Fanwar ; ARMY vs EXO-L


 
Warning: kata-kata kasar dan menyindir. You're not an EXO-L? Get out then! 
khusus EXO-L

Gue nulis post ini dengan kategori #daily jadi kurang lebih curhatan gue karena gue udah gatahan pengen ngeluarin uneguneg gue soal fanwar dari tahun 2016 kemaren. Karena ini cuman hasil uneguneg jadi gue males pake bukti dan yang pasti gue jamin semua yang gue tulis disini emang beneran pernah terjadi tapi memakai kata-kata dari gue sendiri. Jadi, kalau kata-kata gue ada yang melebih-lebihkan harap maklum. (karena gue emang gapernah nyimpen bukti.)

Sebelum masuk topik gue mau ngucapin Happy New Year walaupun telat. Dan selamat buat EXO yang sudah menangin daesang.




EXO-L

ARMY

EXO

BTS


Kalau udah masuk di antara dua fandom ini pasti kalian udah biasa dengan kata "fanwar". Kenapa sih kita harus saling membenci? gue awal-awal juga bingung, kok dua fandom ini saling menghina satu sama lain tapi sekarang gue udah enam bulan di fandom EXO-L dan akhirnya gue ngerti kenapa banyak kasus fanwar terjadi dimana-mana, ga di twitter, instagram, facebook, ada aja akun EXO-L dan ARMY yang perang. Untuk informasi, gue ini juga mantan ARMY, mantan fans BTS, sekitar 2 bulan gue ngebiasin BTS dan BTS itu grup pertama yang gue biasin (tbh).

Gue sekarang udah seratus persen yakin di fandom EXO-L. Jaman sekarang itu susah banget ngidolain satu idol aja atau satu grup aja dan alhasil sekarang gue cuman di fandom EXO. Semoga gue langgeng jadi EXO-L karena gue ini orangnya cepet bosan. Gue baru jadi kpopers pokoknya pas ramadhan tahun 2016 dan waktu itu gue ngebiasin Kim Taehyung, coba cek post gue yang "Become a Kpopers..". Gue suka EXO karena gue dikenalin temen sama drama EXO Next Door dan akhirnya gue kepincut sama Chanyeol disitu.

Dulunya gue itu MULTIFANDOM: ARMY dan EXO-L. Tapi satu kejadian yang membuat gue gasuka sama ARMY adalah Immature Fans. Waktu masih ARMY gue itu agak masih benci sama EXO, bahkan udah dari jauh hari gue benci sama semua hal yang berhubungan dengan kpop. Dan gue jadi ARMY itu juga karena pengaruh temen yang suka sama BTS dan gue dengan terpengaruh memandang BTS itu berbeda. Oke gue paham aja sih perasaan para army apalagi fans internasional. Yapp  itu beda dari grup lain. Mereka gesrek, lucu, imut2, ganteng2, multitalent juga, dancenya lincah, rapnya ahli, vocalnya gakalah sama rapnya yang bagus, nohh apalagi buat ngagungin idol kalian. Gue paham itu semua. Kenapa? Karena gue IMMATURE.

Tbh, gue belum pernah ketemu sama ARMY yang DEWASA. Bukan dewasa tubuhnya, tapi pikirannya. Bukan dewasa pikiran karena udah baca FF rated M tapi pemikirannya yang udah rasional dalam istilah udah bukan remaja labil lagi. Ingat! bukan berarti gue juga dewasa. Gue juga masih labil kok, tapi kok gue berani ngomong gini? oke gue terima kalau kalian bilang gue sok dewasa lah, tapi lihat diri kalian juga :).

ALASAN FANWAR EXO-L DAN ARMY TERJADI



Menurut gue, tandai tulisan merah



Kalau ini sih pasti fans punya banyak spekulasi. Enggak bukan itu, lebih tepatnya karena saling menyalahkan juga. EXO-L nyalahin ARMY, ARMY sok polos sama EXO-L, pas ngerasa kalah ARMY malah sok lemah atau ngungkit2 kalau agensi BTS itu dari agensi kecil lah apa lah. Intinya, saling menghina.

Fans mana sih yang tega idolnya dihina? Itu yang gue rasain waktu gue masih mulfand. Gue waktu itu lagi kepincut2nya sama EXO dan yang gue dapat, ada akun seorang ARMY yang menghina EXO. Dia ngatain EXO itu shit, worst, untalented, anjinglah, monyetlah, pokoknya kata2nya beneran bikin gue heran kok bisa2nya ngebenci kek gitu? dan akhirnya gue geram. Gue ke twitter ternyata banyak yang lebih parah. Gue lupa gimana gue bisa jadi ninggalin fandom pokoknya itu semua terjadi begitu aja dan sampe sekarang gue cinta EXO dan BTS? mungkin kalian ARMY cuek2 aja ya satu orang ninggalin fandom karena pasti banyak fans baru yang lain masuk fandom kalian mengingat sekarang BTS lagi hangat2nya dibincangkan. Tapi gue merasa sayang banget, kalau ada satu aja EXO-L yang ninggalin fandom, gue berharap temen gue yang juga mantan EXO-L kembali ke fandom, tapi sayang dia bukan fangirl sefangirl kita (lebih suka ngurusin pacar daripada oppa :v).

Beberapa minggu setelah gue memutuskan ninggalin fandom, ada akun yang bilang "Ga semua ARMY kok gitu, ga semua ARMY itu immature" kalau gasalah gue baca itu di komen Youtube tapi percuma! gue udah sepenuhnya ga peduli lagi, resolusi gue sekarang gue pengen setia dulu sama EXO, gue salut banget sama akun2 EXO-L di twitter yang ngidolain dari awal debut sampe sekarang, gue iri sama mereka, mereka sempet ngerasain gimana sakit hatinya saat 3 member EXO keluar, berita konfirmasi dating, yang parah itu pas dating Baekhyun sama Taeyeon banyak banget EXO-L yang keluar fandom, tapi kalau ada yang masih EXO-L sampe sekarang setelah semua itu, gue beneran iri. Yang dulu sebutan mereka itu cuman EXOTIC (nama fandom buatan fans sebelum exo-l diresmikan) sekarang dengan bangga menyebut diri mereka dengan EXO-L. Gue iri. 

Banyak banget yang out of topic hehe, dan salah satu alasannya lagi ya Immature Fans. Otomatis saling menghina itu juga perbuatan Immature Fans. Rata2 umur ARMY yang sering gue dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2. Jadi ya wajaarr. Inget ga di salah satu acara yang Chanyeol, Suho, dan Chen hadirin, ada artis cilik yang bilang dia suka EXO tapi lebih suka Bangtan. Ya begitulah rata2 umur fans BTS di intl ataupun di Korea. dan bahkan di korea sana BTS itu ga terlalu diminatin sama umur 20an, gue pernah nonton videonya, tapi lupa judulnya, pokoknya di video itu satu orang cowok yang interview random orang2 yang lewat di korsel, terus nanyain pendapat mereka tentang BTS, dan malah banyak yang gatau, atau lebih tepatnya kurang kenal. Menurut salah satu survey juga nyebutin BTS itu diminatin sama anak SD dan SMP.

Media Play agensi BTS. Gue pernah baca artikel tentang agensi BigHit yang bawa2 nama EXO dan SM-YG, pokoknya 3 AGENSI RAKSASA di korsel. Isi artikelnya itu tentang BTS yang bisa mengalahkan EXO dalam penjualan album, pokoknya kata2nya itu berlebihan banget dan ga sopan buat agensi yang pengen artisnya dapet popularitas. Baru-baru ini juga BigHit ngeluarin artikel lagi waktu album WINGS kelewat populer isi pokoknya itu kayak merendahkan EXO sama BIG3 AGENCIES banget. Gue emosi banget. Otomatis banyak ORANG yang bilang "benci BigHit tapi jangan benci BTS karena BTS kan cuman artisnya gatau apa2" "BTS itu korban disini" "kalian bisa benci kami ARMY. tapi tolong jangan benci BTS" Apa gue bilang? mereka sok lemah padahal kalau di komen2 instagram, kata2 mereka kasar semua. Gue tau semua orang pengen mencurahkan apa yang di dalam hati mereka kalau sudah kelewat emosi kan butuh tempat ngeluarin itu, tapi gue bingung, kalau ARMY pengen ngeluarin celotehan mereka ya di FANBASE ARMY aja sana! Banyak banget ARMY yang komen di FANBASE HARD EXO-L. Gue benci. Gue EXO-L nyadar diri kalau ada artikel terkait BTS gue diem aja, gausah komen. Saat ada live streaming, misalnya acara penghargaan ataupun event kpop, gue diam aja. Saat dimentionin jangan salah lapak, yang terjadi.. saling menghina tadi.
 

Hm.. menurut gue saling menghina sama gak tega dihina itu sama aja ya, otomatis yang gak tega ikut terbawa emosi dan yapp butuh dikeluarin juga. Gue kurang tau EXO-L sama ARMY ini saling menghina itu dimulai dari kapan, tapi kok tega banget ya ARMY ngehina EXO-L padahal dulu mereka butuh bantuan EXO-L buat memenangkan lagu I NEED U di salah satu program musik.

Oke gue bawa2 topik ini karena menurut gue ini yang paling menarik, bantuan EXO-L yang dulu. Gue dapet info ini dari twitter, ada screenshotnya dulu EXO-L sama ARMY itu TEMAN DEKAT. Saling membantu, lebih tepatnya EXO-L yang bantu ARMY, saling membantu? NONSENSE. Kemana ARMY yang dulu minta duluan, sekarang malah menghujat EXO-L. Idola mereka udah terkenal sekarang, apa gue boleh bilang itu karena Media Play dan EXO-L? Okey tidak ada EXO-L di antara ARMY tapi EXO-L dan ARMY di antara MULTIFANDOM. Multifandom.. gue gasuka mereka. Apalagi kalau fandom mereka EXO-L dan ARMY dan yang lebih menggelikan itu mereka nyebut diri mereka ARMY-L. TOLONG JANGAN PAKE ARMY-L! Nama yang menjijikan menurut gue, ga pantes! Kalau multifandom misalnya ARMY-CARRAT, EXOL-IKONIC, EXOL-VIP, ARMY-iGOT7 gue terima2 aja. Tapi ARMY-EXO-L atau lebih parah ARMY-L. Tolong jangan.

Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman. Atau pindah fandom dengan santainya. Pernah salah satu tweet ARMY yang menurut gue lucu "emang EXO-L dulu juga bukan mantan fans Super Junior, pasti kalian juga ngidolain SuJu dulu kan." Oke silahkan yang baca gimana artikan sendiri perasaan kalian.

Popularitas BTS emang gabisa dikatain ga sukses di tahun 2016. Mereka banyak mecahin record billboard dengan albumnya. oke gue juga nemu caption ONCE yang kurang lebih tulisannya gini "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gue ngakak setelah itu. Omong2 akun ONCE itu akun HARDCORE ONCE, dia gasuka gb sama bb lain selain grup idola mereka, TWICE.

Lagu EXO dan BTS yang nada intronya sama. Coba kalian bandingin lagu BTS yang judulnya Dead Leaves sama EXO - They Never Know. Nada intronya sama. Terus ARMY menghujat EXO katanya EXO plagiat lah. Tapi kenyataan kedua lagu BTS maupun EXO itu juga sama kayak lagu salah satu penyanyi kenegaraan Rusia. Emang kebetulan aja kali hufft. Terus tentang plagiat, ARMY juga menghujat EXO karena pakaian EXO yang sama kayak idola mereka. Kampungan kali ya. BTS juga pernah kok make pakaian yang sama kayak EXO. Gitu aja dipermasalahin kali aja sama2 mau sponsor bajunya.

Melon Music Awards 2016/MMA 2016. Kategori Album of The Year. Nah jadi disini EXO-L gaterima BTS menang di kategori ini karena album Young Forever milik BTS itu penjualan albumnya angkanya beda jauh banget sama album EX'ACT. Bahkan netizan korea juga bingung kok bisa BTS menang padahal ga banyak banget yang beli ga kayak EX'ACT. Gue denger pihak MMA ini milih sesuai internal data gitu. Sampai sini gue gapaham lagi karena gue beneran sakit hati banget dengan ketidakadilan pihak Melon. Yang bikin gue emosi saat pihak Melon dengan mudahnya ngakatin "4 awards itu sudah sangat banyak" dan EXO-L dituduh haus awards. Bukan haus penghargaan, EXO-L hanya minta keadilan.

MAMA 2016 Artist of the Year. Sebelum acara MAMA ini mulai, pihak Mnet menghapus atau mengubah video2 comeback EXO di Mnet jadi privasi. Sedangkan salah satu syarat buat EXO menang kuncinya adalah banyaknya view youtube video EXO di Mnet. Nah kalau videonya dihapus, gimana EXO-L mau nonton dan memperjuangin idol mereka? satu lagi cobaan buat EXO-L dan alhasil EXO ga menang di kategori ini. EXO ngarep banget kayaknya menang di kategori ini dan yang menang itu BTS. Semenjak kemenangan BTS di MAMA banyak netizen korea yang ngomentarin "aku bahkan baru kenal BTS hari ini". Semenjak kemenangan BTS di MAMA 2016 ini juga ARMY kayak menyombongkan diri gitu. hufft. Bahkan pernah gue baca tweet ARMY yang ngeremehin EXO karena ga menang di kategori ini.

Sekarang bahas album. WINGS and EX'ACT. 4 vers vs Kor-Ch vers. Sekali lagi waktu penilaian Golden Disc Awards sama Seoul Music Awards, ARMY meminta kepada staff supaya cuman menghitung album EXO di versi Korea saja. Padahal dari dulu Golden sama Seoul juga udah menghitung sama versi China nya. Nah kok mereka baru mempermasalahin sekarang sih? kok ga dari dulu? -__- terus pas EXO menang, mereka kayak ga terima gitu. Menurut gue penjualan album WINGS ini kuat di penjualan internasional yang melibatkan fans intl. 
 
Dan yang akhir-akhir ini itu Perang Lightstick. Mau bahas tentang ARMY yang ngatain EXO-L karena BTS dapet Black Ocean atau tentang konsep LS baru BTS yang hampir sama kayak EXO, hayoo mau bahas yang mana duluuu :D lucu yaa.. Black Ocean, ini waktu kejadian di MMA (Melon Music Awards) EXO-L dituding sengaja beri penampilan BTS black ocean, pliss ini ARMY ngarep bantuan EXO-L lagi supaya penampilan mereka terang gitu? Duhh ga nyadar diri ya, udah menghina EXO apalagi waktu kejadian Lay pingsan di bandara, ARMY ngedoain Lay cepet2 mati (maaf) supaya popularitas EXO nurun dan BTS berjaya. Kalau mikir pake otak ya. Alhasil ada korean EXO-L yang berjanji bakal beri black ocean ke BTS kalau ada perform. Tapi kenyataan EXO-L ga nyalain LS mereka karena mereka mau menyimpan baterai buat penampilan EXO. Mungkin BTS kena apesnya karena waktu itu katanya kebetulan saat2 paling tepat buat nyimpen baterai buat penampilan EXO. Gatau kalau ini cuman alesan EXO-L hahaha..

Konsep Lightstick yang sama.  Sebenarnya gue uda curiga dari dulu kok warna fandom BTS dan EXO itu hampir sama? Iya sama2 silver. EXO debut 2011/12. BTS debut 2013. Otomatis lebih tua EXO dong kalau soal Lighstick. Emang sih Bangtan Bomb itu warnanya bukan silver tapi kayak lampu hidup mati gitu /?. Coba kalian perhatikan kalau di acara musik maupun penghargaan gitu LS EXO sama Bangtan Bomb itu keliatan sama. Terus pas EXO ngeluarin Lightstick v2 gue pikir gabakal ada lagi yang plagiat warna2 mereka. LS ver 2 ini bisa berubah warna gitu. Gue maklum lah sama LS Twice dan VIXX juga bisa berubah warna tapi tentu aja warna mereka beda. LS Twice itu warna-warni gitu, VIXX juga bagus LSnya tapi kayaknya warna asli fandom mereka juga beda. Sekarang.. Bangtan Bomb juga ngikutin berubah-ubah warna juga. Gue juga mulai curiga waktu denger berita BigHit bakal ngeluarin Bangtan Bomb ver 2. Dan ternyata bener, beneran ngikutin. 

EXO-L marah bukan karena LS yang bisa berubah warna tapi karena warna Bangtan Bomb yang baru ini hampir sama kayak warna LS v2 EXO. Dari sekian banyak warna kok harus sama kayak EXO? Terus banyak orang2 yang merendahkan EXO-L, katanya masalah gini aja dibesar2kan. Lo pikir jadi EXO-L itu harus sabar terus? kami juga manusia. Banyak juga yang ngatain "kalau mau nyalahin, salahin BigHit jangan salahin BTS" kalau kata2 itu yang keluar gue udah beneran geregetan tapi gue diam aja, males komen.

ARMY wishing EXO death threats. Kayaknya ini beneran awal mulanya. Dimana banyak Immature ARMY yang ngetwit gini. Apalagi tadi tentang kasus Lay yang pingsan di bandara. Itu kejadian waktu BTS mulai mendapatkan banyak fans dan popularitas juga dengan Immature fansnya haha. Banyak ARMY yang mendoakan Lay dan Baekhyun buat mati (maaf). 

Kejadian yang hangat di awal tahun 2017 ini yaitu C-ARMY yang membully C-EXOLs. C-ARMY ini juga mendoakan supaya EXO mati (maaf). Bahkan Suho Baidu Bar China (fanbase terbesar fans Suho di china) dihack oleh ARMY. Mereka juga menyebarkan nomor telepon pribadi Suho, sehingga membuat C-EXOL marah besar.  Dimana waktu kejadian itu C-EXOL meminta permohonan maaf dari ARMY sampe hashtag EXO-L tersebut jadi trending dunia setidaknya 2 hari berturut. Hanya sedikit ARMY yang sudah minta maaf, dan mana yang lain? Kok pada diem aja? Idihh najis. C-ARMY ini juga menyebarkan identitas pribadi C-EXOLs padahal menyebarkan identitas pribadi orang itu suatu tindak kejahatan. Semoga ini ditindaklanjuti oleh agensi SM karena perbuatan C-ARMY ini beneran hangat dibicarakan selain itu ini juga bisa menconteng nama baik ARMY kalau terus2an ARMY ga minta maaf sama EXO-L. 

Katanya kejadian itu dimulai saat salah satu anggota perkumpulan grup dimana anggota itu EXO-L mengirim sebuah pesan singkat yang katanya itu nyakitin hati si ARMY. Nah si ARMY yang tersinggung ini mulai membagikan identitas pribadi si EXO-L dan membully EXO-L tersebut. Bahkan menyebarluaskan nomor telepon pribadi Suho dan menghack akun weibo fanbase terbesar Suho di China.


TEAM NETRAL ; 

MULTIFANDOM 


Gue fine aja sama multifandom ini. Bahkan kalau mereka udah bilang "Idolnya akur masa fansnya ga akur". Sebenarnya gue gasuka sama kalimat tersebut. Karena bodo amat gue kalau mereka akur atau gak! Inikan masalah fansnya. Fans mereka yang nyerang. Ya kami juga gabisa sabar terus. 

Gue juga gasuka kalau ada mulfand gini "apalah daya gue exo-l yang juga army". Gue tanya lo kalau milih lebih milih yang mana? Secara gue juga pernah jadi multifandom terus gue juga pernah ngerasain suka sama dua dan tiga grup tapi tentu gue juga sadar gue lebih suka dan lebih milih grup ini daripada yang satunya. Karena menurut gue mulfand itu sesuai mood. Misalnya saat disuruh ngevote terus di komen bilang "duhh kalau gini gabisa ngevote, apalah daya :')" apalah daya gue juga pernah ngerasain. Kalau jenis mulfand satu gb favorit satu bb favorit itumah fine2 aja kan. Tapi kalau ini soal EXO dan BTS yang akhir2 ini katanya saingan tolong jangan pilih salah satu dari mereka. 

Dan yang ngaku juga mulfand army-exol gue tau kok lo lebih milih bts, karena apa? menurut gue kalau lo emang suka exo lo pasti lebih suka ngepost exo di ig kamu dan yang gue temuin selama ini malah post ig bts semua, di bio tertulis "exo saranghaja" dan tolong yah, "saranghaja" itu cuman milik EXO. "we are one" itu khas EXO. Kalau gue nemu akun mulfand terus di bionya dia ARMY-L beneran geregetan tapi gue milih diam aja. Terus kalau kalian beneran mulfand yang adil kenapa kalau ada artikel yang menyuguhkan EXO kalian bawa2 BTS juga misalnya "udah EXO-L terima aja BTS lagi populer, gue mulfand kok". Jangan komen begitu lagi.

Pokoknya gue jarang banget nemuin multifandom yang sepenuhnya suka sama ini sama itu tapi beneran bisa membagi kesukaan mereka. Gue nemu satu atau dua tapi dia bukan EXO-L dan gue salut kok sama dia. Bisa membagi kesukaannya. Bukan berarti membagi rasa suka mereka misalnya si itu 30% dan ini 70% enggak tapi mereka beneran adil di fandomnya.

Fanbase kpop yang seharusnya membahas semua kpop. Bukannya itu juga team netral? terus saat ada fanwar nyatanya fanbase tersebut lebih ngarahin ke satu grup. Biasanya fanbase gini nih yang ada di Indonesia. Bahkan yang lebih parah salah satu akun MEME EXO INDONESIA di Instagram yang cuman numpang nama, karena yang dipost bukannya meme EXO tapi malah meme BTS. Dia bilang dia masih suka EXO, tapi sekarang lebih suka memein BTS. Gue udah komen tolong ganti aja nama akunnya. Terus adminnya bilang sayang udah dari dulu. Gue beneran emosi deh sama akun itu. Kalau emang suka EXO kok ga setia? padahal kan dia juga termasuk EXO-L lama.

Gue maklumin aja kalau multifandomnya kayak YGstan, SMstan, JYPstan, yang cuman suka gb, atau suka satu gb dan satu bb, saat mereka nyindir EXO-L dan ARMY yang sering fanwar. Mungkin mereka juga lelah sama fanwar. Gue juga lelah. 

Menurut gue kebanyakan MULTIFANDOM ini yang FAKE. Beneran ga memihak salah satu fandom. Tapi nyatanya mereka malah mendukung salah satu fandom. Ga semua multifandom itu exo-l dan army. Gue juga banyak nemui MULTIFANDOM yang baik orangnya. Bukan berarti gue gasuka sama mulfand cuman gue kesel aja kalau udah nemuin mulfand yang fake kebanyakan cuman nutupin rasa dilema mereka. Sekali lagi gue juga pernah ngerasa gimana jadi multifandom.


IGOT7, CARRAT, VIP, SHAWOL

Sebenarnya dari banyak fandom kpop yang juga netral gue tertarik sama 4 fandom ini.

iGOT7 sebenarnya di luar ekspektasi gue ternyata fandom mereka ini cukup besar di fans internasional. Terbukti mereka memenangin best fandom soompi awards. Gue juga kaget. Kok bisa mereka ngetwit sebanyak itu, bahkan EXO-L dan ARMY juga kalah angka. Pokoknya fandom yang beneran di luar ekspektasi gue.

Kalau fans seventeen, Carrat gue suka mereka karena fans mereka ini menurut gue lucu. Entahlah gue nyebut lucu kenapa. Fandom mereka juga kayaknya tentram2 aja. Kecuali ya kalau ada yang menghina idol mereka.

VIP. Fandom paling senior. Sebenarnya gue lebih suka kalau EXO dipasangin sama BIGBANG. Apalagi tahun 2015 itu EXO beneran saingan sama BB. Tentunya ada juga fanwar yang terjadi sama EXO-L dan VIP waktu itu terutama fans korea nya. Mungkin fanwar di Korea itu cara fanwarnya lebih cerdik bukannya kejam kayak fanwar fans intl. Gue bilang gini karena waktu VIP ngerjain EXO itu melalui tindakan bukan dengan perkataan dan fitnah. Gue pikir semua orang setuju kalau perkataan itu lebih kejam, senjata paling menyakitkan daripada tindakan. Gue gahabis pikir gimana ARMY dengan mudahnya nyuruh EXO buat mati. Gue juga punya temen yang YGstan dan VIP, gue juga ngerasa nyaman ngomong sama dia daripada sama ARMY. Temen gue ini juga dia kpopers senior dan udah dari sd ngestan bigbang. Makanya gue paling kagum sama fandom ini. Dewasa dan kalem, mungkin karena fandomnya juga udah lama.

SHAWOL. Nah kalau ini juga salah satu fandom yang ga memihak tapi rata2 shawol ini juga pendukung EXO-L mungkin karena sesama SM. Tapi ada juga yang dengan tegas dukung ARMY apalagi waktu Jimin sama Taemin kolaborasi dance itu banyak banget ARMY yang juga ngaku SHAWOL. Shawol ini juga menurut gue fandom yang strong, walaupun fans mereka berkurang terus tapi gue terharu kalau ngeliat lightstick mereka menyala di tengah2 lightstick silver :').




KAPAN FANWAR INI BERDAMAI?


Yang pasti fanwar ini gabakal selesai kalau ga ada salah satu fandom yang ngakuin kesalahan mereka masing-masing. Toh satu fandom ada jutaan fans, dan ga mungkin jutaan fans itu mau ngakuin dengan enaknya. 

Banyak banget yang udah muak sama fanwar ini. Katanya tahun dulu ga pernah ada fanwar yang seheboh sekarang. Bahkan fanbase HARD EXO-L juga bilang kalau fanwar sama ARMY ini yang paling menjijikan. Kenapa? dulu kalau ada fanwar sama fandom lain, bisa saling memaafkan. Tapi kalau sama ARMY ini katanya susah banget, mereka ini soalnya masih labil2. 

Gue pikir nih fanwar bakal selesai nanti kalau ada salah satu member EXO yang wajib militer. Jadi EXO kemungkinan juga ga ngelakuin comeback lagi kayak Suju dulu. Tapi tentu masih banyak peluang buat EXO di dunia hiburan, contohnya sub-unit dan solo album. Ya kita cuman bisa nunggu itu terjadi. Kalau sampai saat itu, dua fandom ini belum bisa berdamai, gue yakin masih ada aja Immature Fans. 

Jika kalian ga mau ada fanwar lagi makanya tolong jangan manas2in EXO-L. Kita kan sama-sama fandom besar. Jadi kalau ada satu orang aja yang menghina EXO-L terus satu EXO-L nyebarin dan otomatis satu fandom EXO-L bakal emosi juga. Kita kan manusia ga mungkin bisa bersabar terus. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Demi apa gue satu malam sampe begadang dan ketiduran buat nulis ini post. Gue yakin sih banyak yang ga baca saking panjang banget curhat gue saat ini. Kan udah dibilangin ini cuman uneguneg gue :)

Sebagai EXO-L gue cuman ngingetin tolong jangan ada Immature Fans di antara kita. Kalau ada tolong sadarkan dia secepatnya. Satu aja yang menghina fandom lain, tentu ada banyak yang kesindir dan sakit hati daan efeknya juga EXO-L dapet gelaran Most Immature Fandom. Bahkan kita juga dapet julukan fandom yang paling heboh loh.   

Kalau ada ARMY yang baca ini kesindir juga gapapa kok padahal dari awal kan udah gue ingetin juga.

Bonus interaksi EXO dan BTS:

Baekhyun and Jimin

V and Baekhyun

Suho and V
Suho and J-hope

Chanyeol and Suga

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

17.04.2017 Last edit.
Cuman memperbaiki sedikit kata-kata yang kurang rapi, intinya masih tetap sama kok.
Gue ga baca dan respon komen disini lagi (karena kebanyakan) silahkan komen lagi ke > fanwar <

Don't be so serious, thank you for reading~
Previous
Next Post »

188 comments

Write comments
nately k
AUTHOR
2/13/2017 10:47 PM delete

Kalo menurut anda army jahat menurut army exo-l juga jahat selamanya aja gini sampe ad kodok yang jadi manusia

Reply
avatar
Serli Dian
AUTHOR
3/06/2017 11:50 AM delete

https://coppamagz.com/telah-membuat-kontroversi-fans-exo-ini-meminta-maaf-kepada-army-dan-bts/

Reply
avatar
3/10/2017 8:29 AM delete

sebenarnya gw paling enek sama yg namanya FANWAR, semua orang pasti punya idola masing masing bukan ? mereka seharusnya hanya mendukung idolanya saja tanpa harus berkomentar yg aneh aneh sama idol lain, jujur gw dulu sempet suka sama BTS semua hal tentang mereka gw suka dan saat itu gw juga EXOL. tapi sejak gw ngeliat kelakuan ARMY yg semakin jadi perlahan gw benci sama BTS bukan karna gw benci idol mereka tapi kelakuan fansnya yg menurut gw childish gw juga sadar EXOL gak seharusnya kata - kata mereka kayak gitu tapi gw juga ngerasain sakitnya ketika ada orng nyuruh idol gw untuk mati, ngatain nama EXO besar karena agensi mereka yang besar, ada juga yg bilang EXO penghambat kesuksesan idol mereka ? hell kesuksesan itu tercapai karena kerja keras mereka, EXO bisa sukses juga karena usaha mereka dan EXOL dan mereka bukan penghambat kesuksesan siapapun.

Reply
avatar
3/10/2017 8:36 AM delete

https://coppamagz.com/pann-army-fanclub-meminta-maaf-kepada-beberapa-grup-dan-fandomnya/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/11/2017 11:23 PM delete

Gue udh enek liat army yang hobi banget ngehina2 EXO-L , kita juga manusia punya batas kesabaran , army kalo udh kalah pasti selalu sok merendahkan like " bts kan dari agensi kecil, exo dari big3" heol jijik, terus kalo album exact menang mereka bilang " jelas, 2 versi" LOL lo gak nyadar apa wings 4 ver

Reply
avatar
Eny Melinda
AUTHOR
3/12/2017 1:39 AM delete

Gue exo l dan gue netral... Gue gk benci bts dari awal hingga sekarang war yg merajalelapun gue tetep suka sm bts krna gue tau hinaan dn segala cacian fans mereka hanya berasal dari rasa iri semata. Immature fans krna kelabilan mereka udh bkin keterlaluan dn ngusik fandom lain. Gue marah gue sedih dan gue jg males klo tiap buka sosmed kebanyakan isinya pada war mulu. Dan exol selalu jd fandom yg d cap buruk krn selalu bkin rusuh pdhl mah klog gk di pancing jg gk bacot kog. Knp gue ngmong gini krn syukur gue pnya temen army yg mature dn sejati dn kita janji gk prlu ikut cmpur dg hal yg gk pnting kek war yg cumn bs ngeracunin pkiran buat sling ngebenci doank. Gegara beda fandom hrus lepas temen gegara idol kalah hrus adu kepopuleran jujur emng loe idup dpt makan dr fandom sm idol loe.. Gedeg gue yg smpek bela"in idolnya kyg ngeDEWAin aja.. Bukannya gue gk bela exo atw ngebela bts pliss gue exol hardcore tp gue ngehormatin jg fandom sbelah maupun atas dan gue sadar klog fandom gue msih belum apa" tp klian yg msih labil simpnlah rasa belagu dan sombong klian hnya untuk idol klian sndiri siapapun itu hatters jgn cmpuri urusan fandom lain jk klian sndiri jg merasa tdk suka di campuri. Kelakuan fandom jg menggambarkan idolnya.. Ini jg gk msuk akal tp yaa klog klian trus mlakukan penghinaan itu karma akan berlaku. Sorry gue bnyak omong tp ini prtama kalinya gue buka suara krna slama ini lebih milih diem dn ketawa aja ngelihatin immature fans yg sok tau. Aku suka postingan kamu.. Dsini kmu udh menjelaskan smuanya dn dri smua itu aku pling gk suka sm mulfand krn menurutku mrekalah orang" munafik yg sbenarnya wkwk ups.. Pd intinya gue harap smua war atw apapun yg brhubgan dg bndingin exo sm bts itu gk wajar krna setiap BB psti punya klebihn masing".. Ok thanks udh keluarin uneg"mu yg dg bhasa baik ini mnyenangkan drpda hrus kmu than dn limpahkan dg menyerang grup lain dg kta kasar. .slam kenal ya... Exo fighting exo we are one saranghaja.

Reply
avatar
3/12/2017 7:18 PM delete

halo^^ aku kebetulan lagi browsing trus nemu postingan kamu nih,pertama aku mau ngucapin selamat datang di dunia perkpopan heuheu~ *naripiring*trus aku minta maaf banget sama kelakuan immature army *deep bow*.Ok,kenalin aku VIP sekaligus Army and yes I'm multi fandom yang kamu gak suka karena menurut kamu fake tapi gapapa kok kan itu pendapat kamu ^^ jadi sebelum aku ngeluarin pendapat aku *tsah berasa lagi rapat osis aje* ini buat informasi aja sih meskipun gak penting,aku tuh udah demen kpop dari kelas 5 sd dan sekarang aku udah kelas 12 ini berarti aku udah 7/8 tahunan jadi kpopers *akumerasatua* masalah fan war ini sebenernya emang udah dari jaman baheula banget kok tapi ya dulu tuh kan kpop masih belum sepopuler sekarang,dulu mah saingan jumlah viewer atau likes gak sesengit sekarang,dulu seringnya kpopers kompak2 buat dukung idol gak kayak sekarang yang fansnya pada individual cuma mentingin grup idolanya,ya wajar sih kebanyakan kpopers sekarang masih muda2 banget mereka sayang banget kan sama idol mereka makanya kesenggol dikit sewot maklum aja masih labil, aku labil juga sih -,- aku ngerasain banget dulu waktu kpop gak sepopuler sekarang kita sering dibully,diledekin kok sukanya sama cowo lenjeh,oplas,pake make up,dll tapi kalo suka mau gimana lagi ya kan? makanya kebanyakan kpopers angkatan lama pada kompak karena kits ngerasa satu yaitu sama2 suka kpop dan jaraaang ada fan war kalo sekarang mah semua orang juga tau kpop,siapa yang gatau gangnam style yang fenomenal itu siapa yg gatau samyang sampe dibikin challenge segala,anyway aku kurang setuju sama statement kamu soal exo harusnya di bandingin sama Bigbang karena bigbang udah senior,bagi exo bigbang itu sunbae,big bang udah debut Dari tahun 2006 ,exo baru 2011,genre musik juga beda kan gak sebanding,aku udah jadi VIP sejak 2011 pas exo masih rookie aku suka aku juga sempet jadi exo l tapi waktu itu sih masih exotic, bias aku Kris tapi sejak kris keluar trus luhan sama tao juga keluar aku kayak udah hopeless sama exo ditambah lagi sejak Lee soo man digantiin sama youngmin yang gak sebaik Lee soo man,yaudah kan aku VIP aja pas tau ada group baru namanya bangtan aku jadi kepo aku nonton mv mereka no more dream Dan langsung jatuh cinta dan sampe sekarang udah mau 4 tahun jadi army,aku tau banget gimana bangtan berjuang buat jadi kayak sekarang Dari yang fans masih ribuan,practice room mereka yang sempit banget,dormnya juga kecil bahkan dulu bikin mv aja bighit gak punya dana sewa model jadi mereka dibantu staf doang,jadi sekali lagi aku minta maaf ngewakilin seluruh army yang suka ngajak fan war maaf banget army kayak gitu emang belum dewasa dan lagi mereka itu sayang banget sama bangtan makanya sampe segitunya,sekali lagi mianhae T.T karena kpoplah kita bisa berinteraksi gini makanya harusnya jangan ada fan war dong^^

Reply
avatar
3/15/2017 2:49 PM delete

wah dipanggil sesepuh~ yagitu deh ya kalo grup kesayangan udah terkenal haha,padahal bts role model mereka bigbang harusnya role model army itu VIP ya kan? army harusnya bisa jug a kayak VIP yg selow

Reply
avatar
NINIOWL
AUTHOR
3/18/2017 12:40 PM delete

Kalo gue ya gue suka kpop dari jaman gue suka suju ampe jadi suka exo, gue itu SM stan btw. Jadi gue tau gimana dulu pas gue suka suju trs ngehadepin fans exo yang dulu mulutnya masih gak bisa dijaga tapi jujur ya sejahat"nya mulut exol dulu pas masih namanya exotic gak ampe ngatain mati lah ampe ngumbar privasi orang gak pernah kenapa karena masih tau diri yg namnaya respect yang namnaha senior. Gue jadi exol dari jaman wolf setelah suju banyak yg wamil tapi gue masih suka suju kok karna gue SM stan. Jujur gue ngikutin bts dari awal dia debut ngikutin lagu"nya dan yg lain gue suka kok lagunya sama kek gue dengerin lagu bb lain dan sebenernya dari dulu ada kok berita kek bts plagiat lah ke exo tapi gue diem dan exol waktu itu juga gak ngebesarin. Gue inget banget exol sama army tu temenan gue bantu kok pas ada project ngebantu bts biar menang bahkan ya waktu tu exol pernah ada crash ama vip terus army ngebela exol gue ada pas jaman itu dan gue tau gimana interaksi exol dan army... tapi belakangan ini gue udah geram gue dari awalnya suka bts jadu agak ilfeel gegara fansnya semenjak mereka hits fans nya ngelunjang dan itu ngelunjaknya beneran parah. Kalo ada artikel bts mau jelek ataupun bagus gue diem mereka ngehina exo gue diem tapi mereka selaku aja nimbrung di artikel exo dan belakangan ini gue udh gak bisa diem aja liatnya gue juga rasa sabar ya. Gue paling gak seneng mereka bawa embel" kings sadar diri aja ya mereka lo baru sampai dipuncak yg kings itu ya big bang suju tvxq mereka terlaku terlena dengan namanya puncak. FAKTANYA YA SEKIAN BANYAK BOYBEN YG LAGI HITS YA KEK GOT7 SEVENTEEN IKON ITU JARANG RIBUT AMA EXOL MUNGKIN ADA KALI BEBERAPA TAPI GAK KEK ARMY YG SEMUA DIJADIIN BAHAN WAR DARI SINI AJA KELUATAN MANA FANDOM YG EMANG IMMATURE MANA FANDOM YANG TAU DIRI. GUE GAK SUKA AMA ARMY JARNA MEREKA GAK RESPECT GAK SADAR KALO DIATAS IDOL MEREKA JUGA ADA IDOL LAIN DIATAS LANGIT ADA LANGIT gue tau kok setiap boyben ada waktu diatas sama divawah gue udh ngerasain itu saat suju puncaknya digeser sama exo dan gue gak munafik exo juga bakal kek gitu begitu juga bts gue cuman pengen army itu ya ngurusin idol mereka aja gak usah ngurusin exo kek fandom lain aja gak ada yg bawel ama exol exol juga gak pernah ngajak ribut fandom lain, dan pertanyaanya kenapa army doang ? Ya kalian tau aendiru jawabannya. Gue pengen kalo ada army baca ini sadar diri respect aja dikit aja sejelek"nya exo dinata kakian mereka masih senior bts urusi aja idol kalian gak usah urusin idol lain mksh (curcol panjang kan gue)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/21/2017 12:12 PM delete

Well, gw setuju sama semua kata2 lo. Hehehe, umur gw udah 27 tahun, dan gw dulu jd kpopers tahun 2006/2007 masih cuman jadi elf aja, dan 2012 gw nambah fandom jd exol juga, gw awalnya suka sama bts juga, cuman pas awal debut, ada acara yang mc nya shindong, bahas ttg bts plagiat exo, dan alasan bts plagiat exo karena exo make hat trick mereka, gw cuman bisa mikir "nih idol kok bisa polos ngomong kek gitu sih" dan agak gak respect, tapi gw coba lupain, gw slalu positive thinking aja, dan gw masih menikmati lagu2nya bts sampe jaman BST walopun banyak kasus "plagiat" tapi gw nyoba tutup kuping, tapi gw bener2 emosi saat army immature atau fake army itu nyumpahin lay mati! Sumpah, mau ngendaliin diri gak bakal bisa, padahal sebelomnya mereka selalu minta bantuan exol, tapi tiba2 kayak gini, ditambah kata2 kasar mereka, lalu suka ngelakuin victim play kalo udah tersudut, dan ditambah selalu nyalahin exol disetiap mereka war dengan fandom lain. Dan juga agensi mereka selalu ngelakuin media play! Sejak itu gw sama sekali gak mau tau ttg bts, semua lagu bts gw hapus dr playlist gw.
Dan gw gak mau tau apa2 lagi ttg grup itu,emang idolnya gak salah, tapi fans mencerminkan idolnya kan.

Reply
avatar
Hanyixingblog
AUTHOR
3/21/2017 4:58 PM delete

Setuju sama kaka, btw dede EXOL. Boleh ijin share post ini?

Reply
avatar
3/21/2017 9:23 PM delete

Hai gak sengaja nemuin ini gegara ribut di ig hhh, selamat datang di dunia perkpopan. selamat datang juga di EXO-L. Awal aku baca ini bener2 duh flashback lagi kejaman ditinggal member, sedih sakit berbagai macam. Aku udah jadi fans exo pas waktu fansnya mereka masih bisa dihitung pake jari, alhamdulillah sampe sekarang and still counting. Jaman pas waktu dulu kornet nyebut exo itu masih band nugu hhh, sampe udah diakuin. Kamu gak perlu iri sama yang fans exo dari awal, cukup dengan disamping mereka ketika mereka ada dibawah. Aku juga SMstand hhh. Terus ada army yang bilang "emang EXO-L dulu juga bukan mantan fans Super Junior, pasti kalian juga ngidolain SuJu dulu kan." Aku masih suka suju kok, masih jatuh cinta sama suju malahan. Karna berawal dari suju aku kenal exo. Thanks to suju. Temenku juga ada yang masih suka suju walaupun dia carat sekarang. Masalah ls, dari awal aku juga udah ngeh kok warnanya sama, tapi aku cuman bisa posthink. Ternyata emang beneran sama. Army sekarang banyak yang songong semenjak idolanya mendunia. Dari awal ketika bts cb boys in luv, aku ngerasa kok konsepnya sama kayak exo, sekolah sekolah gitu. aku cuman bisa posthink, lagi musim kali yaa. tapi makin kesini makin kelihatan banget miripnya. serius nih aku gak mancing war atau apa. Tapi satu, mau sampe kapan sembunyi dibalik ketiaknya exo ? mereka gak pake konsep yg udh dipake exo juga gak ada apa2nya. aku udah muak sekarang. terus beberapa bulan ini banyak temenku yang non kpop jadi kpop, gegara drama goblin. terus ada satu temenku yang suka chanyeol. btw aku juga sukaa chanyeoll hh. padahal dia gak pernah ngutik2 kpop sekarang jadi suka kpop. Aku cuman takut mereka cuman ikut2n booming kpop abis itu ditinggal. Yaa jadi malah curhat, maaf dehh. Salam kenal yaa

Reply
avatar
3/23/2017 10:17 AM delete

Ngomongin war, gmnalah ya aku sbgai pure exol kenal bgt sama exo dri dlu, knal bgt sama exotic seblum jadi EXO-L hmmmmmmm
Aku akui bangga bgt bs jd exol smpe skrng, gaa mudah loh ngestan mreka, mreka juga hard work Buat kami EXO-L, kdang gaatau apa yg di pikir mreka antis trutama kbnyakan army yg cuma bs blg EXO dri agensi besar, EXO bla bla bla bla
Emg mudah bagi EXO smpe skrng gabung agensi gede??
EXO gaa ada talent? What? Drimana aja lo? Dirumaa gaa ada TV? Laptop? Gue yakin yg ngomong gtu mntan EXO-L.
EXO debut hampir semua Korea tau EXO man!! EXO jdi trendsetter!! Growl Sukses banyak kan idol2 yg pake seragam skolah? awards2 gtu ALMOST EXO-L yg dtang buat support EXO! EXO udah ngebuktiin ama semua, klo klian tanya tau EXO gw yakin hampir org knal org tau. EXO popularitasnya gak bakal hilang gais jadi trying hard haha
EXO juga idol prtama kali yang HIT 1M SELLER selama 12 taun! Gaa mudah loh jual 1 juta album dan mereka udah triple million seller OH MY GOD! Soon di atas triple~
Wlaupun oppas kalian hit 1M juga gaa bakal di inget, krna cuma yg prtama di inget sama org #ups

Aku biasa ajaloh sama mreka awalnya, tau lah ya mreka siapa, aku aja gak prnah dnger Suara mreka.
Cuma krna fans yg bodoh, gila(gak semuanya) gw jadi anti kedua2nya that idol sama fandom nya /yawn/
Lucu aja yg mau pndah fandom dri EXO-L krna that group ewww pegi sono jgn gabung lagi! Najis mau terima BEKAS fans, EXO gaa butuh fans kayak elo(semoga nyadar) jangan aja elu nangis2 krna dnger dating ato lose members di sono nanti bukan ngedoain, itu semua MUNGKIN gak ada yg gak mungkin. EXO kehilangan 1fans 1000 fans bru datang.

Ahhh terus juga ngomong kings2/legend aduhhhh army please oppas kalian baru terkenal 2016 ini tolonglah ngaku aja! Wajar si kbnyakan bocah yg ngestan mreka well ya gtu deh haha gaatau apa2.
Aku brni ngomong EXO udah legend why? Cuma EXO yang mnang daesang untk 4 taun brturut2 cuma EXO! Walaupn EXO debut dri 2012 tpi mrka ngebuktiin mreka bener2 daebak! Adakah grup idol selain exo mnang desang slama 4 taon? That's why EXO is a Legend. Msih gaa prcaya? Cek di youtube vcr EXO di MMA siapa si EXO!
EXO juga udah sell Tokyo dome 3 times!! Di situ udah nyentuh Tokyo dome?? Gede loh! Itu negara orang bukan Korea. Kalau mau ngebanding2in sama EXO, situ berani? Aku bs blg gtu krna oppas kalian bukan apa2nya di banding EXO jadi stop comparing sama EXO please. Mau bawa2 dari agensi kecil? Basi! Mau bawa2 billboard? EXO juga prnah dsna sayang. Emg billboard kasih kalian awards mentok dsna lama2? Oppas klian dmna coiii billboard gaa ada pngaruh di Korea. Aku brni ngomong krna persen nya paling dkit dsna, yg persen paling gede di Korea ama China untuk kpop.
Aku kenal EXO pake banget Ayo sini kalau mau ngebanding2in. Music show trophies EXO Triple crown, cuma EXO, gfriend ama twice. Exo gaa punya twitter tpi bs mnang best Asian style di MAMA.

Army blg daesang gak penting? HAHAHAHAHA! Oppas klian butuh woi mabok kalian haha asli labil bgt njirr ngakak hahaha makasih loh ya klo gtu gaa prlu trying hard buat oppas kalian klo gaa mau daesang. Boy band lain masih butuh daesang, EXO juga.

Aku bukan nya sombong tapi aku ngomong fakta gais, Terserah sii mau hate gue mau bash gw gaa pduli mah~ smoga cpet sadar kalian~ trus stop plagiat, stop main media play ya tolong kasih tau sesama kalian.
EXO-L gaa bakal pernah war duluan kalau situ gak mulai!! Masih bnyak klo mau ngomongin army gak slesai2 mah, gak ada habis2nya. Tq.

Reply
avatar
Choco
AUTHOR
3/25/2017 3:50 PM delete

Hai! Aku salah satu kpopers yang ga sengaja nemu post ini. Aku termasuk orang yang kamu benci. Sekarang aku lagi suka sama monsta x, got7, seventeen, nct, bts, dan exo. Aku juga mendewakan big bang, mereka keren banget. Kaya yang kamu bilang walaupun suka banyak tapi pasti ada yang paling disuka dan kalau aku, aku paling suka bts.


Sebenernya aku pengen bilang aku kurang setuju dengan pendapat kamu. Tapi semua orang bebas berpendapatkan?

Bener army emang banyak banget yang immature, setiap fandom punya fans immaturenya sendiri. Nyimpulin kalo semua army itu immature menurut aku salah. Aku tersinggung karna temen aku army dan dia bener bener dewasa, aku salut banget sama dia. Kakak aku dia army, sekarang udah kerja dan tetep suka bts, dia juga orang yang dewasa. Dan ini cukup ngagetin aku, pertama kalinya aku denger ada orang yang setua ini suka kpop, tante aku dia udah punya dua anak dan dia suka bts. Dulu aku benci exo, dan setelah temen aku ngenalin aku ke exo pikiran aku berubah. Dan akhir akhir ini aku jadi sering nyari tau tentang bb yang aku suka juga tentang fandomnya, mereka punya hal hal menarik yang ngebuat aku jadi suka. Ini kenapa aku suka banyak bb dan ga masuk fandom manapun. Setiap bb dan fandom punya cerita dan sisi buruk dan lebihnya masing masing. Nilai sesuatu dari sisi buruknya aja menurut aku kurang tepat. Bukan mau so tau atau belain satu fandom doang. Aku cuman liat keadaan aja. Kata kamu diatas ini cuman buat exo l tapi kemungkinan ditemuin sama orang selain exo l kan banyak. Dan buat orang yang penasaran pasti bakal ttep baca dong? Ini buat sakit hati loh. Apalagi pas bilang tentang kamu benci multi fandom dan alasan kamu.

Ini cuman pendapat aku aja sebagai orang yang suka banyak grup :)) maaf kalau ada yang tersinggung.

Reply
avatar
choco
AUTHOR
3/25/2017 4:12 PM delete

oh iya maaf aku kurang memperhatikan tentang yang benci. dan makasih, aku jadi bisa liat sudut pandang baru setelah liat post ini.

Reply
avatar
3/26/2017 11:12 PM delete

W elf dan w juga multifandom, suka dbsk,SNSD, EXO, BTS, seventeen dan w dah kpop dari 2010 tapi menurut w kalo mau ngomongin immature fans. Bahkan untuk grup senior sekalipun pasti ada immature fansnya. Tapi klo mau ngomongin fanwar emang exo-l rajanya. Sbelum kamu sok2an ngeliat ke grup lain mending liat fandom kamu, intropeksi jgn liat ke yg lain, cari berita karena kenyataannya memang mayoritas exo-l buruk. Dari jaman dulu kalo gak salah 2012 pas henry comeback trap dan exo-l ngelarang elf buat masuk. Trs apapun yg mirip exo apa2 plagiat dari mv bb baru pdhal cuma t4 aja heboh. Kalo lo punya temen chatting org korea tanya deh exo-l sana gimana. Exo-l bahkan buruk sama exonya sendiri, inget waktu kakaknya chanyeol nikah kalo gak salah, exo-l naik meja, di pesawat motret exo tanpa henti. Dan kalo perlu lo liat youtube disetiap penghargaan di beberapa yg ada nominasi exo, KETIKA MC BLM BLG PEMENANGNYA EXO-L BILANG APA " EXO EXO EXO" pdhal dinominasi ada GOT7, BTS, TWICE, DLL. Itu namanya gak menghargai artis lain, apalagi kalo bukan exo yg menang malukan, apa salahnya nunggu yg menang siapa. Dan anda SALAH SATU IMMATURE EXO-L SENDIRI DENGAN ANDA BUAT POSTINGAN INI. W elf dan w tau suju udah pd tua trs pasti kalah sama idol muda lain, trs era EXO yah mungkin emang udah saatnya berganti BTS dan pasti akan ada saat nya ganti yg lain. Tahulah sekarang emang era BTS yaudah terima aja, kita gak selamanya diatas kan. Kenapa malah ngejelek2in fandom lain, liat fandom anda sendiri. Karena kamu exo-l jadi kamu lebih cari berita tentang apa kesalahan fandom yg lain, pdhal apa yg fandom kamu lakukan bahkan lebih buruk, jgn buat malu fandom kamu.

Reply
avatar
3/26/2017 11:40 PM delete

Lucuu aja gitu bilang fandom lain immature tapi kelakuan sendiri... Pliss jgn maluin fandom sendiri, w suka banget Sehun. W suka EXO tapi w setia sama suju dan w suka sama idol2 skrg juga. Tpi nyadarlah tau umur buat suka idol skrg jdi noona. Blg yg baca HARD EXO-L kenapa ? Gak mau liat dari sudut pandang lain ? Dan soal media play sendiri w pengen ketawa sumpah, kasian banget ya emang BTS apa2 dirumorin, tahu gak sih itu dulu pas dia dibilang media play disana BTS blm terkenal dan siapa yg ngelurusin semuanya, nemuin faktanya Banas (fansnya B1A4), karena mereka juga pernah dituduh begitu, biasanya difanmeet pada bawa album kan buat ttd, distu aja udah keliatan berapa yg beli dvd. Di korea emang gitu biasanya kalo bukan Big3 kaya diremehin gitu. Dan waktu kemarin dibilang album wings media play karena gak percaya BTS jual segitu banyak, klo lo baca yg komen tuh soompi yg ngomong2 media play itu EXO-L loh yg gak percaya, lagian jelas2 waktu pertama dibuka situs penjualan online sana crash karena saking kebanyakan yg masuk. Dan temen w yg army salah satunya yg susah buat masuk ke situsnya. Sebelum tau faktanya cari tau sebenernya dulu aduuh. Jadi fitnah kan, nyebarin rumor.

Reply
avatar
3/26/2017 11:54 PM delete

Mending jangan yah de, kasian ngejelekin Exo-L sendiri karna isinya cuma pendapat dan beberapa rumor. Mending kamu cari tau beritanya yg pasti dulu, jgn dari fansitenya tapi lgsg berita dan faktanya. Lebih baik sih ceritain exo sesuatu yg lucu, buat ff lah ,cerita wattpad, lebih ngenalin exo atau apapun yg baik. Kalo kamu ngeshare cuma nambah fanwar dan pdhal kenyataan bukan begitu.

Reply
avatar
Liana Sari
AUTHOR
3/29/2017 10:28 PM delete

Hai, aku Liana si EXO-L.
Aku udah suka EXO semenjak mereka debut (era Mama), waktu itu aku kelas 7. Ya walaupun awalnya Shawol (karena aku suka solidaritas SHINee yang tinggi). Mungkin masih baru kenal Kpop kali ya hehe.

Era Growl bener-bener puncak kejayaan EXO. Dimana-mana EXO, Lagu merajalela, merekor, semua cover dancer langsung coverin Growl. Kalo ngga percaya, nonton XOXO deh. Itu program yang isinya tentang di balik ketenaran EXO jaman XOXO (Growl).

Nah terus era Overdose makin melunjak, bahkan koreografi Overdose itu dibuat dengan sedetail-detailnya sama koreografer dari inter. Tapi pas kita (EXO-L) punya mantan, di situlah aku nyerah.

Labil? Iya, kan dulu aku masih SMP. Pokoknya aku beralih suka BTS sampe laptop aku isinya BTS semua. Semua track album BTS punya FULL Jepang maupun Korea!.

Tapi pas masuk SMA, entah kenapa langsung ilfeel sama suasana BTS, ada apa gitu ya entah aku bingung jelasinnya. Entah genre BTS yang ngga cocok di telinga aku atau gimana. Intinya aku nggamau suka BTS lagi (bahkan aku ga pernah nyebut diri aku Army, karena waktu itu aku belum tau nama fandomnya).

Aku pun nyesel udah ngelewatin era EXODUS sama Love Me Right juga Sing For You. Serius aku nyesel banget.
Dan akhirnya aku kembali ke jalan yang benar(?).

EXO itu menurut aku sebuah kesempurnaan. Elegan dan ngga kekanakan (dewasa). Wajah mereka familiar banget. Vokal, Rapp dan dance jangan ditanya. Lay sama Chanyeol pun disebut orang yang jenius musik (karena Lay belum pernah belajar tentang not balok tapi sudah mengenal jauh tentang musik).

Ya walaupun komen aku sepanjang dan seluas galaxy fanfan, terus melenceng dari tema "Fandom". Tapi aku udah buktiin kalau ngga ada yang perlu diraguin dari EXO. Aku pun pernah mengklaim diri aku itu BUKAN Kpopers tapi EXO-L. Mungkin lebih tepatnya sekarang itu SM stan hehe (karena SM itu bagaikan Tuhannya EXO karena sudah menciptakan begitu sempurnanya EXO)

Tapi saking suka mereka (EXO) aku nggabisa milih salah satu member / bias, karena aku sayang mereka semua (biasanya Fans Immature cuma suka satu member doang, yang lainnya ngga dipeduliin) tapi kalo disuruh pilih ya aku suka Suho karena dia dewasa dan leader yang paling sempurna. Walaupun sudah mantan (Kris, Luhan, Tao) , aku masih sayang mereka bertiga, terus berusaha nyari kabar dan tetap mendukung mereka :')

Berita gembira untuk project NCT Indonesia. Semoga Indonesia bisa mengeluarkan generasi baru yang lebih baik dari member EXO (tapi nyatanya EXO yang terbaik). Semoga orang yang terpilih bener-bener orang yang berhati malaikat tanpa menciptakan skandal ataupun rumor aneh yang membuat fans inter/korea benci sama Indonesia. Orang Indonesia baik dan ramah :) jadi jangan sampe fanwar bikin julukan keramahan Indonesia tercontreng gitu aja.

Mari kita saling mendukung.
Salam Damai dari EXO-L sejati.

Reply
avatar
Liana Sari
AUTHOR
3/29/2017 10:37 PM delete

Oh iya, mungkin bener apa kata orang "Suka" dan "Cinta" itu beda.

Kalau kalian yang nomaden(?) dan ga pernah puas sama satu pilihan, maka kalian sama aja ngga cinta. Kalian cuma suka tanpa ingin memberikan timbal balik ke idol.

Sebaliknya, kalau kalian setia maka itu cinta sesungguhnya. Cintai apa pilihanmu dan pertahankan sampai idol kalian bangga kepada kalian sendiri.

Jangan maunya pas di atas aja ya. Percayalah, Idol pasti cinta kalian juga kalau kalian mau setia.

EXO, aku sayang kalian ♥

Reply
avatar
tia amelia
AUTHOR
3/30/2017 9:22 AM delete

gue setuju sama ini tulisan, and i feel what you feel, sama" gak ngerasain jadi exol dari jaman debut, gue baru jadi exol jaman lmr dan gue mutusin Setia sama exo doang, gak ada istilah mulfan" ... let's be friend. ching

Reply
avatar
Bmaize09
AUTHOR
3/30/2017 9:03 PM delete

salken unn~aku setuju banget ama unnie..aku pertamanya jadi kpopers sd kelas 2..trus sekarang masih smp kelas 8..dulunya pernah ngefans bts jugak...cuman 1 bulan pa y..trus pas exo next door aku kepincut si ceye oppa..trus aku cari tau exo..trus jadi exol..tadinya aku hate exo gitu..tapi lama2 ternyata exo tuh keren..walopun ada aja masalah,mereka tetep satu..gak semua membernya berbakat sih tpi..setiap membernya tuh ada kelebihan ada kekurangannya...Trus akhir2 ini..Bnyk akun ig fake army..yg nyuruh lay ma*ilah apalah..baekhyun jala*glah..lay jeleklah.ceye dikatain gak ada talentalah..ouh..ampe enek,marah,nagis jugak unn aku....

Reply
avatar
3/31/2017 8:38 PM delete

Kak, aku mau minta maaf buat kelakuan army yang labil, yang selalu cari masalah, cari-cari alasan buat war. jujur kak, aku paling BENCI ama war2an
aku suka kpop baru-baru ini sih dan yg bikin aku tertarik ya bts, mungkin karna bts lagi booming.

Oh iya makasih ya kak, postingan kakak bantu banget, awalnya aku kira army itu adem2 aja soalnya aku ada baca di salah satu web yg bilang kalo army jarang war karna biasnya gk suka lihat war. Udah ngerasa aman tentram gtu, trus aku share ama temen kalo aku suka bts, trus dia singgung soal war awalnya sih aku gk percaya, aku iya in aja, karna penasaran aku ke poin deh..... And aku nemu posttingan kakak, abis baca.....
Serius aku berasa MALU BANGET, "masa army gini sih ? Yg bener aja .... Please " dan pas kakak tulis kebanyakan yg suka bts itu anak sd ama smp, aku dikit kaget sih *jadi aku ketuaan yak xD*, wajar aja sering war orang pada labil mungkin bukan labil lagi tapi lebih tepatnya emang gk tau mana yang bener ama yg salah wawasan dan cara pandang masih sempit.

Tapi beneran ya kak, pas kakak bilang ada yg nyumpahin lay gitu aku shock , gila ini army tega banget GK PUNYA OTAK apa!

Aku army kak, minta maaf yang sebesar2nya kak ama kelakuan temen2 ku yg GK WARAS *terserah army mau bilang apa, gebuikin sekalian gk papa, SERIUS MALU BANGET ama kelakuan army yang kek 'KALIAN'*, emang sih aku belum masuk fandom army, tapi aku kan udah termasuk fans bts, aku juga merasa bertanggung jawab ama nama yang udah di kasih in bias ama fansnya.

mksh~ ^^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/06/2017 6:34 PM delete

Km nd suka big hit buat artikel yang kyk menjatuhkan 3 agensi besar tpi km jg buat artikel kyk menjelekkan bts army dan bighitπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/07/2017 8:49 AM delete

Padahal penulisnya udah ngomong diawal . Khusus EXOL , masih aja ada yg nongol . Please seenggaknya si penulisnya udah ngingetin kalian , kalo kesinggung ya salah sendiri . Ngapain maksa baca .
Dan buat penulisnya .. gila .. mental lo kuat ,, salut . Dan 100 buat tulisannya yg ngena banget ... bida dibilang ini 100% uneg uneg EXOL .

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/07/2017 9:02 AM delete

Ah akhirnya bisa komen .. dari kemaren kemaren nyoba ga bisa .. hehe yang diatas komen punya aku .. dan salam kenal ya .. btw kita udah berteman di google+ . Fitriyani . Semoga kuat di fandom EXO-L . Karena jadi EXOL itu harus kuat mental .buat ngadepin hatters .
Dan kayanya gw sama kaya lu . Yg ga pedulian , saat mereka hina exo , gue ga ngapa ngapain . Biarin . Tapi gimana ya se-engga pedulinya gue sama hatters exo, tetep sakit hati kalo idol gw di hina hina gitu.
Dan setuju banget sm tulisan km tentang mulfand berat sebelah.. eneg . Sampe sampe akun sosmed gw sekarang hanya berisi exol . Sekalinya di TL ngambang akun exol tapi post idol laen ga segen gw unfriend , unfollow . Menghindari war .. haha ..

Reply
avatar
safrullah ar
AUTHOR
4/07/2017 4:26 PM delete

hai eunn,aku baru suka exo tuh berkat drama,ya aku pecinta drakor pas saat aku nonton moonlovers ehh ada baekhyunn :) terus aku tuh tanya ama temen aku.siapa tuh yang lucu bgt kata ku"tuh baekhyun exo" katanya dan yap semenjak itu aku jadi exo_l wkwk maap curhat unfaedah:). dikelas aku juga ada army kok sumpah aku juga kadang kesel pas temen au bilang gini"bts dapatin banyak piala tuh di SMA tuh exo dapat berapa penghargaan" yap intinya kaya gitu deh jujur hati aku sakit bikin bgt bales kya gini "tuh bts udah dapat daesang berapa" tapi aku diam aja ya aku balas senyum kecut aja. ada juga pas aku liat mv exo pas dikelas trus si temen armi aku mau lihat eh pas lihat tuh mv nya exo malah tutup telinga apa dah maksud

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4/08/2017 3:31 AM delete

Hai dear... Cassie dan Baby di sini.
Jadi tertarik buat komen karena merasa agak terganggu juga sama kelakuan sebagian besar Army yang suka nyepam di fanpage sama MV-MVnya B.A.P hahahaha. Awalnya sih ga peduli ya tapi lama-lama baca postingannya mereka di sana jadi risi. Apalagi waktu lagi musim pertanyaan "any Army's here??" sama pernyataan "legend" (sorry not sorry, tapi belum nyampe mereka buat menggantikan sejarah H.O.T, Shinhwa, TVXQ sama Big Bang).
Hadoooh kalo inget rasanya pingin tak sobek-sobek.
Liat Army ini kadang bikin ngelus dada deh emang. Kayak ga ada habisnya. Aku itu btw sangaaat suka J-hope dan respek sama Rapmon. Aku mikir sayang banget kalo orang kayak mereka harus nanggung malu akibat ulah fans alay. Dibiarin makin menjadi, diladenin malah fanwar.
Sejak 2008 sampe setua ini jadi kpoper, aku ga pernah membatasi diri buat dengerin lagu dari grup manapun (fyi aku suka mamerin lagu-lagunya EXO sama temen-temen karena genre dan tema musiknya lebih beragam). Tapi jujur aja kalo liat ada grup yang fansnya ga sopan, aku langsung mundur teratur. Bayangin siapa ga jengkel waktu B.A.P ngeluarin That's My Jam, fanpage di mana-mana penuuuhhhh dengan nama Jimin. I mean, hey, you came from different fandom terus okelah ga kenal membernya B.A.P karena sempet hiatus lama (keliatanbgtanakbaruuhuk) tapi paling nggak komentarin musiknya kek, konsepnya kek, jangan ribut cuma karena si Youngjae waktu di situ mirip Jimin dan judulnya That's My Jam :v
Belum lagi pas NCT Belum selesai tampil di Meksiko kapan itu, Army pada tereak-tereak namanya BTS. Ampun deh anak-anak inii :v
Yaaa aku cuma berharap seiring waktu mereka bisa lebih baik lagi. ELF sama Aeri dulu juga pernah dikenal sebagai fandom yang gampang kesulut kan? (Hayo ngakuu :D) tapi sekarang semua udah pada gede kan? Udah pada nyantai ga kayak dulu lagi. Ntar kalo para fan alay itu udah dewasa, sibuk kuliah ato pada kerja, pasti ga ada lagi waktu buat fanwar. Mereka akan menikmati karya-karya idola mereka dengan adem ayem. Mari kita tumbuh besar bersama demi kenyamanan dunia perkpopan.

Reply
avatar
Dina Agustina
AUTHOR
4/08/2017 4:35 AM delete

Halo, aku lagi browsing trus nemu post kamu ini hehe.
Aku army, dan aku lagi penasaran kenapa para exo-l lagi ngebenci army. Dan pas aku baca confess kamu jujur aku tersinggung loh:)
Kalo dari tulisan kamu, kamu mandang hanya dari sisi exo-l ya padahal masih banyak sisi sisi lain yang ga kamu tau.
Aku mewakili army meminta maaf yang sebesar besarnya karena sebagian dari kami pernah mendoakan kematian Lay atau Exo. Jujur aku baru denger ini, dan aku fikir ini tidak masuk akal. Tapi sekali lagi, maafkan army.
Kalo kamu bilang exo-l gaakan war kalo gada yang mulai, itu apa yang semua fandom ucapkan ketika mereka war. gaakan ada yang mengalah. dan kalo kamu disini bilang semua army immature, kamu salah besar. berati lingkup kamu cuma saat lagi ada war aja. kerasa banget perbedaannya pas bangtan mulai disorot, makin banyak fans musiman dan makin banyak pula skandal yang dilontarkan ke mereka:) kalo kamu ngomongin immature fans, seperti yang komenan lain bilang, ga cuma bts aja yang punya immature fans, exo juga punya banyak. Disini aku banyak baca kamu sering menulis 'sadar diri' tapi justru kalian sendiri tidak melihat kedalam fandom kalian. dan wow, kamu bilang bts terkenal karena media play dan exo-l? hell no, kamu sama dong sama immature army yang bilang exo terkenal karna agency mereka besar.

Reply
avatar
murid SD
AUTHOR
4/08/2017 4:17 PM delete

Punten sebelumnya kak, aku disini multifandom ya. Ya mungkin lebih ke army, tp aku juga suka exo. Tp mohon maaf, di sini yamg salah bukan cuma army manas2in exo l, tp kedua fandom juga sama2 nyerang. Aku gatau siapa yg mulai duluan, tapi exo l juga banyak yg nyerang bts, pada takut popularitas exo tergeser dsb. Dan gak semua army gitu, aku sama temen2 aku multifandom bgt, suka got7,bts exo btob dll. Dan kita slalu menghormati dan heran kenapa musuhan terus, pdhl aku suka bgt liat interaksi exo dan bts. Saran dari aku, emang keadaan kayak gini, di belahan dunia manapun ada aja fanwar. Tapi jgn ngejudge army generally semuanya annoying dan immature. Kita juga susah kan ngubah orang yg emang ngeselin dari lahir:( Aku cuma bisa berdoa semoga fanwar bisa berkurang dan boyband hidup damai sejahtera. Aamiin

Reply
avatar
4/10/2017 12:34 AM delete

Hallooo aku bru sempet balas ahhahaha anw HAPPY ANNIVERSARY 5TH FAM!!! SEMOGA MAKIN KUAT YAKK lol haha gilaa salut ama exols! Projectny gaa main2!! bntar lagii adaa yg ngekopi deh ups.
EXO WE ARE ONE EXO SARANGHAJA!

aku ada baca comment2 mereka di bawah, jelas2 ini blog artikel ini khusus hard exol eh malah mncul hhahaha yang mulfan mah bole2 aja mampir tapi mnding gaa prlu ikutan comment mnrut aku karna mreka gaatau rasanya jadi PURE EXO-L. Kdang aku bingung sama mulfan, di 1 fandom aja belom bisa keurus mau join fandom lain lol hahaahahhahaha sok tau dah elu. KALAU BUKAN EXO-L MENDING DIAM!

Aku gaa suka mulfan sama anti that group pke bgt lol awal ny biasa aja ehh tapi fansnya berulah haha jadi benci 2 2 nya deh~ apalgi mrka pas nerima award OH MY GAWD... SPEECHLESS DAH. semua org yang nilai aja lah gilaaaaaa beda bgt sama EXO!! EXO bener2 senior yang layak di contoh.
Kalau mau di critain panjang x lebar ttg tentara mah ga abis2~ baru2 ini yang selja juga hahhhaaha tau gaa?
aku sampe skrng masih nunggu carmys mnta maaf sama cexols~ jadi jangan ngarep deh mau exol mnta maap ato apa lgian klian yang sllu mulai, KITA GAK BAKAL PERNAH AKUR OKEY!

" exo sma *** aja akur msa fans ny gaa bla bla "

DIMATA GUE EXO SAMA *** IS 0! NOTHING! hahaha jadi yg mulfan stop dreaming dah.
tentara itu fansny bnyak ank kecil, jdi bs nnt mv oppas mreka nah klo exols? udah pada kerja gaa ad wktu buat itu kcuali ad project trtntu, ad survei nya kok klo fans mrka bnyk msh anak skolah, apa lgi ngespam2 comment di youtube duhh gilaaa dahh, aku yakin pasti yg punya akun channel kena spam komen annoying lol

TERUS YANG MULFAN PLEASE DEH YA YANG BLG BAEK MPI MIRIP EWW TERUS EXO *** AKUR EW! AKU PURE EXO-L GAK SUKA!

AHHH terus aku dapet di grup aku ada ss(scrennshot) tentara mau nyamar jdi exols dan mau nghancurin project exols ahhahahahahahaa mrka mau ngespy lmao rajin kan mreka hahhahahaha rame itu di ig krna tntara dari ina lol aku blom share di tw, bakal aku share pasti nya lol
kita mau rayain anniv exo eh malah ada rats ckckck

mreka dlu juga punya project disklike exo mv lmao bayanginnnn rajin bgt mrekaaa haahahhaa smpe skrng exols aja gaa ad keinginan project gtu2an lol gaa suka mreka ya gaa osh nntn mv mrka klo kita exols, dewasa~ jjur loh aku gaa prna nntn mv mrka hahahah jdi ak gaa tau suara mrka dan GAK MAU TAU lol ahh trus soal mv views ada dapet kan artikelnya? katany views di yt bisa di bayar hmmmmmmmmm u know lah what i mean fam hahhahha

apa lgi yaa hmmmmmm trus juga pas that group mau cb katanya bnyak takut ama cb mrka haha lmao buktinya bnyak yang cb(comeback) pas bulan feb klo gaa slah wwkwkwkwkw ngakak jirrrrr

ngomongin soal legend agak eneg asli, tlg dahh tlg kasih tau ama fansnyaaaa jgn sebut legend oppas klian haha EXO MAU NGINJAK JAMSIL WOIII JAMSIL!!!! Udah gocheok(?) dome, tokyo dome and now jamsil wowwwwww AMAZING EXO! Bangga asli gilaaakk!! BAKAL MASUK ARTIKEL NIHH GENERATION 3RD IS EXO! Vip aja komen loh, vip aja support exols aihhhh best dahh.

EXO dari nugu but now TRIPLE MILLION SELLERS! TRENDSETTER! HARVEST DAESANG MACHINE! dll~ ahh capee dah jelasin p x l ttp aja dsna gaa ngertii hahahaha

Skali lg ak blg bukan smbong tpi aku ngomong ssuai fakta.

Aku gaatau deh ya bbrpa fans exo pindah ke jalur yg salah(?) bingung aja gtu, aku ad bc komen krna exol dia pndah lol yg pindah2 fandom gtu mah bukan PURE EXO-L, exol sring war bla bla bla haha tapi aku gaa terlalu peduli si yaa EXO udah nominated ASIA specially SEOUL~
jelas bukan pure EXO-L dia aja gaatau siapa yg mulai war duluan udah nuduh2 aja wkwkwkkwkkw bocah sii jadi ahh biarkan dia berkembang~ gaa pduli ama fans labil haha mending pilih 2 PURE EXO-L dri pada 8 labil fans kkkkk.

Reply
avatar
Ochta Taa
AUTHOR
4/11/2017 10:32 AM delete

kenapa ada fanwar??karena disitu ada kefanatikan :) percayalah suatu hari nanti saat kita dewasa,kita akan malu sama kelakuhan kita..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/11/2017 7:51 PM delete

Bukan . Yang komenan gue cuma yg 'anonim'. Kalo yg 'unknown' bukan gue :V

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/11/2017 10:36 PM delete

Hai.. aku juga mau ngomen nih di blog kamu boleh yaa.. sekalian mau cuap - cuap
aku jadi exo-l pas aku masih kls 1 smp wktu itu tahun 2013 dan sekarang udah aku kls 1 Sma tahun ini 2017, aku gak nyangka bakal tetep sama exo dan aku bangga jadi exo-l. Asal kalian tau, jadi exo-l itu gak gampang.. banyak suka dukanya, exo sering dicaci maki, dibilang gak punya talent, cuma modal tampang doang, dll. T-T huhuhu

Aku ada saat masa masa kejayaan exo khususnya wolf dan growl.. pertamakali liat mv wolf itu sumpah keren baanget koreografinya bagus smpe bikin pohon pula :v kalo growl bikin pusing mata tapi aku suka koreografinya apalagi pas bagian ceye rap itu daebakkkkkk~~ lagunya oke bikin terngiang ngiang apalagi intronya dum tak dum tak :v hahaha. ingat juga overdose hahaha aku liat mv nya di tv smbil jingkrak2 yaa.. tau lah idolanya baru comeback siapa yg gak senang coba.. tapi ternyata overdose adalah lagu terakhir, mv terakhir, koreografi terakhir yg ada kris :(

Kris keluar dan yah,.. itu ngebuat para exo-l sedih pake banget disusul luhan, kemudian tao T-T terus berita baekki dating sama taeyeon dan itu terjadi secara berurutan, disitulah masa - masa sulit para exo dan exo-l ditinggal 3 membernya.. sempat terbesit rasa untuk meninggalkan exo tapi nggak jadi karna aku yakin exo bakal kembali ^-^ dan yaa.. exo kembali walaupun dengan 9 member tpi 12 member di hati para exo-l. BANGGA PAKET BGT JADI EXO-L SUMPAHHH SORRY CAPSLOCK :V

Oh ya.. soal masalah fanwar, sejujurnya aku juga suka bts. aku punya lagu dan mv nya dilaptop tapi cuma dikit, lagu mereka lumayanlah ditelingaku,rapnya juga lumayan TAPI aku bukan army. aku pernah ngakuin diriku ini exo-l dan army tapi ternyata aku nggak cocok bgt jadi army karena nyatanya aku lebih sering ke exo, kepo exo terus terutama utk comeback. kalo bts comeback aku bahkan nggak meng kepo in sih. jadi aku always seorang exo-l. aku hanya suka aja dgn bts tapi nggak smpe jdi army.

aku sempet dengar tentang masalah fanwar antara exo-l dan army itu bikin sedih sekaligus kesel dan marah. sebagai seorang exo-l siapa sih yg gak marah klo idolanya dijelek - jelekkan tapi aku memilih untuk diam aja, diam aja ini bukan berrti aku gak tau ada fanwar. aku si gak papa yah kalo bts bisa menang dari exo aku ikutan senang juga. tapi yg aku gak suka itu army udah ngerasa idolanya diatas exo eh mereka udah sombong, belagu udah gitu jelek jelekin exo aku gak suka. Sampe ada yang nyuruh exo mati hahaha emng lo siapa nyuruh2 exo mati?

di saat ada fanwar aku selalu diam, bukannya aku gak mau ngebela exo dalam fanwar BUKAN. tapi aku berpikir seorang fans yg baik adalah fans yang bisa menjaga nama baik fandom dan idolanya. jadi kalo ada yg jelek jelekin fandom dan idola yg lain itu berarti kalian bukan fans yg baik (buat para fandom yg suka memicu fanwar). dan buat fandom yg dipicu, ayoo.. kaian nggak usah tanggepinlah apa yg diomongin mereka, kalian fokus aja sama idola kalian, support mereka walaupun kalian lihat idola kalian baik - baik aja, belum tentu mereka baik - baik aja.. aku yakin pasti ada hal yg sengaja mereka tutupin karna mereka nggak mau buat sedih, kesal, marah, dan kecewa sama kalian.

Oke cuma itu yg pengen aku sampein.. (sebenarnya banyak sih cuman hahaha kebanyakan sampe ada yg lupa) intinya jadilah fans yg baik.. jgn suka memicu fanwar apalagi masalahnya yg sepele hahaha itu kekanakan banget.

Selamat ultah buat exo, udah 5 tahun berkarya ketampanan mereka gk prnah luntur :v
BANGGA JADI EXO-L ^-^ SORRY CAPSLOCK :V

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/11/2017 10:48 PM delete

LUPA.. nama aku Ainun. hehe

Reply
avatar
XiJin_ Kook
AUTHOR
4/12/2017 12:14 PM delete

aku suka kpopers baru tahun 2017 ini,dan multifan exo'l dan army. tapi sekarang aku sudah real army. saat membaca ini bener2 tidak terduga , ternyata army kebanyakan seperti itu. habisnya dilingkungan ku exol dan army sangat damai malah saling mendukung. tapi karena aku penasaran tentang fanwar fandom exol dan army aku mencoba mencari informasi dari berbagai sumber. dan aku menemukan artikel ini. sebelumnya aku benar-benar minta maaf atas semua kelakuan,sikap,dan perbuatan armys yang banyak merugikan exol. aku benar-benar minta maaf.

Reply
avatar
XiJin_ Kook
AUTHOR
4/12/2017 12:24 PM delete

aku suka kpopers baru tahun 2017 ini,dan multifan exo'l dan army. tapi sekarang aku sudah real army. saat membaca ini bener2 tidak terduga , ternyata army kebanyakan seperti itu. habisnya dilingkungan ku exol dan army sangat damai malah saling mendukung. tapi karena aku penasaran tentang fanwar fandom exol dan army aku mencoba mencari informasi dari berbagai sumber. dan aku menemukan artikel ini. sebelumnya aku benar-benar minta maaf atas semua kelakuan,sikap,dan perbuatan armys yang banyak merugikan exol. aku benar-benar minta maaf.

Reply
avatar
annisa
AUTHOR
4/14/2017 6:23 PM delete

iya tau kok :v

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/15/2017 11:23 AM delete

halo gw sebenarnya dulu suka exo dan BTS tapi semenjak ada exol immature yang hina BTS bahkan sampe buat postingan kalok V BTS itu meninggal bahkan setiap hari exol immature ini hina BTS dan army dan disanalah gw makin eneg sama Exo l sbnernya gw gak benci idola nya tapi fans berpengaruh terhadap idolnya. dan akhirnya gw memutuskan berhenti jadi Exo l dan army dan gk ngebela" spa dri ke dua fandom tsb gw kecewa kran mreka Sling hina. padahl dulu exol Amry bersahabat dan di Facebook ada grup anti Exo dan exol anggota nya udan mencapai 20ribuan disana dulu gw sering fanwar an sama haters utk bela Exo dan exol serta kpopers lainnya.selama bbrpa bulan bahkan gw udah lbih dri 1 tahun dsna tapi semenjak liat exol immature yg hina BTS dan army gw berbalik jadi haters mereka bahkan terkadang pas jadi haters gw juga gk segan" judge army klok army emg salah. kasus kita agak sama. tapi kpop tanpa fanwar itu jadi flat gk seru. jangan Bully.

Reply
avatar
MAZ GREY
AUTHOR
4/15/2017 3:39 PM delete

Hai ,gw exo-L. Lagi browsing tbtb nemu dan langsung baca. gw setuju sih sama yang kaka sampein . Jujur dulu sebelum exo gw SUKA bts ,hanya suka dengan lagunya ,tpi gak pernah masuk dalam fandom . Nah setelah liat exo growl entah kenapa langsung kepincut ,padahal dulu gw bilang "ah exo mah susah ngebaedain mukanya ,jdi males liatnya". Sumpah gw ngerasa kyk jilat ludah senidiriπŸ˜‚. Akhirnya makin lama makin suka ,tpi juga masih rada2 suka sama bts. Tapi semenjak Army sering cari masalah ama exol jujur gw udh ga respect lagi ama itu fandom. Dan setelah ngeliat betapa sombong2 nya mereka yg udh masuk chart billboard bla bla bla ,gw makin benci . Apalagi mereka yg kayak gak tau terima kasih, dulu gw pernah dimintain tolong sama army "ehh vote dong bts di award2 biar menang ,bts kan blom sepopuler exo" .dan sekarang TEMEN itu sering ngatain exo :) .Rasanya pen gw bilang segala sumpah serapah ke dia ,tpi yaudah lah

Reply
avatar
MAZ GREY
AUTHOR
4/15/2017 3:40 PM delete

Hai ,gw exo-L. Lagi browsing tbtb nemu dan langsung baca. gw setuju sih sama yang kaka sampein . Jujur dulu sebelum exo gw SUKA bts ,hanya suka dengan lagunya ,tpi gak pernah masuk dalam fandom . Nah setelah liat exo growl entah kenapa langsung kepincut ,padahal dulu gw bilang "ah exo mah susah ngebaedain mukanya ,jdi males liatnya". Sumpah gw ngerasa kyk jilat ludah senidiriπŸ˜‚. Akhirnya makin lama makin suka ,tpi juga masih rada2 suka sama bts. Tapi semenjak Army sering cari masalah ama exol jujur gw udh ga respect lagi ama itu fandom. Dan setelah ngeliat betapa sombong2 nya mereka yg udh masuk chart billboard bla bla bla ,gw makin benci . Apalagi mereka yg kayak gak tau terima kasih, dulu gw pernah dimintain tolong sama army "ehh vote dong bts di award2 biar menang ,bts kan blom sepopuler exo" .dan sekarang TEMEN itu sering ngatain exo :) .Rasanya pen gw bilang segala sumpah serapah ke dia ,tpi yaudah lah

Reply
avatar
D9
AUTHOR
4/15/2017 4:02 PM delete

Wah, gila
Pnya bnyk wktu jg ni org, bakat jdi netizen.
Hidupmu udh keurus blom?��
Nimbang tp berat sebelah, rajinin baca kamus ya biar bedain makna/kata,
Yeee...aku ijut komen jg akhirnya, thnkyou tuk postingannya, kini wawasanku semakin luas mengenai maindset on the box(?)
Posting bgink dpt fee gk?
Kan banyk yg baca psti, pa lgi yg komen.

Reply
avatar
D9
AUTHOR
4/15/2017 4:06 PM delete

*ikut

O iya, tmbahan
Aku baca kok smua uneguneg mu, tenang aja. Karena aku jg kebetulan pnya bnyk wktu
Wkkkk

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/15/2017 6:47 PM delete

army minta maaf dibilang pencitraan. kamu maunya gimana?

trus apakabar sama exo l yang pertama kali nuduh bangtan sajegi, sampe bikin empat fandom lain ikut-ikutan? dua fandom sudah minta maaf, mana minta maaf dari dalangnya? seenggaknya army punya kesadaran diri untuk mengakui kesalahan

Reply
avatar
Liana Sari
AUTHOR
4/15/2017 6:52 PM delete

Ahhh kakaaa akhirnya ketemu sama orang yang satu pendapat, jadi terharu :')

Doain ya ka, biar Lay langgeng sama kita. Doa emang ga selamanya bisa terkabul, tapi setidaknya kita udah berusaha.

Kangen banget sama Lay sumpah :'( Bawaannya sedih mulu kalo liat/ngerasain aura Lay. Bahkan Lay pernah langsung lari ke backstage gara gara ga tahan mau nangis karena ngeyakinin kita (EXO-L) kalo dia bakal sama EXO selamanya. Duh jadi curcol, maaf ya. Soalnya bingung mau ekpresiin perasaan kemana lagi, soalnya yang lain udah pada khianat :'( duh makin sedih kan

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:07 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:13 PM delete

lah nyatanya Bangtan datang dari agensi kecil kok. Lagipula, bukankah EXO-L yang seringkali mencela Bangtan dengan julukan "idol miskin"? jadi ARMY memang merendah, bukan sok merendah.

Oiya soal album WINGS, memang ada 4 versi. Tetapi perbedaannya hanya di photobook saja. Track lagu, bahasa, dan barcode, semuanya satu. Jadi tetap dihitung 1 album. Kalo EXO kan dua barcode, dua bahasa (korea dan china), jadi dihitung dua album. Jadi untuk masalah album ini, ARMY disuruh nyadar bagian mananya? :)

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:16 PM delete

Dulu kalian bahkan nggatau siapa itu Bangtan. Sekarang giliran mereka udah sukses, kamu mau melimpahkan gelar "fandom rusuh" ke ARMY? situ sehat?

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:27 PM delete

Teruntuk mbak NINIOWL:
mbak, apakah mbak sudah melihat semua artikel Bangtan yang pernah dipublis di dunia ini? Apakah mbak bisa menghitung, seberapa banyak EXO-L yang salah lapak di artikel Bangtan? Kalo dari sudut pandang mbak, tentu saja mbak pasti liatnya cuma ARMY yang gangguin EXO-L, cuma ARMY yang suka salah lapak, cuma ARMY yang bawel. Tapi apakah mbak pernah mencoba stalking artikel Bangtan di setiap oa di Line? artikel Allkpop dan berita online lainnya? fanspage di facebook, twitter, instagram? Banyak mbak, banyak sekali EXO_L yang juga suka salah lapak di artikel idol kami. Saya juga merasa ARMY ayem-ayem aja sama fandom lainnya, cuma sama EXO-L aja yang suka gotot. Maka dari itu saya ngga menyudutkan fandom mbak. Saya juga tau kok, banyak ARMY yang suka salah lapak, maka dari itu saya ngga menyudutkan EXO-L soal masalah salah lapak, karena di fandom saya juga ada yang begitu. Jadi kalo mbak mau menyudutkan ARMY dengan senjata "salah lapak", maaf tapi itu bisa jadi boomerang buat fandom kamu :)

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:34 PM delete

Saya kira setiap idol adalah king atau legend bagi para fans nya. Kalian juga pasti begitu atas EXO. Lalu apa salahnya ketika fans menjuluki Bangtan adalah king atau legend? Orang-orang yang menjuluki Bangtan dengan itu bisa jadi karena mereka tau bagaimana perjuangan Bangtan hingga sampai sejauh ini, atau mungkin karena mereka kagum dengan prestasi Bangtan saat ini. Fans dari idol lain yang lebih rookie dari Bangtan juga banyak yang menjuluki idolnya adalah king atau legend, tapi KENAPA cuma ARMY yang kalian serang?

kalau kalian confident dengan idol kalian, kalau kalian merasa idol kalian pantas mendapatkan gelar itu, gelar itu akan datang dengan sendirinya tanpa perlu kalian "rebut" dengan protes ke ARMY. Saya juga capek kok, ARMY diserang cuma karena dua kata itu.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 7:54 PM delete

Teruntuk mbak unknown:
ngga malu sama umur mbak? 27 tahun tapi nuduhnya parah, tanpa bukti lagi. saran saya sih ya, jangan mau kemakan omongan EXO-L yang secara psikologis lebih rapuh daripada mbak, yang perkataannya bisa dibuktiin aja nggak. Harusnya mbak bisa lebih bijak melihat keruh di antara dua fandom ini dengan sudut pandang yang netral. Malu mbak, yang lebih muda dan dewasa daripada mbak banyak.

Truntuk annisa:
wah balasan kamu atas mbak unknown semacam menyiram minyak di atas kobaran api. Memang tujuan kamukah dari awal untuk menjatuhkan ARMY?
aku mau kasih tau kamu, kalo Bangtan SERING memberikan pesan kepada ARMY untuk nggak larut dalam masalah fanwar atau haters ini. Contoh? nih:
1. Suga. Dia bilang "ketika haters sedang menyalakan api dan di tanganku ada sebotol air, yang akan kulakukan adalah duduk dan meminum air tersebut sambil memperhatikan haters yang sedang bermain api tersebut" Intinya dia ngasih tau ARMY untuk ngga ikutan war.
2. Lirik-lirik di lagu Bangtan yang berkata "percayalah hanya pada Bangtan" itu maksudnya biar ARMY ngga ndengerin fitnah-fitnah haters yang ditujukan kepada Bangtan. ngga cuma di lagu tapi juga di acara fansign, sering Bangtan berpesan ke ARMY "Bangtaneul mideoyo", "uriman mideoyo" gitu kok.

Jadi kalo kamu bilang idol kami ngga ada yang memperingati fansnya, maaf sekali tapi kamu salah besar, kurang seraching, mainnya kurang jauh :)

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 8:37 PM delete

Teruntuk kalian berdua:
Masalah plagiat lagi? mau sampai kapan kalian menutup hati, mata, dan telinga atas segala kebenaran yang ada?
Bangtan dari awal debut sampai sekarang, setiap comebacknya selalu berhubungan.
Debut- No More Dream menceritakan mereka yang galau ngga punya mimpi, yang nggatau mau jadi apa, istilahnya kabut gitu soal masa depan.
Comeback pertama- N.O menceritakan tentang kebahagiaan mereka, apakah mereka bahagia dengan kehidupan yang sedang dijalani? (khususnya untuk para pelajar korea yang stress karena sistem pendidikan di sana)
Comeback kedua- Boy in Luv menceritakan soal cinta pertama yang umumnya tumbuh di masa-masa sekolah.
Jadi wajar kalo mereka konsepnya anak sekolahan. Dan ini membuktikan kalo mereka ngga plagiat EXO, karena Buy in Luv ada hubungannya dengan comeback sebelumnya. Dan percayalah, Bangtan tiap comebacknya itu udah direncanain dari sebelum debut. Jadi, bukan karena waktu itu konsepnya lagi dipake EXO, trus Bangtan make juga, itu pemikiran yang SALAH.

Trus ya, setau aku banyak music video kpop yang teknik pengambilan gambarnya itu dengan one take scene, ngga cuma EXO atau BTS aja. Tapi aku baru aja cek ini loh mba, MV Growl sama War of Hormone beda banget. MV Growl ngga terlalu banyak one take scene nya, lebih banyak durasi individual scene (yang per member gaya-gaya gitu) nya juga. Sedangkan kalo MV War of Hormone itu ngga ada individual scene nya sama sekali. Kalo MV Call Me Baby, itu justru banyak durasi one take scene nya. Tapi kalo kamu mau nuduh War Of Hormone ngikutin Call Me Baby, duh gimana ya, War Of Hormone keluar duluan tuh. Hehe. Hayo gimana mbak, mau nuduh tapi salah sasaran.

Bangtan itu HipHop mbak, sekarang lebih ke Hiphop-EDM karena mereka porosnya musik yang diminati secara global. Sedangkan EXO setau saya itu alirannya urban. Boleh dikoreksi kalau salah, tapi saya yakin EXO bukan hiphop atau EDM. Saya tau kok hiphop kayak gimana karena saya penggemar hiphop juga, jadi insyaallah kata-kata saya ini ngga salah. Yang jelas, EXO sama BTS itu beda jadi ngga ada plagit-plagiatan.

Udah ya, kalo soal plagiat-plagiatan, basi. Toh semua tuduhan kalian soal plagiat itu ngga ada satupun yang kebukti sampe sekarang. Lagipula, sekarang yang namanya seni itu udah jarang yang orisinil mbak. Tren yang udah umum, bisa jadi hal baru selama ada inovasi dan modifikasi. Jadi jangan karena mirip dikit langsung nuduh plagiat. Oiya, lebih baik kamu browsing dulu mengenai arti harfiah dari plagiat itu apa. Lumayan kan dapet ilmu juga, internetnya digunai buat yang bermanfaat jangan cuma untuk nuduh tak beralasan aja^^

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 8:42 PM delete

Wah.. benar-benar.. mbak annisa,kamu tadi di artikel semacam berpura-pura dewasa loh, tapi pas baca komen.. duar! kebongkar aslinya gimana :D

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 8:49 PM delete

EXO-L juga banyak yang menghina Bangtan mba. Kamu hanya kurang aware sama sekitar kamu.
"Semut di ujung pulau keliatan, tapi gajah di depan mata tidak terlihat"

Aku cuma mau bilang, jangan merasa ARMY terus yang cari gara-gara dan yang menghina, karena ARMY juga pasti merasanya mereka terus yang dihina, Trus kalo kek gitu mulu ngga ada selesainya dong. sayangnya, dengan kamu bikin tulisan ini malah bukan menjernihkan kondisi genting antara dua fandom, tapi justru memperkeruh. Intropeksi diri aja masing-masing, jangan menyudutkan salah satu pihak.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 8:55 PM delete

fakta darimana? setiap yang kamu omongin di atas itu dari baca tweet, yang notabene pendapat pribadi orang, padahal belum tentu itu bener atau nggak. bukalah hatimu dulu mbak, coba jernihkan hati trus pelan-pelan baca kebenaran yang ada.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 9:17 PM delete

Hai my fellow, ARMY
aku juga nyadar kok banyak ARMY yang masih sd, smp, jadi kalo ada yang nyenggol dikit langsung bacok, akhirnya berujung pada kematian, eh war maksudnya :p
Tapi kan nggak semua ARMY kayak gitu, dear. ALhamdulillah aku berteman sama ARMY yang dewasa dan ngga doyan war. Yang kalo ada yang jelekin Bangtan+ARMY nggak langsung mencak-mencak atau malah balik menjelekkan. Masih banyak ARMY yang berkepala dingin, yang kalo nemu temen sefandomnya salah lapak itu justru diseret balik kandang, trus dinasehatin biar ngga salpak lagi. Yang kalo ada war bukannya ikut manas-manasin tapi justru direcehin sama ARMY dan ujung-ujungnya kolom komen jadi wadah ngelawak. Yang kalo ada temen sefandomnya buat salah, berbondong-bondong ARMy minta maaf.
Dan aku cuma mau kasih tau kalo yang nyumpahin Lay mati setelah pingsan di bandara itu bukan ARMY tapi "oknum" yang nyamar jadi ARMY. Udah banyak yang ngelurusin dan ngebersihin nama ARMY atas kejadian itu.
Tapi iya, aku juga mau minta maaf ke pemilik blog yang udah bikin tulisan di atas, kalo ada ARMY yang nyakitin hati kamu sampe kamu dendam atau apa. Wajar kalo kamu benci ARMY karena emang salah ARMY, nggapapa. tapi kalo itu bukan perbuatan ARMY atau Bangtan, jangan jadikan itu sebagai bahan hate. Kalo ARMY salah, kita akan berusaha minta maaf, tapi tolong kalo udah minta maaf jangan dibilang pencitraan ya.

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 9:22 PM delete

kalo ada comment baik yang memandang secara netral gini ngga akan dibales sama adminnya. Answer me, min, kenapa kamu cuma bales komen-komen yang soal benci ARMY doang? :"(

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 9:38 PM delete

"Tapi semenjak Army sering cari masalah ama exol.."

Apakah hanya dari pihak ARMY yang sering cari masalah? Yakin? Kamu hanya kurang aware dengan sekitarmu, dear :)

Dan sejak kapan bangga itu sama dengan sombong? Lalu apakah EXO-L yang suka mention how many daesang that they've got itu namanya bukan sombong?

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 10:01 PM delete

Aku kira kamu mau mengeluarkan uneg-uneg kamu dengan sudut pandang yang objektif, karena di awal kamu terlihat bijak dan bagus-bagusin Bangtan. aku udah wow banget, tapi ternyata.. sama aja spread hate tentang ARMY :)

kalo kamu bilang exo-l ngga akan war selama ngga ada yang manasin, semua fandom juga pasti bilangnya gitu. Tapi kita liat realitanya aja lah, setiap fandom pasti ada yang duluin entah apa motifnya.

sekarang aku tanya, kamu tau nggak kalo EXO-L pernah borong tiket Wings Concert buat dijual 10x lebih mahal, tujuannya biar venue di gocheok dome kosong? kamu tau nggak kalo EXO-L pernah nyewa wartawan China buat mistranslated kata-kata Bangtan pas interview di China, sampe mereka dihujat orang-orang sana? Kamu tau nggak kalo EXO-L yang ngolok-ngolok berita kematian neneknya V? tujuan aku ngomong gini biar kamu juga lihat ke dalam fandom kamu. Setiap fandom ada 'oknum' jahatnya jadi ngga usah memojokkan fandom tertentu. Ya, aku bisa bilang kamu memojokkan ARMY dengan bikin tulisan ini, yang mana setiap kata-kata kamu dan tuduhan kamu tidak disertai bukti dan tidak jelas kebenarannya. kamu pasti ngga tau kan kalo yang bikin tweet soal Lay pingsan di bandara itu usut punya usut adalah EXO-L sendiri yang nyamar jadi ARMY? cari taulah dulu kebenarannya sebelum kamu bikin tulisan kayak gini. Tulisan kamu ini dibaca banyak orang yang mungkin awalnya nggatau soal fanwar antara ARMY dan EXO-L, dan sayang banget kalo pandangan mereka ke ARMY jadi jelek gara-gara tulisan kamu yang nggak bertanggung jawab ini. Kecuali kalo itu memang tujuan kamu dari awal.. yah..

di awal dan di akhir tulisan kamu terdengar dewasa, tapi sebenarnya isinya 0

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 10:54 PM delete

Teruntuk mbak Magdalena Ivone:
sabar, mbak, sabar.. jangan nge gas.

aku liat sepertinya kamu nggak sudi banget kalo EXO-L dan ARMY akur. aku liat kamu ternyata lebih triggered daripada si penulis a.k.a mbak annisa wkwk. Tapi gimana ya, baca dari komen kamu itu terlihat sekali kalo kamulah yang kekanakan, menentang perdamaian di antara dua fandom. Kalo semua EXO-L kayak kamu, ngga akan selesai war antara dua fandom ini. Justru EXO-L seperti kamu lah yang bikin image fandom mu jelek di mata kpopers dan multi fandom. Ketika banyak orang yang lelah dengan semua war ini dan mendambakan perdamaian, kamu malah nggak sudi.. :)

Disini aku mau bantah kata-kata kamu dalam beberapa poin:
1. Selja kan EXO-L yang anti Bangtan. Bahkan ARMY pada bikin hastag di twitter #Seljayouarenotexol itu karena ARMY tau Selja cuma bikin image EXO-L jelek. ARMy tau kalo selja itu fake EXO-L :)

2. Kamu nungguin C-ARMY minta maaf ke C-EXO L? Trus apa kabar C-EXO L yang nyewa wartawan buat mistranslated interview Bangtan? Sampe akhirnya Bangtan dihujat di China sana? Udah minta maaf? Dan kata siapa selalu ARMY yang mulai duluan? Setiap fandom pasti ada oknum yang mulai duluan entah apa motifnya. Cobalah kamu kurang-kurangin nyinyir dan buka mata, lihat sekeliling kamu, lihat temen sefandom kamu juga banyak yang memicu pertengkaran antara dua fandom.

3. Fans Bangtan banyak juga kok yang udah kerja, bahkan yang udah ibu-ibu, ahjussi, kakek-kakek juga ada. MV Bangtan bisa banyak viewers karena banyak fans AMerika dan Europe yang streaming. Ketika fans Asia udah waktu malem, gantian fans barat yang streaming karena adanya perbedaan waktu. Jadi stop negative thinking nya dan buka hati untuk menerima kebenaran. Malah aku liat, kamu yang kayak anak kecil, diliat dari setiap kata-kata kamu yang pedas dan tidak bertanggung jawab.

4. Aku juga dapat screenshoot EXO-L yang kasih commando ke temen-temennya di grup chat, intinya dia nyuruh EXO-L buat nyamar jadi ARMY, trus suruh bikin proyek Bangtan 4th Anniversary yang logonya sama persis kayak EXO 5th anniversary. Tujuannya biar ARMY dituduh plagiat project EXO-L. Jadi? :)

5. Kamu mau nuduh viewers MV Bangtan hasil dari beli viewers? Baca lagi poinku nomer 3

6. Siapa yang bilang "takut" mbak? isi artikel sebenarnya kan gini "agensi lain tengah memperhatikan tanggal rilis album BTS" itu maksudnya bukan takut, tapi berarti agensi lain memperhitungkan kehadiran Bangtan di acara musik, bagaimana pengaruhnya dengan comeback artis mereka nanti. Lagipula yang memperhatikan Bangtan itu kan agensi lain, kao ternyata banyak yang comeback bareng Bangtan kan bukan salah Bangtan.

7. Banyak loh fandom dari idol yang lebih junior dari Bangtan, nyebut idolnya dengan sebutan "legend". tapi ya cuma ARMy yang diserang, yang lain aman asal bukan ARMY.

8. Ngomong soal fakta darimananya ya? Buktinya ini bisa aku bantah, dapet 8 poin XD

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 11:01 PM delete

cuma mau ngingetin kalo ARMY antara ngebantuin atau bikin hashtag #Seljayouarenotexol, karena ARMY tau Selja cuma fake EXO-L yang mengharapkan war antara dua fandom dan memperjelek image EXO-L. itulah yang dilakukan ARMY terhadap fake EXO-L

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 11:04 PM delete

iya sebenarnya sama aja sih. kadang kita ngga sadar ketika kita benci seseorang, kita justru bersikap persis layaknya orang yang kita benci

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 11:12 PM delete

Teruntuk Mbak unknown:
iya maaf ya mbak kalo risih dengan komentar ARMY yang ngga relate sama Bangtan. ARMY sadar kok masih banyak yang suka salah lapak. Kita masih belajar juga untuk itu. Minta bantuannya, jal butakdeurimnida.
Dan untuk yang di Meksiko itu, M-Army udah minta maaf secara resmi. aku baca loh permintaan maafnya, dan itu keliatan banget mereka menyesal, karena ketidaktahuan mereka malah bikin ARMY secara umum di hate. Banyak fans NCT yang udah maafin, tapi ada juga yang masih ngga terima, ada juga pihak ketiga yang manasin. Tapi ngga ada yang bisa ARMY lakuin selain minta maaf, ARMy ngaku salah, menyesal, dan minta maaf. Soal kalian mau maafin atau enggak itu ada di tangan kalian.

Btw, makasih udah suka sama Jhope dan respect ke RM. Salam kenal :)

Reply
avatar
Rizka Utami
AUTHOR
4/15/2017 11:18 PM delete

Maaf sebelumnya, cuma mau menanggapi. tapi nggak kebanyakan ARMY kayak gitu, kalau kamu mencoba melihat lebih luas kamu akan tau ARMY yang baik jauh lebih banyak daripada yang suka war

Reply
avatar
Syifa Zuraj
AUTHOR
4/16/2017 11:21 PM delete

Selalu army exol fanwar
Hampir sedih dengernya tiap hari

Reply
avatar
4/17/2017 1:25 AM delete

Gue dukung lo sumpah deh. Gue dari awal EXO debut history, mama, growl pas mulai naik kepuncaknya gua tau banget perjalanannya sumpah tau banget dari pas 3 member keluar gue sampe nangis kejer mewek kesana sini koar2 ndusel2 ketemen nangis kekeluarga nangis gue sampe sakit ati banget EXO 3 member out sedih bnget pokoknya pas jaman gua dipanggil exotic.. Exostan dan pas jaman mereka ada dating itu gue sih gakterlalu mempermasalahin ya karena itu privasi mereka. Gue tau BTS emng dari agensi kecil dan mereka berjuang sendiri. Tapi tau ga soh dulu EXO dihina banget sama netizen korea? Tapi karena mereka kerja keras dan lahirlah Growl terkenal sampe mana2 bahkan lagu itu masuk 10 besar billboard. Suka sering sedih banget banget banget sekarang banyak EXOL pindah fandom ke BTS heyy kalian gasetia amat si yg bening sama muda dikit langsung. Gua mau sejelek2nya EXO dijelekin gua bangga kok sama EXOL mereka solidaritasnya erat banget mereka sering ngadain donasi.. Dan setiap ajang EXO masuk nominasi ikut semua dukung. Inget banget gue msuk grup perkumpulan EXOL indo mereka ngerangkul banget. Dan kebanyakan gak mau ambil pusing fan war. Menurut gua jangan langsung disimpulin lah EXOL itu fansnya buruk atau gimana. Gada yg tau kan itu fans abal2 atau emang fans immature yg bru jadi fans. Jadi damai ajalah toh genre musik mereka beda semuanya beda kalau kesabet dikit wajar dong namanua persaingan dunia.

Reply
avatar
4/17/2017 1:32 AM delete

Gue juga sering denger kok ARMY yg bangga2in mereka yg masuk billboars iya pasti semuanya seneng dong cuma jangan sambil jelek2in EXO gtu ya ckkx

Reply
avatar
4/17/2017 1:55 AM delete

Gilaaa setuju banget kaa!! Gue mau ngmng kaya gtu cuma udh panjang komen gue dan gue bener2 bangga jadi exol waah daebaak iya bener jelasnya EXO dah mendunia daesang 4kali weeyy terharu bangga setiap nntn EXOL dapt penghargaan.

We Are One We Are EXO Saranghaja!

Reply
avatar
4/17/2017 2:03 AM delete

Btw,ada yg nyasar.. Disini hard EXOL mba jgn malu2in fandomnya msuk kndang orang

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 7:03 AM delete

Rizka utami:
Sebenernya exol dan army itu 11 12 terutama yg immature sama2 sering salah lapak, doyan saling sindir. Tapi jika km lihat dari 2 sisi bukan sebagai army aja (aku exol 29th) lihat aja di FP facebook,twitter,IG, jika ada senggolan atau war antara army dan exol pasti yg dituduh penjahatnya selalu exol, jika di buat perbandingan misal 10 artikel ada senggolan antara dua fandom ini 7 diantaranya selalu exol yg di jadikan penjahatnya smpe fandom lain yg gak ada hubungannya ikut bully exoL. Klo bagi army exol demen menghina BTS,apa bedanya Army yg jg demen menghina EXO malah semua kata udah pernah dilemparkan army buat exo yg mulai doain lay baekhyun mati(ditwitter),bilang exo modal tampang, exo modal agensi besar, exo gak perbakat, exo gak bisa rapp, exo gak bisa bikin lagu, sehun gak berguna, sehun pemanis doang digroup, sehun cuma bisa dance aja, exo flop, exo udah gak populer sampe yg paling kasar anjing dan selalu bilang exol iri sama kesuksesan dan rekor BTS serta iri rekor exo dipecahkan BTS(kata2 itu semua selalu ada di twitter,IG,Facebook) padahal rekor exo yg di tokyo dome kmren dipecahkan ikon tapi exol malah ngucapin selamat tuh di IG,twitter,FB.sampe akhirnya kmren ada artikel di FB disitu ada komen fandom lain bilang mereka(fandom lain) sadar "setelah aku mengamati 2 fandom exol dan army akhirnya aku tau dan sadar siapa yg terlalu over yaitu army) itu yg ngomong fandom lain lo ya.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 9:44 AM delete

Karena adminnya ga mau ini berlanjut .. hayooo . . Adminnya cuma nyampein uneg uneg dia ..

Kata kamu exo-l sering salah lapak . Gue akuin .. tapi tidak sadarkah ,anda juga salah lapak disini mba . KHUSUS EXO-L . KHUSUS mba ... kalo mba tersinggung itu salah mba . Ngapain maksa baca .
Gue pribadi , kalo ada artikel cem gini terus yg disudutin fandom gue . Gue lebih milih ga baca . Karena cuma nyakitin . Ada gue nemu artikelnya , sm juga tentang army exo-l . Dan gue ga baca sama sekali .
So , kalo anda masih ingin baca . Itu terserah anda . Tanggung senditi sakitnya .
Dan disini adminnya juga nulis exo-l sama army . Sama . 11 12 fandom rusuh dan ga mau kalah .

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 10:24 AM delete

halo aku exo-l yg udh ngefans exo mulai dari 2013. dulu exo-l rusuh banget ampe dijulukin worst fandom. mana ngrusuh di berbagai tempat mulai bandara, tempat konser sampai pesta pernikahan. tapi ya ga mengurangi kecintaanku terhadap exo dan exo-l. btw fanwar terhadap army kalo diinget2 lagi yg dlunya kita teman namun (bagiku) semenjak kasus jungkook udh menjadi saingan. entah fanwar ini kapan berakhir.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 10:31 AM delete

BUAT MBA RIZKA UTAMI . INI KHUSUS EXO-L MBA . KAN UDAH DI PERINGATIN DI AWAL . KHUSUS MBA .
gue pribadi nemu yg kaya gini . Nemu . Ada. Sama topiknya tentang exol army . Dan yg dipojokin exo-l .Gue ga baca mba . Biarin . Mereka bebas ngeluarin uneg uneg mereka.
DAN LAGI ADMINNYA EMANG BILANG DIA IMMATURE DAN MANDANG DARI SUDUT PANDANG EXO-L . Dia emang ga objektif . Tapi kan dia udah bilang dia mandang dari sudut pandang exo-l.
Dan untuk kasus lay yg kata kamu dalangnya exol . Coba liat deh mba .. bukan cuma seorang . Banyak banget .
Sebelum berita kasus ini mencuat . Waktu exol masih respect sm army . Exol ngucapin gws buat rapmon yg waktu itu lg sakit . Tapi apa balesannya ?? Ini yg buat exol , gue pribadi masih sakit hati sampe sekarang
Dan kata mba kenapa exol ga minta maaf . Minta maaf buat apa ni ?? Yaudah Gue perwakilan exol minta maaf buat kalian . MINTA MAAF YANG SEBESAR BESARNYA .

Exol army 11 12 fandom rusuh . Dan ya gue akui fandom gue emang rusuh . Tapi lihat mba , saat fandom kita fanwar siapa yg dicap penjahat 70% EXO-L . haha .. udah biasa .

Dan yah sekarang gue setuju sama fanbase EXOL yg bilang fanwar sama army fanwar yg paling menjijikan ..

Exol respect kok . Kalo kalian respect . Gue pribadi ga akan segan berterimakasih kalo ada fandom laen yg respect sama exol . Terkhusus buat vip yg kemaren dukung konser exo di jamsil ...makasih banget .
DAN TOLONG INI KHUSUS EXOL .. KHUSUS ... KHUSUS . PERINGATANNYA TERPAMPANG DIATAS . maksa baca , tangung sendiri lah ...
ah .. gue immature . Gue ga dewasa.ya Udah ah .. . .
Intinya urusin fandom masing masing . Gue lagi mencoba jd dewasa . Salah satunya dg ngindarin komentar dilapak orang . .. ada artikel yg ada exo bts disatuin aja gue ogah mampir . ..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 11:40 AM delete

Menjijikan dipandangan gue itu .. menjijikan karena ga selesai selesai .
Takut ada yg salah paham .

Yah semoga cepet selesai .. dan semoga gue , exo-l laen , juga army bisa lebih dewasa ..

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/17/2017 8:52 PM delete

Lah emang dari dulu kali EXO-L ARMY digelar fandom rusuh ajigale lu sanggup bat baca komen + sempetnya ngomen post yang sudah pasti bikin sakit hati hahaha

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/19/2017 9:13 PM delete

Maaf ya dik, aku rasa kamu juga merupakan salah satu dari immature fans. Saat kamu sudah menjadi bagian dari suatu fandom besar dgn waktu lama, lama kelamaan kamu bakal sadar bahwa pemikiran semacam ini hanya melelahkan dan nggak berdampak positif apapun. Daripada sibuk mengumpulkan komentar negatif, ada baiknya kamu perluas wawasan soal kpop. Mendengarkan/melihat karya lain selain bias kamu nggak menjadikan kamu seorang penghianat kok. Kenyataannya, idol kita juga banyak belajar dari seniman lain untuk memperluas wawasan. Dengan gitu, pikiran kita seputar fanwar akan berlalu. Gini aja deh, kita mikirnya gini. Fandom dan idol kita adl sebuah keluarga besar. Just keep going. Nikmati musiknya dan berikan penghargaan berupa dukungan. Serius deh, fanwar itu nggak ada manfaatnya. Seandainya kita menemukan fandom lain yg berkata kasar, tegur aja dgn bahasa yg halus. Daripada saling serang, mending kita fokus sama hal lain yg menyenangkan^^ oppa kita tuh maunya kita bahagia dgn karya mereka, bukan sibuk fanwar.Hehe.
p.n : seorang fans dari suatu fandom besar yg mengidolakan ahjussi :v

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/24/2017 8:56 PM delete

Aku bukan ARMY/EXO-L. Immature fans disetiap fandom itu pasti ada, difandom ku pun ada, gamungkin di satu fandom gapunya immature fans. Di artikel ini kamu seakan-akan mojokin para ARMY dengan bilang kalo BTS itu punya banyak immature fans. Di fandom kamu juga banyak kok immature fans nya, cuma karna kamu udah benci sama ARMY gara-gara kelakuan satu immature nya kamu jd berpandangan kalo semua ARMY itu immature, padahal engga. Maaf ya, artikel kayak gini sebenernya yang memicu fanwar~

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/24/2017 8:59 PM delete

Setuju banget

Reply
avatar
Sukma Dwi
AUTHOR
4/27/2017 2:40 PM delete

rizka utami :
ew tau ga ada army yang salah lapak komen di acc yang promosiin case exo? yang katanya bakal lebih laku kalo mereka bikinin bts case juga? kurang air apa gimana tuh temen lo. urusin temen2 lo yang salah lapak di acc yang jelas2 lagi ngomongin exo. lo juga ngapain salah lapak masuk ke blog yang isinya confess exol yang eneg sama army. ngotak dek sebelum ngeklik

Reply
avatar
MEi
AUTHOR
4/29/2017 4:57 PM delete

ckckckck moga-moga jalan kalian diluruskan sama pencipta. gw doain yang baik aja lah. moga-moga yang kalian ributin ini diberi hidayah. masalah gini mah gak pernah ada ujungnya.

Reply
avatar
Ganga Cantik
AUTHOR
4/29/2017 5:04 PM delete

nah itu. fanwar mah bukan gara-gara fans immature aja tapi gara-gara penghujat. soalnya penghujat itu gak ada kategori usianya :))

-salam dari pencinta sinetron india

Reply
avatar
Ganga Cantik
AUTHOR
4/29/2017 5:13 PM delete

eonnie salam buat ahjussi yah :)

Reply
avatar
Drewbieber
AUTHOR
5/01/2017 7:32 PM delete

Mba nganggep diri mba dewasa dan ngga doyan war juga malah ngingetin temen biar ga salah lapak... tapi sendirinya salah lapak di blog orang BACA KALIMAT PALING ATAS KHUSUS EXO-L.. maluh ih kemakan omongan sendiri..tanpa mba sadari dengan mba komen di setiap komentar itu namanya ngajak war mba.. tolong jadilah fan yang BENAR-BENAR dewasa BUKAN PURA-PURA dewasa.. situ masih bocah kali yak

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/01/2017 7:42 PM delete

Rizka : Aku setuju sama kamu. Terkadang malah banyak oknum lain yang nyamar menjadi EXO-L ataupun ARMY. Terus ngadu domba gitu. Dan tolong buat EXO-L, kan udah ada perwakilan ARMY yang minta maaf kalo mereka salah. jadi ada baiknya kita (aku EXO-L) lebih dewasa, dan maafin aja kalo mereka ada salah.
.
aku juga mewakili EXO-L minta maaf kalo ada EXO-L yang ngomongnya lancang dan keterlaluan.
.
aku kurang setuju sih sama komen-komen yang bilang "pantes aja ARMY suka war sama fandom lain, orang fans BTS aja anak SMP SMA semua."
Perlu diinget, kedewasaan bukan dilihat dari umur ya. kedewasaan dilihat dari pola pikir seseorang.
Aku paling gasuka ketika ada orang dewasa nganggep rendah anak SMP dan SMA. Justru ketika mereka nganggep remaja itu childish, mereka sendiri lah yang childish. Jujur, aku juga masih SMP:)
.
Sorry nih kalo omongan aku ngelantur dan keluar dari topik pembicaraan. Aku juga bingung aku ngomong apa sebenernya hehe.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/01/2017 7:47 PM delete

Drew bieber : menurut aku, dia si Rizka bukannya ngajak war. Aku yang awalnya kesel sama ARMY karena baca postingan blog ini. Aku jadi lebih berkepala dingin. kenapa? karena baca balasan komentar dia, aku jadi bisa ngeliat dari 2 sisi. Dari sisi EXO-L dan ARMY.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/01/2017 7:50 PM delete

Yang masalah ARMY nyumpahin EXO-L itu, dia bukan ARMY, dia oknum lain yang pura-pura jadi ARMY buat ngadu domba. dan banyak ARMY yang udah minta maaf karena masalah itu. tapi ketika mereka minta maaf, banyak EXO-L yang justru ngomongin mereka pencitraan.
.
Jadi, jangan muda terhasut.. ada baiknya kita dengerin dulu penjelasan dari ARMY:)

Reply
avatar
Aldhea
AUTHOR
5/01/2017 10:53 PM delete

Mbak yang atas itu elf lho udah baik udah ngasi sudut pandang netral kenapa di sudutin mbak....... sedih lho aku liatnya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/03/2017 12:30 PM delete

aku disini sebagai EXO-L!! kenpa sih kita gadamai?? yakarna kita ini hanya diadu domba.. buat apasih kita berantem?? untuk apa kita berantem?? padahal idola kita aja damai!!
aku juga pernah ko dibully abis abisan sama army.. jadi aku pernah masuk grup ANTI EXO-L DAN EXO karna aku pengen ARMY DAN EXO-L damai tapi alhasil setelah aku bikin stat di grup itu " kalian ini gapernah berfikir panjang,, kenapa kalian berantem?? yakarna kalian diadu domba.." alhasill niat gue baik gua malah diserbu sama ARMY dan akhirnya satu orang ada yang komentar"emang dari dullu itu EXO-L gapernah berubah ya soksokan polos padahal didalam hatinya jijik sama BTS" dan akhirnya Para ARMY pun ngebully gue dan akhirnya gue tau yang ngbuat kita berantem karna berawal dari seorang yang ngrhina duluan dan akhirnya para fanspun otaknya kecuci sama pengadu domba itu !! maaf disini gua buaknnya belain EXO-L sama kalian para EXO-L hharusnya juga berfikir kalo kalian tuh cuma diadu domba aja sama orang karna yang ngadu domba kalian itu gamao ngeliat ARMY sama EXO-L kompak!! dan setelah kejadian itu harusnya kalian itu damai,buktiin dong kalau kalian gamudah diadu domba EXO DAN BTS aja kompak masa kalian para fans gakompak sih!! malah kalo ada yang ngejelek jelekin satu sama lain kalian harusnya jangan ikut"an malah kalian harusnya ngejauhin orang yang ngejelek"in itu!! jangan pernah percaya kalo ada yang ngaku ngaku sebagai ARMY dan EXO-L kalo dia ngajak kalian buat ngehina bias lain karna gue yakin dia itu bukan fans dia itu fans gadungan!! dan semoga dengan gue menengahkan masalah ini kalian makin kompak dan jangan pernah berantem lagi cuma gara" kompor orang
salam damai dari gue ^selvi putri EXO-L buat ARMY<3
dan gue komentar ini pake akun abang gue dan bukan akun google gue^^fixxx

Reply
avatar
Jimin Ssi
AUTHOR
5/03/2017 7:16 PM delete

Gak sengaja lagi liat2 google nemu postingan begini.
hmm kpop baru ya? Well aku cuma mau bagi pengalamanku selama jd kpopers. Aku udah suka kpop dari 10 tahun yg lalu. Pertama kali suka sama suju, trus pas snsd debut suka juga. Pokoknya jd SM Stan sampe exo muncul. Semua grup aku suka, dari suju tvxq snsd shinee fx.
Trus pas exo debut kayak 'wahh keren' trus coba ngikutin. Tapi jauh diluar ekspektasiku, exo gak selucu senior2nya di SM (oke emang ga adil nilai grup hanya dari lucu atau engga nya) tapi setiap orang punya standar masing2 kan ya untuk suka sama satu grup? Trus agak gak suka sama baekhyun (dia kaya suka ngejelek2in member lain) di awal debut. Kesannya kaya maksain diri buat heboh dan member yg lain diem2 aja, dan Sorry karnaku suka suju, beast, bap, btob yang notabenenya kocak. Jadi menurutku exo biasa2 aja.
Trus mulai tuh pas member exo si kris keluar. Kok leader ngundurin diri? Dari situ aku mikir wah exo gak kompak masa baru jalan udah ada yg left? Ditambah luhan dan tao jadi bikin aku ga nge stan mereka apalagi mereka gak lucu. Sorry ya ini pendapatku aja.
Aku juga inget pas mereka sandingan sama 2ne1 di acara musik, pada saat itu 2ne1 baru aja comeback sedangkan exo udah agak lama comeback eh yg menang 2ne1. Trus banyak exo-l yang gak terima dan hina2 2ne1.
Kamu ga tau kan exo-l dulu kaya gimana? Aku akhirnya left dari fandom exo karna banyak bgt exo-l yang sombong.
Inget kasus kyulkyung pas dia pakai kata 'saranghaja' banyak exo-l yang ngehujat kyulkyung karna cuma exo-l aja yang boleh pake kata2 itu? Ada banyak kasus exo yang mungkin kamu gatau. Taunya luarnya aja. Coba kamu googling 'kontroversi exo' ada banyak sekali kasusnya. Ya mulai dari member yang gak sopan, member kontroversi sampai kasus dating yang mana taeyeon dan krystal dapet hujatan dan makian anjing babi bitch lah dari exo-l. Pantes aja banyak sone yg gak demen sama exo-l karna exo-l juga banyak yg immature.
Di postingan kamu ini kesannya kamu gamau tau tentang kebaikan army, taunya army fandom rusuh, padahal kamu gak sadar kalau exo-l lah yang dulu lebih rusuh. Aku pernah nemu artikel ketika elf vs cassie atau sone vs blackjack, kamu tau exo vs apa? 'Exo-l vs manu fandom' yang artinya gak cuma sama army aja tapi exo-l sering cari gara2 sama fandom lain.
Kamu tau dulu ada exo-l yang ngehack fanbase suju dan minho shinee? Lantas pas akun exofficial di hack atas nama army kalian nuduh2 army padahal gak ada bukti kalau dia beneran army? Kamu tau pas jimin di send hate sama selja yang notabenenya dia exo-l, dan para army sepakat kalau jangan percaya selja itu exo-l sampai army bikin hashtag #YoureNotAnExoL ?
Dan kasus melon, emangnya pemenang hanya ditentukan dari jumlah album aja? Ada faktor lainnya. Bahkan yang pihak melon aja sampai beberin data yg seharusnya ga boleh dipublish. Kalau kamu merasa gak adil, apa adil juga buat bts dan army itu awards ditarik lagi?

Reply
avatar
Jimin Ssi
AUTHOR
5/03/2017 7:16 PM delete

Gak selamanya idolmu ada diatas say, bts bertindak kaya gitu karna sering bgt dihujat sana sini, dibilang nugu, diteriakin plagiat, dituduh niru konsep. Padahal, bts memangnya pernah digugat atas kasus plagiat? Kalau emang SM atau grup lain merasa dirugikan gampang aja kok buat gugat bts, bighit kan kecil. Tapi selama ini gak ada tuh gugatan dari agensi lain. Jadi itu emang spekulasi aja dari fans2 yg gak terima. Konsep kan gak ada yg abadi. Bisa jadi 100 tahun kemudian ada yg pakaj konsep exo atau bts tapi gak ada yg tau? Dan menurutku kesamaan di dunia hiburan itu wajar, selagi gak sama 100% dan diklaim punya mereka.
Well aku skrg jadi army karna bangtan itu pure, gak sombong dan selalu sayang sama army. Kamu boleh benci sama bts dan army, tapi postingan kamu ini bener2 bikin exo-l atau fandom yang gatau apa2 jadi ikutan benci sama bts. Aku bisa aja kok bikin postingan kaya kamu yang isinya menjelek2an exo dan exo-l. Tapi kebencian aku selalu aja bisa ku tahan, karna masih banyak exo-l yang mature dan ngehargain bts. Kenapa kamu sbg exo-l gak bisa liat ada banyak army yang mature?
Menurutku exo-l dan army sama aja. Aku sbg army ngakuin ada banyak army yg immature. Gini deh ya ibaratnya ada 1 kelas, disetiap kelas ada 1 immature, kalau 2 kelas digabung akan ada 2 immature, bisa kurang bisa lebih. Semakin banyak kelas, semakin banyak immature didalam kelas itu. Mungkin kamu belum tau aja dulu exo-l gimana. Taunya pas udah tenar dan udah jadi fandom besar, jadi banyak yang belain. Semoga kebencianmu gak mendarah daging ya, bisa bahaya. Kalau bts terus2an ngukir prestasi trus kamu ga terima, awas bisa stress lho. Btw aku sebagai army minta maaf kalau ada immature. Jangan maunya menjelekkan idol dan fandom lain tapi kamu menutup telinga dan mata hatimu :))

Reply
avatar
Adi Biantoro
AUTHOR
5/04/2017 8:10 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5/05/2017 9:06 PM delete

Rizka Utami

Iyaa ga sudi karna fansnya duluan si yang cari masalah, jarang loh exols ajak war eh malah nyalahin exols. awalnya biasa aja sm batues ehh lama2 fansnya sombong minta ampun dan lupa diri padahal dlu exols ada bantu mrka pas first win apa gitu ntah gw lupa skrng 100% berubah hahahaha
Why i hate them so much both idol and fandom? mrka gaatau apa yg aku rasain aku bener PURE EXO-L dan bukan mulfan jadi ya gtu deh ya ssh mau di ajak akur lebih baik gaa osah akur ckup diem2 aja dan dsitu gaa mulai war dan exols diem jg. aku orgnya gaa suka war tapiii klo mrka mulai aku gaa bs diem. udah bnyak gaa si exols di injek2, di jlek2in hahha

kekanak kanakan?? iya krna mrka lol hahaha aku dsni cuma bela EXO dan EXO-L. klian bukan PURE EXO-L gaatau rasanya mnding jgn sok tau sii ya. apa lg yg blg aku suka batues sama exo bla bla bla diem aja dah.

1. aku tau kok mslaah hastag, msalah selja hahaha kamu gaa tau apa2. salah 1 fandom kamu nyamar jadi selja dan buat nama selja jlek? haha gaa tau kan? trus nuduh youtubers dikira selja hahaa ampun dah, emg selja bukan exols tpi fandom klian got trigged krna sttus dia yg ngejelek2in batues haha dan salah 1 fandom kmu ketauan dan minta maaf hahaahah

2. Gue gaa ngurusin fandom lain gaa ad wktu dan gw pure exol lol yg jls masi nunggu cexols mnta maaf sm exols. dsitu yg mulai dluan kan? makanya klo mau ngewar jgn pilih exols.

3. i dun care, anyway i appreciate your long comments.

4. jadi yg mulai duluan siapa? yg cri msalah dluan siapa? exols?

5. no thankyou.

6. bagus si ad armi yg kaya kamu bs komen kek gini tp jrang mau ktmu yg kaya elu tlg deh bilangin sama fandom kmu, aku ngomong gtu krna fandom kmu yg mulai haha bnyak kok fandom lain kesel sama fandom klian. kamu mau bukti klo fandom kmu mulai war dluan? tlg di baca yaaa https://twitter.com/gikwangIee/status/821209868304429056

7. hahaha klo gtu armi juga sempet MENDEWAKAN batues kan? kenpa cuma batues yg di serang? msa gaatau jawabanya, balik lagi ke armi nya ke fans nya ke fandomnya. blom jelas?

8. i can answer your points too sweety.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/07/2017 1:12 PM delete

Setuju...

Reply
avatar
genji takiya
AUTHOR
5/07/2017 5:58 PM delete

Wow gila.... Intinya BTS dan EXO sma2 keren

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/07/2017 6:43 PM delete

Hello, VIP disini. Mau bilang aja aku dah jadi VIP sejak 2009 dan masih setia sampe sekarang dan sampe kedepannya. Dimasa smp tahun 2013,waktu aku tau ada boyband EXO, aku juga jadi tertarik, banyak temen yang juga exotic, sampe akhirnya jaman 2015 jaman ada website buat daftar EXO-L(?) kami rebutan nyoba2, sampai kami pernah nabung bareng2 buat beli album EXO dan KStuffnya EXO dan Bigbang. Cuma mau bilang aja salut sama EXO-L karena mereka juga bangga dan ga njelekin Bigbang. Dan waktu aku masuk ke SMA, dah ganti temen kan, diawal masuk SMA aku ga terlalu menonjolkan sisi KPopersku karena setauku dikelas yg suka KPop cuma ada aku. Trus awal masuk kelas 2,aku mulai menonjolkan kesukaanku pada KPop, karena aku dapet 1 VIP di instagram, kakak kelasku sendiri. Jadi waktu itu aku makin sering post tentang Bigbang, snapchatin Bigbang juga snapgramin Bigbang bareng kakak kelas tsb. Trus gak lama, temen sekelasku yg baru kutau kalo dia Army nyindir2 aku sampe njelek2in Bigbang. Info aja Army dikelas ada 3. Yg 1 ArmyHardcore, yg 2 baru jadi army bulan lalu. Pernah waktu aku ngomongin EXO dan Bigbang (ceritanya lagi liat MV EXO dan Bigbang dilaptopku, sambil nyanyi2) si army yg barusan brojol ngomong "Selain bigbang kek, bigbang dah pada tua2" "Paling bentar lagi bubar""Bigbang gaada yg ganteng ih""EXO mukanya cantik2 semua, pada oplas" Info lagi aja, aku mulai emosi. Tapi untung bisa nahan. Selang beberapa hari, Aku sama temenku yg nonKpop lagi nonton MV versi 4x lebih cepat di laptop, temenku yg nonkpop ini pengen nonton mv yg ada dancenya. Yaudah aku puterin MVnya EXO. Setelah selesai semua MV exo diputer, Aku tanya dia mau liat apalagi, dia bilang yg bagus2 aja, aku saranin bigbang. Tapi tiba2 Si Army ini dateng smbil bilang "MVnya anak2 YG gaada yg mutu, liat BTS aja dancenya keren2" aku emosi lagi, dan akhirnya si nonKPopers ku ajak ketempat lain takut emosi keluar. Gacuma itu aja, aku juga pernah lihat di instagram fanbasenya army, mereka bilang juga kalo bigbang itu tua, galayak dapet awards, dan yg paling parah mereka bilang Bigbang gapunya bakat. Itu yg paling membuatku emosi. Dan mulai dari itu aku dah FIx 100% gasuka BTS, gamau tau hal2 yg berbau BTS karena aku dah terlanjut sakit hati sama fansnya BTS, walau sebenrnya pernah bangga waktu Jungkook(?) bilang dia ngidolain GD. Dan sekali lagi intinya sama kayak artikel diatas. Aku benci BTS dan Army karena ke IMMATURE an fans. Terserah kalo kalian bilang kalo banyak juga Army yg MATURE tapi jujur sejauh ini juga aku gapernah nemu Army yg dewasa. Udah gitu aja. Ini tulisan muter2, tapi gapapa uneg2 tersampaikan. Salam KPopers!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/09/2017 6:17 AM delete

Cuma mau mengklarifikasi kasus yg kata kamu kyulkyung yg pake saranghaja ,,, emang temen fandom gue , untuk kasus itu salah , mereka ga seharusnya kaya gitu ... Tapi tahukah anda , "Saranghaja" adalah kata yg sensitif buat EXO-L , inget waktu dulu suho pertama kali pake kata itu , dia dihujat , di benci , katanya tidak mengikuti kaidah bahasa korea dsb .. sekali lagi saranghaja adalah kata yg sensitif buat exo-l .. ngerasain gimana dulu suho dihujat .. itu luar biasa .. dan akhirnya setelah kata itu di pake exo ,, dan sekarang orang pd tahu dan terkenal .. trus ada orang yg make , itu rasanya nano nano (?) . Dan lagi ga semua exo-l ngehujat . ada yg ngebela , siapa tuh namanya kyulkyung (?),oh ya setau gue pinky... banyak yg nemaklumi dan mengerti karena katanya dia juga exo-l jadi kebawa suasana mungkin...
membr yg ga sopan ??? diacara MAMA thn 2014 kah ?? yg suho nerima dg satu tangan ..? suho emang salah waktu itu ngambil dg satu tangan , tapi liat gimana raut grogi+bahagianya ....sok deh liat fancam sebelum suho ngambil tuh tropi , semua member exo bungkuk ke yg ngasih tropinya ..gue lupa namanya .. liat sekarang suho , dia belajar dari kesalahan .. bahkan sekarang dia selalu dapat pujian knet saat ngambil tropi.. gimana cara dia bungkuk 90 derajat saat nerima tropi . . dan kalo yg gue tau cuman itu sifat member exo yg ga sopan ,, ada lagikah ,?? bahkan semua orang mengakui exo itu bb dg attitude yg baik ..
Dan kalo kata kamu exo ga lucu ,, ok itu pendapat kamu , kita, gue pribadi menyukai exo bukan karena lucu .. yah kalo misalkan gue mau cari bb yg lucu , ada btob, yg menrut gue lucu , bb rasa pelawak . sayangnya yg gue suka dari exo itu bukan lucu tidaknya .. gue suka sifat mereka , chen , lay , suho yg luar biasa hatinya .. juga member lain yg punya daya tarik masing masing ...bahkan banyak cerita para staf yg terharu dan muji gimana kebaikan member exo .. EXO bagi gue itu panutan,, bukan hanya sekedar idola .

Dan gue cuma mau ngomong , seenggaknya EXO-L mengakui jika kami salah kami mengakui kami salah .. bukan malah mengkambing hitamkan fandom lain ..
jujur gue ga suka saat ada army .. udah tau kalian salah ex: (kasus spam) masih ada aja yg bilang . itu bukan army . itu hatters yg nyamar jd army . atau yg lebih parah ,, itu bukan army itu fandom sebelah bla bla ....
"fandom sebelah" alasan klasik .. asal kamu tahu semua fandom udah tau alasan klasik yg sebagian dari kalian lontarkan saat army berbuat salah . .
Dan lagi dari pengalaman gue , di fb di ig .. army hanya berani membalas jika itu exo-l .. pengalaman gue di fb .. kasus spam,, gue ngambil yg ini , yg lagi hangat sekarang ....banyak dari fandom lain yg ngekritik ,, semua fandom bahkan kdrama lovers juga .. tapi apa yg gue liat ?? saat ada exol yg ikut komentar .. dari a-z kalian keluarkan . padahal hanya dua tiga orang exol yg komen .. tapi liat fandom lain .. terutama YGstand army sama sekali ga berani bales .. sepi......dan dari sinilah gue nyimpulin . army cuma berani sama EXO-L .

dan untuk kasus exmember yg keluar ... itu pilihan ketiganya .. dan kata kamu ga kompak ??, please deh saat kris luhan tao keluar , member exo ga punya hak apa apa buat ngelarang . Kamu bisa liat di mv sing for you.. disitu nyeritain gimana kebersamaan mereka juga kehilangan nya mereka ditinggalin ex member ..
Danjustru itulah yg buat gue bangga . EXO bisa ngadepin semua itu , kehilangan , jatuh, terpuruk lalu bangkit .... mereka masih bisa berdiri hingga sekarang gue bangga dan salut . terutama suho yg luar biasa kuat .. ok makasih ...

Reply
avatar
A3
AUTHOR
5/09/2017 9:47 PM delete

sama dong. gue juga gak pernah nemu exol yang MATURE :)) sebenernya sih simpel. apalah arti fans kalo mereka cuman bisa ngehujat fandom lain. harusnya support aja bb mu gak usah ikut campur bb lain dan fandom lain. aku tau kok banyak army yang immature, tapi sebenernya buat kita yang baca dan komen di blog ini, artinya kita juga termasuk fans yang immature. soalnya kita yang disini itu udah kena bait. karena aku bukan exol, jadi aku gak baca uneg-unegnya. kenapa? soalnya setiap kata-katanya pasti bakal bikin aku tambah benci sama exol. banyak yang mengira kalau mereka-mereka yang ngekomen untuk meluruskan masalah ini, itu fans MATURE. padahal mereka itu masih IMMATURE yang kepancing sama bait murahan. mereka pingin ngelurusin masalah, tapi sebenernya otaknya panas dan hatinya dingin. jadi pikirannya pada gak beres. kenapa aku bilang gitu? soalnya aku cuman mau ngingetin daripada ngelindungin idol kalian, mending kalian lindungin diri kalian dulu aja. lindungin diri kalian dari bait-bait murahan gini. entah idol kalian di doakan mati pun, itu sebenernya gak masalah. masih ada karma kok. jadi tenang aja. terus salam akhirnya juga gak usah salam kpopers segala. soalnya kalo ditulis begituan kayak sok gede aja fandom mu. sebenernya fandom kalian itu gak ada apa-apanya. gue suka kpop tapi gak suka fandomnya. maaf ini pendapat gue sebagai pihak luar.

Reply
avatar
nabilahkimkaii
AUTHOR
5/11/2017 9:24 PM delete

Demi apa Kak!!! Aku suka banget Kakak!!! Love you so much!! Tadinya cuma mau flashback flashback Exo and exol aja tapi Nemu ini, dan ya ini jug yang selama ini pengen gw keluarin uned uned nya, gw yang stan SM jaman Exo baru debut tau rasanya ya gimana 3memb keluar, dan ya gw waktu itu juga masi labil,gw juga suka bts sih tapi sekarang sekarang enggak gegara fansnya, gw juga baru umur SMP an sekarang, dan ya gw juga udh ada di Zona hard Exol, gw bingung sama mereka yang dulu minta bantuan Exol tapi sekarang mereka malah mau buat jatuh Exol, akun akun Zona hard juga sering banget banyak yang salah lapak, dan yang sering gw temuin itu hampir sebagian besar yang fandom nya Army-Exol itu rata rata Childish, banyak juga bionya Army-Exol tapi isi postnya bts doang,meskipun itu umurnyaudh sekitar 20an, suka banget sama postan Kakak ini, and Welcome to KPop World!❣

Reply
avatar
Abi
AUTHOR
5/12/2017 12:36 PM delete

LEBAY BGT YA ALLAH eh ult group gue bts dan gue berasanya biasa biasa aja tuh sama exo lagian dapat 7 laki ganteng tambah 9 apa susahnya sih ribet amat kalian fanwar segala ya allah

Reply
avatar
immm
AUTHOR
5/16/2017 1:12 AM delete

lagi iseng2 nyari digoogle fandom rusuh dan nemu artikel ini.
sebelumnya gue ini exol ya^^,, jujur gue suka kpop baru2 ini dan grup pertama yg bikin gue suka kpop adalah exo, menurut gue yang salah disini bukan btsnya tp army yang ngebuat bts banyak dibenci exol karna sikap childish mereka. dan itu terjadi sama gue. awalnya gue biasa aja sama mereka (army),, semakin kita (exol) diemin mereka nyolot kalau kita jabanin seakan mereka korban? terus kita harus gmn?


yg kesinggung sorry^^ ini cuman curahan hati gue doang^^ yang kebawa hati ya terserah

Reply
avatar
5/17/2017 3:28 AM delete

Gue mulfan tp berat ke agency gede wakakakπŸ˜‚πŸ˜‚ karena pada serius mangkanya terjadi war πŸ˜‚πŸ˜‚ semua ada masanya. Nikmatin aja warnya sambil becanda2 gausah ngurat , ntar juga kalo udah bukan masanya gak bakalan war lagi. :v

Reply
avatar
sakinah fitri
AUTHOR
5/17/2017 10:39 AM delete

Gw exol, awal jdi kpopers jman suju snsd..hbis tuh fakum spe 2014 cuma sekedar denger tmn ngomongin kpop. Gw liat popularitas exo wkt itu jaman growl yg booming bgt bisa buat tmn nonkpop jdi suka kpop. Dan gw blm lg blik ke kpopers. Awal masuk kpopers thun 2015 mulai dri exo cmb sistar shake it smpe bts i need you. Akhirnya gw jdi mulfan dan balik ke kpopers lagi. Gw suka exo sma bts wkt itu, tpi lbih cnderung ke bts. Gue diceramahin sma shbt gw yg army tntg bts dan gw tahu perjuangan mereka. Tpi gw juga ngerasa sakit hati wkt cmb era, tao keluar. Sakit hati gw gk bisa dijelasin. Gw kepikirin 1 member left aja nyelekit bgt apalagi 3, trus exo kuat banget bisa ttp bertahan dgn member tersisa. Gk lama gue mulai bosen sma bts dan beralih ke exol. Gw pernah ngerasa jdi army dan exol.Tapi gw skrng bisa ngeliat mana bb yg nyantol di hati gue, yaitu EXO. Air mata, keringat, rasa sakit, dan perjuangan mereka sgt besar.Gw udh termasuk slh stu dri 4 juta fans yg terdaftar.
Okey, gw jg pernah dgr tntg isu plagiat ls, baju, dll. Trus yg gw kaget agensi bts pernah ngeluarin kalimat dgn menyebut big3 dan exo. Disitu gw kaget dan speechless, bb yg dlu gue sukai kok agensinya gini. Yaudah gw cma anggap angin lalu dan diemin aja. Tpi lama2 gw gk srek sma fansnya. Gunain sosmed buat ngejatohin exo,bilang gk punya bakat gk bisa ngerapp gk bisa buat lagu modal tampang agensi besar dll. Member EXO itu unik. Chanyeol sm Lay org yg genius. Cy bisa main banyak alat musik dan dia nyiptain lagu. Lay jg, lagu yg dia ciptain itu ada 100an tpi hilang dan skrng di lay tercantum sbg composer di sm. Cy dan lay jg udh dftrin nama mereka sebagai composer. Album exo jg ada beberapa lgu yg member exo ikut partisipasi. Masih bnyk deh. Cukup itu aja yg gw jelasin member exo yg katanya tidak berbakat? duh πŸ˜‘
next...slama ini gw masih ngehargai bts tpi mkin lama fansnya makin" lah pokoknya gk bisa dijelasin, susah deskripsinya. liat aja nyatanya.
EXOL emang tukang war dri dulu, iya kenapa masalah klo kmi bela idol kmi? Tpi kmi jg mau berubah jdi dewasa guys. Capek gw ngerasain war mulu. Survey di korsel 2017 fandom tukang war, hamdallah EXO gk diurutan ke 1 dan udh turun jdi ke 4. Kmi exol jg ingin menghapus cap fandom war yg ada pda kmi. Dan urutan 1 silahkan cari sendiri.
cpk gw ngomong, udh yah sisanya spndpt sm exol diatas. Smpe skrg gw masih ngehargai bts krn musik mereka bgus, tpi tidak dgn fansnya πŸ˜‚

Reply
avatar
sakinah fitri
AUTHOR
5/17/2017 10:41 AM delete

artikelnya di post pas ultah gw, wkwk baru nyadar 😁

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5/17/2017 10:48 PM delete

Astafirullah, tinggi hati sekali exol ini...
Buat pihak yg merasa terganggu aku benar2 minta maaf, nggak semua exol kok kayak gini

Sekali lagi aku benar2 minta maaf

Reply
avatar
ailufyu
AUTHOR
5/18/2017 7:14 PM delete

menurut gue pribadi sih, fanwar biasanya kejadian sama grup yang emang hebat. bts sama exo menurut gue hebat sama2 hebat.
masalah fans army yang bermasalah, menurut gue itu yang nemu mungkin elu min atau kebanyakan exol lainnya. gue sendiri kadangan jg nemu exol yang duluan micu fanwar. jadi ya, agak gimana aja sih bilang klo army yang selalu ato army yang kebanyakan. sama. menurut gue gak semua army atau gak semua exol begitu.
dan yodahlah, kita gak tau itu beneran army atau army fake. jadi klo lu benci army tapi ujung2nya bts kenak juga, yah army yang lain bakalan kesenggol juga.
just opini. gue multi fandom.

Reply
avatar
ailufyu
AUTHOR
5/18/2017 7:17 PM delete

menurut gue pribadi sih, fanwar biasanya kejadian sama grup yang emang hebat. bts sama exo menurut gue hebat sama2 hebat.
masalah fans army yang bermasalah, menurut gue itu yang nemu mungkin elu min atau kebanyakan exol lainnya. gue sendiri kadangan jg nemu exol yang duluan micu fanwar. jadi ya, agak gimana aja sih bilang klo army yang selalu ato army yang kebanyakan. sama. menurut gue gak semua army atau gak semua exol begitu.
dan yodahlah, kita gak tau itu beneran army atau army fake. jadi klo lu benci army tapi ujung2nya bts kenak juga, yah army yang lain bakalan kesenggol juga.
just opini. gue multi fandom.

Reply
avatar
5/23/2017 9:33 AM delete

Jujur saja, aku tau kabar Lay pingsan di bandara dan aku bukan salah satu dari yang menginginkan member exo, maaf, tiada. Aku ARMY sejak mereka pertama kali debut, tau semua war yang ada tapi ga pernah berpartisipasi hanya membantu mereka (ARMY) yang minta maaf atas nama fandom. Aku disini sadar, banyak lubang di fandom ini tapi aku memilih bertahan :) meski sering menemukan artikel seperti ini bukan berarti aku emosi bacanya, mau nangis rasanya. Sebegitu rusaknya kah hubungan EXO-L ARMY? Aku punya beberapa temen EXO-L dan alhamdulillah mereka ga nganggep semua ARMY kek gitu, kita akur sampe sekarang. Mungkin terdengar pencitraan, tapi itu hak kamu buat menganggapa ini bagaimana.

Reply
avatar
5/23/2017 9:42 AM delete

Sorry atas nama seseorang yang komen diatas :)

Reply
avatar
5/23/2017 10:04 AM delete

WUIHHH ADA SUNBAE! Aku kenal Kpop juga sejak ada DBSK, Big Bang juga masih awal2 debut sama lagu la la la /langsung nari/ rasanya flashback banget baca komen kamu. Aku lebih tua sih dari kamu, dan aku emang dari dulu ga pernah masuk fandom aku sebut diriku sendiri Kpopers karna aku suka mereka semua.. dan baru kali ini masuk fandom, sejauh ini grup ARMY yang aku join dari wa, line, bbm hingga google+ rata2 mereka mature, when the war comes by mereka cuma ngeliat dan ga berniat ikut koar meskipun juga ngerasa sakit, saat dirasa mulai mengkhawatirkan baru kita bertindak. Jangan dikira kita ga pernah marahin immature fans diantara kita. Bahkan ada beberapa kali immature army di grup yang mulai atau ikut-ikut war kita marahi dan akhirnya kita kick -kalau memang dia ga bisa dibilangin- atau dia yang left karna muak sama kita yang dibilang ga sayang BTS. Kita pengen damai loh, aku MUAK juga sama semua war. Aku seneng waktu di MAMA EXO sama BTS dapet daesang barengan, adem ini ati, liat mereka waktu speech nangis bahagia. disini aku ARMY karen BTS, aku minta maaf atas nama ARMY kalau kita salah. Semua fandom pasti punya immature fans, dan ARMY emang punya banyak lubang.

Reply
avatar
5/23/2017 10:05 AM delete

*aku memang lebih tua, tapi kamu terlihat lebih dewasa^^

Reply
avatar
5/23/2017 10:25 AM delete

For Unknown

ga masalah ^^ tau kok memang ga semua EXO-l kayak gitu

Reply
avatar
5/23/2017 11:19 AM delete

Dear Rizka : Daritadi aku baca komenan kamu sih, kita berdua memang salah lapak masuk sini. Tapi kita hanya berusaha meluruskan sesuatu dan memberikan penjelasan, mungkin diatas aku ga seberapa suka pemiilihan kata kamu yang terkesan provokasi but aku makin suka waktu terus scroll kebawah ^^ kita ARMY memang ga semuanya immature.

Dear Unknown : Aku sendiri 20 tahun suka kpop sejak masuk kirakira 6 tahun yang lalu gara2 kakak pulang bawa CD kpop. Kalau bahas umur apa aku termasuk SD / SMP saat ini? Aku bahkan sudah bekerja sebagai staff admin yang mengharuskan aku untuk memiliki moralitas juga rasionalitas. Terimakasih untuk berpikiran terbuka. aku berkata seperti itu bukan bermaksud apa-apa. Karena setiap orang yang berpikiran terbuka akan mudah mengerti kondisi dan mudah memaafkan. Jangan karena beberapa bagian dalam suatu komunitas buruk maka kalian menganggap satu komunitas itu buruk ^^ Terimakasih sudah meminta maaf dan kami hargai itu lagipula sudah tentu kita memaafkan, aku juga meminta maaf atas nama ARMY. Entah itu oknum yang mengaku sebagai ARMY atau immature fans di fandom kami yang menyinggung kalian atau bertindak tidak sopan terhadap kalian. *deep bow*

Reply
avatar
5/23/2017 6:19 PM delete

Dari kalimat pertama elo bilang kalau bukan exol suruh keluar then elo bahas artis lain. Setelah dibaca sepanjang ini pun intinya cuma ARMY bikin rusuh sama fans exo. Kalau elo emang gak suka war, harusnya jangan bikin tulisan gak berimbang begini. Jelas semua berisi kebencian dan bukan forum sharing sebagai fans yang baik. Elo juga immature alias tidak dewasa. Lagian segedek apa BTS dijelekin fandom lo (yang gue tahu dari jaman nyempil teaser sampe ikut konsernya suju) bahkan terakhir RM ft. Wale rilis, kita juga ARMY Korea berusaha diem. Karna kesalahan kalau diumbar terus cuma jadi penyakit. Mending lo hapus postan ini sebelum makin rame. Karena kalau lo dukung exo harusnya lo bisa gaet orang lain buat cinta sama mereka. Bukannya nyebar kebencian dan bikin newbie jadi punya perspektif negatif tentang seorang idol. Kalau ga bisa netral jangan nyenggol dan merasa disakiti tanpa mau sadar kalau itu semua dari diri sendiri yang mulai.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/24/2017 3:52 PM delete

apaan sih ini anjir salah lapak

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/24/2017 3:54 PM delete

nah ini gua setuju

Reply
avatar
fitria kamta
AUTHOR
5/24/2017 9:11 PM delete

EXO-L cinta damai guys... Buktinya banyak page EXO-L yang lebih membahas idol mereka dengan fakta yang ada, mereka fandom kuat dan friendly, buktinya pun mereka damai dengan fandom lain. Jadi, kita akui saja bagaimana fandom kita masing", tidak usah saling menghujat... Dunia tau kok, dunia menilai. Jadi, apapun itu, mau palgiat lah, fanwar lah, agensi besar agensi kecil lah.. Kita bisa menilai kok, toh kita pelajar. Terdidik. Tak usah saling menjelek"an... Hindari komentar kasar.. Dan akui bila salah, kalaupun fandom lain marah, kita pikirkan lagi dengan apa yg diposting, apakah fakta atau tidak sehingga mereka marah atau salah lapak, mungkin mereka ingin meluruskan kebohongan atau kekeliruan yg menimbulkan kesalahpahaman, namun malah dikira salah lapak. Intinya fakta saja guys. Jika fakta, pasti tidak ada war, selama masih ada berita yang dilebih"kqn ataupun direkayasa, war tidak akan pernah berakhir. So, jika idol kita kalah secara sportif ya wajar, terima dengan ikhlas, kalau idol lain menang dengan tidak sportif ya wajar marah juga kan... Balik lagi keintinya, fakta. Itu saja. Terima kenyataan, dan war akan berakhir, berdiri sendiri dan tidak menyinggung idol lain di berita, maka war akan berakhir.
Salam damai.

Reply
avatar
Vieta's Blog
AUTHOR
5/26/2017 2:47 AM delete

Mbak, tolong d cek lagi ya utk foto2nya kalau emg anda pernah berada d 2 fandom ini, sedikitnya anda tau siapa pria yg d peluk sama chayeol, itu jjong a.ka kim jonghyun Shinee bukan suga. Walau saya masih belum berada d fandom manapun, tp saya masi bisa ingat dengan jelas member yg pernah saya lihat, walau dari belakang.
Dan juga, anda memang bebas utk mengeluarkan pendapat anda, namun akan lbib banyak lg pro kontra d antara kedua fandom ini.
Saya juga tdak berharap adanya fanwar d antara kedua fandom besar ini, krn saya juga menghormati EXO dan juga BTS, serta bb atau gb lainnya atas karya mereka.

Reply
avatar
5/27/2017 4:48 AM delete

Hi, gue ga sengaja lagi browsing dan dipostingan terkaitnya nemu ini, sebelumnya maaf yaa kalo misalnya ini gue pengen ikut-ikutan, btw i'm a directioner:) makasi yaa postingannya, ini juga ngasih gue pelajaran. setuju bngt sih sama writer nyaa. kebanyakan fanwar gitu gara-gara kelakuan sebagian orang yg berasal dari sebuah fandom yg kelakuannya masih childish. Ngerti banget sana perasaan writernya, bcs gue pernah ada diposisi itu (idol gue direndahin), there's some army pula yg bilang "yaelah bentar lagi mau bubar aja dibanggain" , "1D? Bukannya udh bubar?" gils itu sakit banget, gue ga nyimpen bukti sih (berupa screenshot), kejadiannya mreka cuit2 begitu pas waktu bts masuk chart billboard, gue setuju juga sama beberapa comment dari exo-l. ga ada salahnya juga kan ya kalo misalnya semua fandom yg berkumpul disini intropeksi diri, cari kesalahan diri sendiri, bukan selalu cari kesalahan orang lain:)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/29/2017 2:53 AM delete

Adek adek tersayang�� gih sekolah yang bener dulu baik EXO L maupun ARMY, serius deh ya ini kakak kasih saran hidup lo ga ditentuin sama siapa yang menang di INI FANWAR. Ngidolain boleh lah it means you give them a reward because they deserve it, but it doesn't mean that you should give your money, time, or body only to worship them just because you're a "FAN". Oke adek2? Smua group ada bagusnya kok�� ga kasihan nih sama ortu yang sudah banting tulang buat sekolahin kalian? Iya klo kalian juara sgala macam mah oke kate aja ini refreshing, tp kl kalian cmn nebeng ijazah(?)ga malu atuh?? ������ someday you'll learn and realize that EVEN you type so long to protect your idol or fandom pride, you won't get any money from it. Remember ya kepuasan batin itu bkn masalah utama kepuasan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari2 lah yang menjadi kebutuhan utama kalian nanti adek2������

Reply
avatar
5/30/2017 4:26 PM delete

aku exo L, aku ga benci BTS dan aku jg ga pernah ikut2an fanwar. aku cuma mau berpendapat. kenapa ya kalo setia BTS comeback atau semacamnya concept dan semacamnya kaya mengingatkanku pada EXO.aku ga nyebut itu plagiat ya.cuma mengingatkan aja sama concept nya exo.banyak sudut pandang yg bisa dilihat. trus kalo bts comeback jg pasti tersandung kasus plagiat terus karena banyaknya kemiripan dari artis lain ataupun artis luar negeri. dari mulai kostum, MV, Cover album dll. memang cuma mirip doang sih dan bisa di bilang plagiat. itu yang aku tau selama aku jadi kpoper. dan aku ngikutin banget berita2 tentang kpop. pasti setiap bts comeback tersandung masalah yg satu itu. jadi kaya ga ada cirikhasnya gtu. maaf ya cuma pendapat.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/30/2017 8:44 PM delete

Duh, gue mulfan tapi agak kesenggol yah wkwkw sebenernya gaada yang salah sih jadi mulfan.

Oke, menurut pendapat gue, semua fandom punya immature fans. Cuma yaa mereka gak terlalu terekspos kayak fandom2 baru sekarang kayak exol, army, ataupun fandom lainnya. Yah mau gimana pun, kita ga bisa bilang suatu fandom bener2 immature.

Gue udah jadi exol itu dari era MAMA. Terus ketemu bangtan dari mereka era No More Dream. gue memutuskan buat mulfan. Sampe akhirnya gue jengah sendiri liat immaturenya exol. Im quit. Tapi gue gapernah benci exo sama sekali. Gue tetep ngedukung exo sebisa gue dan juga fokus ngedukung bangtan.

Oh iya satu lagi tentang mulfan. Apa salahnya jadi mulfan? Gue jadi mulfan pun bukan semata mata karena gue suka sama keduanya, bukan juga karena gue gabisa milih diantara yang dua itu. Mulfan pun bisa jadiin diri kita ga terlibat fanwar. Jujur, seumur2 gue jadi kpopers, gapernah gue yang namanya terlibat fanwar, kalo jual cangcimen sama mizone di fanwar mah sering wkwkw :v

Intinya mah, saling menghargai aja satu sama lain. Kalo yang satu ngejelekin, ademin aja, jangan kebawa arus. Kalo udah ga tahan, tanyain sama pihak bersangkutan, jangan malah ngejelekin fandomnya. Kalo ngejelekin fandom, yang ada fandom lu bakalan dijelekin juga sama yang lain.

Sip, buat authornya welcome to kpop ya. Semoga tetep kekeuh jadi exol.

Oh iya thor, ini artikelnya udah teliti banget kek skripsi. Tinggal nambahin landasan teori sama sumber pustaka aja. Jangan lupa thor, kalo entar dah kuliah jadiin ini bahan skripsi aja. Siapatau bisa cumlaude wkwkw :v

Reply
avatar
Angga Putra
AUTHOR
5/31/2017 4:42 AM delete

anjir dritdi gua baca komen lu rizka. btw,lu kali yg ga liat sekeliling lu. emg lu uda pernah baca ya smua hujatan army ke exo-l? uda? biar gua perjelas yak. gua exo-l dari jaman mereka debut dan bru kali ini ada "junior" yg berani bgt sama "senior"nya bhaq. knp gua bilang bts itu junior karena emg faktanya exo lbh dlu dbut. lupain deh mslh fanwar or hal ga guna itu. diatas exo itu ada bigbang,hot,shinhwa,shinee,dll. yg uda senior bgtt. tp exo dan exol ga prnh sekalipun war sama mereka:) tp situ (army) yg bru debut beberapa thun stlh exo malah dengan soknya judge exo:) lu gatau kan kta" yg nyelekit yg disampein salah satu army? DIA NYUMPAHIN EXO MATI. DIA NYUMPAHIN SALAH SATU MEMBER EXO,YAITU LAY CEDERA. DIA NYUMPAHIN KEPOPULERAN EXO MEREDUP. WHAT THE FUCK,HUH? Lu tau itu? trs lu bilang disini exo-l yg salah? yg ga prnh mau liat sekeliling? SADAR DIRI NAPA SIH-_- army selalu bilang BTS ITU DARI AGENSI KECIL TP BISA LBH POPULER. oke disini gua NGAKAK. SUMPAH. klo misalnya bisa debut di agensi BESAR knp hrs debut di agensi KECIL? lgian nih ya exo gbkl debut di agensi besar klo mereka ga punya BAKAT. CATET. gua kira lu yg hrs liat FANDOM KESAYANGAN ELU ITU BUAT SADAR DIRI. THX.

Reply
avatar
Angga Putra
AUTHOR
5/31/2017 4:47 AM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Angga Putra
AUTHOR
5/31/2017 4:53 AM delete

gua lurusin boleh kan yak? awalnya army dluan say yg nyari gara" karena media play in exoπŸ˜’dan knp exo-l nyerang jg? setiap org pnya batas kesabaran kan ya? mah gt jg exo-l klo sering dijudge trs kan lama" kesel jg,nah mngknya exo-l balik nyerang. gua tau bnyk bgt army yg baik dan ga childish tp disini byk jg army yg childish,gatau tmpt,gatau etika,asal jeplak ae ngomong sana sini tp gatau it bnr apa kgk-_- gua diatas uda ngomong ksr bgt loh karena kesel liat komenan rizka utami bhq. lu kpopers dari taun kpn si? bls coba dah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/02/2017 7:35 PM delete

aku nangis baca semuanya
tak bisakah kita berdamai
aku sudah capek dengan seluruh hal yang menyangkut tentang fanwar antara EXO-L dan ARMY
aku EXO-L sejak tahun 2013 dan aku juga suka dengan BTS. jujur, aku mengakui performance BTS yang keren. tapi, aku tetaplah EXO-L.
walaupun banyak pendatang baru, tapi hati aku sudah ada nama EXO.
dan aku berharap setiap orang seperti itu. hanya menetapkan satu di dalam hati mereka.
aku sangat berharap agar kita semuaa tidak mendapat masalah dan tidak saling menjatuhkan.
ini seperti kita bersaing di sekolah agar mendapat nilai lebih tinggi, tapi tetap berteman di luar itu.
aku ingin seperti itu.
aku ingin kita bersaing secara sehat d dalam K-popers dan berteman di luar itu.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/02/2017 7:40 PM delete

Heran ya kenapa army selalu aja bilang "bts kan berjuang dari 0 secara bighit agensi kecil" lah dikira exo dulu ga berjuang cuma karna sm itu gede? Ga semua yang ikut agensi sm bakal 100% tenar banyak jg yang ga terkenal kyk exo, suju sama snsd. Kita gaada yang iri sm bts yang lagi di puncak toh ya di atas langit masih ada langit, mungkin sekarang bts lagi di puncak nanti juga ada waktunya turun hidup itu berputar gausah sombong menang ini itu. Gue gedeg liat war mulu di mana apalagi bawa2 kata kasar bilang lay sm baekhyun mati aja, sumpah itu childish bgt sampe geleng2 heran setengah mati. Masalah plagiat dan semacamnya yg katanya exo plagiat bts gue cuma bisa ngakak, anak army pinter balikin fakta haha tawain aja biar cepet. segasuka sukanya anak exol sm anak army mereka ga bakal ngeluarin kata2 konyol sampe suruh anak bts mati dan NGEHACK AKUN FANBES ORANG!

Gue sering liat anak army kalo liat bts menang penghargaan bakal sombong trs mulutnya mulai nyinyir, tp kalau kalah penghargaan memelas pasti bawa2 "bts kan dari agensi kecil" gue sampe muak kalau liat kata2 kek gitu. kalau menang sombong kalau kalah melas masa iya bts kudu menang terus yakali kek gaada bb yang lebih bagus aja.

Di mana exol selalu di salah2in seakan2 exol penjahat dan army YANG SELALU JADI KORBAN, gue ga paham sama jalan pikir anak army maunya apa.

Reply
avatar
6/04/2017 3:37 PM delete

Magdalena Ivone:

Astaghfirullah, baca komen exo-l immature cem kmu di bulan Ramadhan bener2 sebuah ujian.. Btw, aku mulfand :p

Reply
avatar
Yuka Karunia
AUTHOR
6/04/2017 4:06 PM delete

Buat mbak penulis, entah anda bakal baca komen saya atau enggak ^^

Saya baca tulisan anda walau enggak semua. Dan saya cuman senyum-senyum aja. Malah kadang pengen ketawa.

Sebenarnya anda juga sama saja.
Saya paham kok perasaan anda. Tidak ada yang namanya multifandom, pasti hati anda juga memihak salah satunya saat anda mengatakan menjadi multifandom.
Malah awal-awal anda mengatakan anda menyukai BTS.
Sama saja kan? Jika anda benar-benar mencintai BTS, anda tidak akan melirik idola lain yang menurut anda bisa menyempurnakan kekurangan BTS. Jika anda benar-benar mencintai BTS, anda tidak akan melulu melihat kekurangan BTS dan Army.

Tapi yang saya lihat, akar dari dalam hati anda sejak awal sudah memilih EXO. Jadi apapun yang anda lihat dari awal hanyalah kesalahan dan kekurangan BTS. Mengatakan benci BTS karena kelakuan Army hanya alasan untuk membenarkan pilihan hati anda sendiri, mungkin ada rasa bersalah dan penyesalah, jadi kebencian bisa menyamarkan itu.

Jika anda benar-benar mencintai idola anda, maka anda tidak akan melihat keburukan idola dan fandom anda. Tapi pada kenyataannya saat anda menyukai BTS, anda hanya melihat kejelekan dan kekurangan mereka saja. Army selalu salah di mata anda. Dan menutup mata dari segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa membela Army maupun BTS.
Karena anda sedari awal tidak mau berpikiran positif tentang BTS. Karena tanpa anda sadari sedari awal hati anda sudah memihak EXO.

Sejatinya fans, selalu menganggap idolanya yang paling benar. Jika mengabaikan pikiran rasional. Ya, hanya naluri saja. Pasti kamu akan ngebelain orang yang kamu sayangi.

Sama seperti saat ini. Anggap anda sudah menemukan cinta sejati anda setelah melalui pergolakan yang panjang. Anda mencintai EXO. Anda akan lebih membelanya dibanding idola manapun.
Tolong pahami perasaan anda. Anda berpaling bukan karena kesalahan Army maupun BTS. Tapi karena sedari awal anda tidak berpihak pada mereka.
Tolong pahami itu. Jangan jadikan kebencian sebagai suatu alasan untuk berpaling.

Ini berlaku juga untuk semua fans yang ingin pindah idola. Boleh saja mencari cinta sejati ibaratnya. Tapi jangan membenci dan menjelek-jelekkan mantan.
Itu hanya alasan untuk pembenaran diri atas tindakan berpaling.
Biasa aja. Selingkuh dan berpaling idol itu biasa.
Toh idol itu bukan suami kita. Bukan hal yang dosa :)

Reply
avatar
6/04/2017 4:12 PM delete

Magdalena Ivone:

Astaghfirullah, baca komen exo-l immature cem kmu di bulan Ramadhan bener2 sebuah ujian.. Btw, aku mulfand :p

Reply
avatar
6/10/2017 9:22 PM delete

Ah ini mah lu nya aja yg suka sama exo, inti nya mah lu masih ngenes sama bts,so gausa liat kejelakan bts klo lu ga bisa nyari kejelakan exo juga wk

Reply
avatar
6/10/2017 10:35 PM delete

Exo-L INA tu anarki semua, gue bkannya mau ngehina apa gak, tapi emang bener! wktu BTS masuk billboard banyak bngt exo-l ina yang cemburu saat ARMY masukin foto Bts di billboard dan ini jadi perbincangan K-Pop inter kalo Exo-L itu cemburu! dan ini gak bgs bgt buat citra kpopers indo khususnya exo-l. dan buat lo yg nulis dengan inti kalimat jangan ngehina. Lo sendiri udah ngehina fandom lain dan lo juga yang ngatain kalo exo-l itu cinta damai padahal lo sendiri yang nyiptain war sama army! please kalo lo mau jadi penengah jangan pake kata2 yang mendesak pihak lain! lo sama aja udah ngebuly army! dan lo tau knapa exo nge blacklist indo ? ya karna kelakuan exo-l ina yang anarki!! gue bukannya mau ngejelek2in fandom sendiri tapi emang ini faktanya!! elo cuman ngeliahat dari sebelah sisi, lo bilang sendiri kalo ARMy banyak yg ngehina EXO tapi lo gak ngelihat gimna exo-l ngehina BTS! gue kadang2 marah ngeliat army ngehina exo tapi kalo gue liat gimna exo-l ngehima BTS gue jadi malu sendiri!! Banyak fandom lain yang bilang Exo-L itu muna. kenapa? ya karna suka memicu war terus pura2 gak tau apa2!!! kita seharusnya bngga mereka punya rival!! kenapa? supaya mereka bisa lebih maju!! lo pikir mereka bakalan jadi kayak gini kalo gak ada orang yang menginspirasi mereka? lo juga masih baru jadi please dengan lo jelek2 kin fandom lain sama aja lo jelek2in fandom sendiri!!

Reply
avatar
6/10/2017 10:45 PM delete

jangan sok tau tentang kehidupan kpopers kalo lo masih baru!! dan tolong cuman indo aja yang war fandomnya gak kelar2!!
gue pernah ngerasain jdi immature fans pas baek ama taeyong! gue marah, sampe maki2 taeyong dan bilang kalo dia gak pantes buat baek!! dan gue nyadar taeyong ajabgak pantes apalagi gue! disitu gue tau kalo sikap egois fans yang buat idolanya jatuh!!! disaat mereka lagi butuh prhatian kita, kita malah sibuk sama yang laen!! gue kaget bgt pas baca kalo lo baru dan mantan army juga tapi lo benci BTS karna kelakuan army!! gimana kalo lo tau kelakuan exo-l yang lebih gila dari army!! gue bukannya mau ngehina fandom sendiri tapi ini lebih baik! kita gak udah ngambil contoh dari fandom lain karna fandom kita juga udah bnyak contohnya!! please bgt, lo ngerusak citra exo-l! postingan lo ini bikin orang ngira kalo exo-l itu muna!! mending terus dukung exo dari pada ngejudge bb lain!!

Reply
avatar
Bunny
AUTHOR
6/11/2017 12:04 AM delete

Anjuu..gua lagi nyari arti lagu BTS cyper, malah nyasar kesini..
😁😁😁 gua army, tapi ini lapakny exol.. Hard exo-l malah..jadi buat army, gua tau kalian pasti sakit pengen ngebelain bangtan...but hey guys,ini lapakny mereka jan pada nyasar..judulny aja uda fanwar..ampe kura2 berbulu juga kagak bakal kelar...so, lets get out from here..😁

Reply
avatar
Bunny
AUTHOR
6/11/2017 12:06 AM delete

Anjuu..gua lagi nyari arti lagu BTS cyper, malah nyasar kesini..
😁😁😁 gua army, tapi ini lapakny exol.. Hard exo-l malah..jadi buat army, gua tau kalian pasti sakit pengen ngebelain bangtan...but hey guys,ini lapakny mereka jan pada nyasar..judulny aja uda fanwar..ampe kura2 berbulu juga kagak bakal kelar...so, lets get out from here..😁

Reply
avatar
Silvia Anggun
AUTHOR
6/13/2017 8:17 AM delete

Gue kok malah ngerasa inih blog yang bikin fanwar ya, sejujurnya kalo emang mo bikin blog yang netral lah,gaada bela satu aja,ya bikin blog tentang persahabatan BTS ama EXO kek ,kok prasaan lebi ngejelekin Army deh blog ini,ya tau namanya juga EXO udah lama kan debutny ayang pasti ya paham kalo EXO uda terkenal sama unur 20AN TADI KATANYA si kunyuk haha,Pliss ya kakak gue umur mo 30 dia nhe fans lo sama BTS jadi jangan jadi KAMBING HITAM plisss ck

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/13/2017 2:36 PM delete

Saya ini multifandom ya vip, ahgase, juga exol,tapi saya gak pernah menghina army, dan army yang selalu menghina fandom2 lainya saya sebagai fandom yang baik. Gak terima kalau idol nya dihina, dan vip aja dibilang fandom gob*ok sama army, buktinya sampek sekarang exol baik baik aja tuh sama fandom lainya, saya yakin vip, ahgase dan exol gak kayak gitu


Salut deh buat yang nulis ini

Reply
avatar
Siti Ratu
AUTHOR
6/13/2017 3:36 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
6/13/2017 10:06 PM delete

Hay guys, tdi gk sengaja nemu artikel ini, btw gue Army, maaf ya kalo sala tempat buat komen, karna menurut gue artikel ini menarik banget, makasih penulis udah ngeluapin isi hatinya yg katanya dulu army dan berubah jadi exo-l dan membuat artikel ini dari sudut pandang exo-l, artikel ini akan memperkuat exo-l, insyallah saya juga akan membuat membuat artikel tentang BTS tolong jgn dianggap plagiat karna saya niat dari sebelum menemukan artikel ini, yang mau damai mari damai, yang mau war silahkan war, salam kenal, saya Army ��

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/13/2017 11:55 PM delete

Mau curhat jg

Seneng kpop dri jaman nya 2010 wktu itu aku elf skrng masih kok , tp aku lebih ke hard exo
Jujur aku tau bangtan karna bts itu sering notic baekhyun mka nya jd ngikutin bts , trus lama" serach dan seneng jg sm mv ny smpe semua lagu yg di nyayin dicari
Pas V notic baekyun itu kalo gk slah jaman war hormon atau sebelum nya aku lupa
Makan nya waktu itu exo l bnyak yg dket sm army smpe bantuin project mereka
Trus bts emng uda sering dikasusis sm plagiat dan awal ny jg aku b aja, tpi semakin ngikutin kok hampir mirip semua
Dan disni aku mulai longar ngikutin bts
Smpe ada acara mereka aku lpa apa kyak showcase kalo gk slah liat di laptop temen ku
Dan mirip banget kyak konsep exo di mama yg waktu dyo cedera
Dri situ aku gk buka" lgi bts nya
Dan uda ngk lagi ngikutin mereka.
Dri 2010 smpe skrng bru brpa bulan mau ngetik curhat" kyak gini
Menurut ku emng skrng lagi bnyak army yang susah di kontrol karna mereka lagi naik" nya
Kalo mau ngehina gpp hina exo l aja kalo jalan mereka salah y
Aku jg bkal gitu kok kalau mereka salah nanti di ingatkan
Walpun kadang msuk kuping kanan keluar lagi
Yg penting masih ada yg mau mengingatkan

Ad artikel nya bts
Trus ada exol yg slah lapak tp mereka gk ngehina bts kok eh,
aku baca mereka ngehina project yg di buat susah payah untuk exo malah di jelekin. Trus aku komen
aku bilang sakit hati aku kalian bilang project exo no exo no life di bilang aneh la dibilang itu la
Gk ngehargain banget itu mereka buatnya susah loh di bilang play vitcm
Trus yg iklan time square jujur bru ini aku mau komen" kyak gini
Exo l di hujat pas mereka bikin project time square dan gak lama ini bts jg pasang iklan disna, rasa ny mau blang sm mereka gimana rasanya kmren ngehujat exol buang" duit -_- nyatanya mereka juga ngelakuin

Dan satu lagi yg aku gk suka sm army suka notice brand" untuk pakek idol mereka

Lelah sebenrnya war" kayak gini
Cma emng bener fanwar yg pling melelahkan exo l vs army
Dlu wktu tahun exo vs bigbang ngk smpe kyak gini

Reply
avatar
Moonbii
AUTHOR
6/14/2017 4:18 AM delete

Kak. Boleh minta alamat gmail nya kak? Atau id lainnya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/15/2017 9:09 PM delete

Gue A.R.M.Y dari awal debut sampe sekarang gue masih setia kok sama bts...Idol gue diginiin ya gak terima lah...coba aja kalo EXO diginiin pasti lo bakal nulis komentar kaya gini.EXO sama BTS nya aja gak rusuh kenapa situ yang ngungkit².Waktu EXO menang penghargaan BTS berdiri paling lama memberi tepukan juga paling lama.Lah terus apa salahnya kalo BTS menang penghargaan,mang gak boleh...???wajar BTS diginiin pasti yang nulis lagi sakit hati atau apalah sampe ngungkit²BANGTAN.meski terlahir dari agensi kecil BTS ngebuktiin bahwa mereka juga bisa kaya boyband yang lahir dari agensi besar.meskipun BTS dituding niru²gaya Big banglah,inilah,itulah pokoknya bagi para ARMY masuk kuping kanan keluar kuping kiri.ARMY sejati gak akan pernah terkoyahkan oleh isu² bertebaran diluar sana.kita itu satu selama empat tahun.mungkin ini hanya sebatas iri biasa karena IDOL mereka gak setenar Idol inilah,itulah.jadi mereka berusa bikin bimbang hati orang.PLEASSS A.R.M.Y jangan terhenyak mendengar kabar HOAX seperti ini...

*ARMY selalu bersama bangtan*
Susah senangnya bangtan bersama A.R.M.Y
bangtan membutuhkan ARMY sebagai penyemangat BANGTAN...

PESAN!!!
( Bagi kalian yang gak suka sama BTS tolong jangan beberkan berita² HOAX!!!)

Reply
avatar
SAHABAT TUBE
AUTHOR
6/15/2017 9:18 PM delete

Gue A.R.M.Y dari awal debut sampe sekarang gue masih setia kok sama bts...Idol gue diginiin ya gak terima lah...coba aja kalo EXO diginiin pasti lo bakal nulis komentar kaya gini.EXO sama BTS nya aja gak rusuh kenapa situ yang ngungkit².Waktu EXO menang penghargaan BTS berdiri paling lama memberi tepukan juga paling lama.Lah terus apa salahnya kalo BTS menang penghargaan,mang gak boleh...???wajar BTS diginiin pasti yang nulis lagi sakit hati atau apalah sampe ngungkit²BANGTAN.meski terlahir dari agensi kecil BTS ngebuktiin bahwa mereka juga bisa kaya boyband yang lahir dari agensi besar.meskipun BTS dituding niru²gaya Big banglah,inilah,itulah pokoknya bagi para ARMY masuk kuping kanan keluar kuping kiri.ARMY sejati gak akan pernah terkoyahkan oleh isu² bertebaran diluar sana.kita itu satu selama empat tahun.mungkin ini hanya sebatas iri biasa karena IDOL mereka gak setenar Idol inilah,itulah.jadi mereka berusa bikin bimbang hati orang.PLEASSS A.R.M.Y jangan terhenyak mendengar kabar HOAX seperti ini...

*ARMY selalu bersama bangtan*
Susah senangnya bangtan bersama A.R.M.Y
bangtan membutuhkan ARMY sebagai penyemangat BANGTAN...

PESAN!!!
( Bagi kalian yang gak suka sama BTS tolong jangan beberkan berita² HOAX!!!)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/16/2017 6:30 AM delete

Bulltaoreunae Fireee~
Seketika gw setel lagu BTS yang Cypher Pt.4
"I don't know you but YOU KNOW ME."
"I don't know you but YOU KNOW MY NAME."
"Back your self, and LOOK AT THE MIRROR."
"YA PLAYA HATERS YOU SHOULD LOVE YOUR SELF"
����

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/16/2017 6:25 PM delete

Lo buat blog kaya gini itu makin nunjukin kalo lo itu sebenernya immature. Kalo lo ga immature lo pasti liat keaadannya & mahami situasinya dari 2 pandangan. Bukan cuma pandangan lo sebagai exo l terus gara2 lo exo l lo ngebash army ama bts, apalagi ama agensinya big hit

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/16/2017 6:35 PM delete

Gimana kalo kalian damai aja? Gua udah males banget nemuin fanwar kaya gini. Btw buat yang buat blog, iya gua respect kok ama rasa keselnya situ. Tapi udahlah buat apa bikin blog yang jadi pemicu fanwar cuma karena isinya yang ngebash sana sini. Gua bukan army bukan juga exo l, gua juga bukan kpopers. Gua ga sengaja aja nemuin blog ini dan gua baca dan yah, panas. Love your idol and be mature. Udah itu aja makasih

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/17/2017 12:45 AM delete

Annyeong. Aku lagi browsing terus tiba tiba liat post-an ini. Aku army, tapi aku juga ga suka liat army yang kasar sama Exo-L,karena harusnya kita saling menghargai .memang pasti disetiap fandom ada yang immature. Tapi kadang yg membuat fanwar itu yg ngaku ngaku army supaya kita sering fanwar.aku minta maaf mewakili army kalo misalkan perkataan kami ada yg menyinggung.

Reply
avatar
MucilatosBlog
AUTHOR
6/17/2017 4:00 PM delete

Apa cuma gua yg gapeduli fanwar rp ttp asik2 jos ngeliat bias?:v


Btw, ada satu akun di ig yg idinya ngadu domba mulu ama army, itu nanganinnya gimana ya?:v

Reply
avatar
MucilatosBlog
AUTHOR
6/17/2017 4:49 PM delete

Btw, drpd ngebelaiin idol mulu mending belaiin negara sendiri dlu, masih banyak hal lbh penting yg harus dipikirkan dan dibela :3

Reply
avatar
Mikayla_ARMY
AUTHOR
6/17/2017 5:02 PM delete

Kalian para exo-l pada bilang kalo kalian ngeliat cacian makian ARMY pada marah apa buktinya...
Kami ARMY juga yang melihat cacian dan makian pada IDOL kami juga merasa marah.
.
Dan kalian para exo-l pada bilang ARMY yang masuk sini itu nyasar atau apalah itu bukan karena ARMY kepo atau karena ARMY tuh mau jadi sok tau,tapi karena ARMY melihat BTS disebut²dalam blog yang ga ada faedahnya bagi ARMY ini.
.
ARMY juga gak terima IDOL nya diginiin.jadi ARMY mau ngebela BTS.
.
Fanwar itu tercipta oleh FANDOM² yang anggotanya nyinyir.liat aja EXO sama BTS kedua grup itu aman damai tentram.ada yang menang penghargaan mereka saling ngasih tepuk tangan.
.
Exo sama EXO-L udah 5 tahun kan.sedangkan Bts sama A.R.M.Y baru 4 tahun.yaaa...walaupun beda satu tahun doang seharusnya exo-l lebih mengerti.tadi bilang sendiri kalo ARMY itu anak sd/smp ya...wajar dong.
.
Sekian *A.R.M.Y*

Reply
avatar
MucilatosBlog
AUTHOR
6/17/2017 5:13 PM delete

Dengan catatan selama idol kita ngga ada masalah :3


Dan inget, bukan berarti dia idol kita, apapun kesalahannya menjadikan kita buta akan kebenaran :3

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/21/2017 4:45 PM delete

memuja manusia mah gak usah berlebihan. Mereka bukan penghuni asli bumi, ya termasuk kita. kadang sedih ngeliat kalian (ARMY + EXO-L) ngebelain idolany sampe segitunya. Yang jauh kok dibela tapi yang deket diperangin.*Buat ARMY+EXO-L Ina* yang satu negara kok diperangin..
Mereka juga pasti bakalan tua nanti, bakalan vakum bisa jadi bubar. Tapi apa coba manfaatnya buat kita? Nambahin amal saat diakhirat?Ngga kan? Pasti nanti juga banyak idola2 baru yang berdatangan, yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.. EXO-L itu banyak begitu juga ARMY, kan sayang banget kalo kalian harus jadi musuh cuma buat belain idol atau supaya idol keliatan bagus di mata yang lain. Toh mereka juga belum tentu kenal kalian secara perorangan atau berterimakasih sama kalian satu persatu. Kalian kan banyak banget.. Maka dari itu jadilah fans yang bijak..

Maaf hanya mengingatkan saja :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/22/2017 11:30 AM delete

(karena SM itu bagaikan Tuhannya EXO karena sudah menciptakan begitu sempurnanya EXO) Mbak situ Atheis? Ini kesannya Member EXO menuhankan SM loh mbak. Mba kalo ngefans *hard EXO-l/Pure EXO'l* jangan sampe segitunya dong. Karena belum tentu semua orang bisa nerima pendapat Mbak/Sepandangan sama Mba, diliat dari pandangan saya kata2 Mba diatas itu, mengesankan EXO itu haus akan kepopuleran sampe2 Menuhankan SM untuk menggapainya. Staff SM/bahkan direksi SM juga pasti punya Tuhan mereka. Kalo jadi kenyataan kan serem Mbak. Membandingkan Tuhan sama manusia biasa.. Dan mbak visual member EXO, talent member EXO itu bukan diciptakan SM, itu emang udah anugerah Tuhan. SM cuman moles mereka dikit..

Ngingetin aja mbak

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/22/2017 11:42 AM delete

Judul artikelnya kan Fanwar ARMY vs EXOL. jadi menurut saya dibutuhkan keterlibatan kedua belah pihak untuk meredakan war. Kalo cuman EXOL pasti hanya bisa ngeliatnya dari sudut pandang EXOL aja, dan war-nya gak akan selesai". Mungkin adminnya nulis itu takut ada ARMY yang baca dan kesinggung sehingga akan memicu war lagi. Tapi kan kalo gini ada klarifikasi dari Pihak EXOL maupun ARMy kalo EXOL itu ga seperti yang dipikirkan ARMY, begitu juga sebaliknya. Sisanya ya balik lagi ke kita masing2. Terserah mau percaya atau engga, yang penting mereka udah kasih penjelasan masing2. Bener atau enggganya urusan Tuhan, lagi pula kita ga dirugiin kan disini? kita sekolah, makan, bukan dibiayain idol kan? bukan juga dari fandom kan? liat nya dari banyak sudut pandang deh, baru jelas

Reply
avatar
6/22/2017 7:02 PM delete

hai ,Aku EXO-L
Terimakasih atas info info nya terimakasih udah jadi EXO-L
Terimakasih untuk perjuangan kalian jadi EXO-L
Terkadang gue berpikir apakah masih banyak EXO-L diluar sana, dan ternyata setelah gue baca post ini ternyata masih banyak EXO-L yang sayang sama exo
Saranghaja
Gue bangga jadi EXO-L,dan gue gak pernah nyesel jadi EXO-L apapun yg terjadi
Menurut gue meskipun EXO gak menang dlm awards tpi gue yakin EXO dan EXO-L udah berjuang dan menurut gue awards bukan segala segalanya ( tapi gue bangga plus bahagia EXO dapat awards) karna bagi gue EXO punya banyak orang yg sayang dan ngedukung mereka udah cukup
Jadi tolong buat EXO-L jangan tinggalin EXO
Saranghaja :-)

Reply
avatar
Ade Risci Okt
AUTHOR
6/22/2017 10:24 PM delete

Ya,ya,ya... Selalu ku dengar dan ku baca di komen begitu seolah2 EXO-L yg duluan slah, trus klo ada Army yg ngehina Exo, army lainnya minta maaf tpi bilang nya itu bukan army mereka hanya haters yg ngadu domba, selalu itu alsannya. Padahal kenyataannya mreka yg menghina Exo itu memang Army entah itu immature atau bukan. Emang ada Exo-l yg dluan memulai fanwar, tpi itu terjadi karena mereka sakit hati dgn perkataan atau tulisan army yg menjatuhkan nama baik Exo maupun Exo-l. Jadi kalian itu para Army mikir dulu kalo nulis sesuatu ataupun membela fandom kalian jgn sok terintimidasi. Aku setuju bgt sama semua tulisan di blog ini. Aku udah terlalu sering ngeliat army itu ngomong kasar, padahal klo bisa diblg Exo-l ini fandom senior mereka tpi gak ada respectnya sma sekali. Selalu nyari2 kesalahan org lain pdhal mreka yg salah. Sok jadi korban dll. Ini pertama kalinya aku ngeluarkan semua kekesalanku sma fandom lain, pdhal dulu aku sma VIP biasa aja gak ngerasa sehina ini aku di hina fandom lain yg bisa di bilang baru. Terima kasih. Sekian.

Reply
avatar
6/23/2017 7:59 PM delete

Serius bukan army?πŸ˜‚

Reply
avatar
6/23/2017 7:59 PM delete

Serius bukan army?πŸ˜‚

Reply
avatar
6/23/2017 8:18 PM delete

Benerr nihh, gue exo-l dan setuju, mungkin army disini juga pada setuju. Karena kita udah sama sama suka idol kita masing masing, exo-l dengan exo dan army dengan bts, yang kita rasain pasti cuma mihak sama idol kita, gabakal bener kalo cari mana yang bener atau salah. Semisal, gue pun, tbh lebih mihak sama blogger ini, dan ngerti perasaan dia, tapi gue juga gakmau ada fanwar. Jadi, mendingan kita fokus support idol masing masing aja, secara sportif.. Btw, maaf kalo ada salah dalam pemilihan kata, gue pamit, byeee

Reply
avatar
6/23/2017 8:19 PM delete

Benerr nihh, gue exo-l dan setuju, mungkin army disini juga pada setuju. Karena kita udah sama sama suka idol kita masing masing, exo-l dengan exo dan army dengan bts, yang kita rasain pasti cuma mihak sama idol kita, gabakal bener kalo cari mana yang bener atau salah. Semisal, gue pun, tbh lebih mihak sama blogger ini, dan ngerti perasaan dia, tapi gue juga gakmau ada fanwar. Jadi, mendingan kita fokus support idol masing masing aja, secara sportif.. Btw, maaf kalo ada salah dalam pemilihan kata, gue pamit, byeee

Reply
avatar
Young Kiea
AUTHOR
6/24/2017 2:48 PM delete

Untuk masalah lightstick itu buat gue cuman alibi EXO L aja. Kenapa? Kalian tau WINNER dan IKON? Kalian tau warna Lightstick mereka apa? WINNER BIRU dan IKON MERAH. Gak sadar ya para EXO L yang selalu mempermasalahkan, yang selalu mengungkit warna lightstick saat lagi war sama ARMY kalau warna BIRU dan MERAH itu udah di pake sama 2 legend dari korea. Yang bahkan menurut gue EXO dan BTS bahkan BIGBANG pun (Bukan berniat menjelekkan) gak akan pernah bisa ngalahin mereka. Gue ARMY, tapi gue tau kalau BTS masih belum ada apa-apanya.

Dan masalahnya disini! Kenapa IKON dan WINNER gak di permasalahin dalam kasusu 'warna lightstick ini?'
Jawabannya:
1. Mereka belum sepopuler BTS yang bahkan sekarang bisa disetarakan dengan EXO. EXO L yang ngeliat bakal ada 'saingan' ya langsung nyerang dong dengan berbagai macam alasan.

2. BTS dari agensi keci. Aku tau ini alasan paling murahan, tapi memang itu adanya. Mereka di hina karena mereka adalah artis satu-satunya. Mau nyerang juga terserah toh agensi miskin kan. Coba lo sana nyerang IKON sama WINNER sana HAh kelar idup lo di laporin YG.

Itu pendapat gue. Gue ARMY, dan gue dengan sangat meminta maaf kepada EXOL. Gue dulu juga EXO L pernah ngerasain gemana jadi kalian yang dianggap remeh orang. Dan sekarang itu terulang lagi saat gue jadi ARMY.

Jadi yang mau gue sampein ke semua EXO L yang kalo war sama ARMY. Tolong jangan bawa-bawa warna LIGHSTICK. EXO BTS cuman beda 1 tahun.
Sedangkan WINNER Dengan SUJU beda 7 tahun.
Ikon dengan TVXQ bahkan 12 tahun.( BUkan bermaksud WAR).
Bayangin gemana reaksi TVXQ sama SUJU pas ngeliat Fans IKON dn WINNER di acara akhir taon nanti? BE GENIUS AJA.


EXO L dan ARMY yang berpikiran luas pasti gak akan pernah mempermasalahkan soal lightstick lagi setelah baca ini!!!!!

Reply
avatar
Haris Oktavan
AUTHOR
6/25/2017 4:22 PM delete

Biar adil gabung aja wkwk

Reply
avatar
Ita Yulinar
AUTHOR
6/29/2017 4:22 AM delete

Keknya mbak Rizki Utami salah lapak muluπŸ˜…
Intinya gini aja, kamu ga terima kan kalau EXOL menghina ARMY dan BTS? kita juga sama mbak, kalau ngomongin yang dulu dulu ga akan ada ujungnya. Ada asap pasti ada api😊

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/29/2017 3:10 PM delete

Gw tau kpop 7 tahun yang lalu, dan baru kali ini gw liat ada fanwar segini ribut. Actually gw agak netral, ya mungkin lebih ke exo bcs idk. Dan ini agak oot jadi gw sering liat Army agak songong, kalau grup mirip inilah itulah dicaci (ex: ada grup lain pake bandana dan army bilang mereka plagiat lmao I'm choking . Gw tau kok bukan semuanya begitu. Tapi setidaknya peringatin aja. Sebelum gw bener2 tau BTS, udh banyak info Army lagak dan emg rata2 bener. Jadi dengan kalian spread love di media sosial bisa merubah pemikiran orang. Terlepas sifat immature fans mereka, lagu mereka bagus kok, banyak visual dan unik2. Tau kok ini gabegitu hubungan ama postnya, but I feel I need to state this bcs I want them to be better. Maaf kalo ada yg kesinggung:)

Reply
avatar
6/29/2017 4:33 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Kayla A
AUTHOR
7/01/2017 3:41 AM delete

gue kaget asli.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/01/2017 3:54 AM delete

jadi yang bikin sensasi bikin komen diatas pedas itu siapa?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/04/2017 2:46 AM delete

"Yang bikin tweet soal Lay pingsan dibandara itu usut punya usut adalah exo-l sendiri yg nyamar jadi army"
Usut punya usut? Bukannya mbak tadi diatas bilang kalo itu kelakuan dari fandom lain, tapi kenapa sekarang jadi berubah mengarah ke exo-l? Sejauh ini argumen mbak positif, tapi sampai situ mbak sama saja menyudutkan exo-l dengan membela fandom anda. Atas bukti apa mbak bilang begitu? Ini sama saja mbak membersihkan nama fandom dengan membuat fandom lain menjadi "kotor"

Reply
avatar
SANIA
AUTHOR
7/10/2017 12:21 AM delete

eumm..jadi gini, gue ga ngaku gue mulfan.. dari dulu exo-L dari hati gue yg paling dalam..tapi bts gue sekedar suka lagunya aja/nonton variety nya buat hiburan.. dan gue sampe skrg ga ngerasa sbgai army, itu gmn ya, suka bingungπŸ™„

Reply
avatar
Meekir
AUTHOR
7/10/2017 10:50 AM delete

Salam kenal kakak-kakak sebut saja saya meekir.

Saya baca tulisan ini dari awal sampai akhir pun dengan komentar-komentarnya. Ada yang menurut saya wajar dan ada yg bikin ngelus dada sama kata-katanya.
Saya tahu Kpop dari zamannya SUJU.
Jangan merasa lebih karena ada yng lebih. Sebelum ada EXO maupun BTS ada boyband dan girlband yang membuat kpop bisa sampai dikenal.
Saya suka kpop karna karyanya.
Yang penting heppy mbak idup cuma sekali.

Reply
avatar
cecilia hill
AUTHOR
7/11/2017 10:58 AM delete

Well saya kurang suka aja sama bagian dimana kamu nulis ARMY semua immature, aku cuma mau kasih tau, aku disini sama sama suka EXO dan BTS. dan aku benci fanwar.

Cuma mau menyangkal aja kalo ARMY NGGA ADA YG IMMATURE.

aku pernah nemu beberapa fanbase ARMY di twitter (army intl). mereka bilang pake english lah intinya "Sudah nggak papa, ngga usah vote. Biarkan Exol saja. Menghindari fanwar, mengalah saja"

dan itu tidak satu fanbase saja sekitar ada 4 fanbase.

Terimakasih cuma baca di bagian awal jadi aku tanggepin itu aja;)

Reply
avatar
cecilia hill
AUTHOR
7/11/2017 11:03 AM delete

Comment lagi deh. Jadi menurutku, kalo masih mempermasalahkan lightstick, itu immature. Karena warna itu ngga sebanyak huruf hijaiyah dan alpabet. Kalaupun banyak, itukan bukan warna murni. Jadi wajarlah kalo banyak yg sama.

Reply
avatar
nilam
AUTHOR
7/11/2017 8:09 PM delete

Teman aku dulunya EXO l tapi sekarang jadi army. Bukan krn hal ini tapi menurut dia BTS tu emg keren. Lagian BTS sama EXO aja berteman kenapa fandom EXO ldan ARMY yang bentrok.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/12/2017 1:50 PM delete

tpi ya menurut aku,gimana exo-l ga blg mereka pencitraan.. jelas jelas mereka sering gtuin exo. jdi exo-l wajar aja marah :') cuma kasih pendapat aja si. walaupun merrka minta maaf belom tentu bwner bener serius ya kan? soalnya sebelomnya army sampe jelek jelekin exo :'(

Reply
avatar
Nilam Cahya
AUTHOR
7/15/2017 12:44 PM delete

Benar. Jika ARMY mau meminta maaf tolong dihargai. Mungkin menurut EXO L BTS gak pantes dapat prestasi karena dari agensi ksecil san EXO dari agensi besar dan karena dari agensi kecil mereka dulunya kurang terkenal mereka gk seperti EXO yang langsung banyak mengenal mereka. Tapi, BTS membuat lagu mereka sendiri hingga sukses seperti saat ini walaupun untuk medapatkannya tidaklah mudah bagi mereka. Jika menurut EXO l ARMY itu tudak dewasa, tapi setidaknya ARMY mau meminta maaf dan mohon jangan memperbesar masalah ini. Aku tidak pernah membenci EXO dan aku berharap permasalahan ini cepat selesai.

Reply
avatar
n
AUTHOR
7/15/2017 12:45 PM delete

Benar. Jika ARMY mau meminta maaf tolong dihargai. Mungkin menurut EXO L BTS gak pantes dapat prestasi karena dari agensi ksecil san EXO dari agensi besar dan karena dari agensi kecil mereka dulunya kurang terkenal mereka gk seperti EXO yang langsung banyak mengenal mereka. Tapi, BTS membuat lagu mereka sendiri hingga sukses seperti saat ini walaupun untuk medapatkannya tidaklah mudah bagi mereka. Jika menurut EXO l ARMY itu tudak dewasa, tapi setidaknya ARMY mau meminta maaf dan mohon jangan memperbesar masalah ini. Aku tidak pernah membenci EXO dan aku berharap permasalahan ini cepat selesai.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/16/2017 9:50 AM delete

Apa cuma gua yang suka baca komentarnya daripada artikelnya?? Gimana ya jujur aja sih gua dulu exo l gua bahkan sangat sangat menggilai exo dimana gua sampe nangis gara2 kris keluar padahal disitu bias gua chanyeol. Makin lama jadi exo l gua ngerasa aneh aja apalagi sejak banyak banget masalah war exo l vs (fandom lain) dan gua makin ngerasa risih ketika exo lagi dipuncaknya ,bukan risih sama exo nya sih gua malah bangga cuma yang gua risihin disini tuh fans nya. Gimana gua gak risih setelah gua gabung sebagai exo l kebanyakan yang gua temuin itu pada muna mereka pada ngedewain exo dan ngehujat grup lain seakan akan mereka gamau ada yang lebih dibanding exo.Dan sekarang gua milih keluar sebagai exo l walaupun gua masih tetep suja exo dan gua juga dukung mereka cuma sekarang gua gak ikut campur atas semua masalah yang dibuat sama fans nya. Gua juga ngerasa kecewa aja sih baca ini artikel ya walaupun gua gak baca keseluruhan karna isinya ya you know lah ,gua paham ini uneg-uneg lu cuma gua sebagai mantan exo l ngerasa kaya miris aja gitu gua pikir exo l udah gak pada bikin fanwar ternyata makin parah. Saran dari gua Kurang kurangin lah nyari masalah buat nge war. Cukup dukung idola lu sendiri jangan nyari kesalahan grup lain. Apalagi nyari kesalahan yang belum tentu pasti malu maluin fandom lu sendiri ujung ujungnya.

Reply
avatar
Alsa Astasia
AUTHOR
7/17/2017 5:37 PM delete

Sorry,ikutan ya, tapi dari semua yg aku baca emang ini gak bakal selesai selesai sih. Tapi dari postingan Rizka dia cuma mau kita ngeliat dari seluruh sudut pandang.Kamu bilang "atas bukti apa mbak bilang begitu?" nah kita sebagai ARMY juga bakal berpikiran yg sama dong klo mbak yg buat artikel ini nulis seperti ini. Klo menurutku kita ada di fandom dimana kita akan bela fandom itu terus, dengan segala berita berita yg kita dengar 'yg gak ada yg tau mana yg beber mana yg salah'. Dan dari semua komen yg aku baca,lalu aku baca komen 'ini sama saja mbak membersihkan nama fandom dengan membuat fandom lain menjadi kotor'. Lalu apa yg dilakukan penulis artikel dan seluruh EXO-L disini untuk membela EXO? Sama seperti ARMY yg juga sedang membela BTS.Apapun yg ditulis oleh siapapun, fandom apapun, EXO-L atau ARMY, pasti bakal selalu terus dibantah, karna pada dasarnya ada alasan 'aku udh lama jadi EXO-L atau ARMY dari debut'yg memungkinkan orang itu lebih tau dan mendalami perjalanan fandom mereka. Sama aja sebenernya. Semua berita yg mengarah ke ARMY akan terus dibantah sama Exo-l, begitu juga sebaliknya. Ditekankan, oknum oknum yg membuat hal hal beginian tentu gak berguna di masing masing fandom kan? Malah menjelekkan keseluruhan fandom,lalu untuk apa dipertahankan?New fans sangat banyak teman-teman😊 Aku sebagai ARMY selalu mengontrol teman ARMY ku yg klo aku liat udh keluar batas. Tapi klo masih ada oknum yg mengaku ARMY begitu,atau yg mengaku EXO-L begitu,menurutku pribadi klo kamu percaya sama idolmu, kamu bakalan gak peduli. 'Tapi kita kan juga manusia, susah nahan sabar terus'lah ya gak usah dibacalah,liat komen komen ARMY dan EXO-L yg saling mendukung jangan yg menciptakan fanwar.Aku senang baca begini, banyak komentar berbobot. Intinya kita masing masing mendukung idol kita. Capek ngetik astagaaa, gamau komen lagi πŸ˜‘πŸ˜‘

Reply
avatar
queenssora
AUTHOR
7/20/2017 12:16 PM delete

masing2 fandom byk kelebihan dan kekurangan, lihat sudut pandang dari 2 sisi belum tentu apa yg kamu lihat itu benar adanya, setiap fandom pasti ada immature fans bukan hanya army contohnya di artikel dan komen halaman ini nih, sebaiknya mbak bikin artikel dgn tulisan bisa sopan sedikit, dan jgn menyimpulkan sepihak sprti army itu cuma anak sd/smp/sma doang... lho saya klo gitu masih dibilang anak sekolahan dong? bukan maksud menyinggung toh ini blog nya mbak tapi artikel seperti ini hny memperkeruh suasana dan yg namanya artikel kan dibaca inilah internet, saya hanya menasihati jika mbak tidak suka army yahh mau gimana lagi itu haknya mbak tapi yahh jgn jadi hardcore fans aja cintai dan sukai musik mereka jangan sampai sakit hati sampai ke ubun2 yolo! jgn sampai benci army sampe segitunya simple, bukan berarti juga exo-l are all angels we are all human and hate is a strong words.

Reply
avatar
7/20/2017 7:41 PM delete

Gue 11th jd kpopers gaes, tp gue blum pernah fanwar.
Yg penting di hidup gue sebagai kpopers gue sayang sama fandom n bias gue, gue gk peduli sama omongan orang lain apalagi para agensi. Meski fandom gue nambah gue juga gk pernah ninggalin ELF karna merekalah awal gue cinta n kenal dengan korea.
Jd yah tidak perlulah kita ikut" membenci atau smpai adu mulut ngatain dan menghina bias"kita. Kasianlah mereka udah sekuat tenaga menghibur agar kita bisa senang.

Reply
avatar
7/20/2017 7:42 PM delete

Gue 11th jd kpopers gaes, tp gue blum pernah fanwar.
Yg penting di hidup gue sebagai kpopers gue sayang sama fandom n bias gue, gue gk peduli sama omongan orang lain apalagi para agensi. Meski fandom gue nambah gue juga gk pernah ninggalin ELF karna merekalah awal gue cinta n kenal dengan korea.
Jd yah tidak perlulah kita ikut" membenci atau smpai adu mulut ngatain dan menghina bias"kita. Kasianlah mereka udah sekuat tenaga menghibur agar kita bisa senang.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/20/2017 8:40 PM delete

Gue mulfan exol sma army, tpi gue lebih ke exo, gue heran, knp mslh dibesar"in? Knp fanwar gk selesai" padahal perwakilan salah satu pihak udh minta maaf? Pas army uda minta maaf, exol maafin, lagi ada fanwar, pas exol minta maaf, army maafin,beberapa hari fnwar. Gabisa ga buat mslh antara fandom?? Sumpah, exol sma army punya fans yg kekanak"an. Emg apa slhnya bts dari agensi kecil? Skrng dia populer, Exo dari agensi besar, tpi itu kan gk nutup kemungkinan exo gaada kerja keras sama sekali. Latar blkng agensi tu gk berpengaruh sma sekali. Udh coba jadi fans yg dewasa, jgn suka ngundang fanwar. 1 salah pasti semua kena. Apalagi klo exol sma army fandom besar. Apa gk malu fanwar terus"an? Astaga.-.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7/20/2017 8:40 PM delete

Gue mulfan exol sma army, tpi gue lebih ke exo, gue heran, knp mslh dibesar"in? Knp fanwar gk selesai" padahal perwakilan salah satu pihak udh minta maaf? Pas army uda minta maaf, exol maafin, lagi ada fanwar, pas exol minta maaf, army maafin,beberapa hari fnwar. Gabisa ga buat mslh antara fandom?? Sumpah, exol sma army punya fans yg kekanak"an. Emg apa slhnya bts dari agensi kecil? Skrng dia populer, Exo dari agensi besar, tpi itu kan gk nutup kemungkinan exo gaada kerja keras sama sekali. Latar blkng agensi tu gk berpengaruh sma sekali. Udh coba jadi fans yg dewasa, jgn suka ngundang fanwar. 1 salah pasti semua kena. Apalagi klo exol sma army fandom besar. Apa gk malu fanwar terus"an? Astaga.-.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7/21/2017 2:04 PM delete

Yah jadi intinya lebih baik kedua fandom saling memaafkan
Kan enak kalau kedua fandom damai dan tidak ada war


Dan soal fans,,,setiap fandom pasti ada yg immature
Tapi tidak adil kan jika mengecat wajah dgn cat yg sama?

Reply
avatar
7/23/2017 9:20 PM delete

barusan nemu ini demi apa hahaha... dan jujur nih mau share aja pengalaman gue. gue suka exo dari pertama tapi sempet vakum dan ikut lagi sejak berita kaistal dating itu. gue ngefans amat sama kai. ada juga temen gue suka bts tapi gue nggak tau nama fandomnya army. gue pribadi sbg fans gasuka muji" idol gue. lebih enak dikomentarin soalnya, gue jg gapernah bandingin exo sama yg lain karena setiap bb itu pasti punya konsep. nah pas gue lagi chat sama temen gue ini, gue kirim gambar kai yg disitu doi mirip jonghyun cnblue. trus dia blg gasuka kai gasuka exo, exo cuman modal visual doang menang dr sm doang. bagusan juga bts, fansnya rata gada yg lebih byk ato lebih sedikit, rapnya bagus, multitalen. dan anw dia umurnya 27th, lebih tua 2 taun sama gue. nah kan gue bingung dong org lagi bahas exo knp malah dia jelek"in? padahal gue cuman nanya pendapatnya soal kai doang, knp jadi panjang. kesimpulannya sih immature disini bukan soal umur tp lebih ke pemikiran rada bener sih. gue jd inget obrolan beberapa minggu yg lalu aja. gampang banget ngatain exo ini itu, emg selama ini exo nggak berkarya ato apa sih? coba siapapun jelasin ke gue. dia bilang nggak suka exo karna modal visual doang. padahal gue jg nggak bahas bts sama sekali hmm. dan pertama liat bts di mv spring abis itu stop, gue nggak mau ngikutin karena mereka mirip big bang tapi gue diem aja nggak ngatain bts apa" juga. makanya heran tau" dapet serangan kek gitu hahaha

Reply
avatar