikirl dong. Tau kan kerikil tuh, ditendang juga ilang.

Kalo kamu segitu ngerasa pressed karena popularitas exo terancam karena bts, ya fokuslah sama exo. Ga usah peduliin army maupun bts. Dengan gitu kalian exol , bisa mempertahanin popularitas exo. Drpd kalian sibuk nge hate bts sm army, jadinya untung di kita. Kita makin terkenal.

Saran satu lagi. Jangan terlalu terobsesi sama idol kamu. Membenarkan dan ngebela semua yg dilakukan idolmu ntah itu salah apa bener. Yang kamu bilang army itu fan musiman, ato bekas exol apalah itu, (kamu juga bekas fans bts btw) coba dong belajar dr mereka, meski fan musiman, fans bekas exol, liat seberapa mereka tetep stay buat bts. Dan tanpa menjelek jelekkan exo bekas idola mereka. Tau kenapa army solid dan terus tumbuh banyak setiap harinya, karena kita bener bener menerapkan konsep keluarga. Mensupport, membenarkan kalo salah, baik sesama army ato ke artisnya, fokus sama fandom dan artisnya sendiri, welcome sama army baru, merangkul fans musiman supaya bisa jadi fans tetap.


Sekali lagi, coba dipikir kembali ya. Jangan nambah nambahin fans immature yg hobi nulis rant sana sini bela idolnya habis habisan tp gamau mengakui kesalahan dan fans yg hobi bikin malu. Tau kan berita belakangan ini, bahkan kalian bikin malu idol kalian sendiri dengan masuk berita di korea gegara tingkah konyol kalian. Petisi? Gedung biru? Ato apalah itu. Kasian exo yang nanggung malu. Udah cukup worst fandom disematin buat kalyan. Jangan diperburuk lagi. Ga tega sama exonya.


Katanya kamu hobi ngehapusin komen juga yak. Duh stay pressed aja ya, Dek.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/10/2017 8:50 PM delete

kalo bts terkenal segitunya di billboard dan us, kenapa ga sekalian jd artis us aja sana" bfft kamu harusnya ikut bangga dong, ada grup yg akhirnya bisa mengharumkan nama korea. Mecahin rekor dimana mana. Diundang ke billboard, ke ama, dibicarain di grammy, di notice sama artis hollywood, diajak kolab dsb. Harusnya bangga dong. Media korea aja dengan bangga memberitakan soal ini karena dianggap mengharumkan nama korea. Kenapa kamu malah setujuin orang orang yang sirik gitu. Nih anggep aja lah contohnya agnez mo. Kamu sbg orang indonesia aja pasti bangga kan liyat dia sampe hollywood, yang ngata ngatain dia suruh jd artis hollywood aja tuh yang sirik sama karir cemerlang dia. Semakin tinggi seseorang, gangguannya juga makin besar, kerikilnya makin banyak. Kamu jangan ikut ikutan jadi kerikirl dong. Tau kan kerikil tuh, ditendang juga ilang.

Kalo kamu segitu ngerasa pressed karena popularitas exo terancam karena bts, ya fokuslah sama exo. Ga usah peduliin army maupun bts. Dengan gitu kalian exol , bisa mempertahanin popularitas exo. Drpd kalian sibuk nge hate bts sm army, jadinya untung di kita. Kita makin terkenal.

Saran satu lagi. Jangan terlalu terobsesi sama idol kamu. Membenarkan dan ngebela semua yg dilakukan idolmu ntah itu salah apa bener. Yang kamu bilang army itu fan musiman, ato bekas exol apalah itu, (kamu juga bekas fans bts btw) coba dong belajar dr mereka, meski fan musiman, fans bekas exol, liat seberapa mereka tetep stay buat bts. Dan tanpa menjelek jelekkan exo bekas idola mereka. Tau kenapa army solid dan terus tumbuh banyak setiap harinya, karena kita bener bener menerapkan konsep keluarga. Mensupport, membenarkan kalo salah, baik sesama army ato ke artisnya, fokus sama fandom dan artisnya sendiri, welcome sama army baru, merangkul fans musiman supaya bisa jadi fans tetap.


Sekali lagi, coba dipikir kembali ya. Jangan nambah nambahin fans immature yg hobi nulis rant sana sini bela idolnya habis habisan tp gamau mengakui kesalahan dan fans yg hobi bikin malu. Tau kan berita belakangan ini, bahkan kalian bikin malu idol kalian sendiri dengan masuk berita di korea gegara tingkah konyol kalian. Petisi? Gedung biru? Ato apalah itu. Kasian exo yang nanggung malu. Udah cukup worst fandom disematin buat kalyan. Jangan diperburuk lagi. Ga tega sama exonya.


Katanya kamu hobi ngehapusin komen juga yak. Duh stay pressed aja ya, Dek.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/11/2017 9:22 AM delete

exol ngebantu bts menang billboard?? ngga salah baca nih. keknya mei lalu waktu army usaha buat menangin bts, ada beberapa fandom yang bersatu buat vote artis lain biar bts ngga menang di billboard yaa. ohh,atau mungkin fandom kamu ngga ikutan kali yaa. hhhhhhhhh

Reply
avatar
Ofii Fifioo
AUTHOR
12/12/2017 1:00 AM delete

bodo amat lahh . udah enek gue sm war2 gitu2. pdahal exo sm bts baik2 aja . diantara mereke berteman baik malahh. contoh v sm baekhyun , jimin sm kai . sadar gk sihh makin kalian kepancing emosi oleh oknum yg gk bertanggung jawab kalian mungkin akan mmbela idol kalian dn sadar atau gk sadar kalian kg ikut nyalain api ??? gue mulfan , gue army gue jg suka banget sm exo . but gue lebih cinta sm bts s ,
selama mereka berhubungan baik gue rasa gk ada yg perlu dipermasalhin . silahkan cari topik buat war sesuka kalian(khusus buat yg suka ngewar) . why??? fandom lain yg ngjelekin idol kalian lebih dulu??? be smart please !!! gimanapun jg haters gonna hate . mau klian bales apa aja ya bkal ttep cari masalah . justru klo kalian ikut kepancing sm haters mungkin kalian secara sengaja atau gk kalian jg ngrendahin idol nya haters itoh dan mungkin secara gk sengaja kalian mlah ikut mencemarkan nma fandom kalian !!!
gue lebih prihatin sm exo and bts s , karna fans mereka yg suka ribut mereka yg gk tau apa2 mlah ikut2 dibenci/gk disukai sm fandom lain.
ahh udah ah . mau haters gimana2 juga gue ttep cinta sm jungkook and baekhyun . gk akan gue biarin fanwar kek gituan merubah kecintaan gue sm kalian����. wlaupun gue pasti ikut emosi jg klo ada yg ngejelekin bias gue ���� .
for haters : i love you . kita akan mmberikan prestasi untuk cacian dan makian yg sudah kami terima. thankyou ��

Reply
avatar
12/13/2017 5:42 AM delete

Tenang ARMY.. Kalian ga salah lapak ko^^ ini kan blog ARMY vs EXO-L. So... Kita kesebut yakan^^
Kalo EXO-L bilang ARMY pada salah lapak.. KALIAN SALAH^^ ARMY ga akan biarin FANDOM DAN IDOLAnya di OMONGIN/DIJELEKIN sama orang lain.

HEY ARMY Kalian JANGAN EMOSI PLEASE!! JANGAN BIKIN FANDOM KITA MALU

Dan HEY EXO-L jangan PANCING WAR DENGAN BIKIN BLOG KAYA GINI. DAN BILANG KALO INI LAPAK KALIAN!!

GUE ARMY DAN SUMPAH GUE JUGA MARAH KALO BIAS DI OMONGIN ORANG. TAPI GUE SEBEL SAMA ARMY YANG SO SOAN BELA BELA IN IDOLANYA. DAN JELASIN PRESTASINYA. WHY? ITU NGUNDANG WAR!! DAN NGUNDANG KECEMBURUAN!!

GUE GA EMOSI KOK. KAPITAL SEMUA BIAR KEBACA AJA GA MAKSUD APA APA :V

Reply
avatar
12/17/2017 7:22 PM delete

:ng :ng :ng love love love banget sama exo, setuju banget buat kakak yang nulis artikel ini, kalok aku dari dulu emang exo-l banget. aku baru akhir2 ini ngefans sama BTS tapi cuman sama satu personil aja yang lainnya masih belum :D . hihihi
aslinya sama aja sih kita pasti belain fandom masing masing.
tapi seharusnya gak usah lah kita saling mencemooh satu sama lain karna semua itu juga gak ada gunanya. apalagi kalok para personil dari masing2 fandom kita baca cekcok kalian kan malah bikin mereka sedih.
mereka debut untuk membesarkan nama mereka dengan memperbanyak fansclub bukan malah banyak yg bermusuhan gara-gara mereke.
jadi ayolah, positif thinking aja ;) ;)
dan saling jaga ucapan masing-masing.
saya EXO-L minta maaf kepada kalian yang merasa tersinggung dengan pendapat saya ,
i belive you all

Reply
avatar
Aisha Amalia
AUTHOR
12/26/2017 12:10 AM delete

Katanya umurnya udah pada dewasa tapi tetep aja gak slow semua. Kelihatannya di atas udah ada yang ngelerai eh fanwar lagi. Teruntuk postingan di atas, aku juga sering lihat artikel yang ngejelek jelekin EXO dan di artikel itu udah ditulis jangan salah lapak, tapi sebagai fans gak mungkin kan kita gk merasa penasaran? Marah pastinya juga ada. Mungkin itu yang dirasain ARMY waktu masuk page ini. Jadi teruntuk yang buat artikel di atas mohon kalau ngepost dipertimbangkan dulu, katanya muak sama fanwar tapi ini nyatanya memancing fanwar.
-EXO L

Reply
avatar
Aisha Amalia
AUTHOR
12/26/2017 12:12 AM delete

Katanya umurnya udah pada dewasa tapi tetep aja gak slow semua. Kelihatannya di atas udah ada yang ngelerai eh fanwar lagi. Teruntuk postingan di atas, aku juga sering lihat artikel yang ngejelek jelekin EXO dan di artikel itu udah ditulis jangan salah lapak, tapi sebagai fans gak mungkin kan kita gk merasa penasaran? Marah pastinya juga ada. Mungkin itu yang dirasain ARMY waktu masuk page ini. Jadi teruntuk yang buat artikel di atas mohon kalau ngepost dipertimbangkan dulu, katanya muak sama fanwar tapi ini nyatanya memancing fanwar.
-EXO L

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/26/2017 12:22 AM delete

Maaf sebelumnya, tapi bukannya ada komen yang sudah melerai? Kok masih dilanjutin fanwarnya? Katanya muak sama fanwar tapi kenapa masih diterusin? Kenapa harus ada tapi"sebenarnya sudah muak sama fanwar tapi blablabltapi". Katanya udah pada dewasa. Dan untuk mbak yang buat artikel di atas, maaf, kalau mau posting seperti ini tolong dipikir pikir dulu. Iya sih kebebasan, tapi kalau ada yang merasa dirugikan? Mbak pernah kan lihat artikel yang ngejelek jelek an EXO? Mbak pasti gak suka kan? Kalau mbak pernah ngerasakan hal itu harusnya mbak juga ngerti perasaannya fans BTS kalau mereka lihat page seperti ini. Aku pernah lihat page yang ngejelek jelekkan EXO, di page itu juga udah ditulisin jangan salah lapak, tapi sebagai fans yak mungkin kab gak penasaran? Marah pastinya kalau pagenya itu terang terangan ngatain EXO. Jadi kalau tahu itu salah jangan diikutin. Maaf sebelumnya kalau aku sok sok dewasa.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/27/2017 3:02 PM delete

Trs kamu maunya diakui sebagai apa? Fandom yang selalu jadi korban kejahatan fandom lain? Fandom suci yang gak pernah ikut campur dan mulai war? Fandom dengan pemikiran paling dewasa? Fandom yang 100% berkelakuan dan berkata baik? Fandom yg gak punya immature fans? Atau kamu mau fandom lain mengaku salah di semua permasalahan sama minta maaf ke kamu? Pilih nih salah satu, bagus semua kan pilihannya.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
12/27/2017 3:13 PM delete

Parah sih, kalian emang fandom yang paling mau mengakui kesalahan trs minta maaf, yang gak pernah play victim waktu ketauan salah, yang maunya bukan jadi korban trs tapi mau jadi pihak yg salah juga. Panutan sih lol

Reply
avatar
weareoneaeris
AUTHOR
12/28/2017 12:05 PM delete

gua exol
gua juga sekarang ga suka sama army ngehehe ,dulu kalo ada yg suka nuduh army pake berita2 gak bener gua kesel banget ,gua ikut belain
but now... everything is change ada alasan tertentu gua skrng jadi gk suka sama bts terutama army .

dan dari bacaan di atas gua juga sedih banget sekarang apa2 exol yg selalu disalahin,terutama haters bakalan nyari celah

intinya sih gua juga gk suka sama fandom yg lupa kulit

Reply
avatar
weareoneaeris
AUTHOR
12/28/2017 12:06 PM delete

gua exol
gua juga sekarang ga suka sama army ngehehe ,dulu kalo ada yg suka nuduh army pake berita2 gak bener gua kesel banget ,gua ikut belain
but now... everything is change ada alasan tertentu gua skrng jadi gk suka sama bts terutama army .

dan dari bacaan di atas gua juga sedih banget sekarang apa2 exol yg selalu disalahin,terutama haters bakalan nyari celah

intinya sih gua juga gk suka sama fandom yg lupa kulit

Reply
avatar
12/28/2017 1:33 PM delete

Teruntuk para Eonni dalam fandom EXO-L,kami para ARMY memang kekanak-kanakan,sering salah kata atau bahkan ada yang mengejek EXO...

Saya minta maaf sedalam-dalamnya dan kalo ini diangap sebagai bentuk pencitraan saya tegaskan lagi bahwa saya sangat menyesal dengan kelakuan kakak-kakak sefandom saya di ARMY...

Saya menghargai EXO sebagai Sunbae dari BTS...
Saya sedih,hanya karena Fake Fan atau kesalahpahaman akhirnya BTS dibenci.

Kesalahan kami banyak dan kami juga butuh banyak pengalaman sebagai Fans.Terima Kasih karena telah mengingatkan kami para ARMY untuk saling toleransi walaupun berbeda fandom...

Saya hanya anak kelas 3 SMP yang belum begitu mengerti mengenai fanwar,jadi saya mohon agar Kakak-kakak EXO-L dapat menerima permintaan maaf serta memberi komentar berupa nasihat pada saya.......

TERIMA KASIH!☺

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/30/2017 10:04 AM delete

Untunglah.. ultimate bias gue Taeyang BigBang.. walaupun suka BTS or EXO.. damai" sesama fans.. w cape kalo ada yg live ada aja yg fanwar.. kaya semalem.. gerah gue liatnya..wkwkwk..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/30/2017 10:04 AM delete

Untunglah.. ultimate bias gue Taeyang BigBang.. walaupun suka BTS or EXO.. damai" sesama fans.. w cape kalo ada yg live ada aja yg fanwar.. kaya semalem.. gerah gue liatnya..wkwkwk..

Reply
avatar
winda rusti
AUTHOR
1/01/2018 9:23 PM delete

sumpah entah kenapa gue kecewa. bukan karena admin pindah fandom. tapi gue sakit hati sih sebenernya army apalagi bts di omongin segini banyaknya. ok kami bukan orang yang sempurna kami cuma manusia biasa. army khususnya gue sendiri nggak pernah jelek2in exo. bahkan gue juga nonton drama2nya exo liat mereka di variety show. tapi kenapa seakan2 diartikel ini semua masalah bersumber dari army?? adminnya kan juga katanya dulu army berarti tau dong gimana perjuangan bts dan army sampai sejauh ini. mulai dari agensi yg krisis dana di tuduh beli album sendiri. sampai kekhawatiran mereka yg nggak bisa debut. gimana yg awal2 fanmeet cuma dihadiri 50an orang gimana mereka nangis abis perform buat debut. udahlah intinya jangan saling jelekin fandom lain soalnya beberapa juga exol dan di kelas kami selalu bahas kpop bareng dan berantem2an itu bener2 nggak guna. dan sebenernya army nggak akan nyinyir atau komen kalau nggak ada kaitannya sama idol kami. mungkin banyak army yg msh kecil tapi yg udh dewasa juga nggak kalah banyak. idol kita aja sahabatan amoe bikin gruo chat masa kita war kan nggak etis bgt kan ya. udh ya itu aja sih uneg2ku makasih. love yourself love myself peace

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1/02/2018 6:41 PM delete

Semua sama aja
Tapi sayang ya, mungkin itu army lain/hatersnya
Haters saya nyanyiin mic drop BTS for kalian
Army stay strong jngn kemakan dan yang ngajakin ribut Klian
Kalau Klian gk bersalah diam lah, mereka akan bosan dgn sendirinya
Sejujurnya orang yang mengajak war itu, ialah orang yang mengakui dirinya tidak mampu
ARMY hanya fans labil yang dgn mudahnya berganti dan berbalik menghina fandomnya yang dulu

Kalau masih war aja kalian mau kah idol kalian terbebani dan berakhir seperti Jonghyun?
Take care your idol
Mereka adalah diri mereka sendiri

Reply
avatar
kurnia
AUTHOR
1/02/2018 11:11 PM delete

kali aja tu bukan army yg ngomong ke gitu.. tetap setia ya d exo-L nya
.jangan pindah pindah lagi kaya dari army ke exo-L

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/03/2018 3:05 AM delete

Sorry oot. Kenal kpop karna lgu tohoshinki gue denger di radio siaran lagu2 jepang (thn 2009 #ketauan umurnya). Gue gak pernah masuk fandom manapun. Cuma klo lagu yg gue denger enak, barulah gue ubek2 tu gugel nyari ttg penyanyinya. Bukan mau memihak hanya dari membaca beberapa artikel. Elf pernah benci banget sm exo (& exol ofcourse) krn udh dijelaskan diatas. Terus exol benci banget sama bts (& army ofcourse). Dari yg gue baca exo dan bts punya perjalanan panjaaaaaaaang banget biar sukses macem skrg. Contohnya dihujat fandom lain, seperti exo dihujat elf dan bts yg dihujat exol dan fandom lain. Wajar saat idol kita dihujat sbg fans membela. Lucu saat kenalanku yg bbrp tahun lalu baru suka sama exo dan dia gak tau siapa itu suju, saat suju ngeluarin mv swing kenalanku ni bilang kalo suju tu memplagiatkan exo. Heol banget gak siih dengernya. Secara mereka satu perusahaan pasti staffnya sama. Disetiap fandom pasti memiliki fans yg immature, pemantik war, tukang menghina idol lain, dll. Mending kayak guee, yg cuma suka dengan karya2 artis dan idol korea, bukan dengan beli album fisik (mahal boooook n dulu takut ketauan emak #ajaran sesat) tapi lebih ke album digital. Jadi gak terlalu cinta tapi cinta juga. (Paan siih maksudnya, wkwkwkwkwk) #akibat disakiti aa' jaejoong

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/03/2018 3:23 AM delete

Aneh katanya bbrp komentator salah lapak, tapi nama (fandom) dari bbrp komentator dijadikan judul. ANEH GAK TUUH???? wkwkwkwkwkwk padahal banyak banget komentator diatas yg ngelerai tp lebih banyak yg ngewar. Untuk semua fandom, boleh mencintai idol, ambil baiknya buang buruknya. Saat idol maupun bbrp anggota fandom salah katakan salah, saat benar katakan benar. Katakanlah katakan sejujurnyaaaaaaa

Reply
avatar
Intan Sabrina
AUTHOR
1/03/2018 4:13 AM delete

Semoga yg nulis artikel jd EXO-L sejati yaaah. Jangan jadi fans musiman. Pertama suka bts, terus udh gak suka hina2 bts dan army, klo lu pindah jd ngefans seventeen atau, jgn lu hina exo dan exol ya dek.

Reply
avatar
1/03/2018 6:15 AM delete

Kita ga salah lapak kok. Judulnya kan ARMY dan EXOL. Jd kita juga harus nimbrung disini. Dan lagi mbaknya, mbaknya bilang ARMY suka ngehinankan? Bahkan kata2 mbak diatas juga mengandung unsur hinaan. Mbaknya bilang kita belum dewasa? Bahkan mbaknya lebih ngga dewasa karna mbaknya memihak salah satunya, bukan menengahi atau menghentikan warnya. Orang dewasa ngga nyinyir panjang lebar curhat di blog gini. Orang dewasa itu nengahi dan ngga mihak satu diantara keduanya๐Ÿ˜

Reply
avatar
1/03/2018 6:25 AM delete

Please gua baca juga karna ini ngait2in army. ARMY vs EXOL. So, knp kita ga boleh nimbrung sebagai ARMY? Kalo kita ARMY ga boleh nimbrung, kenapa judulnya ngait2in ARMY. Gua nyari artikel tentang ARMY. Dan dibawah gua liat blog ini. Dengan embel2 ARMY gua buka dan baca semua tulisan kekanakan ini. Miris, bilang army ga dewasa, ga ngaca kayaknya.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/03/2018 8:36 AM delete

Ini yg katanya fansnya yg gak pernah ngomong kasar?? Artikel ini terlalu menyudutkan bts dan army,terserah kalian fans eksoh berkoar lah

Reply
avatar
ProudARMY
AUTHOR
1/04/2018 1:07 AM delete

Intinya kalau ga mau diganggu, jangan ganggu sodara-sodara. Kalau ga terima fandomnya dikatain, jangan ngatain fandom lain juga atuh.
Fanwar ga akan terjadi kalau kalian ga saling usik. Simple kan ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1/04/2018 1:17 AM delete

Kalian tau ngga komentar kebencian yang slalu ditujukan ke bts? Ngga usah terhadap army lah tapi terhadap idol kami?
Kalian suka baca dan cari tau tentang kebencian yng dilontarkan exo-l terhadap bts di situs pann ngga? Apapun yang dibuat bts sama army selalu salah, mungkin dari situ kenapa army ngga percaya diri dan slalu minta maaf terus *tapi justru dibilang sok suci.. jangan pada heran kalo skrng army keliatan blagu songong kasar atau semacamnya itu semua karna antis yang slalu jatuhin bts dari dulu, lebih tepatnya dimata kalian keliatan kayak gitu tapi yang sebenarnya kita itu jadi lebih kuat, kita bukan fandom yang bisa diremehin kayak dulu lagi.. waktu bts blum terkenal dibilang dari agensi kecilah apalah, pas bts udah terkenal mala ngga trima. Kalian bilang army immature fans? Sebelum melontarkan kata kata itu aku harap kalian koreksi diri. Kalian tau ngga apa yang terjadi sama bts waktu bulan mei 2016? Tau ngga dalang dibaliknya siapa? Jadi intinya "Just because you right, doesn't mean i'm wrong :)" Live a life

Reply
avatar
1/04/2018 1:25 AM delete

Aku bukan tipe fans yng suka berkoar koar buat cari kesalahan idol atau fandom lain, tapi skrng aku ngerti knpa K-ARMY kerjanya slalu ngasih klarifikasi. i hope you read this guys.. Menurut aku kata immature fans ngga slamanya harus tentang ARMY karna kita semua bisa jadi immature fans, kaya aku skrng yang ngejelasin ini padahal sebenarnya aku bisa diam aja dan berbenah diri, tapi kadang menyatakan pendapat mungkin lebih baik...

Open the link, and i hope you will understand :)

https://aminoapps.com/c/baia/page/blog/apa-aja-sih-rumor-dan-komentar-jahat-yang-diterima-bts/eY8K_gaLs3uELRzmw6zrPRnaealn4qKqLrx

https://kpopchart.net/2017/03/sering-hina-bts-army-tuntut-permintaan-maaf-dari-exo-l.html

https://aminoapps.com/c/baia/page/blog/hal-apa-saja-yang-terjadi-di-pann/eY8K_gaLs3ub48Rjm00B88XYk4D7ReqrnWp

https://mayoniceu.blogspot.co.id/2016/11/pann-161031-hal-yang-tidak-dapat-aku.html?m=1

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/04/2018 1:36 AM delete

Menurut aku kamu yang nulis artikel ini juga termasuk immature fans. sadar ngga sih? jadi nobody perfeclah.. ngga harus ngebelah, ngebenci sana sini nyalahin fandom lain ato apalah toh ternyata diri kita juga belum sempurna main nyalah nyalahin.. bilang army immature fans lah tapi nyatanya ngga koreksi diri sendiri. sebelum nulis sesuatu kamu harus mikir dulu.. krna kata kata kamu bisa nyinggung banyak prasaan, dan jujur aku tersinggung karna artikel kamu seolah olah hanya membahas buruknya ARMY :) goodluck kedepannya dan tolong benahi..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/04/2018 1:53 AM delete

You need to love yourself first before you can love others.. Learn to respect. Live a life, peace

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 8:35 AM delete

UDAH GAUSAH PADA RIBUT WOY LO SEMUA MANUSIA MANUSIA PUNYA SUDUT PANDANG MASING2 BUAT NILAI ORANG LAIN. APALAGI INI MASALAH FANDOM. FANDOM ITU ISINYA GA CUMA SATU ORANG. DALAM FANDOM ITU BANYAK MANUSIA JUGA KEK LO LO LO PADA YG PADA JELEK2IN SATU SAMA LAIN. KALO FANWAR KAYAK GINI NAMANYA SIKAP LABELING LO NGEJUDGE SATU ORG YG HUJAT BIAS LO DI SALAH SATU FANDOM, ORG LAIN (DALAM FANFOM YG SAMA)YG GA NGERASA NGEHUJAT IKUT KENA JADI LAH LO PADA PERANG. BERSIKAP DEWASA KEK JADI FANS TUH MBOK YA YG WAJAR TERLALU FANATIK FANATIK BGT JUGA GA BAGUS,LO MAU BELA2IN MATI2AN BIAS JUGA TOH PADA AKHIRNYA LO GAK BAKAL NIKAH SAMA BIAS. DASAR MANUSIA YG MAENNYA SALAH SALAHAN DOANG INTROPEKSI DIRI DULU DIRI LO LO LO LO LO PADA ITU UDAH BERGUNA BELOM BUAT ORANG BANYAK. JADI FANDOM YG DEWASA,JANGAN UDH BANGKOTAN MIKIRNYA MASIH KAYAK BOCAH SD.

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 8:55 AM delete

UDAH GAUSAH PADA RIBUT WOY LO SEMUA MANUSIA MANUSIA PUNYA SUDUT PANDANG MASING2 BUAT NILAI ORANG LAIN. APALAGI INI MASALAH FANDOM. FANDOM ITU ISINYA GA CUMA SATU ORANG. DALAM FANDOM ITU BANYAK MANUSIA JUGA KEK LO LO LO PADA YG PADA JELEK2IN SATU SAMA LAIN. KALO FANWAR KAYAK GINI NAMANYA SIKAP LABELING LO NGEJUDGE SATU ORG YG HUJAT BIAS LO DI SALAH SATU FANDOM, ORG LAIN (DALAM FANDOM YG SAMA)YG GA NGERASA NGEHUJAT IKUT KENA JADI LAH LO PADA PERANG. BERSIKAP DEWASA KEK JADI FANS TUH MBOK YA YG WAJAR TERLALU FANATIK FANATIK BGT JUGA GA BAGUS,LO MAU BELA2IN MATI2AN BIAS JUGA TOH PADA AKHIRNYA LO GAK BAKAL NIKAH SAMA BIAS. DASAR MANUSIA YG MAENNYA SALAH SALAHAN DOANG INTROPEKSI DIRI DULU DIRI LO LO LO LO LO PADA ITU UDAH BERGUNA BELOM BUAT ORANG BANYAK. JADI FANDOM YG DEWASA,JANGAN UDH BANGKOTAN MIKIRNYA MASIH KAYAK BOCAH SD.MAKANYA KALO GUNAIN MEDSOS TUH MBOK YG PINTER YG CERDAS KALO GUE NIH YA (JADI CURHAT) LIAT OPPA DI IG UDAH SENENG NAUJUBILLAH LIAT KOMEN YG MENJATUHKAN OPPA GUE CUMAN GUE LIATIN SAMBIL KETAWA2 LUCU AJA GATAU NGAPA KAYAK LIAT KOMEN KOMEN LO LO LO PADA NGETIK PADA PANJANG LEBAR KALI TINGGI BUAT FANWAR TIDAK BERFAEDAH. NIH BIASANYA GUE GA IKUT KOMEN NIH YA CUMA GUE LIATNYA GREGETAN INI 2 FANDOM PADA MAEN SALAH2AN KAYAK BOCAH SD NGUMPETIN SENDAL TEMENNYA. INTINYA GINI AE KALO LO GAMAU DI ANGGAP FANDOM YG GILA/NORAK/ANEH INTINYA LO GAUSAH NANGGEPIN APAKATA ORG GILA YG NGEJELEKIN FANDOM LO KALO LO TANGGEPIN LO SAMA GILANYA SAMA NORAKNYA SAMA ANEHNYA CUKUP LIATIN AMA KETAWAIN UDAH YG WARAS DIEM YG GILA BERKOAR KALO KAYAK GINI KELIATAN KAN SIAPA YG GILA/? NGEBELA BOLEH TP CUKUP YG SEWAJARNYA KALO LO TANGGEPIN LO DI NILAI CHILDISH SAMA FANDOM LAIN GAMAU MALU2IN OPPA2 LO JUGAKAN DENGAN TINDAKAN YG KAYAK GINI.MASIH SAYANG OPPA KAN? SAMA GUE JUGA SAYANG OPPA. UDEH UDEH UDEH SELOW AE ENJOY YOUR LIFE SISTAH2!!!

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:03 AM delete

Etah nyinyir suka suka doi lah situ sapa?

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:18 AM delete

Sotil bege lo sotil sotil sok tau namnya sotil lah bocah ngapaya

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:25 AM delete

Nah lo suruh mereka intropeksi diri tapi lo masih nyalahin exo l. Koe intropeksi diri ora sukijem?

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:37 AM delete

Lu ngomongin diri sndiri ya lo gasadar drtd komen tentang pendapat pribadi lo sendiri mbakeeee lahdalah

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:46 AM delete

Rizka Utami:
Ini gue baca setiap komen lo berasa baca dongeng pada jaman dahulu kala ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ฅ

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 9:52 AM delete

Ini kayaknya si rizka utami nih paling nyolot hmmm

Reply
avatar
Lisa Forma
AUTHOR
1/05/2018 10:03 AM delete

UDAH GAUSAH PADA RIBUT WOY LO SEMUA MANUSIA MANUSIA PUNYA SUDUT PANDANG MASING2 BUAT NILAI ORANG LAIN. APALAGI INI MASALAH FANDOM. FANDOM ITU ISINYA GA CUMA SATU ORANG. DALAM FANDOM ITU BANYAK MANUSIA JUGA KEK LO LO LO PADA YG PADA JELEK2IN SATU SAMA LAIN ADA JUGA YG BIASA AJA,ADA JUGA YG MALES WAR,DLL. KALO FANWAR KAYAK GINI NAMANYA SIKAP LABELLING LO NGEJUDGE SATU ORG YG HUJAT BIAS LO DI SALAH SATU FANDOM, ORG LAIN (DALAM FANDOM YG SAMA)YG GA NGERASA NGEHUJAT IKUT KENA JADI LAH LO PADA PERANG. BERSIKAP DEWASA KEK JADI FANS TUH MBOK YA YG WAJAR TERLALU FANATIK FANATIK BGT JUGA GA BAGUS,LO MAU BELA2IN MATI2AN BIAS JUGA TOH PADA AKHIRNYA LO GAK BAKAL NIKAH SAMA BIAS. DASAR MANUSIA YG MAENNYA SALAH SALAHAN DOANG INTROPEKSI DIRI DULU DIRI LO LO LO LO LO PADA ITU UDAH BERGUNA BELOM BUAT ORANG BANYAK BUAT BANGSA SENDIRI,UDAH BK8N BANGGA ORTU BLM. KALO MASIH MINTA DUIT ORTU BUAT BELI KUOTA DAN BUAT NGEHUJAT ORG LAIN BUAT APA KOMEN BELAIN BIAS KALO MASIH NYUSAHIN ORTU. NGEFANS BOLEH TAPI PAKE OTAK. JADI FANDOM YG DEWASA,JANGAN UDH BANGKOTAN MIKIRNYA MASIH KAYAK BOCAH SD.MAKANYA KALO GUNAIN MEDSOS TUH MBOK YG PINTER YG CERDAS KALO GUE NIH YA (JADI CURHAT) LIAT OPPA DI IG UDAH SENENG NAUJUBILLAH LIAT KOMEN YG MENJATUHKAN OPPA GUE CUMAN GUE LIATIN SAMBIL KETAWA2 LUCU AJA GATAU NGAPA KAYAK LIAT KOMEN KOMEN LO LO LO PADA NGETIK PADA PANJANG LEBAR KALI TINGGI BUAT FANWAR TIDAK BERFAEDAH. NIH BIASANYA GUE GA IKUT KOMEN NIH YA CUMA GUE LIATNYA GREGETAN INI 2 FANDOM PADA MAEN SALAH2AN KAYAK BOCAH SD NGUMPETIN SENDAL TEMENNYA. INTINYA GINI AE KALO LO GAMAU DI ANGGAP FANDOM YG GILA/NORAK/ANEH INTINYA LO GAUSAH NANGGEPIN APAKATA ORG GILA YG NGEJELEKIN FANDOM LO KALO LO TANGGEPIN LO SAMA GILANYA SAMA NORAKNYA SAMA ANEHNYA CUKUP LIATIN AMA KETAWAIN AJA UDAH YG WARAS DIEM YG GILA BERKOAR KALO KAYAK GINI KELIATAN KAN SIAPA YG GILA/? NGEBELA BOLEH TP CUKUP YG SEWAJARNYA PAKE OTAK YAAA!!! KALO LO TANGGEPIN LO DI NILAI CHILDISH SAMA FANDOM LAIN GAMAU MALU2IN OPPA2 LO JUGAKAN DENGAN TINDAKAN YG KAYAK GINI.MASIH SAYANG OPPA KAN? SAMA GUE JUGA SAYANG OPPA. UDEH UDEH UDEH SELOW AE ENJOY YOUR LIFE SISTAH2!!!ARTISNYA AJA ENJOY MASA FANSNYA GAK ENJOY. MAKANYA JGN KEBANYAKAN MAKAN MSG!

Reply
avatar
Dxdpacman
AUTHOR
1/05/2018 3:13 PM delete

ini mah exol yang bikin,elahhh

Reply
avatar
1/07/2018 8:57 PM delete

Astaga...bukannya EXO dan BTS itu temenan bahkan sampai kayak kakak-adik gitu loh.Mungkin yang nulis bukan EXO-L ataupun ARMY tapi fans gadungan dari fandom lain yang mau persahabatan antara ARMY dan EXO-L rusak...

Ngak bermaksud buat nuduh fandom lain sih,tapi masa EXO-L atau ARMY sih yang bikin ada fanwar......

Kan EXO-L sama ARMY orang-orangnya tuh baik dan tau etika kok,sedih deh liat berita kayak gini.

Aku kirain udah kelar komen-komenannya.Ngak ada gunanya juga kan kita fanwar,kalo kayak gini pasti yang ngadu domba juga senang soalnya semua jadi marah-marahan tanpa alasan yang jelas.

Yang penting kita kan baik-baik aja dan ngak perlu fanwar.Jadi yang ngadu domba biar stop aja deh soalnya merusak kerukunan antar fandom nih!

#No fanwar
#BTS & EXO
#ARMY & EXO-L

Reply
avatar
hunly 1x
AUTHOR
1/09/2018 9:01 PM delete

Hooh mereka duluan yg bilang "apalah daya bts dari agensi kecil ", emng klo di agensi langsung terkenal gitu? Ga lah pas pertama exo debut yg nntn cma sedikit weh.
SM juga nyuruh artisny buat "yang mau berjaya ya beusaha" bkn langsung jleb lu harua paling terkenal ga gtu.

Emng jaman dulu itu enak yg army minta bantuan exol kita bantu,yg udh nganggep army itu keluarga kita banget, sma kayak nganggep pertemannan baekhyun taehyun, tp sekarang? Ku kecewa army kek kacang lupa kulit ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
hunly 1x
AUTHOR
1/09/2018 9:03 PM delete

Hooh mereka duluan yg bilang "apalah daya bts dari agensi kecil ", emng klo di agensi langsung terkenal gitu? Ga lah pas pertama exo debut yg nntn cma sedikit weh.
SM juga nyuruh artisny buat "yang mau berjaya ya beusaha" bkn langsung jleb lu harua paling terkenal ga gtu.

Emng jaman dulu itu enak yg army minta bantuan exol kita bantu,yg udh nganggep army itu keluarga kita banget, sma kayak nganggep pertemannan baekhyun taehyun, tp sekarang? Ku kecewa army kek kacang lupa kulit ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/13/2018 9:15 PM delete

Love u choi kina
Setuju ama pendapatmu

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/20/2018 12:14 AM delete

Yg nulis ini tolong diralat, katanya gak suka yg immature tp sendirinya menurutku immature fans, km mikir exol benar dan army salah, sama kok army jg ngerasa army benar dan exol salah, ini cm krn beda objeknya aja. Kita sama2 gak mau idol kita dihujat.
Disini km jelas2 ngejelek2in army, yg otomatis army yg gak salah jd geram sm km yg mengatasnamakan exol.
Dewasa sedikitlah, sama kok kita gak ada yg beda, exol bilang banyak bukti exol benar gak salah, sama army jugak begitu. Justru tulisan kayak gini yg semakin memperburuk keadaan.
Dewasa dikitlah,km gak so dewasa kok, km bagus berusaha dewasa.
Tp dewasanya bukan buat fandom sendiri doang, ke fandom yg lain jg harus sm dewasanya menanggapi semua berita.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1/21/2018 1:20 PM delete

Jadi kpopers 2016??
tapi kok berani bgt sampe ngetik sebegininya?!
Bukan sombong lho, gua jadi kpopers dr 2008 aja AMAT SANGAT MENGHARGAI FANDOM LAIN!
Labil kamu dek. ngomong sesukamu dan menganggap kamu benar, mungkin ini yang namanya kids jaman now!

Ngetik begini mungkin juga biar blog nya rame dilirik orang, whos know?

Lihat dulu fandom kamu baru ngomentarin fandom lain!

Ga lupa kan apa yg sudah dilakukan exo l + antis pada BTS hingga trending no.1 di korea selama 4hr dan mirisnya hashtag kai birthday hanya mampu menjadi trending 20 MENIT?? LMFAO

"Thinking, seburuk, serakus itukah fandommu?"

Reply
avatar
HanniKey
AUTHOR
1/22/2018 10:55 PM delete

Jujur aku juga sempet kesel sama army, aku emg bukan pure EXO-L ya aku multi fan, VIP, ELF, SHAWOL, BLACKJACK bahkan aku juga INSPIRIT, ok awal'a aku ga mihak EXO-L / ARMY karna basic'a aku multi fan, jd aku lebih melihat itu war ini dr 2 sisi yang berbeda, tp kok ya ada gt ARMY yg menghina BIGBANG, pdahal si Jungkook suka mengcover lagu'a bang dragon bahkan dy juga VIP sama kya aku, dan kekesalanku juga berlanjut ketika ARMY ngejatuhin fandom lain, mau bukti liat di fp k-pop & k-drama ya, disana para ARMY slalu mancing war n mulai semua dengan kata" yg gak ngenakin, pokok'a yg dr awal aku netral skarang fix aku gak suka sma ARMY, BTS gimana, maaf meski aku bukan ARMY aku juga bukan antifans BTS, karna apa, ya karna jungkook itu VIP aku cuma mencoba ngehargai itu n 1 lg, member BTS jg pernah kok numpang kolaborasi sama TaeMin ๐Ÿ˜‰

Reply
avatar
tuwaga
AUTHOR
1/26/2018 3:26 PM delete

g ingat siapa yang nyuruh fandom lain buat vote justin di billboard supaya dia yang menang. kalo mikirnya pake otak, pasti tau kalo bts bawa nama korea. MIKIR!!!

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1/28/2018 1:58 PM delete

Tolong para army untuk segera sadar dimana kesalahan kalian, ketika ada fanwar yg sdh jelas army yg salah selalu aja army bisa ngehindar, pdhl bukti sdh bnyk bahwa dia salah. Exo-L yg prnh ngelakuin kesalahan aja lngsng minta maaf, lah trs army maafin? G malah2 masalah diperpanjang, mangkanya Exo-l merasa g adil, kesabaran mereka pun jg ada batasnya, oleh karna itu Exo-l jg mengetes apakah army merasa bersalah dan langsung minta maaf bkn menghindar, walau dibilang 'udh minta maaf' telat kali salah kapan minta maaf kapan

Reply
avatar
Afaf Jn
AUTHOR
2/03/2018 3:44 AM delete

katanya exo l tp btw itu foto chanyeol pelukan sama jonghyun, bukan sama suga elah :(

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/04/2018 6:31 PM delete

apasiiih...im bored already...gak perusahaannya..gak artisnya...soooo dying 4 attention..such an attention seekers..!! >.< apalagi fansnya..apa itu namanya army..arnyet..atau apalah itu..gagal paham saya sama mereka!!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/04/2018 6:50 PM delete

apasiiiih..im bored already..gagal paham saya..gak perusahaanya..gak artisnya..apalagi fans nya..hmmm...apa..army...arnyet..atau apalah itu..why they're sooo dying 4 attention??? such an attention seekers!!! biasa aja dong kalo emang idolnya berbakat..gak perlu gitu gitu juga kaliii...let's the world judge..#gelenggeleng >.<

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/04/2018 7:14 PM delete

Yeayyy setuju... Aku juga sering like bhkan komen mv nya exo.. Tp actually aku army dan selalu army.

Love yourself..❤️
love myself.. ❤️
Peace. ��

Gak semua army kasar kaya gitu. Mungkin ada yg sengaja meng intimidasi atau sengaja ngadu domba. Selaku Army yang cinta damai.. Mewakilkan army yg brkata kasar itu saya mengucapkan.. really sorry.. Minta maaf yoo.. �� #cintadamai ❤️✌️

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/04/2018 7:24 PM delete

Love yourself..❤️
love myself.. ❤️
Peace. ��

Gak semua army kaya gitu. Mungkin ada yg sengaja meng intimidasi atau sengaja ngadu domba. Selaku Army yang cinta damai.. Dan mewakilkan army yg berkata kasar itu saya ucapkan minta maaf yoo.. really sorry... �� #cintadamai ❤️✌️

Di do'ain semoga cepet dapet hidayah deh yang mulutnya jahat2.. ��

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/04/2018 7:25 PM delete

Jangan gitu kak.. ��
Indahnya berdamai. Positif thinking.. ��

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/06/2018 6:24 PM delete

Yaelah adu bacot kalian semua. Mingkem ae nape, kesukaan itu masing" suka ya suka gak suka gak usah nyinyir. Salam kakek lejen

Reply
avatar
2/07/2018 11:28 AM delete

wkwkwk tp nyatanya perkataan 'bts dr agensi kecil' yg mulai duluan bkn army melainkan fandom lain yg mandang bts sblh mata krn dr agensi kecil jd gak masuk akal dpt award ampe dikatain mlakukan kecurangan. skrg army bw2 kalimat itu dibilang sok merendah. jd maunya apa cb? merendah salah, meninggi salah. dan klo mau ngmgin soal fanwar jgn anggep slalu army yg jd biang kerok krn nyatanya fandom sblh pun sama aja. klo kalian ngmg bgtu keliatan bgt egoisnya.

Reply
avatar
2/07/2018 11:32 AM delete

wkwkwk tp nyatanya perkataan 'bts dr agensi kecil' yg mulai duluan bkn army melainkan fandom lain yg mandang bts sblh mata krn dr agensi kecil jd gak masuk akal dpt award ampe dikatain mlakukan kecurangan. skrg army bw2 kalimat itu dibilang sok merendah. jd maunya apa cb? merendah salah, meninggi salah. dan klo mau ngmgin soal fanwar jgn anggep slalu army yg jd biang kerok krn nyatanya fandom sblh pun sama aja. klo kalian ngmg bgtu keliatan bgt egoisnya. krn buat gw fans immature army dan exol sama aja

Reply
avatar
Rurin Susanti
AUTHOR
2/07/2018 4:40 PM delete

Kak, intinya BTS juga bekerja keras, exo juga bekerja keras, exo bekerja keras karna mereka harus kehilangan membernya,dan berjuang menjadi boyband paling lama bertahan, begitu juga bts, mereka juga mengalami masa2 yg sulit, mereka bahkan sempt dipandang sebelah mata, kalo dibilang lama... Kayak yg kk bilang, jelas lebih lama bts dalam meraih penghargaan, mereka 2 tahun debut baru dapat tropi pertama mereka
Jadi stop berfikir dalam satu sudut pandang saja, yg aku tau mereka sama2 berjuang
Tapi.. Jelas aku lebih prefer ke bts, aku bukan immature yg kayak kalian bilang2, hanya saja saya juga ingin ngomong

Reply
avatar
Rurin Susanti
AUTHOR
2/07/2018 4:40 PM delete

Kak, intinya BTS juga bekerja keras, exo juga bekerja keras, exo bekerja keras karna mereka harus kehilangan membernya,dan berjuang menjadi boyband paling lama bertahan, begitu juga bts, mereka juga mengalami masa2 yg sulit, mereka bahkan sempt dipandang sebelah mata, kalo dibilang lama... Kayak yg kk bilang, jelas lebih lama bts dalam meraih penghargaan, mereka 2 tahun debut baru dapat tropi pertama mereka
Jadi stop berfikir dalam satu sudut pandang saja, yg aku tau mereka sama2 berjuang
Tapi.. Jelas aku lebih prefer ke bts, aku bukan immature yg kayak kalian bilang2, hanya saja saya juga ingin ngomong

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/12/2018 10:06 AM delete

Ya jelas lah ada ARMY, wong disini yang dibahas EXO sama ARMY. Kalo bahasan tentang EXO aja mah gabakal ada ARMY yang masuk. Tuhkan padahal dia sendiri yang mancing, eh giliran ARMY masuk bilangnya ini lapak EXO wkw. Yang drama siapa? Hmm kujadi bingung

Reply
avatar
2/12/2018 10:08 AM delete

Iya yang suka ARMY sd sama smp, sampe" mecahin rekor di billboard, sampe banyak musisi luar yang pengen kolab sama bts hehe :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/16/2018 5:27 PM delete

ngak usah diperdebat ia udah kalau kamu exo-L kek itu halnya kamu...kamu yang nulis blog ini kayak nya kamu lebihin exo dari bts kerana kamu exo-L...ya aku tau kamu memang exo L tapi jangan lupa kamu juga mantan army..harus nya kamu tahu gimana rasa nya perasaan army...saya army dan saya ngak setuju sama sekali samanya curhatan kamu...ada nya blog mempertahan bias nya seperti inilah wujud nya (FANWAR)I HOPE U NO THAT...USAH BANDING SIAPA BAGUS DAN TIDAK..SEMUA NYA SAMA AJA...SAMA ADA POWER NYA TERSENDIRI...TAPI AKU TETAP ARMY FOR BTS SEKIAN DARI AKU....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2/16/2018 5:27 PM delete

ngak usah diperdebat ia udah kalau kamu exo-L kek itu halnya kamu...kamu yang nulis blog ini kayak nya kamu lebihin exo dari bts kerana kamu exo-L...ya aku tau kamu memang exo L tapi jangan lupa kamu juga mantan army..harus nya kamu tahu gimana rasa nya perasaan army...saya army dan saya ngak setuju sama sekali samanya curhatan kamu...ada nya blog mempertahan bias nya seperti inilah wujud nya (FANWAR)I HOPE U NO THAT...USAH BANDING SIAPA BAGUS DAN TIDAK..SEMUA NYA SAMA AJA...SAMA ADA POWER NYA TERSENDIRI...TAPI AKU TETAP ARMY FOR BTS SEKIAN DARI AKU....

Reply
avatar
Dinna Na
AUTHOR
2/16/2018 5:46 PM delete

saya sudah komentar mana komrntar nya ngak ada dalam komentar saya nak sangat suruh annisa baca

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/19/2018 3:20 PM delete

maaf,g plagiat dari mananya yaa,bahkan anak TK pun bakalan tau kalo konsep BIL sama kek growl,satu lagi saya ingetin dulu agensi kalian memang agensi kecil lebih parahnya lagi mereka bawa bawa EXO dan YG hanya untuk menaikan pamor artisnya,SM juga dari agensi kecil tapi SM g pernah bawa bawa agensi lain,apakah pantas sebuah grup dianggap berhasil jika dia telah menjatuhkan grup lain dengan media play :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/20/2018 11:09 AM delete

Kayaknya cuma gue yang baca ini di tahun 2018. Ada yang baca lagi gak? ngacung...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
2/20/2018 11:28 AM delete

gue dulu EXO-L dan sekarang gue udah pensiun. Gue sering loh ikutan di fanpage IG/twitter khusus EXO. Dan isinya beberapa ARMY yang salah lapak, gue akui mereka immature fans yang masih jadi istilah kids zaman now. dan gue nemplok tuh ke fanpage BTS dan hal sama terjadi, isinya EXO-L salah lapak dan nyasar yang masih aja kids zaman now. Yang dewasa udah bangkotan mau pensiun pasti mikir dulu sebelum komen kan?

masalahnya kadang judul ato caption mereka sendiri yang mengundang fandom lain untuk salah lapak. isinya kdng menyinggung hal-hal berbau plagiat, awards, dll. dan hobi banget nambahin kata "grup sebelah" "kaya grup sebelah tuh"
dan jujur aja itu banyak gue temui di fanpage EXO. kalo gue salah langsung benerin aja.

Yang gue jelasin disini bukan itu aja.

dalam diri gue gak penting sifat ARMY ke EXO-L gimana atau EXO-L ke ARMY gimana. ITU RESIKO MENJADI MENDUNIA KAN? ITU RESIKO PERBEDAAN PENDAPAT. LU MAU SATUIN RIBUAN KEPALA BEDA WARNA GAK AKAN SAMA WARNANYA LAGI KLO LO CAMPURIN. GUE HARAP LO TAU MAKSUDNYA INI. KADANG GUE JUGA KAGA NGERTI HAHAHAHA. Yang penting sama gue tetap DUKUNG IDOL LO MASING-MASING UNTUK TETAP BERSINAR DAN BERKARYA. EXO dan BTS mereka punya GENRE MUSIK MASING-MASING. mereka aja akur masa fansnya macam kucing ma anjing gini. kucing sama anjing jaman now aja bisa temenan masa ini susah amat. INTINYA jangan saling lempar api.

MASING-MASING TAU BATASAN. FANS YANG DEWASA HARUSNYA BISA MENGINGATKAN FANS IMMATURE SEBEBAL GIMANA PIKIRAN MEREKA. DEMI IDOL YANG MEREKA CINTAI.
Lo mau mereka jatoh cuma gara2 sifat immature lo? INTINYA EXO-L SAMA ARMY SAMA ELAH. SUKA MAIN API-APIAN, SEKALI DIPADAMIN GAK JADI ASEP. MELAHAP MULU.

Sekian bacotan gaje gue.

HIDUP PERDAMAIAN, DAMAI ITU INDAH. AKHIR ZAMAN UDAH KELIATAN MENDINGAN LU SEMUA TOBAT, PENSIUN SEKALIAN KAYA GUE. HAHAHAHA. abaikan orang gila satu ini.

REMEMBER... I ONLY STAN TALENTS

Reply
avatar
Hana Yoon
AUTHOR
2/20/2018 11:42 AM delete

namanya ARMY BOMB dek......bukan Bangtan Bomb.......

Reply
avatar
Star Sky
AUTHOR
2/23/2018 3:07 PM delete

Setuju dengan komentar diatas,enaknya kita lihat dari berbagai sisi agar tidak menjudge seenaknya.Jangan cuma berkeliaran di fandom sendiri coba lihat fandom dan artis yang lain untuk belajar, toh tidak merugikan juga.
setiap fandom mungkin berpikir idolanya adalah yang terbaik, idolanya adalah legend. itu tidak salah kok, tapi yang harus diingat jika di atas langit masih ada langit, atau jika roda itu berputar. EXO-L bisa saja membanggakan pencapaian EXO saat ini yang telah memecahkan rekor dimana-mana, ARMY juga boleh saja membangggakan pencapaian BTS tapi yang harus diingat jika rekor-rekor luar biasa yang dipecahkan mereka sebelumnya telah dicapai oleh generasi sebelumnya dan mungkin akan dipecahkan oleh generasi penerus EXO dan BTS nanti. Bangga boleh saja, tapi jangan sombong.
Ada kalanya saat usia semakin bertambah, pikiran kita sebagai fans juga berubah. Apalagi jika idola kita sudah mencapai usia 30-an, memecahkan rekor atau jadi juara bukan lagi jadi prioritas. Mereka comeback dan mengeluarkan album saja sudah bersyukur, belum lagi jika mereka melakukan wajib militer, menunggu jadi satu-satunya cara belum lagi ada idola-idola baru yang muncul dan mau gak mau bikin kita tertarik.*iniberdasarkanpengalaman =D hahaha
So.. perfandoman tuh ga harus stay disatu fandom saja, bukan berarti multifandom juga tapi belajarlah dari fandom lain dan saling bertukar pikiran supaya tidak sering adanya fanwar. untung saja saat ini fanwarnya cuma melalui kata-kata di media sosial, coba bayangkan saat fansnya H.O.T sama Sechskies dulu yang adu jotos ?
kayaknya EXO-L sama ARMY bakal pada babak belur hahaha
Jadi intinya, tiap fandom pasti punya immature fans dan tugas fans yang lainnya adalah mengingatkan temannya untuk tidak memancing war bukan malah mendukungnya itu sama jika kalian sama-sama immature.
Salam damai, teruntuk para junior di dunia per-kpop-an.

Dari seorang fans dari fandom besar yang juga mengidolakan ahjusshi

Reply
avatar
kim grace
AUTHOR
2/25/2018 11:59 AM delete

Santai mba jangan nge gas :) saya juga pernah liat ada fanbase lumayan besar di IG fanbase exo yang menyindir BTS.
Terserah si mau jelekin apa tidak. Tapi masalahnya akun nya unprivate jadi army bisa liat jadilah fanwar dan salah lapak. Kalo private si gpp ya biar ga salah lapak

Reply
avatar
kim grace
AUTHOR
2/25/2018 12:07 PM delete

Rada ga setuju si sama pendapat kamu. Karena kamu baru jadi Army 2 bulan itu berarti kamu belom mengenal merekaa atau mencari tau lebih dalam lagi. Kecuali kamu udah jadi army bertahun tahun dan emg ga nemuin army yang bersifat dewasa. Kamu baru bisa ngomong seperti itu.

Dan maaf nih karena kamu Exo-L sekarang, yang kamu tau hanya tentang kejelekan Army tanpa tau hal lain. Nah kalo kamu fandom Army. Kamu juga pasti tau juga tentang masalah masalah kita tentang Exo-l jadi gak bisa pukul rata kalau semua kesalahan Army. Begitu juga Army sebaliknya. Gak ada yg tau yg bener yg mana karena masing masing fandom gamau di salahkan.

Saya gak setuju juga, yang kamu bilang masa ada multifandom Army-L dan kamu jijik ? Hmmm apa salahnya suka BTS dan Exo secara bersama. Ini kan musik. Musik tuh sesuai selera. Kalo kamu emang suka mereka bedasarkan musiknya pasti kamu tidak akan mempersalahkan jika kamu adalah penggemar Exo dan BTS sekaligus.

Jangan liat fandom nya kalau kamu cinta musiknya cintailah saja musiknya.

Reply
avatar
2/26/2018 8:32 AM delete

Gue sebagai exol kadang juga pengen ngelampiasin rasa iri gue tapi percuma lagian gak bakal ngerubah apa2. Dan untuk ARMY ya gue kadang suka marah pas liat komentar immature gitu (gue sebagai exol) tapi ya gue gak mau nanggepin, biarin aja lah intinya asal jangan sampai mereka yang immature buat fandom gue kecewa sama exol. Udahlah exol itu harus lebih dewasa jangan kek anak kecil lagi:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/01/2018 7:39 PM delete

kok pemikiran kita sama ya kak? serius, ini bener-bener sesuai hati gue. Masih aja ada yang nyasar? situ seneng ya sama war? pls deh, bisa baca gak? jls" tulisannya LAPAK EXO-L. HADEHHHH. POKOKNYA EXO-L SEMANGAT TERUS! JANGAN PEDULIIN KATA YANG LAIN! FOKUS KE EXO AJA UDAHHH!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/01/2018 7:58 PM delete

komen : dulu fans bts tapi kenapa skrng malah ngejelkin?

mungkin gini ya, dia (si penulis blog ini) tuh tau mana yang salah mana yang bener. dan emang kenyataannya yang gue liat army kebanyakan tuh immature. gue juga awalnya pernah suka bts tapi disitu juga gue suka EXO. dan pas gue tau kelakuan army kayak gitu, gue merasa kesel. gue kasian sama fans bts kalo armynya kayak gitu. jujur, bts jadi rival exo tuh baru skrng", dulunya kan exo rivalnya sama b.a.p. ini tentang kepopuleran sesama artis dan kebetulan exo sama bts lagi sama-sama di atas. dan begitulah bisa disebut rival. sebenrnya emang bts gak salah, tapi fansnya yang salah. EXO juga gitu, fansnya yang salah. so, kalo mau fanwar ya fanwar aja sama fansnya. kan udah jelas, yang namanya FANWAR ITU PERANG PENGGEMAR BUKAN PERANG PENGGEMAR TAMBAH ARTISNYA. dan sebaiknya, mending gak usah mancing atau pun terpancing sama yang namanya war. sumpah, jaman gnrsi ketiga tuh warnya luar biasa serem. waktu jaman generasi kedua sama kesatu gak pernah war sebesar dan selama ini. INI MASALAH PENGGEMAR DENGAN PENGGEMAR. LO YANG NYINYIR PLS MIKIR DULU, JANGAN DARI SATU SUDUT DOANG. BELA ITU LAH BELA INI LAH, BELUM TENTU YANG LO BELA ITU BENER. CARI TAU SENDIRI DULU DARI PADA PAS LO NANYA MALAH BIKIN KESEL ORANG. BERPIKIRLAH DEWASA. bukannya umur gak berpengaruh banget kan bagi sifat dan perilaku? anak tk aja pikirannya udah keterlaluan, anak sd kelas satu aja udah cinta-cintaan, kita yang udah remaja/dewasa ini pasti bisa ngatur itu lebih mudah. so, jangan nganggep suatu ha itu salah kalo lo gak tau akar dari hal yang lo bilang salah itu. dunia keras, setiap hal pasti selalu ada pro kontranya. jadi lo gak bisa maksa suka atau benci sebuah hal. kalo ada yang bilang, "suka-suka gue lah, ini pilihan gue." kalo gitu, pegang omongan lo, orang" juga mau suka-suka, emang lo doang yang bisa skaha? pls deh, kita ini satu keluarga, KPopers. tolong tiadakan fanwars. dosa. #EXOL

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/01/2018 8:08 PM delete

btw, chen aja udah bilang kalo nama EXO_L itu gak boleh diganti atau disatukan/digabungkan dengan yang lain. ini dari artisnya langsung, jadi tolong pahami. EXO-L tetap EXO-L, dan EXO hanya milik EXO-L. bahkan sbenernya EXO tuh gak terlalu senang dengan ada artis lain dihati fans yang mencintai mereka. suho atau siapa gitu pernah bilang, "bisakah kami menjadi satu-satunya di hati kalian?" itulah kata mereka, udah ada pemberitahuan. jadi ya mikir aja.

Reply
avatar
Wiky Andrian
AUTHOR
3/03/2018 12:22 PM delete

Halo, gua fanboy dan gua ARMY. banyak ko temen gua yg EXO-L tp ga war tuh. Walopun kita saling ejek ejekan dalam artian bercanda ya. Dann author or writer, gua mau nanya, brp si umur lu? wkwk kesannya tua bgt, haha tua ya bukan dewasa *maaf bercanda. Gua pengen ngomong aja ni ya, eh ga ngomong deng, ngetik. Nih ya kalo menurut gua sih wajar ARMY banyak yg bocah umur kisaran 9-20tahunan. Karena, yaaa.. Overall lagu BTS itu gak sevulgar KOKOBOP, THE EVE, dll. Am i right? Dannnn Kalopun org dewasa pada lebih suka sama EXO, its okay. Itu hak mereka. Dannn sekarang ada fanwar gt. YANG LU SENDIRI BILANG, kalo ARMY itu banyakan bocah daripada dewasa. Dan kalo FANWAR terjadi, ARMY yang banyakan bocah ya pasti lebih konyol dong dibanding EXO-L yang katanya dewasa semua. Udah kebukti kaya gt, tapi EXO-L malah ngebales war, jadi yang childish bgt disini siapa?? *gamaksud war cuma buka pemikiran kalian aja. Emang sih kalo idol dikatain gaakan rela, tp cmon guys. Lu sendiri yang bilang ARMY bocah tp lu masih ngatain bocah yang emang labil gt. Ga memaklumi. Dan satu lagi, EXO emg raja kpop korea. Tp BTS udh ga level se countries, BTS udh go internasional. Makasih, gua 17 thn. Masih bocah. ok, tq

Reply
avatar
3/07/2018 4:45 PM delete

pasti menurut kalian banyak yg bakal kesindir kan? kita ambil aja intinya. intinya dia (orang yang nulis podt ini) cuman mau ngeluarin isi hatinya dan kemuakannya terhadap fanwar yang terjadi, jadi wajar kalo banyak yg kesindir, trus kalian maunya gk ada fanwar, tapi sesama fandom lain aja selalu buruk sangka, fandom lain seneng kalian gengsi, fandom lain sedih/berduka kalian malah ngatain & mencaci, kalo kalian begitu terus sampe kapan fanwar ini bisa berhenti? EXO, BTS, SVT,SUJU, SHINEE DLL. semua sama. mereka sama2 ingin memberikan yg terbaik buat fans nya. jadi kalo kalian gk mau ada fanwar, coba liat diri kalian sendiri, apakah kalian yang menyebabkan fanwar itu terjadi?

Reply
avatar
3/07/2018 4:45 PM delete

pasti menurut kalian banyak yg bakal kesindir kan? kita ambil aja intinya. intinya dia (orang yang nulis podt ini) cuman mau ngeluarin isi hatinya dan kemuakannya terhadap fanwar yang terjadi, jadi wajar kalo banyak yg kesindir, trus kalian maunya gk ada fanwar, tapi sesama fandom lain aja selalu buruk sangka, fandom lain seneng kalian gengsi, fandom lain sedih/berduka kalian malah ngatain & mencaci, kalo kalian begitu terus sampe kapan fanwar ini bisa berhenti? EXO, BTS, SVT,SUJU, SHINEE DLL. semua sama. mereka sama2 ingin memberikan yg terbaik buat fans nya. jadi kalo kalian gk mau ada fanwar, coba liat diri kalian sendiri, apakah kalian yang menyebabkan fanwar itu terjadi?

Reply
avatar
3/07/2018 4:45 PM delete

pasti menurut kalian banyak yg bakal kesindir kan? kita ambil aja intinya. intinya dia (orang yang nulis podt ini) cuman mau ngeluarin isi hatinya dan kemuakannya terhadap fanwar yang terjadi, jadi wajar kalo banyak yg kesindir, trus kalian maunya gk ada fanwar, tapi sesama fandom lain aja selalu buruk sangka, fandom lain seneng kalian gengsi, fandom lain sedih/berduka kalian malah ngatain & mencaci, kalo kalian begitu terus sampe kapan fanwar ini bisa berhenti? EXO, BTS, SVT,SUJU, SHINEE DLL. semua sama. mereka sama2 ingin memberikan yg terbaik buat fans nya. jadi kalo kalian gk mau ada fanwar, coba liat diri kalian sendiri, apakah kalian yang menyebabkan fanwar itu terjadi?

Reply
avatar
3/07/2018 6:50 PM delete

maaf ya sebelumnya, plis bgt jangan salah paham sama omongan gw.
gw cuman ngasih sarang. lo mau kan kita (ARMY & EXO-L) damai? lu jangan senaknya ngatain juga, kalo emang yang nulis post ini sikapnya, jelek, mancing war, (misalkan). lu jangan ikut2an juga, lu sama aja bkin orang kepancing dan kehilahangan sabar, sebenernya gw udh kepancing sama lu, tapi... demi menjaga kedamaian ya gw diem ae. setiap orang punya selera masing2 coy, lu gk punya hak buat panas2 dia biar suka sesuatu yg sama kyk lu, dan lu ARMY kan? lu gk pernah jadi EXO-L kan ? jadi gk ush sotoy dngan urusan 3 member yang sudah jadi MANTAN. boleh kalo lo mau bangga2in idol lu, tapi jangan sambil jlk2in iddol yg laen, lu pikir kita apa? hewan? setan? malaikat? emang situ doank yg manusia? setiap manusia punya perasaan coeg malaah nih komentar kek gini, bikin EXO-L marah tau gk seh, sebenci2ny apa pun gw sama BTS, gw gk bakal brani buat ngejek dia. krn gw tau dia juga udh kerja keras. jadi sebenci2nya lu sama idol gw, lu jangan brani2nya ngejek, lu gk bakal tau perjuangan mereka, kecuali lu jadi idol KPOP dulu, ntr kalo udh tenar gw katain, biar lu tau kalo digituin tuh sakit, thx #armyexoldamai #antiwarwarclub

Reply
avatar
3/07/2018 7:12 PM delete

TERUNTUK SEMUA ORANG YANG BACA
dear kalian semua sesama KPOPERS yang saya banggakan, yorobun... percuma bgt kalo kalian coment banga2in idol kalian sambil ngejelek2in idol lain, okey gw disini gk bakal bhas BTS or EXO. gw cuman mau bilang, komentar itu yang baik lah... kalian mau damai? mau tentram? dan gk ada masalah antar fandom? tapi kalo kalian masih komen2 kek gitu ya percuma, gk ada gunanya ngetik kek gitu. contohnya aja nih, lu bikin indomih, lu mau banget tuh indomih awet ampe sore, tapi lu buang2 ke tong sampah, trus lu bikin lagi, trus buang lagi. (lah mending buat ae indomihnya), percuma ngabisin gas, inget gas udh langka. *bentar gw mikir dulu* oh y trus nih, yorobun semua kalian pasti suka suatu grup kan (yaiyalah ya) misalkan kalian di fandom A, yaudh kalian urus aja fandom A, gk ush ngurusin fandom lain, trus ada beberapa member keluar dari grup tertentu sebut aja fandom B, kalian gk punya hak buat nuduh2, " ah pasti nih member dari grup blablabla keluar gr2 kelamaan jomblo" "keluar gara2 gk betah dengan kesendirian" well lu malah jadi orang SOTOY tau gk, kalo mau bikin *tar mikir dulu* kalo mau share informasi dari fandom lain, lu harus nyobain jadi fandom itu, nyobain SUSAH, SENAG, DUKA,SUKA bersama meber2 nya. dan kalo udh tau seua lu boleh share fakta bukan gosip. coeg setiap orang punya selera beda2, dan kalian sama sekali gk punya hak buat maksa orang2 dari fandom lain biar suka ke fandom lu, (pemaksaan yang amad kejam gk seh), tujuan gw disini mau cari pacara eh... maksudnya mau ngajak damai, kuylan sekarang udh 2018, jaman now bgt gk seh, FANWAR ceh, sudah jaman old, jaman batu, selamat membaca kritik dan saran gw di pagi,siang,sore,atau pun malam. semoga FANWAR cepet musnah, gw istrinya Ceye, mpi, daniel, siwon,minho, ten, the8, holkay,dan hoshi mohon pamit undur diri, SALAM KPOPERS!!!!! #antiwarwarclub

Reply
avatar
3/10/2018 8:38 PM delete

Kok udahan?๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…


Gue gak ngerasa panas.. gak ngerasa seneng liat war... gak ngerasa sakit...


Gue gak prlu blg gue berada d fandom mana (cukup liat nick gue psti tau)๐Ÿ˜Š

Mslh postingan d atas at least gue nyikapin sebisa dan sedewasa yg bisa gue lakuin ehehe mustinya gue udh hiatus nih .. lbh fokus k real life bntr lg udh mau msuk kepala 3๐Ÿ˜… (abaikan)

Apapun yg dia katakan apapun yg dia pikirkan.. apapun keputusan yg dia ambil itu pure hak dia๐Ÿ˜Š

Semisal d masa depan klian liat group yg lbh bagus menurut hati kalian psti tanpa sadar kalian mulai ninggalin prlahan fandom yg dlu kalian elu2 kan...
Itu sebuah fase...
Semua yg hidup psti ngalamin bgitu..

Apapun kalimat hujatan. Hinaan. Sindiran.. sarkasme. I will see it all more wisely ..๐Ÿ˜Š

Pd dasarnya tdk ada yg pantas utk mendapat pandangan negatif dr sebuah karya..


Gue gak suka liat bts d remehkan.. begitupun sebaliknya dgn exo... mereka sama2 seniman.. mereka memberi lebih utk d banggakan dr kita yg sekedar hanya mlihat hal buruk dan tersulut lbh dlm tanpa koreksi kembali...

Gue sih fine2 aja.. smua yg comeback gue support. Tmn gue streaming gue bntu. Tanpa kita brfikir balasan.. apapun yg trjadi atas mereka gue mncoba melihat dr sisi lain mereka..

Yg gue liat komen2 an d atas ya fiks kita sikapi sepertinya faktor umur saja yg membedakan tinggi rendahnya emosi mreka.๐Ÿ˜Š

Kalian psti sering bgt dgr kan
Exo gak sebanding ama bts
Bts gak sebanding kan ama exo

Sebelum gue koreksi itu sumber berasal dr real fans mereka masing2 ataukah haters yg berkedok fans salah satu mereka..
Gue udh pny pndapat sndiri..
Kata (perbandingan) bukan kah itu penjelasan yg sangat jelas untuk menyadarkan kedua kubu yg tengah tersulut emosi..

Musik mereka berbeda. Gaya mereka berbeda. Aliran musik mereka berbeda. Dalam hal ini apa apakah penting perbandingan itu?

Gue gatau lbh dlm tntang exo
Jd sdikit aja gue komentar tentang kesok tau an gue bkln kliat jelas ama true fans exo jd gue gamau jd org yg seperti itu..


Kalopun gue jelasin semua hal tentang bts yg gue tau sdgkn fandom kalian bkn army itu percuma.. krna fandom masing2 pstinya pny kehebatan yg kalian puja masing2๐Ÿ˜Š


1 hal yg terngiang2 d pikiran gue tentang apa yg Suga blg
Gue disini bukan mau membuat hati kalian goyah dr fandom kalian dan memilih menjadi army bukan...
Sekali lg bukan.. fandom apapun kalian kalian yg trbaik.. dan pilihan yg terbaik utk kalian..


Gue cuman mau jelasin karna menurut gue ini mewakilkan semua fandom.. #menurut gue

Suga prnh blg..
Kami ingin membuat musik yg di sukai remaja dan sampai berumur puluhan..(?) Knp gak blg semua kalangan.. knp gak blg sampai remaja masuk fase senja..?

Karena sblm kita masuk fase itu.. mgkn saja bts cuman hanya nama.. suga blg gtu..
Bahkan bsa saja esok lusa itu trjadi...
(Semua pasti ngalamin) krna kita suatu saat bakalan fokus k real life kita.. yg biasa mnjadi rutinitas bisa jd no sekian utk kita.

Suga blg yg intinya (gadis perempuan) yg sbuk sama kluarga nya.. mninggalkan masa remaja nya.. suatu saat dia kembali ke teringat masa lalunya.. dia liat 7 pria tersenyum menatapnya.. dia ingat kembali masa2 remajanya..dgn terisak dia mngatakan dlm hati "trimakasih tlah hadir dan mewarnai hidupku d masalalu.. mekipun skrg kalian tiada" walaupun suga yg blg tpi menurut gue smua idol berfikiran sperti itu. Yakin. Jd itulah sebabnya gue blg mewakili semua fandom..
๐Ÿ˜Š

Sekali lg ..
Apapun yg kalian bicarakan.. tntang exo? Bts? Atau apapun..

Percayalah 1 hal..
Bahwa mereka hadir untuk mendapatkan cinta dr smua org.
Krna itu imbalan atas karya yg mereka berikan.

Gue bangga keduanya..
Mereka mmberi wrna untuk fans mereka masing2.

Reply
avatar
3/13/2018 10:57 PM delete

Iya tuh gw setuju ama khairunnisa indah gw bukan mau berdebat dengan army yah gw juga army tapi lebih ke exo l karena sifat sifat army yg buruk tuh bikin gw agak risih karena ngejelekin exo trus otomatis gw tersinggung juga donk ngejekin idola gw mati(lay dan baekhyun) klo misalnya exol ngejekin idola lu v sama jungkook bts mati (maaf kata kasar) elu mw gak. pasti gak tenang dan gak senang kan di bilang gitu makanya para army klo ngomong itu mikir dlu jangan saling menjelekan.nanti army dan bts juga yg kena batunya .oh iya sama 1 lagi bts dan exo itu akrab yah jadi para fanwar.jangan berlebihan deh karena perdebatan army vs exol lah yg kadang dapat membuat exo dan bts bertengkar(jangan sanpelah) dan eh tw malu lah yaaa bts tuh banyak menang sama berjaya itu juga ad berkat exo yahh .lu lama lama bikin gw emosiann.dan ARMY L what is that menjijikan bgt sifat kayak cacing kepanasan saaat liat artikel yg menyangkut exo apa hak kalian para army yg berani beraninya menjelakan exo emg exo ada salah yg bener itu army minta maaf dan terima ksih pada exo dan exo l karena exo banyak bgt tuh membantu bts .dasar gtw malu najis tw gak baca komen elu .lagian elu anonim ngapain elu baca artikel ini sama aja elu yg bego dan elu yg salah karena elu bacaa artikel ini elu yg marah dan gak seneng lagi kan elu army jagan lewatt btass yahh itu ud ada peringatan ini hanya untuk exol emg elu exol kalo exolg mungkin punya fams yg se najis eluu����

Reply
avatar
3/14/2018 2:43 AM delete

Hallo, assalamuallaikum. Jujur aja gue baru baru ini suka kpop. Dan gue bisa dibilang netral, gue suka bts dan gue suka exo juga. Setelah beberapa lama gue jadi kpopers, gue tetep ga ngerti kenapa fandom sering war. Gue ga ngerti kenapa fandom saling menghina. Kenapa ga bisa damai ? Kenapa ? Yang gue lihat, fanwar sering terjadi karena ada yang MANCING. Kalo ga ada yang mancing ga mungkin akan terjadi fanwar. Itu satu, yang kedua karena dioancing fandom yang lain ngerasa kepanggil buat war. Yang ketiga kemungkinan yang mancing itu bukan fans tapi haters. Bisakah kalian menjadi orang yang dewasa ? Tolong abaikan kata kata haters. Berhentilah memikirkan fandom lain, cukup dengarkan bias kalian. Toh buktinya exo sama bts baik-baik aja, didepan kamera maupun dibelakang kamera. Bisakah kalian tidak mencari kelemahan fandom lain ? Biarpun bias kalian dihina fandom lain. Gue tau kalian ga akan mungkin bisa diam. Tapi tolong berhentilah membalas sesuatu yang bahkan bisa dibilang bukan hal yang penting. Kenapa gue bilang ga penting ? Karena yang terpenting, bias kalian baik-baik aja. Support bias kalian melalui musiknya, supoort bias kalian melalui prestasinya. Bukan support mereka karena hinaan fandom lain. Jadilah fans yang dewasa. Please guys stop, gue sakit denger ini karena gue cunta dua-duanya, gue ga bisa mihak salah satu. Karena mereka semua sama, mereka semua punya keunggulan dan tentunya mereka juga punya kekurangan yang seharunya bisa kalian terima sebagai fans. Dan gue rasa bukan cuma gue yang sakit. Gue rasa bts ataupun exo sakit ngelihat fansnya war kaya gini. Kalian ga tau apa yang mereka rasain, mereka pasti sedih lihat kalian seperti ini. Jadi tolong support mereka dengan cara yang baik. Gue berharap untuk kedepannya hubungan army maupun exo-l membaik. Karena gue yakin itu untuk kebaikan bts dan exo juga.
Wassalamuallaikum

Reply
avatar
3/17/2018 3:58 PM delete

Begitu doangkan?lah apadaya gua yg mantan exol..dulu pas gua msh pure bgt di exol digrup chat mereka malah ngatain gua padahal jls² gua mulfan lbh ke exol..gua dijudge abis²an katanya nnt gua ss ke grup fandom lain buat ngundang war pokoknya fitnahlahh..itu yg namanya keluarga?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/17/2018 4:11 PM delete

G ngurus fandom lain?yakin udh urusin fandom sendiri?gua dulu tuh exol yg pure bgt gua suka bb lain itu b aja lbh ke exol.trus gua masuk gc.exol pd blg mereka itu udh senior gitulah..gua jg jd exol waktu itu udh 3 taun tp apa salah gua suka bb lain?suka doang salah?exol di grup itu nanyain satu² member gc itu apa pure exol ato enggak.gua jwb y gua pure tp gua suka bbrp bb lain.lu tau apa yg mereka lakuin?mereka fitnah gua katanya nnt gua bakal ss chat gc mereka yg gibahin army ke gc army padahal gua itu pure exol.pokoknya gua diancem² sm mereka keluar grup katanya gya pengkhianatlah apalah..lu sakit hati g digituin?bahkan yg gituin lu itu mereka yg ngaku keluarga!that's why gua keluar dr keluarga yg udh ngehina anggotanya sendiri

Reply
avatar
3/17/2018 4:30 PM delete

Gua skrg pure army dulu gua itu pure exol.gua jd kpopers udh 6 taun dan awalnya gua pure bgt sm exol dan gua mulfan tp bnr² lbh pure ke exol tp ada hal yg bnr² gua kecewain dr exol.gua jd exol udah 3 taun begitupun army.pas taun lalu tuh gua join grup exol katanya udh pada sunbae ya gua hormatin mungkin mereka fans dr exo debut sedangkan gua dr era overdose.gua pikir pasti mereka anti war,smart,tau mana baik buruk.tapi?big no!mereka gibahin bts sm army trus ky nyuruh report akun army yg isinya buat project.gua emg jarang komen kalo ky gt.trus mereka nanyain member gc itu satu² apa pure exol apa bukan.gua jawab aja gua mulfan lbh pure ke exol.apa yg mereka lakuin ke gua?mereka ngehujat gua abis²an ngefitnah gua ss chat mereka,niru project exol,gua sampe di ancem dikick.hey,that a family?apa di keluarga exol itu bakal membenci anggotanya yg suka sm idol lain?gua bnr² sakit hati gua kira mereka yg ngakunya 'fans senior' tau mana baik buruk tp nyatanya bullshit.trus gua join jg join grup army tp g perna gua buka malah gua nonaktifkan notif.pas gua scroll mereka g perna sekalipun ngomongin fandom lain.kalopun ada lgsg ada yg cegah dia.gua ngerasa nyaman bgt sm army dan gua ninggalin exol karema perlakuan mereka sendiri ke gua terutama.ada exol yg masuk grup army itu trus ngajak dislike mv kokobop padahal jls pp dia exo y mana mungkin fans may jatohin idolnya.trus sunbaenim pada nolak secara halus..that's why gua bakal ttp jd army

Reply
avatar
3/19/2018 2:15 PM delete

Halusinasi....
Apa yg menurutmu tepat terkadang bukan sesuatu yg tepat dan nyata... Berhati hati dalam bersikap dan berkata itu akan lebih bijak

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/19/2018 10:21 PM delete

Pantes army sama exol gak pernah akur masih bnyak fans imma kek kalian.. Gue baca dr awal sampai bwah ada yg dewasa menanggapi ad juga yg nggak.. Gue ARMY..gue juga gak mau ngbela fand gue juga krn gue sadar mash ad army yg imma.. Gue koreksi ya yg punya blog ini kata katany ..exol itu udah lama ya war sma fand lain lo gak update..sma kek fand gue ad jg fans yg suka war tp lo trllu menyudutkan fand gue .itu brdsarkn sdut pndang lo yg gak update.. Ad yg gue bca bilang army salh lpk.. Hello exol yg bilang gini gak update bgi lo yg exol lo bisa liat artikel idol gue bnyak dnyinyirin sma fand klian mlhan ni bikin akun hters idol gue jadi jangan merasa suci. Buat yg punya blog sering2 update ya katanya kpopers.. Gue sih ngakak ya baca uneg uneg lo gapapah lo gak suka bts ..ngluarin uneg uneg itu bagus tapi apa pantas lo bkin blog cuman bahas uneg uneg lo yg gak suka bts.. Lo mngundang exol utk membnci army padahal bnyak dari exol dan army yg dwasa yg komenny yg nghate lo org2 yg suka war yg gak menghargai idol sndri..gue harap sih fans yg suka war musnah.. Krn idol internasional gak butuh fans kek kalian . .ad kata kata army berpura pura lemah.. Dan buat lo yg punya blog yg gue gak ingat nmany siapa blog lo cuman jd buat gue yg ARMY utk lbh mncntai idol gue .sorry gue baru pertama kali salpak.. Ini lapak exol yg mmbahas bts.. Sorry skli lg buat exol yg mrasa trsinggung.kalau ad yg brusaha mnyudutkan idol klian ..klian pasti ngbela dan ngrti gmn klo d posisi gue..klo lo msh nyolot. Gue gak perlu bls gue yakin lo pasti bkl dpt karmanya..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/21/2018 2:40 PM delete

Eh mbak, udah dibilang ini khusus untuk exo-l. Ya kalo bukan exo-l jangan nge bacot atuh. Masi sehat gak si ?

Reply
avatar
Ayu Azharini
AUTHOR
3/24/2018 12:05 PM delete

Neng damang? Baru suka KPop dari tahun 2016 saja sudah curhatnya kebangetan. Kaya udah tersiksa berapa taun gitu... EXO nya juga ga kenapa2 neng. Apalagi BTS. Haduh fangirl jaman sekarang ya. Cetar semua ๐Ÿ˜‘

Reply
avatar
Ayu Azharini
AUTHOR
3/24/2018 12:11 PM delete

Boleh menyimpulkan?
Setelah ditelusuri, fans exo dan bts itu orang yg sama. Maaf kasar, kalian munafik. Suka exo pasti suka bts begitu juga sebliknya. Aku g percaya di di dunia ini ada pure fandom. Karena yg namanya kpop itu tumbuh bercabang, semakin populer, semakin baru maka semakin nyebar..

Reply
avatar
Seira Putri
AUTHOR
3/24/2018 3:54 PM delete

Gue ga pernah ngaku psikopat, tapi sumpah kalo ketemu ni anak gue sanggup gampar ni bocah nyampe matanya pindah ke kuping
Baru jadi fangirl berapa tahun doang udah so so an curhat uneg uneg, udah kaya tersiksa bertahun tahun jadi fangirl
Ini nih yang bikin fanwar mulu, fangirl jaman now yang baru berojol udah so berpengalaman bertahun2
Lebay banget sumpah

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
3/31/2018 6:14 PM delete

Begini ya sebelumnya entah anda itu lebih tua dari saya atau bukan. Saya suka kpop sejak tahun 2006,2008,2009,2010 (kenapa saya hanya tulis tahun? Karena saya hanya tau dan mendengarkan tapi belum mengenal jadi di tahun 2010 saya sudah mengenal) fandom pertama saya adalah super junior dan snsd lalu disusul oleh semua grouo mulai dari Grouo SM,JYP,YG,Cube,semuaa lah pokoknya,dari agensi besar sampe kecil, nah disini aku juga mau jelasin kalau aku udah EXOTIC, jadi udah dari era mama dan history kau juga ngefans EXO lalu disitu aku juga ngikutin BTS selama mereka predebut juga. Gini ya dek/mbak menurut saya ini bukan semata-mata artikel tapi ini teks opini yang anda buat. Jadi kan tidak sepenuhnya fakta dan mengertilah namanya fans itu random atau maksudnya tidak semua sama. Ingat! Kita yang tidak bisa menerima kekurangan dan hanya menerima kelebihan berarti itu belum dewasa. Saya harapa akan ada banyak orang yang bisa lebih dewasa dalam menanggapi comment,group boyband maupun girlband,fans,dan siapapun itu. Kalau anda bilang hanya ARMy yang immature itu juga tidak sepenuhnya bisa dibenarkan dan apabila EXO-L adalah fandom yang mature itu juga tidak bisa sepenuhnya dibenarkan. Dan kalau anda menjelaskan fakta bahwa umur Army rata-rata masih bocah itu benar2 hal yang akan membuat anda akan malu sendiri apabila anda mengetahui kebenarannya, jadi saya harap jangan menjadikan secuil informasi yang anda ketahui sebagai fakta. Fakta bahwa I need U mendompleng EXO itu salah, I need U memang sudah sukses dengan perjuangan mereka sendiri, saya disini tidak membela siapapun saya hanya mencoba membenarkan apa yang anda sebut dengan artikel itu. Ya silahkan anda membeci ARMY dan BTS karena itu hak mutlak anda tapi setidaknya cukuplah benci itu untuk anda sendiri dan tidak merugikan siapapun. Tapi saya harap anda mampu menjadi lebih dewasa,terbuka,wawasan anda juga bertambah dan saling menghargai perjuangan keras orang lain entah itu EXO,BTS,Super Junior,semuanya saja karena kalau yang anda lihat hanyalah acara musik atau panggung mereka, reality show,variety show,funny moments,acara ajang penghargaan saja itu akan membuat anda berpikir seperti itu itu saja, anda tidak akan pernah tau depresi mereka,stres,kurang tidur bahkan tidak tidur hanya untuk latihan dan manggung selama seminggu full,dan diperparah dengan comment para haters,hinaan terhadap karya mereka, anda mungkin belum mengetahuinya

Reply
avatar
3/31/2018 6:15 PM delete

Begini ya sebelumnya entah anda itu lebih tua dari saya atau bukan. Saya suka kpop sejak tahun 2006,2008,2009,2010 (kenapa saya hanya tulis tahun? Karena saya hanya tau dan mendengarkan tapi belum mengenal jadi di tahun 2010 saya sudah mengenal) fandom pertama saya adalah super junior dan snsd lalu disusul oleh semua grouo mulai dari Grouo SM,JYP,YG,Cube,semuaa lah pokoknya,dari agensi besar sampe kecil, nah disini aku juga mau jelasin kalau aku udah EXOTIC, jadi udah dari era mama dan history kau juga ngefans EXO lalu disitu aku juga ngikutin BTS selama mereka predebut juga. Gini ya dek/mbak menurut saya ini bukan semata-mata artikel tapi ini teks opini yang anda buat. Jadi kan tidak sepenuhnya fakta dan mengertilah namanya fans itu random atau maksudnya tidak semua sama. Ingat! Kita yang tidak bisa menerima kekurangan dan hanya menerima kelebihan berarti itu belum dewasa. Saya harapa akan ada banyak orang yang bisa lebih dewasa dalam menanggapi comment,group boyband maupun girlband,fans,dan siapapun itu. Kalau anda bilang hanya ARMy yang immature itu juga tidak sepenuhnya bisa dibenarkan dan apabila EXO-L adalah fandom yang mature itu juga tidak bisa sepenuhnya dibenarkan. Dan kalau anda menjelaskan fakta bahwa umur Army rata-rata masih bocah itu benar2 hal yang akan membuat anda akan malu sendiri apabila anda mengetahui kebenarannya, jadi saya harap jangan menjadikan secuil informasi yang anda ketahui sebagai fakta. Fakta bahwa I need U mendompleng EXO itu salah, I need U memang sudah sukses dengan perjuangan mereka sendiri, saya disini tidak membela siapapun saya hanya mencoba membenarkan apa yang anda sebut dengan artikel itu. Ya silahkan anda membeci ARMY dan BTS karena itu hak mutlak anda tapi setidaknya cukuplah benci itu untuk anda sendiri dan tidak merugikan siapapun. Tapi saya harap anda mampu menjadi lebih dewasa,terbuka,wawasan anda juga bertambah dan saling menghargai perjuangan keras orang lain entah itu EXO,BTS,Super Junior,semuanya saja karena kalau yang anda lihat hanyalah acara musik atau panggung mereka, reality show,variety show,funny moments,acara ajang penghargaan saja itu akan membuat anda berpikir seperti itu itu saja, anda tidak akan pernah tau depresi mereka,stres,kurang tidur bahkan tidak tidur hanya untuk latihan dan manggung selama seminggu full,dan diperparah dengan comment para haters,hinaan terhadap karya mereka, anda mungkin belum mengetahuinya

Reply
avatar
Ta. Fy25
AUTHOR
4/08/2018 3:29 PM delete

Aku army, tpi aku akui memang army itu suka banget fanwar
Tapi aku nggk karna aku juga mantan exo l dan aku juga suka sama boygroup yang lain
Klo menurut aku sih fanwar itu gak akan berhenti sampai kita bisa menghargai fandom lain
Aku masih di bawah umur dan masih sangat2 labil, ngeliat bts dihujat juga pasti kesel. Tapi buat army2 yang lain, sekesel2nya kalian jangan bikin fanwar lah, klo ada pertanyaan kenapa ada haters? Pasti jawabannya karna kita sebagai fans yang gak bener. Idol gak salah, tapi fans nya yang salah
Mohon deh ke depannya gak ada fanwar buat sesama army
Jangan suka nuduh dan nuntut lebih, bts udah cukup tenar, jadi mau apa lagi? Bts susah2 ngumpulin fans masa army bikin sesama army nya keluar?

Reply
avatar
Ta. Fy25
AUTHOR
4/08/2018 3:34 PM delete

Aku army, tpi aku akui memang army itu suka banget fanwar
Tapi aku nggk karna aku juga mantan exo l dan aku juga suka sama boygroup yang lain
Klo menurut aku sih fanwar itu gak akan berhenti sampai kita bisa menghargai fandom lain
Aku masih di bawah umur dan masih sangat2 labil, ngeliat bts dihujat juga pasti kesel. Tapi buat army2 yang lain, sekesel2nya kalian jangan bikin fanwar lah, klo ada pertanyaan kenapa ada haters? Pasti jawabannya karna kita sebagai fans yang gak bener. Idol gak salah, tapi fans nya yang salah
Mohon deh ke depannya gak ada fanwar buat sesama army
Jangan suka nuduh dan nuntut lebih, bts udah cukup tenar, jadi mau apa lagi? Bts susah2 ngumpulin fans masa army bikin sesama army nya keluar?

Reply
avatar
Divya
AUTHOR
4/15/2018 10:43 PM delete

Gw suka exo walaupun bukan exol, gw suka kpop tp gak fanatik, yaa cma bwt ngisi waktu luang aja refreshing,dan gw cuma geleng2 kepala liat comment2 diatas. Lebih baik kita lakukan yg lebih bermanfaat dan doakan kesuksesan utk idol masing2. Salam damai utk semua

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/16/2018 5:45 PM delete

Yg fanwar terlalu over si kta gw.lah bts ama exonya aja temenan,lah ini yg dikata fansnya malah ribut.Heran

Reply
avatar
nfl ast
AUTHOR
4/16/2018 5:47 PM delete

Tapi ya disini,kesannya lo kek mojokin army seolah2 army yg salah

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/19/2018 3:04 PM delete

saya dulu duka bangtan tp sekarang udh ngga lagi gegara kejadian pas army nge mistranslate + twisted omongan Baekhyun. padahal bukan fandom + idol mereka tapi kenapa mereka ikut ikutan. jujur itu yang buat saya cape nahan diri buat jadi netral dan ngebilang 'ngga semua army begitu' . tapi kenyataannya ada 5k+ orang yang nge retweet tweet itu dan itu membuat saya berfikir. masa 5000+ army mau saya sebutin namanya satu satu padahal mereka satu fandom? jadi jujur aja emang saya suka lagu bts tapi gara gara fans nya saya jadi gasuka. ngeliat iklannya aja jadi sakit hati gitu. Emang bener kata orang, fans itu adalah muka depan idolnya, jadi kalo jadi fans ya urusin aja idol lo sendiri, gausah urusin idol lain apalagi sampe ngebuat nama idol lo jelek gara gara lo ngejelekin idol lain

Reply
avatar
4/21/2018 8:01 PM delete

wah nambah ilmu buat gue. jujur gue suka sama uneg"nya. dan emg bener paling benci sama fans ima sama yg multifandom. aku mau cerita, sepupuku dulu suka penasaran sama bts. sampai" membuatku pusing , tp dulu aku bukan kpop, aku cuma tau gd bigbang dan suju, cuma mereka. aku biasa aja waktu lihat mv bts yg lagunya ada fire, fire. karena sepupuku terus"an pengen cari tau soal bts akupun bantuin nyari di google( sepupu gue masih kelas 6 sd, dan masih belum di bolehin pegang hp sama ibunya)aku bener" ga tertarik dan bosan. tp waktu itu aku nemu video monsternya exo. ga tau kenapa awalnya jg biasa aja. tp kok lama" jadi ketagihan. sepupuku jg dia mulai lupain bts dan minta aku buat nyari exo di google. nah pas lihat exo showtime. aku sama sepupuku jd mulai suka sama exo. sampai sekarang. dan gue lucunya sepupu gue ngaku" exol, padahal waktu dia penasaran sama bts, dia sama sekali ga pernah ngaku" kalau dia army. sekarang pun kalau pulang sekolah dia pasti langsung kerumahku. rumah kami bersebelahan. kita nonton mv exo di youtube sampai sore. yah itu aja sih. dan soal fanwar. selama masih ada fans ima kayanya mustahil bakal ilang.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/23/2018 1:40 AM delete

Ini postingan udah setahun yang lalu sih, tapi gatel pengen banget komen

Oke saya mau curhat sebentar, sebenernya saya VIP dan EXO-L dan curhatan mba nya sangat sangat sesuai dengan isi hati saya, seakan-akan kaya saya yang lagi curhat wkwkwkw ��

Btw, saya juga dulu 'hampir' jadi army, soalnya hampir semua temen saya army semua dan saya didoktrin soal BTS setiap hari,tapi untungnya gak jadi karena kepincut exo,lewat drakor exo next door dan lagu GROWL, saya suka exo karena lagu" nya memang enak" dan 'menurut' saya vocal line exo itu memang lebih bagus daripada vocal line BTS, tapi lagu" BTS juga enak" kok saya suka juga, walaupun saya gak stan di fandom mereka,dan menurut saya nilai plus BTS itu di rap line nya, yaa karena mereka lebih masuk ke aliran hip hop sih, jadi kebanyakan lagu" mereka agak swag swag gitu

Alasan saya gak suka mereka itu karena 1 "kepopularitas" mereka, semakin besar nama BTS dan nama fandom mereka semakin besar juga saya gak suka, kenapa? Karena berita dan fandom mereka ada dimana-mana, dan itu buat saya kesal dan jengkel, karena kepopularitasan mereka idol besar lain seperti BIG BANG bahkan seakan-akan terlupakan, karena semua orang sibuk membicarakan BTS *saya ngerasain itu waktu saya masih suka banget sama BTS loh dan belum jadi EXO-L

Oke kembali soal fanwar
Memang iyaa sih, menurut saya akhir" ini BTS memang lagi naik daun karena 'BILLBOARD' saya udah nemu banyak bangeet komen" para ARMY yang apa apa selalu ngebanggain soal 'BILLBOARD' dan 'AMA', bahkan pernah waktu itu saya nonton video soal "exo daesang award" dari awal sampe sekarang, padahal judulnya EXO tapiii, masih ada aja ARMY yang nyelip dan komen "BTS KING" pliis deh saya eneg banget ngelihat itu rasanya mau bully cuma saya masih mau menjaga nama baik fandom saya,oh ayolah secara itu video tentang EXO dan dia masih aja bahas BTS, dan parahnya lagi ada yang komen kalau BTS lebih hebat dari EXO dan dia sudah pernah tampil di AMA dan menang BILLBOARD, pliis deh ini tuh bahas 'DAESANG', jadi tolong buat para ARMY, sebelum komen cermati dan baca baik-baik 'judul' nya dan jangan salah lapak, karena komen" kalian itu bisa membuat para EXO-L naik darah dan ngebully kalian, terus? Alhasil EXO-L lagi yang kena salah, dan bilang kalau EXO-L yang selalu judge BTS dan mulai fanwar, padahal sebenernya kalian sendiri

Soal immature fans, disetiap fandom ada kok di EXO-L bahkan juga banyak, tapi kalau sekarang sih 'menurut'saya banyak ARMY yang usia nya masih kecil" dan bahkan disekitar saya itu banyak ARMY yang masih 12-14 tahun, mereka itu cuma tau BTS menang BILLBOARD dan tampil di AMA, cuma itu yang selalu mereka banggain, saya heran.. Padahal EXO juga menghasilkan banyak prestasi kok, bahkan sampai 200 lebih, Well tapi menurut saya BTS itu memang sangat keren loh, dan saya sangat berharap SM promosiin EXO di luar Asia, padahal Waktu itu EXO pernah diundang di BILLBOARD loh, tapi SM nolak, karena katanha EXO lagi sibuk, saya berharap nanti EXO juga bisa kaya BTS dan nanti bisa tampil bareng di AMA

Oh iya balik lagi soal fanwar, sebenernya saya sangat setuju dengan postingan mba nya ini,tapi postingan kaya gini juga yang menyulut fanwar, jadi kalau bisa di privasiin aja mba dan kalau bisa ada notifikasi pringatannya gitu, jadi kan ARMY gak salah lapak dan baca dan kalau masih ada ARMY yang baca yaa itu resiko mereka kalau sakit hati dan kesal intinya gak usah protes, karena ini lapak EXO

Jadi pesan saya, untuk para ARMY dan EXO-L berhentilah menyulut fanwar, berhentilah ngebuat fandom lain naik darah karena ulah kalian, dan tolong ingat semua perbuatan kalian itu hanya membuat nama idol kalian dan fandom kalian itu buruk

BTW saya suka jungkook >< seandainya jungkook punya nama fandom sendiri dan bukan ARMY pasti saya stan sama fandom itu ><

(BTW kalau fanwar ini belum selesai juga.. Oke. Persetan dengan EXO dan BTS karena BING BANG selalu nomor 1) #VIP #EXO-L #STOPFANWAR

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/28/2018 2:24 PM delete

Lol, siapa yg blg EXO dari awal udah terkenal? Lo jangan halu dong, EXO first fansign aja yg dtg cuma 20 org. Semua berjuang dri 0, hrusnya Army jgn ngerendahin Idolnya sendiri blg dri Agensi kecil jdi wajar. Hrusnya sih Army semangatin, sejauh yg gue lht jg, Army ngmong gitu kalo mreka udh terpojok. Mreka sok lemah, gue jujur ya awalnya nge stand BTS, tpi lhat kelakuan Army yg suka ngebacot dia post khusus Exo, jdi jijik sndiri, EXOL malah yg lbih suka blg congrat di post khusus BTS. Immature banget.

Reply
avatar
«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 489   Lebih baru›   Terbaru»